Planetarium Jakarta: Harga Tiket Masuk, Wahana Seru, Atraksi, dan Lainnya - WisataHits
wisatahits

Planetarium Jakarta: Harga Tiket Masuk, Wahana Seru, Atraksi, dan Lainnya

Planetarium Jakarta: Harga Tiket Masuk, Wahana Seru, Atraksi, dan Lainnya

Wisata Edukasi Planetarium Jakarta Jakarta dikenal sebagai kota paling padat di Indonesia. Hal ini terjadi karena kota Jakarta memang menjadi pusat segalanya. Mulai dari pemerintahan, perekonomian, tempat hiburan hingga tempat wisata.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata, salah satunya adalah wisata edukasi yang lebih dikenal dengan Planetarium Jakarta.

Tempat wisata ini memiliki nilai pendidikan yang tinggi, terutama dalam bidang keilmuan astrologi dan astronomi. Berbagai informasi terkait demonstrasi ditampilkan dengan sangat jelas. Jadi tidak ada salahnya mengajak anak Anda berlibur ke Planetarium Jakarta.

informasi Umum

  • Alamat: Jl.Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini,, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10330
  • Jam buka: 08:00 – 15:00 WIB
  • Nomor telepon: 021-2305146
  • Harga tiket masuk: Rp5.000 – Rp12.000
  • Sebuah peta; Peta Google

Wisata Edukasi Planetarium Jakarta

Apa tema tempat wisata Planetarium Jakarta? Cikini Tour mengusung tema pengajaran astronomi. Sehingga secara garis besarnya memuat berbagai simulasi astrologi serta beberapa benda langit lain yang sangat menarik untuk diamati.

Karena terfokus pada tema pendidikan atau pembelajaran, pengunjung ruang ini sebagian besar adalah pelajar. Area yang mempelajari astronomi tidak hanya ada di Jakarta. Kota Bandung memiliki observatorium Bosscha, kota Yogyakarta memiliki planetarium di kawasan Taman Pintar. Mari kita jabarkan lebih dalam agar pembaca mendapatkan informasi yang tidak membingungkan.

Sejarah Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta merupakan bangunan tua yang diprakarsai oleh Presiden Pertama, Bapak Ir. Sukarno. Dibangun sekitar tahun 1964 dengan proses pembangunan yang berlangsung sekitar 4 tahun. Tujuan utama bangunan ini adalah untuk digunakan sebagai tempat pameran atau simulasi benda langit dan ilmu astronomi lainnya.

Setelah diresmikan pada tahun 1968, pengelolaan dan tanggung jawab sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah daerah DKI. Oleh karena itu, segala kegiatan yang berkaitan dengan penelitian atau pendokumentasian semua ilmu astronomi dilakukan di tempat ini.

Lokasi Planetarium TIM

Lokasi Planetarium Jakarta terletak di pusat Jakarta yaitu kawasan Taman Ismail Marzuki Cikini. Alamat lengkapnya Jl.Cikini Raya no. 73, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam kondisi normal, jam buka wisata Planetarium Cikini dimulai dari pukul 08.00 hingga 15.00. Tempat ini juga buka setiap hari kecuali Senin (Selasa – Minggu).

Planetarium Jakarta, Harga Tiket Masuk, Wahana SeruPlanetarium Jakarta, Harga Tiket Masuk, Wahana Seru

Kunjungi juga: 39 Tempat bermain anak di Jakarta

Siapa yang tak kenal kawasan Cikini, pusat kota Jakarta? Bagi Anda yang masih belum mengetahui di mana menemukan lokasi tempat wisata edukasi ini, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan aplikasi peta di Smartphone, cukup ikuti petunjuknya dan Anda akan tiba di lokasi.

Meskipun, Tempatwisataseru.com akan berusaha untuk memberikan gambaran tentang rute tergantung pada arah kedatangan dan moda transportasi yang digunakan. Berikut beberapa ilustrasi rute menuju Planetarium Jakarta.

1. Jalan Bekasi/Bogor

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan aplikasi peta di smartphone Anda. Namun, jika Anda menggunakan KRL, cari kereta jurusan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Cikini.

Dari stasiun Cikini, silahkan lanjut menggunakan moto taxi online (motor atau mobil) atau taksi. Jaraknya tidak terlalu jauh, kurang lebih sekitar 1 km. Namun dalam kondisi normal, lalu lintas cukup padat.

2. Rute dari Tangerang

Hampir sama dengan Bekasi/Bogor, jika menggunakan kendaraan pribadi tinggal ikuti petunjuk petunjuk navigasi peta di smartphone. Pastikan titik tujuan sudah sesuai, yaitu Taman Ismail Marzuki.

Kalau pakai KRL agak repot karena harus ganti kereta 3 kali kalau mau turun di stasiun Cikini. Pertama, cari kereta jurusan Duri, lalu cari kereta jurusan Manggarai. Dari Manggarai, lanjutkan dengan naik kereta jurusan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Cikini.

PlanetariumPlanetarium

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta

Untuk dapat melihat atraksi atau semua koleksi dari tempat wisata Cikini ini, Anda akan dikenakan biaya. Tapi biayanya cukup murah karena Anda akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang luar biasa.

Harga tiket umum berkisar antara Rp 7.000 hingga Rp 12.000. Selain tiket umum, ada juga tiket teater unggulan untuk rombongan. Anda dikenakan biaya Rp 5.000 jika pelajar, dan biaya Rp 12.000 jika bukan pelajar. Syarat masuk kategori grup minimal 100 orang.

