Pesona Bukit Cinangka, tempat rekreasi dan kehidupan malam kontemporer di Solok - WisataHits
wisatahits

Pesona Bukit Cinangka, tempat rekreasi dan kehidupan malam kontemporer di Solok

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Bukit Cinangkak, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Bukit Cinangkak di Solok sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 2017, namun keberadaan wahana baru yang modern dan Instagrammable membuat destinasi wisata ini sangat populer. Destinasi wisata ini paling baik dikunjungi bersama keluarga. Dengan tambahan wahana yang menarik dan spot foto yang indah, wisata ini menjadi favorit anak muda.

Tempat wisata ini berada di atas bukit, sedangkan di bawahnya adalah Danau Singkarak. Menawarkan berbagai wahana modern, wisata ini juga menawarkan pemandangan alam sekitar. Dari atas bukit, Anda bisa melihat danau biru, pepohonan hijau dan rumah-rumah sambil menjajal permainan seru yang tersedia.

Destinasi Bukit Cinangkak tidak pernah sepi pengunjung dan akan jauh lebih ramai saat musim liburan. Dengan konsep wisata keluarga, tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi menghabiskan waktu berlibur. Apalagi setelah wisata ini semakin berkembang, destinasi yang satu ini sayang untuk dilewatkan jika sedang berada di Solok.

Atraksi Bukit Cinangkak

Objek wisata yang dimiliki oleh Bukit CinangkakaKredit Gambar: Instagram anjellyafrtmlni

Bukit ini tidak hanya memiliki pemandangan yang indah. Berada di atas bukit membuat suasana sekitar sangat sejuk dan segar. Pemandangan alam yang mengelilinginya bukan satu-satunya daya tarik destinasi wisata ini. Perkembangan kawasan ini juga menambah wahana seru yang membuat pengunjung penasaran untuk menjajalnya secara langsung.

1. Seluncur pelangi

Wahana ini masih tergolong baru, namun menjadi favorit yang menjadi daya tarik kawasan Bukit Cinangkak, terutama di kalangan anak muda. Perosotannya lembut tapi cukup tinggi. Ada kain berwarna sehingga terlihat seperti pelangi. Pengunjung bisa meluncur menggunakan papan yang sudah tersedia. Saat ini, seluncuran pelangi sedang menjadi spot populer di destinasi wisata ini.

2. Kapal besar

Salah satu spot foto yang eye catching di destinasi wisata ini adalah kapal besar. Berupa bangunan berbentuk kapal dengan latar belakang perbukitan Cinangkak, wahana ini sangat khas dan unik. Tak heran jika banyak pengunjung yang akhirnya mau mengantre hanya untuk bisa berfoto di wahana ini.

3. Wahana khusus

Wahana destinasi wisata ini sangat beragam. Di satu area terdapat berbagai permainan yang bisa digunakan untuk segala usia. Ada sebuah roda besar yang cukup tinggi. Saat mencoba wahana ini, pengunjung dapat melihat pemandangan hijau di sekitarnya melalui bianglala yang berputar perlahan. Apalagi ada juga kursi terbang, sepeda gantung, kora-kora dan masih banyak lagi.

Spot foto juga menjadi daya tarik yang tak kalah menarik, terutama bagi anak muda. Salah satu spot foto yang banyak dicoba pengunjung adalah rumah pohon. Dengan beberapa tingkat, tangga tidak curam sehingga mudah digunakan. Pengunjung dapat mengambil foto di atas bangunan kayu yang dibangun di antara cabang-cabang pohon.

4. Lumpur air

Atraksi Bukit ChinangkiakKredit Gambar: Instagram Ady Yandra

Jika Anda menyukai wisata air, Bukit Cinangkak juga menawarkan wahana untuk Anda berenang dan bermain air. Menampilkan kolam renang dengan permainan yang menyenangkan, taman air ini cocok untuk segala usia. Cocok untuk liburan keluarga. Beberapa permainan air yang bisa Anda coba adalah kolam dayung, sungai malas, tower slide, kolam renang dayung dan juga air mancur di tengah kolam.

Kolam waterboom sangat jernih dan bersih dan terawat dengan baik. Sangat asik digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Ditambah dengan udara yang segar dan pemandangan alam yang mengelilinginya, jalan-jalan ini wajib dilakukan di tempat wisata ini.

5. Meninggalkan

Fasilitas Ourbond juga tersedia di tempat wisata ini selain waterpark. Dengan konsep keluarga, outing ini juga cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Banyak kegiatan keluar yang ditawarkan. Saking serunya, outbond menjadi daya tarik kawasan wisata ini. Wahana yang banyak menyita perhatian biasanya yang memacu adrenalin.

Paralayang adalah salah satu yang paling menegangkan dan harus digunakan dengan aman. Apalagi ada juga jembatan gantung yang juga asyik untuk dicoba. Jembatan ini berada di tempat yang cukup tinggi, dengan alas kayu dan tali pengaman. Melintasi jembatan ini cukup menegangkan karena setiap langkah akan menyebabkan jembatan bergoyang ke kiri dan ke kanan.

