Sandiaga Uno: Festival Danau Sentani 2023 berdampak positif bagi masyarakat - WisataHits
wisatahits

Sandiaga Uno: Festival Danau Sentani 2023 berdampak positif bagi masyarakat

Sandiaga Uno: Festival Danau Sentani 2023 berdampak positif bagi masyarakat

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menikmati penyelenggaraan “Festival Danau Sentani XIII 2023” yang digelar di tepi Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua dengan melibatkan masyarakat dalam seni tari dan budaya khas suku Sentani.

Menparekraf Sandiaga Uno yang hadir langsung dalam Festival Danau Sentani XII 2023 pada Rabu (5/7/2023) mengatakan sejumlah hal.

Festival Menparekraf Danau Sentani 2023 memberikan dampak positif bagi masyarakatFestival Danau Sentani 2023 berdampak positif bagi masyarakat, foto: Kemenparekraf

Selain menjadi pendorong festival kerakyatan, Festival Danau Sentani juga berdampak baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menjadi sarana pelestarian seni budaya daerah agar tetap terjaga kelestariannya.

“Hari ini Festival Danau Sentani 2023 begitu meriah.

Di atas telah kita lihat kearifan masyarakat dengan budaya dan juga atraksi hiasan perahunya. Dan begitu banyak masyarakat terdampak dan UMKM yang keluar dari acara ini,”

ujar Menparekraf Sandiaga.

Festival Danau Sentani yang diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura merupakan festival wisata tahunan yang berlangsung di sekitar Danau Sentani, Khalkote, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Festival Danau Sentani yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 5 hingga 7 Juli 2023 dibuka dengan tarian Isosolo yang dibawakan oleh sekitar 250 penari dari 10 desa yang terdiri dari dua kecamatan Sentani Timur dan delapan kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura.

Berbeda dengan tarian daerah lainnya, tarian Isoolo dibawakan di atas perahu yang dihias. Tarian ini biasanya dilakukan atas perintah, restu atau petunjuk dari kepala adat Ondoafi atau Sentani.

Selain untuk menjalin hubungan kekerabatan antara satu desa dengan desa lainnya, tarian isosolo juga sebagai bentuk rasa syukur ketika musim panen tiba.

Bawalah hasil kebun untuk diberikan kepada keluarga, kepada kerabat desa.

“Mungkin tahun depan mereka berkesempatan mengikuti lomba dan mengajak wisatawan naik perahu serta mengikuti prosesi adat yang dapat memberikan pengalaman dan kenangan yang berkesan bagi wisatawan.

Dengan demikian, kita bisa mencapai target penciptaan lapangan kerja sesuai dengan kepemimpinan Presiden Jokowi sebesar 4,4 juta pekerjaan pada tahun 2024,”

kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menilai Festival Danau Sentani dapat kembali menjadi bagian dari acara Kharisma Nusantara (KEN).

Sebelumnya, festival ini masuk dalam rangkaian kalender wisata (calendar of event).

“Kami memiliki standar KEN yang melibatkan kurator dan penasihat yang terbiasa mengkurasi dan mengevaluasi produk acara secara nasional dan internasional.

Oleh karena itu, saya cukup yakin festival ini akan kembali hadir di KEN karena saya melihatnya langsung.

Saya baru saja men-tweak beberapa aspek dari beberapa aspek. Saya yakin itu akan menembus KEN tahun depan.”

kata Sandiaga.

Partai Rakyat juga melibatkan 20 pelaku UMKM.

Sesuai dengan tema festival kali ini, “Sagu adalah hidupku”, salah satu produk unggulan yang ditampilkan adalah makanan olahan sagu.

Plt Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf yang membuka langsung Festival Danau Sentani 2023.

“Ini momen baru, semangat baru bagi semua mover, pelaku komersial dan pariwisata di Jayapura.

Seperti kata Menparekraf, harus cepat, geber, gaspol.

Mari kita bersama-sama melakukan aksi untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Jayapura”,

kata Triwarno.

Salah satu pemuda anggota PYCH (Papua Youth Creative Hub) sekaligus staf khusus kepresidenan, Billy mengatakan, hampir 50-60% tarian di Isoolo dibawakan oleh anak-anak dan juga pemuda.

“Artinya generasi muda melestarikan budaya, meningkatkan sektor pariwisata, sehingga perekonomian di Papua meningkat,”

dia berkata.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button