Jam operasional

Informasi PENTING: Bahwa pertunjukan Planetarium dan Theatre of Stars masih ditutup sementara hingga informasi lebih lanjut tersedia.

Pada hari biasa, objek wisata edukasi planetarium ini bisa Anda kunjungi mulai Selasa hingga Minggu kecuali Senin pada jam buka:

Jam Buka Planetarium Jakarta
Selasa – Minggu 08.00 – 15.00 WIB

Sedangkan show time dibagi menjadi 3 shift setiap harinya, jika anda datang dengan jumlah banyak, anda bisa request show time. Berikut rincian jadwalnya:

Jadwal Pertunjukan Planetarium Jakarta
Tampilkan 1 Tampilkan 2 Tampilkan 3
Grup (Selasa s/d Jumat) 09.30 13:30 –
Individu (Sabtu, Minggu, hari libur dan hari libur bank) 09.00 12:00 siang 3:00 siang.

Durasi pementasan teater unggulan kurang lebih 50-60 menit per sesi.

Aktivitas Seru di Planetarium Jakarta

Jangan berharap ada wahana permainan seperti di Dufan atau tempat hiburan lainnya. Atraksi atau pertunjukan di sini bahkan lebih seru karena sangat jarang ditemukan di tempat lain. Selain itu, atraksi yang disajikan memiliki nilai edukasi yang tinggi. Berikut adalah beberapa atraksi menarik dari Jakarta Planetarium Tour.

1. Teater Bintang

Fasilitas Ruang Audio-Visual akan menampilkan pertunjukan teater bintangFasilitas Ruang Audio-Visual akan menampilkan pertunjukan teater bintang

Teater Bintang adalah pertunjukan di aula besar. Yang berbeda adalah layar pertunjukan ini berada di atap kubah. Dengan demikian, masyarakat akan merasakan sensasi melihat pemandangan di langit.

Agar terlihat jelas, kondisi langit dibuat seolah-olah sudah malam. Beragam informasi ditampilkan di sini, mulai dari informasi tata surya, gerhana, pembentukan galaksi, planet, bulan, dan beberapa benda langit lainnya. Anda dapat menikmati pertunjukan selama sekitar 50 menit.

Sekadar informasi, jika Anda datang ke sini sendirian atau tidak dalam jumlah banyak, Anda tidak akan bisa menikmati Teater Bintang ini pada hari kerja, karena biasanya Teater Bintang ini hanya buka pada akhir pekan dengan dua jadwal yaitu pada pukul 10 pagi dan 2 siang. Sedangkan pada hari biasa (Selasa hingga Jumat), pemutaran teater hanya akan menampilkan pertunjukan bagi wisatawan yang datang dalam jumlah banyak.

Kunjungi juga: 46 tempat wisata di Jakarta Timur

2. Teleskop observasi

Teleskop observasi untuk mengamati benda langitTeleskop observasi untuk mengamati benda langit

Selain menikmati pertunjukan yang telah disiapkan jauh-jauh hari, Anda juga bisa mengamati atau menikmati langsung benda langit. Tentunya kondisi cuaca juga harus mendukung yaitu cerah dan tidak mendung.

Anda dapat melihat benda langit menggunakan alat seperti teropong yang disebut teleskop. Ada beberapa jenis teleskop di lokasi ini. Berikut beberapa jenisnya.

  • Teleskop ASKO
    Teleskop ini merupakan teleskop reflektor dengan diameter 31 cm.
  • Teleskop Takahashi
    Teleskop Takahashi adalah teleskop Newtonian dengan diameter cermin 16 cm.
  • Teleskop Sudut
    Teropong dengan diameter cermin 15 cm.

3. Galeri Astronomi

Galeri Astronomi yang akan menampilkan thumbnail dan segala informasi tentang foto luar angkasa Rani SyafrilaGaleri Astronomi yang akan menampilkan thumbnail dan segala informasi tentang foto luar angkasa Rani Syafrila

Di tempat ini terdapat berbagai foto yang berhubungan dengan luar angkasa. Tentu ini adalah informasi atau pengetahuan yang langka, karena tidak semua orang bisa mendapatkan gambar segala sesuatu di luar angkasa.

Yang paling menakjubkan dan diminati tentu saja foto meteoroid yang jatuh di Indonesia sekitar tahun 1975 itu.

Fasilitas pendukung

Sebagai tempat wisata yang bernuansa pendidikan, infrastruktur yang ada sudah cukup memadai. Tersedia tempat parkir yang cukup luas, karena lebih banyak pengunjung rombongan mahasiswa yang menggunakan bus besar. Selain itu toiletnya juga bersih dan tidak bau.

Saat menunggu giliran untuk sesi teater, tersedia ruang tunggu untuk menonton film tentang astronomi. Semua kamar ber-AC, jadi Anda tidak perlu khawatir kepanasan, meski di tengah keramaian.

Penutupan

Demikianlah ulasan Wisata Edukasi Planetarium Jakarta yang wajib anda kunjungi, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Masih banyak tempat wisata edukasi menarik lainnya dan akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Temukan informasi tempat wisata top lainnya di Indonesia dan mancanegara dengan terus mengunjungi Tempatwisataseru.com.

Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan bersama agar tempat wisata yang kita kunjungi selalu terjaga. Sehingga ia tetap terjaga untuk anak cucu di masa depan. Selain kebersihan, kita semua harus ikut menjaganya dari tindakan perusakan atau coretan pada objek wisata.

Kunjungi juga: 40 Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button