6. Kopi

Ada juga kafe di area ini. Terletak di Bukit Cinangka, kafe ini menawarkan tempat bersantai sambil menikmati sajian menu sambil menikmati pemandangan alam. Kafe ini sangat cocok untuk Anda beristirahat setelah melakukan banyak aktivitas di kawasan ini. Kafe ini juga buka hingga malam hari sehingga Anda bisa melihat lampu-lampu kota dari lokasi ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit ChinangkiakKredit Gambar: Instagram Memancing Liar

Terletak di X Koto Singkarak, Bukit Cinangkiak Solok berjarak sekitar 18 kilometer atau 30 menit berkendara dari pusat kota Solok di Sumatera Barat. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesana dengan rute yang cukup mudah ditemukan. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Maps yang dapat mengarahkan Anda ke destinasi wisata tersebut.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan transportasi umum. Biasanya angkutan umum ini tersedia di akhir pekan. Anda dapat menggunakan PO. Jasa Malindo, PO Dirgantara, atau bisa juga ambil Wisata Sikumbang. Tarif angkutan umum tidak terlalu mahal. Jika menggunakan bus hanya Rp 25.000 sedangkan bus travel hanya Rp 35.000.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Bukit ChinangkiakKredit gambar: Instagram Rizky Kurniawan

Bukit Cinangkiak memiliki akses 24 jam di beberapa area, namun jam bukanya adalah pukul 9.00 hingga 17.00 WIB setiap hari. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang. Untuk biaya parkir dikenakan Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Untuk beberapa trip harganya Rp 10.000 dan lebih murah jika menggunakan paket tour minimal satu keluarga.

Jika ingin merasakan waterboom, Anda tetap harus membayar tiket masuk sebesar Rp35.000. Di akhir pekan, harga tiket naik. Harga tiket dan perjalanan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan operator.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Cinangkaka

Hal yang Dapat Dilakukan di Bukit CingkiakKredit gambar: Instagram minang_dihat

Berada di atas bukit, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan. Apalagi dengan wahana dan fasilitas yang tepat. Anda tidak akan bosan di tempat wisata ini karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, memacu adrenalin dan anak-anak.

1. Ambil gambar

Spot foto di kawasan Bukit Cinangkak tidak hanya banyak tetapi juga sangat khas dan unik. Oleh karena itu, aktivitas foto tidak boleh dilewatkan jika Anda berwisata ke tempat ini. Tempat yang paling populer adalah rumah pohon, seluncuran pelangi atau perahu besar. Namun, Anda juga bisa mencari angle lain yang tak kalah menarik.

2. Cobalah wahana

Sangat sayang untuk melewatkan berbagai wahana yang sudah tersedia di kawasan wisata ini. Permainan seru seperti kora-kora, ferris wheel dan permainan lainnya wajib dicoba. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba aktivitas luar ruangan yang beberapa di antaranya memacu adrenalin, seperti jembatan gantung atau paralayang.

Tidak semua tempat wisata menawarkan wahana paralayang yang sangat menegangkan tapi juga menyenangkan. Dengan menggunakan keamanan, pengunjung bisa merasakan terbang di ketinggian yang di bawahnya terdapat pemandangan alam yang indah. Tak hanya memacu adrenalin, Anda juga bisa merasakan sensasi berbeda saat menikmati pemandangan yang menakjubkan.

3. Bermain air

Aktivitas yang dapat dilakukan di Bukit CinangkakaKredit gambar: Facebook Herwin Rusli Lammlongeng

Ruang dengan taman air dan permainan air yang menyenangkan akan membuat permainan air atau berenang menjadi menyenangkan. Anda bisa merasakan kesejukan air yang jernih dan bersih di kolam renang. Sambil merasakan keseruan bermain waterpark, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

4. Bersantai

Lelah menikmati berbagai wahana, Anda bisa beristirahat sambil mengisi perut di kafe yang ada di atas bukit. Bersantai sambil menikmati pemandangan kota akan menyegarkan kembali semangat Anda. Dengan pemandangan alam dan suasana yang sejuk. Pada malam hari, pemandangannya juga lebih indah karena lampu-lampu kota di bawahnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan wisataKredit gambar: Instagram Ady Permana

Bukit Cinangkak telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kebutuhan pengunjung. Tersedia tempat parkir yang cukup luas jika menggunakan kendaraan pribadi. Ada juga toilet dan toilet. Musala juga ada untuk Anda melakukan ibadah. Ada juga kafe untuk mengisi perut sambil menikmati pemandangan.

Tersedia pula berbagai wahana dan spot foto yang membuat kawasan ini ramai dikunjungi pengunjung. Tempatnya yang cukup luas memungkinkan pengelola untuk terus mengembangkan destinasi wisata ini menjadi lebih baik kedepannya.

Jika Anda ingin bermalam di kawasan ini, tersedia juga penginapan. Selain menawarkan penawaran akomodasi, fasilitas yang disediakan juga akan menambah kenyamanan Anda. Harga akomodasi di setiap hostel berbeda-beda. Biasanya tergantung pada penawaran yang ditawarkan.

Bukit Cinangkiak kini menjadi destinasi wisata baru yang banyak menarik minat pengunjung ke Solok. Sangat cocok untuk liburan keluarga dan juga populer di kalangan anak muda, kawasan ini menyediakan berbagai wahana yang mendebarkan dan lokasi yang menarik. Jika Anda berada di Solok, Anda tidak akan menyesal mengunjungi kawasan wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button