Pantai Tanjung Pinggir, nikmati indahnya Singapura yang terpencil di Batam - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Pinggir, nikmati indahnya Singapura yang terpencil di Batam

Pantai Tanjung Pinggir, nikmati indahnya Singapura yang terpencil di Batam
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00-19.00 WIB, Alamat: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu kegiatan yang banyak diminati orang adalah pergi berlibur. Pergi berlibur tentunya pikiran akan lebih segar sehingga bisa bersantai. dapat melanjutkan aktivitas profesionalnya dengan semangat seperti sebelumnya. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Salah satu sirkuit yang paling menarik adalah wisata pantai. Anda juga akan menemukan keindahan wisata pantai dengan mengunjungi Kepulauan Riau. Salah satunya di pulau Batam. Pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Tanjung Pinggir. Batam sendiri merupakan kota yang sarat dengan aktivitas komersial.

Apalagi Batam merupakan pulau yang dekat dengan negara Singapura. Di kota ini, akan ada banyak pantai indah yang bisa Anda temukan. Salah satunya adalah Pantai Tanjung. Bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, berikut akan dibahas mengenai fasilitas, harga tiket, rute dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tempat wisata.

Objek Wisata Pantai Tanjung Pinggir

Objek Wisata Pantai Tanjung PinggirKredit gambar: Google Maps Mohamad Fathur Rohman

1. Keindahan pantai yang mempesona

Daya tarik utama dari pantai ini adalah keindahan pantainya. Panorama alam yang ditawarkan pantai Tanjung Pinggir memang tidak bisa dipungkiri. Banyak pohon hias yang berjejer di sepanjang pantai membuat pantai ini begitu rindang.

Apalagi di kawasan sekitar pantai ini juga terdapat tenda-tenda kecil. Dimana nantinya Anda dan orang yang Anda cintai, orang tua atau orang yang Anda ajak berlibur bisa duduk santai. Pantai Tanjung memiliki keindahan alam yang sangat unik. Anda bisa melihatnya dari hamparan pasirnya yang berwarna coklat dan cukup bersih.

Selain itu, ombak di sini tidak terlalu besar. Memberikan sensasi aroma laut yang begitu menyegarkan. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai dari hiruk pikuk kota. Hamparan pasir yang bisa Anda lihat di pantai ini cukup luas, sekitar 250m.

Dengan pemandangan yang sangat unik ini, di sisi kanan Anda bisa menemukan kawasan hutan mangrove. Hutan mangrove juga menyuguhkan suasana alam yang terlihat begitu asri.

Hutan ini berfungsi sebagai pelindung Pantai Tanjung Pinggir dari berbagai jenis potensi kerusakan akibat aktivitas abrasi. Karena tekstur pasirnya yang sedikit kasar, disarankan untuk tidak bermain pasir disini. Selain itu, Anda harus menggunakan sepatu.

2. Berbagai jenis olahraga air

Daya tarik selanjutnya yang juga menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah di Pantai Tanjung ini terdapat berbagai macam water sport. Jika Anda termasuk orang yang cukup berani, maka Anda bisa mencoba banyak wahana. Wahana ini merupakan wahana yang dapat memacu adrenalin.

Salah satu olahraga air yang paling populer di sini adalah snorkeling dan banana boat. Banana boat sangat digemari, terutama bagi wisatawan yang datang berkunjung bersama keluarga. Naik banana boat adalah hal yang dinantikan oleh banyak wisatawan.

Nantinya, banana boat akan ditarik menggunakan perahu motor. Anda akan dibawa berkeliling kawasan Pantai Tanjung Pinggir dengan kecepatan yang bervariasi. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena untuk keamanannya sendiri, pemasok telah mempersiapkannya dengan sangat hati-hati.

Nantinya, penumpang akan diberikan jaket pelampung sebelum akhirnya menaiki banana boat. Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan laut seperti rumput laut, terumbu karang dan berbagai ikan dengan melakukan aktivitas snorkeling.

Saat Anda berencana untuk melakukan snorkeling ini, pastikan Anda telah menggunakan peralatan keselamatan. Seperti misalnya jaket pelampung dan sebagainya. Untuk pergi snorkeling, Anda tidak perlu memiliki kemampuan khusus. Bagi Anda yang masih pemula, tidak ada salahnya melakukan aktivitas menarik ini.

3. Perkemahan

Di Pantai Tanjung Pinggir Anda juga akan menemukan area berkemah. Di kawasan ini, wisatawan bisa melakukan aktivitas alam seperti berkemah. Bagi Anda yang tidak memiliki perlengkapan berkemah, tidak perlu khawatir, karena tersedia perlengkapan yang bisa Anda sewa.

Berbagai jenis peralatan sudah disiapkan manajemen. Seperti matras, tenda, matras dan perlengkapan lainnya untuk menunjang kegiatan camping. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang masih tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Apalagi menjelang tahun baru.

Karena seperti yang kita ketahui, waktu pergantian tahun biasanya akan dimanfaatkan para wisatawan untuk menikmati malam pergantian tahun dengan berkemah di area pantai. Bahkan pihak pengelola juga sudah menyiapkan tenda berukuran besar, sehingga mampu menampung hingga 100 orang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung PinggirKredit gambar: Google Maps Kajor Kat

Pantai Tanjung Pinggir terletak di sebelah utara kawasan Pulau Batam. Tepatnya berada di Bilangan Sekupang, Kecamatan Sekupang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Menemukan pantai ini cukup mudah. Pasalnya, lokasi pantai ini dekat dengan kawasan pelabuhan penyeberangan Sekupang.

