Pantai Tanjung Pinggir, pantai pasir coklat dengan panorama alam yang menakjubkan di Batam - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Pinggir, pantai pasir coklat dengan panorama alam yang menakjubkan di Batam

Pantai Tanjung Pinggir, pantai pasir coklat dengan panorama alam yang menakjubkan di Batam

Pantai Tanjung Pinggir memiliki pesona tersendiri sehingga banyak dikunjungi orang. Informasi lengkap tentang wisata di Batam ada di sini!

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00-19.00 WIB, Alamat: Tj. Ujung, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Batam merupakan kota perdagangan yang menempati lokasi strategis di Indonesia. Selain itu, Batam juga dikenal memiliki banyak pilihan wisata pantai yang indah dengan daya tarik tersendiri. Jika Anda berkunjung ke Batam, jangan lupa untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Pinggir.

Wisata pantai di Batam ini memiliki pasir berwarna coklat sehingga indah. Selain itu, Tanjung Pinggir membuat banyak orang penasaran karena menawarkan pemandangan yang berbeda dari destinasi wisata pantai lainnya.

Memang seperti apa pemandangan di Tanjung Pinggir? Apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Tanjung Pinggir? Bagaimana cara mengunjungi? Apakah fasilitas di tempat wisata ini sudah lengkap? Simak informasi tentang Tanjung Pinggir di Batam melalui artikel ini!

Objek Wisata Pantai Tanjung Pinggir

Objek Wisata Pantai Tanjung Pinggir BatamKredit gambar: Instagram Firman Fitriyadi

Tanjung Pinggir adalah pantai perak yang membentang dari barat ke timur dan menghadap ke utara. Pesona keindahan alam pantai yang memukau dengan pemandangan yang menarik terdapat di pantai ini.

1. Keindahan pantai yang mempesona

Warna pasir pantainya yang coklat dan bersih terbentang di sepanjang pantai membuatnya indah. Pepohonan yang berjejer di tepi pantai membuat destinasi ini asri dan menenangkan.

Pantai yang landai ini memiliki gugusan karang laut di sekitar pantai. Ombak laut yang cukup tenang dan sesekali menerjang gugusan karang laut menambah pesona kawasan wisata ini.

Destinasi wisata ini juga memiliki hutan bakau yang membuatnya semakin mempesona. Selain itu, hutan mangrove di destinasi wisata ini juga berfungsi untuk melindungi pantai dari abrasi.

Selain pantainya yang indah, tempat wisata ini juga menawarkan keindahan bawah laut. Ada berbagai terumbu karang dan biota laut yang indah yang bisa dilihat saat snorkeling.

2. Pemandangan Singapura dari jauh

Secara umum pantai menyuguhkan pemandangan laut lepas yang sangat luas. Namun, destinasi wisata tepi laut ini menawarkan pemandangan yang berbeda. Daya tarik utama Pantai Tanjung Pinggir Batam adalah menawarkan pemandangan Singapura dari kejauhan.

Negara Singapura dan kawasan Marina Bay Sands memang akan terlihat dari jauh oleh wisatawan yang berada di Tanjung Pinggir. Selain itu, gedung pencakar langit Singapura juga terlihat jelas dan bisa dinikmati dari pantai.

Pemandangan indah ini bisa dilihat karena Tanjung Pinggir menghadap ke utara menuju Selat Singapura yang memisahkan Singapura dengan Pulau Batam, Indonesia.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung Pinggir BatamKredit gambar: Google Maps Joko Handaya

Lokasi Pantai Tanjung Pinggir berada di Sekupang, Desa Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Lokasi destinasi wisata ini cukup dekat dengan Taman Habibi, Rumah Sakit BP Batam dan Pelabuhan Feri Sekupang.

Jika Anda berangkat dari bandara Hang Nadim di Batam, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai kawasan wisata pantai. Perjalanan darat dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan hingga sejauh 30 km.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa naik bus Damri dengan rute Hang Nadim-Bandara Jodoh. Pastikan naik bus sampai turun di Simpang Jam. Kemudian naik bus Trans Batam Kor 1 jurusan Batam Center ke Sekupang.

Sesampainya di Sekupang, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan ojek. Hanya membutuhkan beberapa menit dengan ojek untuk sampai ke pantai yang indah ini.

