Pantai Wedi Awu Malang, surga peselancar dan panorama sunset - WisataHits
wisatahits

Pantai Wedi Awu Malang, surga peselancar dan panorama sunset

Pantai berbentuk tapal kuda sangat bagus untuk berselancar. Pantai Wedi Awu terletak di selatan Kabupaten Malang dan masih sangat alami bagi anda yang mencari ketenangan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Balearjo, Purwodadi, Kec. Tirto Yudo, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Wedi Awu mungkin belum populer di kalangan wisatawan jika mengetahui lokasinya di Kabupaten Malang Selatan. Tapi kurangnya ketenaran yang masih membuatnya alami. Jika anda ingin berlibur ke pantai Kabupaten Malang tapi tidak suka keramaian. Maka Anda harus mencoba mengunjungi pantai yang masih alami ini.

Pantai yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ini memiliki pepohonan hijau di sekitar pantai. Hal ini menandakan bahwa pantai ini masih sangat alami. Tak hanya itu, pantai ini juga bisa memanjakan mata pengunjungnya dengan dua bukit yang mengelilinginya sedemikian rupa sehingga membentuk selat kecil berbentuk tapal kuda.

Tidak hanya ombak yang menjadi daya tarik utama pantai ini, namun pepohonan hijau yang mengelilinginya menjadikan tempat ini sebagai tempat yang cocok bagi anda yang ingin berkemah atau melakukan aktivitas outdoor. Bagi anda yang hanya ingin bermain air dan berlarian di pantai, anda bisa lolos dengan menikmati pantai yang satu ini.

Atraksi Pantai Wedi Awu

Aktivitas di Pantai Wedi AwuKredit Gambar: Google Maps lemah

Mungkin pantai ini akan kalah bersaing jika dibandingkan dengan pantai populer lainnya di Malang seperti pantai Balekambang, pantai Medium Biru dan beberapa pantai lainnya. Namun, pantai ini juga memiliki sesuatu yang tidak dimiliki pantai populer lainnya. Berikut adalah beberapa objek wisata di pantai yang ada di desa Purwodadi ini.

1. Gelombang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu daya tarik pantai Wedi Awu adalah ombaknya yang cukup besar. Ombak ini akan menyulitkan wisatawan yang suka berselancar. Banyak orang datang ke pantai ini hanya untuk menantang ombak.

Namun, bagi Anda yang masih baru dalam dunia surfing. Anda harus berhati-hati dalam memilih ombak mana yang ingin Anda taklukkan. Selain itu dari sisi keamanan masih cukup baik. Karena pantai ini tergolong tidak terlalu besar, penjaga bisa dengan mudah mengawasi orang yang berselancar di sini.

2. Pemandangan matahari terbenam

Dua bukit kecil yang mengelilingi Pantai Wedi Awu membuat sunset sangat indah untuk disaksikan. Jika sudah sampai di pantai ini, cobalah untuk menikmati salah satu keindahan alam tersebut. Jangan lewatkan momen untuk mengambil langkah ini.

3. Alam Hijau

Tidak bisa dipungkiri bahwa wisata tepi laut ini masih sangat alami. Ini menjadikannya tempat yang bagus untuk berkemah atau melakukan kegiatan di luar ruangan. Namun, Anda harus sedikit berhati-hati karena pantai ini masih sangat alami sehingga Anda masih bisa menemukan hewan liar di sana. Jangan lupa untuk meminta izin kepada warga sekitar jika ingin membuat tenda untuk bermalam di sini.

Alamat Pantai Wedi Awu, Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Alamat Pantai Wedi AwuKredit gambar: Google Maps Toto Froto

Pantai Wedi Awu Malang terletak di Kecamatan Tirtoyudo. Tepatnya di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan tempat Balearjo atau nama desa tempat pantai ini berada.

Untuk mencapai pantai ini, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam menggunakan kendaraan bermotor dari kota Malang jika tidak terkena macet. Untuk jalannya sendiri sudah diaspal tapi banyak tikungan sehingga cukup menguras stamina pengendara di sepanjang jalan. Namun, semuanya akan terbayar ketika dia tiba di sana.

Untuk perjalanannya sendiri bisa dimulai dari Alun-Alun Kota Malang, menuju Stasiun Kereta Api Kota Tua atau Pasar Gadang kemudian menuju Dampit. Begitu sampai di Dampit, cari petunjuk arah ke distrik Tirtoyudo. Dari Tirtoyudo, ambil jalur kanan di pertigaan lalu ikuti jalur tersebut selama kurang lebih 30 menit dan Anda akan sampai di pantai.

Untuk dapat mengakses pantai, pengunjung harus membayar tiket masuk. Tiket masuk ke pantai ini Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor dikenakan biaya Rp 5.000 per kendaraan.

Jadi total liburan pantai di dusun Balearjo adalah Rp 10.000 untuk satu orang dan satu kendaraan. Harganya sangat murah dengan tawaran view yang sangat bagus.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Wedi Awu

Aktivitas Seru di Pantai Wedi AwuKredit gambar: Google Maps Budiharjo Budiharjo

Tidak banyak aktivitas yang bisa ditawarkan tempat wisata ini. namun cukup bagi pengunjung untuk bersantai dari hiruk pikuk suasana kota. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini.

