Pantai Jogan, Gunung Kidul, destinasi pantai yang dipadukan dengan air terjun yang indah - WisataHits
wisatahits

Pantai Jogan, Gunung Kidul, destinasi pantai yang dipadukan dengan air terjun yang indah

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Jogja salah satu objek wisata bahari yang menakjubkan di Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Pantai berbatu ini memiliki air terjun yang eksotis dan pemandangan alam yang indah yang wajib Anda jelajahi selama liburan.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Siung, Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Anda berkesempatan melihat dua pemandangan alam dalam satu area saat berkunjung ke Pantai Jogan. Tempat wisata yang terletak di Gunung Kidul ini memadukan air terjun, tebing tinggi dan hamparan lautan. Melalui tebing ini mengalir air terjun setinggi sekitar 12 meter yang berasal dan jatuh langsung di pantai di bawahnya.

Meski aliran airnya tidak terlalu deras, pesona yang dihasilkan sungguh memanjakan mata. Belum lagi pepohonan hijau yang tumbuh di sepanjang tebing-tebing yang mengelilingi lautan di kiri dan kanannya. Campuran ketiga tempat Hal ini menimbulkan kesan unik, dimana hamparan lautnya menyerupai kolam renang di fitur air.

Pantai Jogan menghadirkan suasana bebas bagi pengunjung. Lebih dari sekedar pantai yang eksotis, objek wisata ini juga dapat berfungsi sebagai sembuh. Dari tepi tebing yang langsung menghadap ke laut biru, Anda bisa menyaksikan ombak yang bergulung-gulung. Diiringi semilir angin dan suara gemericik air.

Atraksi Pantai Jogan

Aktivitas Pantai JoganKredit gambar: Google Maps Gary Sands

1. Saksikan Twilight dari tebing

Sudah menjadi rahasia umum bahwa senja memancarkan pesona yang tidak masuk akal jika dilihat dari atas. Untuk itu, jangan lewatkan momen saat matahari terbenam di Pantai Jogan. Pilih satu tempat lebih baik di sepanjang tebing. Disarankan untuk mengambil area yang sedikit menonjol ke laut.

Saat gradasi langit kota perlahan berubah dari biru menjadi jingga, sebelum itu menjadi gelap total. Itu terlihat seperti bola jingga kemerahan raksasa yang tenggelam di balik tebing dan tersesat di lautan luas. Momen tersebut benar-benar menyuguhkan panorama yang eksotis dan tak terlupakan.

Belum lagi jika Anda datang ke sini bersama pasangan. Suasana akan sangat romantis diikuti dengan udara yang mulai mendingin. Gemericik air yang mengalir di antara celah-celah batu terdengar seperti nyanyian alam.

Waktu yang paling tepat adalah sekitar pukul 17.00, saat matahari akan terbenam tepat di ufuk barat. Bahkan, Anda dapat memilih tujuan ini sebagai lokasi foto prewedding.

2. Cicipi berbagai kelezatan kuliner

Tak lengkap rasanya jika melewatkan aksi berburu kuliner. Pasalnya, banyak sekali seafood yang dijual di Pantai Jogan mulai dari aneka ikan, cumi-cumi dan kepiting. Menawarkan cita rasa khas Gunung Kidul dengan menu utama kepiting.

Sambil menikmati indahnya suasana sekitar, Anda bisa menyantap nasi panas yang dicampur sambal super pedas. Cara mengolah makanan tersebut sesuai dengan selera pembeli, ada yang dibakar, digoreng atau lainnya.

Selain menawarkan makanan segar, harga yang dipatok oleh para vendor juga cukup murah, dijamin tidak akan menguras dompet Anda seketika. Untuk itu, percuma saja jika Anda melewatkan aktivitas memasak begitu saja. Harganya pas, rasanya juga memanjakan lidah.

3. Air terjun di tepi pantai

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai JoganKredit gambar: Google Maps Yusniar Ajja

Jika pantai pada umumnya menawarkan hamparan pasir putih sebagai titik puncaknya, maka jangan berharap akan menemukan situasi serupa di sini. Pasalnya, kawasan ini sebenarnya dipenuhi bebatuan karst yang bertebaran di pesisir pantai.