Selain menggunakan jalur darat, jalur menuju pantai indah ini juga bisa dilakukan melalui jalur laut. Wisatawan cukup turun di pelabuhan Sekupang Batam. Perjalanan kemudian dapat dilanjutkan dengan menaiki perahu kecil selama 10 menit menuju pantai.

Harga tiket masuk wisata pantai

Wisatawan yang memasuki kawasan ini harus membayar tiket masuk ke Pantai Tanjung Pinggir seharga Rp 10.000 per orang. Jika Anda datang ke pantai dengan kendaraan pribadi, Anda harus membayar biaya parkir.

Pengelola Tanjung Pinggir menetapkan tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000. Sedangkan parkir kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 10.000 per kendaraan.

Kapan kamu bisa mengunjungi destinasi wisata tepi laut ini? Tempat wisata Tanjung Pinggir dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 19:00 WIB. Pantai Batam ini paling ramai pada hari Sabtu, Minggu dan libur panjang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Pinggir

Kegiatan di Pantai Tanjung Pinggir BatamKredit gambar: Google Maps Darma Santosa

Berlibur ke pantai memang paling nyaman sambil duduk santai menikmati pemandangan dan riak ombak yang menerjang. Namun, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai aktivitas seru lainnya saat berkunjung ke pantai.

1. Berbagai pilihan olahraga air

Mencoba berbagai olahraga air di tempat wisata pasti sangat menyenangkan. Pilihan pertama yang bisa dicoba adalah dengan menaiki banana boat. Banana boat yang ditarik dengan kecepatan tertentu pasti menyenangkan karena bisa memacu adrenalin.

Selain menyewa banana boat, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan laut sambil berwisata menggunakan kano. Ada kano tunggal dan kano ganda yang disewakan dengan harga mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000.

Apapun pilihan olahraga air untuk berlatih, pastikan menggunakan pelampung yang tepat demi keselamatan Anda.

2. Perkemahan

Tanjung Pinggir juga menawarkan area yang cukup luas untuk berkemah. Kegiatan seru ini bisa dilakukan saat liburan bersama keluarga, teman atau pasangan. Pengelola bumi perkemahan menyediakan tenda dengan berbagai ukuran, tenda berkapasitas kecil, sedang, dan besar.

Selain tenda, pengelola bumi perkemahan juga menyediakan berbagai perlengkapan camping lainnya, seperti tikar. Camping ground di pantai cantik ini ramai dikunjungi wisatawan saat liburan panjang, seperti tahun baru.

3. Keluar dan bermain paintball

Aktivitas lain yang bisa dinikmati di Pantai Tanjung Pinggir adalah bermain di luar. Wisatawan bisa melakukan aktivitas seru ini di lahan seluas empat hektar yang terletak di atas bukit dekat pantai.

Di tempat yang sama juga ada pilihan untuk bermain Paint Ball. Game seru ini bisa dimainkan oleh 10 pemain.

4. Berburu Foto

Jika Anda pergi ke resor ini, jangan lupa membawa kamera. Keindahan Tanjung Pinggir memang cocok dijadikan objek hunting foto dan video.

Pemandangan Singapura yang indah dari kejauhan bisa dijadikan background foto yang unik dan menarik. Kapal yang terlihat di laut lepas juga bisa dijadikan objek foto yang menarik.

Selain perahu, perahu nelayan yang berlabuh di pantai juga bisa dijadikan latar foto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Tanjung Pinggir BatamKredit gambar: Instagram Firman Fitriyadi

Pantai Tanjung Pinggir Sekupang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Semua fasilitas ini dipelihara dan dikelola oleh Pengelola Pariwisata. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Tanjung Pinggir sebagai lokasi wisata pantai, yaitu:

  • ruang sholat
  • Toilet atau kamar mandi
  • Area parkir
  • Warung makan dan restoran
  • Tempat sampah
  • Gazebo atau Tenda

Di kawasan sekitar pantai juga terdapat penginapan yang bisa disewa dengan harga terjangkau, seperti KTM Resort Batam.

Pantai Ujung Tanjung merupakan destinasi wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi di Batam. Selain keindahan pantainya yang memukau, pemandangan laut yang indah dan gedung pencakar langit Singapura menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button