Selain itu, pantai ini dekat dengan kawasan Taman Habibie dan RS BP Batam. Jika ingin menjangkau kawasan tersebut, Anda bisa menempuh jalur laut atau jalur darat. Nantinya Anda bisa menikmati keindahan alam selama perjalanan.

Bagi yang berasal dari luar Pulau Batam, bisa menggunakan pesawat terlebih dahulu kemudian mendarat di Bandara Hang Nadim. Dari arah bandara tersebut Anda kemudian dapat menempuh jalan darat sekitar 30 menit hingga 46 menit untuk sampai di kawasan pantai Tanjung Pinggir.

Anda kemudian dapat menggunakan bus melalui jalan Hang Nadim dan turun di kawasan Simpang Jam. Dari sana, Anda juga harus melanjutkan perjalanan dengan naik bus menuju Sekupang. Setibanya di kawasan Sekupang, Anda bisa menggunakan ojek untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Tanjung Pinggir.

Jika Anda memutuskan untuk mengambil jalur laut di sini, Anda bisa mendarat di pelabuhan Sekupang Batam. Setelah pelabuhan ini, tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan perahu kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pantai ini sekitar 10 menit.

Harga tiket masuk wisata pantai

Seperti tempat wisata pada umumnya, di Pantai Tanjung Pinggir pun Anda juga perlu membayar tiket untuk menikmati panorama alam yang ditawarkan kepada Anda. Harga tiketnya sendiri sangat terjangkau.

Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk setiap pengunjung.Jam buka pantai ini adalah buka jam 7 pagi dan tutup jam 7 malam. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, nantinya juga akan dikenakan biaya parkir.

Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Sedangkan jika membawa kendaraan roda empat biaya parkirnya Rp 10.000.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Tanjung Pinggir

Aktivitas Seru di Tanjung PinggirKredit gambar: Google Maps Fiko Agung

1. Lihat keindahan Singapura dari jauh

Pesona utama yang ditawarkan Pantai Tanjung Pinggir adalah panorama gedung-gedung tinggi Singapura. Saat Anda berkunjung ke pantai ini pada hari yang cerah, Anda bisa melihat gedung-gedung tinggi yang menghiasi negeri Singapura dari pantai ini.

Salah satu bangunan negara Singapura dan menjadi landmark negara tersebut, dapat terlihat dengan cukup jelas. Anda juga bisa melihat 3 gedung kembar yang terkenal di negara ini. Tentu pemandangan ini tidak akan bisa Anda dapatkan jika mengunjungi pantai lain selain Pantai Tanjung.

Oleh karena itu, tidak jarang banyak wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai tujuan utama mereka menjelang liburan, terutama menjelang malam tahun baru, karena megahnya pertunjukan kembang api yang diadakan di Singapura, Anda bisa melihatnya dari pantai yang indah ini.

2. Berburu Foto

Kegiatan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan juga adalah hunting foto. Banyak keindahan yang bisa Anda lihat saat berada di Pantai Tanjung Pinggir. Dan sayang sekali jika tidak diabadikan dengan pemotretan. Maka dari itu, jangan lupa membawa kamera saat merencanakan liburan pantai Tanjung.

Saat pantai surut, saat itulah Anda bisa melihat keindahan bawah laut Pantai Tanjung. Anda tidak bisa menyia-nyiakan momen ini. Spot foto di tempat ini sangat instagrammable.

3. Saya mencoba berkano

Di Pantai Tanjung tersedia tempat penyewaan kayak atau kano. Kano ini khusus disewakan bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan merenungi pemandangan pantai dari laut lepas. Setidaknya ada dua jenis kano yang bisa disewa.

Kano tersebut adalah kano ganda dan kano tunggal. Tentunya setiap kano memiliki harga sewa yang berbeda-beda. Untuk satu kano, biaya sewanya adalah Rp 30.000. Sedangkan jika ingin double kano, biaya sewanya Rp 50.000.

4. Cat bola

Di Pantai Tanjung Pinggir terdapat beberapa wahana pemacu adrenalin seperti yang telah disebutkan di atas. Salah satunya adalah keluar dan paintballing. Jalan-jalan tidak hanya bisa dilakukan di pantai, tapi juga bisa dilakukan di atas bukit.

Luas yang harus ditempuh secara keseluruhan mencapai 4 hektar. Ada banyak kegiatan menarik, seperti kegiatan adrenalin, team building, ice breaking, problem solving, fun games.

Kegiatan paint ball memang sangat digemari oleh wisatawan. Pihak pengelola tempat wisata ini mencanangkan maksimal 10 peserta untuk bermain permainan paintball.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Tanjung PinggirKredit gambar: Google Maps Anissa Fatmiyati

Pantai Tanjung Pinggir merupakan pantai yang dikelola dengan sangat profesional. Di tempat inilah nantinya Anda bisa menemukan fasilitas penunjang yang memadai. Fasilitas tersebut antara lain mushola, parkir yang aman dan luas, toilet dan juga kantin.

Dengan adanya kantin, tentunya Anda tidak perlu khawatir membawa makanan dari rumah. Selain itu, tersedia pula tenda bagi pengunjung yang ingin duduk bersantai di pinggir pantai. Anda bisa menenangkan pikiran di pantai ini.

Wahana menarik yang disediakan pengelola juga fasilitas yang sangat menarik untuk dinikmati. Selama berada di tempat ini pastikan untuk selalu menjaga kebersihan.

Demikian ulasan lengkap tentang Pantai Tanjung Pinggir. Anda yang ingin mengunjungi pantai bisa langsung ke Pulau Batam. Dijamin sesampainya di tempat tidak akan kecewa.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button