Tak hanya itu, ada air terjun yang mengalir di antara tebing. Airnya berasal dari dua sungai, yang akhirnya jatuh ke lautan luas.

Saat air laut surut, air tawar akan jatuh membentur bebatuan. Sebaliknya, ketika air pasang naik, air tawar dan air asin akan menyatu. Fenomena ini cukup estetis untuk dijadikan latar belakang jika ingin berfoto.

4. Gelombang yang sulit

Gunung Kidul menempatkan pantai di zona laut Jawa Selatan, sehingga wajar jika intensitas gelombang di sini jarang menguntungkan manusia. Tak terkecuali Pantai Jogan yang justru memperlihatkan kesan garang saat menabrak tebing-tebing yang kuat dan curam.

Namun, tidak dapat disangkal bahwa pada saat yang sama, itu menciptakan pesona artistik.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Jogja

Alamat Pantai JoganKredit gambar: Google Maps niki liew

Tidak ada angkutan umum yang langsung terhubung ke Pantai Jogan, sehingga pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi. Berlokasi di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Anda perlu menempuh jarak sekitar 75 km jika memulai dari stasiun Tugu. Dapat diakses dalam waktu minimal 2 jam.

Ambil jalan menuju kawasan Piyungan melalui Jalan Laksda Adi Sucipto, Pathuk, Lanud Gading, hingga sampai di Jalan Baron. Ikuti arus jalan sekitar 15 km untuk memasuki pantai selatan Jawa. Kemudian sekitar 7 km, Anda dapat menemukan keberadaan pantai Siung dan mengikuti rambu-rambu ke tujuan Anda.

Hanya dengan tiket masuk Rp 10.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Pantai Jogan bersama dua tempat wisata lainnya, yaitu Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Anda akan dikenakan biaya parkir Rp 3.000 jika membawa sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil, sedangkan yang datang dengan rombongan bus dikenakan biaya Rp 20.000.

Setelah membayar semua biaya, Anda dapat langsung bermain sepuasnya. Selain itu, pantai ini beroperasi 24 jam sehari tanpa gangguan. Anda bisa datang kapan saja sesuai dengan waktu luang Anda. Tidak ada perbedaan harga antara akhir pekan dan hari kerja.

Hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Jogan

Aktivitas Seru di Pantai JoganKredit gambar: Google Maps Ardian Fahlevi

1. Turuni tebing secara manual

Pengelola menyediakan papan kayu berbentuk tangga bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin dengan menuruni tebing. Papan ini dapat digunakan sebagai pegangan. Sangat direkomendasikan untuk pecinta aksi yang merangsang. Pasalnya, medan tebing di sini sangat curam dan licin karena airnya mengalir bertahun-tahun.

Tidak hanya medan yang ekstrim, Anda masih harus melintasi bebatuan, juga ratusan bahkan ribuan bayi kepiting. Namun tenang saja karena sudah disediakan alat pelindung diri yang memadai sehingga bisa dikatakan aman asalkan Anda berhati-hati. Hanya menahan diri dari terburu-buru dan bersiaplah secara mental.

2. Berlari menuruni tebing

Abseiling atau canyoning adalah metode menuruni tempat-tempat terjal dengan cara meluncur menggunakan rig yang kencang dari titik awal ke titik tujuan. Di pantai yang indah ini, pengelola sengaja menyiapkannya Melacak dipisahkan untuk menghubungkan tebing atas dan laut.

Jenis aktivitas ini bisa memicu adrenalin dan menguatkan mental. Meskipun peralatan keselamatan yang memadai telah disediakan, Anda harus tetap waspada setiap saat. Kaki Anda atau anggota tubuh lainnya dapat tergores oleh ujung batu. Selain itu, tebing-tebing yang membentang di sepanjang kawasan Pantai Jogan cukup terjal.

Namun, kesulitan para pengunjung akan terbayar begitu mereka menginjakkan kaki di titik air terjun. Selain itu, jika Anda beruntung bisa menemukan sekawanan kupu-kupu yang berkerumun di bebatuan kering, rasanya menggoda untuk menontonnya berlama-lama.

