Pantai Tanjung Bongo, pantai yang indah dengan panorama bebatuan di tengah Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Bongo, pantai yang indah dengan panorama bebatuan di tengah Lombok

Pantai Tanjung Bongo, pantai yang indah dengan panorama bebatuan di tengah Lombok

Salah satu surga tersembunyi Pulau Lombok adalah Pantai Tanjung Bongo. Tempatnya berada di balik bukit dan hanya sedikit orang yang mengunjunginya.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 07.00-18.30 WITA, Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Bagi yang mencari destinasi wisata tepi laut yang menarik, Lombok adalah tempat yang tepat. Pulau ini memiliki banyak objek wisata tepi laut yang membuat para wisatawan terpesona dengan keindahan yang ditawarkannya. Salah satu pantai yang indah dan jarang dikunjungi adalah Pantai Tanjung Bongo.

Meski begitu, bisa diakui pemandangan pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya. Padahal, suasana yang masih alami adalah salah satu ciri khas pantai ini. Banyak yang menyebutnya sebagai “surga tersembunyi Lombok”, karena letaknya yang tersembunyi, yaitu di belakang Bukit Merese.

Karena tempat ini, untuk bisa ke pantai harus melakukan trekking terlebih dahulu yang membutuhkan banyak tenaga ekstra. Namun rasa lelah tersebut akan terbayar setelah anda berhasil mencapai pantai ini, karena anda akan disuguhi pemandangan pantai yang menakjubkan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang sangat indah.

Lombok Day Trip: Goa Bangkang, Banyumulek dan Pantai Kuta

Atraksi yang ditawarkan Pantai Tanjung Bongo

Objek Wisata Pantai Tanjung BongoFoto: Google Maps/Loetfi Ono

Meski hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan pantai cantik ini, namun eksotisme alam yang dihadirkannya sungguh memikat setiap orang yang melihatnya. Keindahan dan kebersihan pantai ini masih terjaga dengan baik. Pasir putih yang lembut dan air laut yang biru membuat semua orang betah. Berikut beberapa daya tariknya.

✦ Pantai Bersih dan Alami

Pantai Tanjung Bongo memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, namun hamparan pasir putih yang bersih dan lembut menambah keindahan pantai ini. Karena belum banyak dikunjungi wisatawan, kondisi pantai ini sangat bersih. Untuk itu setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini wajib ikut menjaga kebersihan dan keindahannya.

✦ Batu yang indah

Banyaknya gugusan bebatuan yang menghiasi pantai dan tertata begitu indah membuatnya mirip dengan Raja Ampat. Lokasi batu karang ini berada di tengah perairan. Pemandangan indah ini sayang jika momen tersebut tidak terekam oleh kamera. Ini akan menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai cantik ini.

✦ Air jernih

Pantai ini memiliki air laut yang cukup jernih. Pemandangan bawah lautnya akan sangat jernih. Berbagai spesies laut juga akan terlihat jelas. Saat menyelam atau snorkeling, mata akan dimanjakan dengan keindahan alam bawah laut yang masih terjaga kelestariannya.

Cek hotel murah di Lombok Tengah

✦ Berjalan di Sampan

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai, namun tidak berani berenang, tersedia fasilitas kano di sini. Dengan naik perahu, Anda bisa turun dan berkeliling pantai yang sangat menawan ini. Bentang alam bawah laut bisa terlihat sangat nyata saat bepergian dengan kano.

✦ Ada kolam renang alami kecil

Pantai Tanjung Bongo memiliki kolam alami kecil yang dikelilingi bebatuan besar. Kolam inilah yang menjadi ciri khas dan keunikan dari pantai ini. Sangat cocok untuk bersantai dan bersantai setelah berwisata ke pantai yang indah ini. Airnya yang sejuk ditambah dengan angin sepoi-sepoi akan menambah kenyamanan berlama-lama di pantai ini.

Namun, mandi di kolam ini perlu kehati-hatian, karena kolam alami hanya akan muncul di permukaan saat air surut. Wisatawan tidak diperbolehkan berenang di kolam alami ini saat air pasang, karena ombaknya cukup besar. Memang, wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

✦ Ada Bukit Merese

Bukit ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai Lombok yang indah. Bukit Merese memadukan keindahan daerah perbukitan dan pantai yang sangat indah untuk dipandang. Wisatawan bisa berfoto selfie di sini dan melihat beberapa pesona pantai terkenal yang mengelilinginya.