1. Berselancar

Tentunya yang pertama adalah surfing karena ombaknya yang menjadi daya tarik tersendiri. Tenang meski ombaknya cukup besar namun pantai indah ini tergolong aman. Karena letaknya yang diapit oleh dua bukit kecil membentuk selat kecil yang secara alami membuat para peselancar merasa lebih aman.

Tidak seperti pantai besar lainnya yang tidak melihat ujung pantai. Pantai Wedi Awu terlihat dari ujung ke ujung. Sehingga setiap orang yang berselancar dapat terpantau dan terbantu jika terjadi hal-hal yang tidak terduga.

2. Perkemahan

Menjauh dari hiruk pikuk suasana kota yang ramai memang menjadi cara menghilangkan penat yang dinikmati banyak orang. Di pantai ini, Anda bisa mendirikan tenda untuk bermalam sambil menikmati keindahan alam dengan pemandangan bintang di atas pantai.

Suara deburan ombak disusul suara angin yang membuat dedaunan berkicau menandakan betapa damainya tempat ini.

3. Ambil gambar

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengabaikan suasana liburan saat berfoto. Pantai ini memiliki banyak spot bagus untuk berfoto. Di Pantai Wedi Awu, cara terbaik untuk mengambil foto adalah dengan menggunakan go-pro di tengah pantai, yang akan membuat foto Anda terlihat seperti lingkaran.

Selain itu, latar belakang pantai yang diapit oleh dua bukit menjadi nilai tambah yang sempurna untuk foto Anda.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di sekitar pantai LokasiKredit gambar: Google Maps Toto Froto

Meskipun pantai ini terletak di sebuah desa, namun masih ada beberapa tempat yang bagus untuk bermalam bagi Anda yang tidak suka bermalam dengan membuat tenda di alam terbuka. Berikut beberapa tempat yang bisa digunakan untuk bermalam dengan suasana pedesaan namun cukup dari segi kenyamanan.

1. Homestay Almes

Berjarak sekitar 500 meter dari pantai, yang dapat dicapai dalam 2 menit berkendara dengan kendaraan bermotor. Tempat ini menawarkan kamar ber-AC dan Wi-Fi gratis bagi Anda yang membutuhkan internet.

2. Tuan Citro Homestay

Selanjutnya adalah hostel yang terletak sekitar 2,5 kilometer dari pantai. Yang harus memakan waktu 7 menit dengan mobil untuk sampai ke pantai. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 160.000 per malam.

3. Homestay di Banyuanjlok

Banyuanjlok homestay adalah hostel sederhana di desa wisata yang menyediakan air panas dan dingin. Jarak ke pantai sekitar 3 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu 10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Untuk fasilitas tambahan, wifi dan TV gratis untuk pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Wedi Awu Malang

Fasilitas di Pantai Wedi Awu MalangKredit gambar: Google Maps Fendi Ardian

1. Restorasi

Bagi Anda yang sedang berlibur di tempat ini, Anda tidak perlu takut dengan urusan makanan. Karena ada beberapa warung makan yang bisa Anda kunjungi di sini. Tak hanya itu, di sini ada tempat untuk membakar ikan hasil tangkapan para nelayan. Dengan demikian, Anda bisa mencicipi ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

2. Toilet

Jika kita berbicara tentang pantai, tidak lengkap rasanya jika tidak ada toilet atau tempat mandi setelah hanya berendam di laut. Ada juga toilet yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan diri dari air asin setelah Anda puas berenang atau berselancar seharian.

3. Parkir

Pengunjung akan merasa aman ketika datang berkunjung ke sini. Pasalnya, ada lahan parkir untuk kendaraan mereka dan dijaga dengan aman oleh petugas. Sehingga pengunjung bisa bersenang-senang tanpa khawatir terjadi apa-apa dengan kendaraannya.

4. Bidang kosong

Di pinggir pantai terdapat lapangan kosong yang bisa dijadikan tempat membuat tenda atau bermain bola. Biasanya tempat ini akan memiliki tenda di malam hari untuk mereka yang berkemah. Sedangkan pada siang hari akan digunakan untuk bermain seperti sepak bola atau sekedar bermain-main dengan anak kecil.

5. Penyewaan perahu

Bagi Anda yang ingin menikmati laut dari atas perahu, Anda bisa menyewa beberapa perahu nelayan untuk berlayar di sekitar pantai. Anda bisa berfoto di atas kapal yang telah Anda sewa.

Demikian sedikit pembahasan mengenai tempat wisata, alamat, rute, harga tiket, aktivitas yang bisa dilakukan, akomodasi dan fasilitas di pantai Wedi Awu. Mungkin belum banyak yang tahu tentang pantai ini.

Namun, daya tariknya, terutama lokasinya yang unik diapit oleh dua bukit, membuat pantai ini sangat indah untuk dipandang. Jika Anda berlibur ke sini, perhatikan kebersihan pantainya agar tetap alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button