3. Meditasi di tepi pantai

Tenang, alami dan sejuk adalah kombinasi sempurna untuk menggambarkan lingkungan di sini. Suasana yang sangat tepat untuk dilakukan sembuh. Ambil tempat tersembunyi di antara tebing, pohon, sungai atau di mana saja yang dapat menciptakan rasa tenang dan damai. Rasakan sensasi lebih dekat dengan alam diikuti semilir angin sepoi-sepoi.

Disarankan untuk melakukan ini di pagi hari ketika pengunjung lain belum datang. Nikmati setiap detik yang Anda habiskan di sini karena sangat sulit untuk kembali, terutama jika hari-hari Anda selalu dihabiskan di tempat kerja atau kuliah. Jadikan kesempatan ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki keadaan hati dan atmosfer setelah melalui perjuangan aktivitas yang super padat.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi yang paling dekat dengan pantaiKredit gambar: Tiket.com

1. Hotel Cyka Raya

Berada di lokasi yang strategis karena dikelilingi oleh berbagai wisata alam di Gunung Kidul mulai dari goa, pantai dan air terjun. Ini adalah keuntungan yang pasti jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh tidak hanya ke Pantai Jogan.

Memiliki 15 kamar dengan fasilitas seperti akses WiFi, AC, kamar mandi, dll. Ada layanan binatu, antar jemput, serta staf yang profesional. Tarif per malam mulai dari Rp 300.000. Terletak di Jalan KRT Judodiningrat, Baleharjo.

2. Hotel Anggrek Wonosari

Menawarkan berbagai kamar dengan kategori berbeda seperti kamar superior, kamar keluarga, dan kamar deluxe. Ada sekitar 34 kamar, yang malamnya dipatok Rp 390.000. Terletak di Jalan Baron KM. 9, Mulo, Wonosari. Dirancang dengan segala kenyamanan untuk memanjakan para tamu.

Fasilitas kamar yang tersedia berupa lemari pakaian, handuk, AC, dll. Ada juga kamar bebas asap rokok, layanan taksi, stasiun pengisian listrik, jaminan keamanan 24 jam. Ini bisa menjadi titik awal Anda ketika ingin menjelajahi kawasan Gunung Kidul lebih jauh.

3. Hotel Calida

Berada di dekat Alun-Alun Wonosari, sangat memudahkan pengunjung untuk mengakses berbagai tempat. Mengusung konsep sederhana yang dibalut suasana khas pedesaan. Namun, fasilitas yang disediakan pengelola sudah memadai.

Lingkungan bersih dan nyaman, ada fasilitas pendukung berupa akses WiFi gratis. Setiap kamar dilengkapi dengan kasur dan tempat tidur lengkap. Selain itu, Anda dapat menggunakan layanan binatu dan menerima sarapan di pagi hari.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Jogan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Jogan Gunung KidulKredit Gambar: bmgagen Agen Google Maps

Fasilitas yang disediakan pengelola tidak terlalu memadai. Hanya dapat memenuhi kebutuhan pokok seperti area parkir, warung makan, gazebo dan toilet. Sangat standar dan agak sadar.

Dibandingkan dengan objek wisata serupa di kawasan Gunung Kidul, Pantai Jogan bisa dibilang kalah populer. Padahal, tempat ini menawarkan daya tarik tersendiri, yaitu menawarkan pemandangan eksotis dengan lingkungan yang hijau. Namun, tentunya poin yang lebih tinggi tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan fasilitas dan pelayanan yang mumpuni.

Selain itu, akses jalan menuju ke sana juga masih menyisakan rasa tidak nyaman di hati pengunjung. Tidak hanya menuruni tebing, namun jalur yang harus Anda tempuh saat keluar rumah untuk memarkir kendaraan di kawasan ini. Anda harus benar-benar waspada dan berhati-hati untuk keselamatan dan keamanan.

Padahal, cara pengelolaannya belum optimal. Perlu usaha lebih agar namanya dikenal sehingga bisa bersaing dengan tempat wisata sejenis. Tentunya upaya tersebut membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kehadiran Anda secara tidak langsung memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Pantai Jogan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button