Paket rafting seru di Lombok

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Tanjung BongoFoto: Google Maps/Avijit Kumar Mitra

Pantai Tanjung Bongo berada di dekat Bukit Merese, Kuta, Lombok, NTB. Jika dari kota Mataram jaraknya sekitar 60-65 km. Siapa sangka untuk menikmati keindahan pantai ini, wisatawan tidak perlu membayar biaya masuk, melainkan hanya membayar biaya parkir. Padahal, wisatawan yang ingin menuju pantai cantik ini bisa menempuh 2 jalur, yakni jalur datar dan jalur laut.

Ini karena lokasinya berada di balik bukit. Jika anda berangkat dari Kota Mataram sebaiknya melanjutkan perjalanan ke Bukit Merese dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Kemudian dari wisata ini wisatawan dapat memilih menggunakan jalur darat atau jalur laut untuk melanjutkan perjalanan menuju pantai tersembunyi ini.

Jika memilih jalur darat, sebaiknya wisatawan memarkir kendaraannya di Bukit Merese. Kemudian lanjutkan trekking selama 15 menit untuk melintasi perbukitan. Kemudian, ke sisi kanan bukit, Anda harus menuruni tebing yang cukup terjal. Agar tidak salah jalur, disarankan menggunakan aplikasi jalur untuk melanjutkan ke pantai Tanjung Bongo.

Jika memilih jalur laut, sebaiknya wisatawan memarkir kendaraannya di Pantai Tanjung Ann. Untuk melalui jalur laut ini tidak wajib trekking di perbukitan, anda hanya perlu menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp 150.000 – Rp 350.000 tergantung jumlah penumpang. Jalur laut dapat diakses saat air surut karena kondisi gelombang cukup mendukung.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung BongoFoto: Google Maps/Loetfi Ono

Karena pantai ini memiliki jam buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00, maka wisatawan diperbolehkan menikmati keindahan pantai ini sesuai waktu yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan tempatnya yang cukup tersembunyi dan harus melewati daerah perbukitan. Berikut berbagai kegiatan menarik yang berlangsung di sana.

1. Berburu Foto

Pantai Tanjung Bongo memiliki beragam spot foto menarik yang sayang jika tidak diabadikan oleh kamera. Ada sekitar 20 titik yang bisa dijadikan tempat berfoto dengan view yang menawan. Hal ini juga berkat dukungan pemerintah setempat yang berusaha mengembangkan potensi wisata pantai ini.

2. Menikmati sunset di Pantai Tanjung Bongo

Pemandangan menjelang sunset di pantai Tanjung Bongo ini sangat indah. Bisa membuat wisatawan terpesona dengan keindahan yang disuguhkan. Daerah perbukitan adalah titik yang tepat untuk menikmati momen ini. Namun, wisatawan disarankan untuk pulang lebih awal sebelum gelap, karena harus melewati daerah pegunungan yang terpencil.

3. Bersantai di tepi pantai

Pantai ini sangat ideal untuk melepaskan segala penat selama menjalani rutinitas sehari-hari. Suasananya yang tenang dan jauh dari keramaian menjadikan pilihan yang tepat untuk menikmati ketenangan pantai yang indah ini. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Tanjung BongoFoto: Google Maps/Loetfi Ono

Untuk saat ini, masih belum ada fasilitas penunjang yang dibangun oleh pengelola setempat. Pasalnya, lokasi dan akses jalan menuju Pantai Tanjung Bongo cukup sulit.

Harus melewati bukit terjal atau mengarungi lautan, membuat pengelola kesulitan membangun fasilitas penunjang. Hanya ada tempat parkir di Bukit Merese.

Pantai Tanjung Bongo menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Terdapat kolam alami dan gugusan bebatuan yang menjadi ciri khas pantai ini. Namun, perjuangan menuju pantai ini cukup melelahkan karena harus melewati lautan atau perbukitan yang terjal. Untuk itu, sebelum berkunjung ke sini, sebaiknya siapkan tenaga ekstra dan perbekalan yang cukup.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button