Pantai Suluban Bali, pantai eksotis yang tersembunyi di balik bebatuan - WisataHits
wisatahits

Pantai Suluban Bali, pantai eksotis yang tersembunyi di balik bebatuan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Suluban atau dikenal dengan sebutan Blue Point adalah salah satu tempat wisata unik di Badung, Bali. Pantai berpasir tersembunyi di balik bebatuan, garis pantainya pendek namun menyuguhkan panorama alam yang mempesona.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Suluban No.18, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Menjadi salah satu gudangnya sektor pariwisata Indonesia, Bali memang terkenal dengan sejuta pesonanya. Tidak hanya populer dengan Pantai Kuta, tetapi juga budayanya yang mengakar. Di sini juga terdapat sarang pantai indah bernama Pantai Suluban.

Pantai yang terkenal dengan ombaknya ini terletak di Uluwatu. Menawarkan berbagai keindahan alam dan fenomenanya. Tak heran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara menjadikan Pantai Uluwatu sebagai tempat liburan yang menarik. Bahkan pantai ini menjadi sarang pecinta alam.

Karena di situlah Anda bisa melihat indahnya matahari terbenam di atas pantai dengan pasir putihnya yang indah. Melihat hal tersebut, dapat membuktikan bahwa sektor pariwisata Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Apalagi dengan kekayaan budaya dan adat istiadat yang masih dilestarikan oleh masyarakat Bali, yang membuat para wisatawan penasaran bagaimana rasanya berlibur di sana.

Tempat Wisata Pantai Suluban (Titik Biru)

Tempat Wisata Pantai Suluban (Titik Biru)Kredit gambar: Google Maps Istiajid Pratikno

1. Pemandangan Tebing Karang yang Eksotis

Padahal, ada banyak keindahan mulai dari Pantai Uluwatu atau yang biasa dikenal dengan Blue Point. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pantai ini dihiasi dengan pemandangan tebing karang yang unik. Termasuk dalam jajaran pantai tersembunyi, pantai ini menyimpan banyak hal menarik.

Tebing karang di sana juga berfungsi sebagai pemecah deburan ombak laut yang tentunya akan menjadi pemandangan paling menarik saat Anda berada di pantai.

Harmoni deburan ombak pantai dan semilir angin yang sejuk membuat pengunjung enggan beranjak dari tempatnya. Namun bagi Anda yang ingin menjelajahi kawasan laut, pastikan ombaknya tidak terlalu besar. Tentunya hal ini juga demi keselamatan para pengunjung itu sendiri.

Saat laut surut, pengunjung dapat mengakses keindahan pantai dan laut dengan puas. Pastikan untuk mengajak teman atau keluarga Anda berlibur ke pantai ini. Selain menenangkan pikiran, Anda juga berperan dalam perkembangan sektor pariwisata Indonesia.

2. Indah dihiasi dengan matahari terbenam

Ingin melihat pertunjukan yang tidak biasa? Di Pantai Suluban Uluwatu, Anda bisa menyaksikan fenomena alam yang begitu indah dan mempesona. Karena disanalah pemandangan sunset yang begitu eksotis.

Menjadi salah satu daya tarik Bali, Suluban memiliki beragam pesona. Tidak hanya angin sepoi-sepoi dan ombak laut, tetapi juga lukisan ajaib Tuhan.

Tentu saja ini pemandangan yang tidak biasa, karena tidak semua pantai mampu menghadirkan fenomena ini. Pastikan Anda tidak melewatkan momen sunset di pantai ini.

Ini pasti akan menjadi liburan paling berkesan selama Anda tinggal di Suluban Bali. Apalagi jika melihat fenomena sunset bersama orang tersayang pasti akan lebih istimewa bukan. Sunset di pantai ini sangat unik. Karena saat matahari terbenam, matahari akan tampak menghilang di antara tebing-tebing bebatuan di sana.

3. Kegiatan komunitas yang menarik

Tempat Wisata di Pantai Suluban (Pointe Bleue)Kredit gambar: Google Maps Sri Kusasi

Menjadi gudangnya pemandangan indah, Pantai Suluban juga menyimpan berbagai hal menarik untuk digali. Karena saat berada di sini, jalan-jalan menuju pantai akan semakin disempurnakan dengan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Tak hanya pasir pantai dan birunya laut, namun juga aktivitas warga desa yang cukup padat.

Tidak jarang mereka mengundang pengunjung untuk mengobrol. Anda juga bisa berkomunikasi dengan masyarakat sekitar dan bertanya-tanya tentang asal usul pantai tersebut.

Daya tarik Suluban juga menjadi magnet bagi pengunjung. Mereka juga merasa lebih nyaman berlama-lama di tempat itu tanpa merasa bosan. Rasakan semilir angin yang menerpa tubuh seolah ingin menghilangkan segala penat yang ada.

4. Pantai dengan pemandangan yang menakjubkan

Beragamnya daya tarik pantai ini tentunya membuat siapapun ingin segera ke sana. Yang paling krusial dari sebuah pantai adalah kondisi pasir putihnya. Nah, disitulah kamu bisa lebih leluasa menikmatinya.

Karena pantai ini memiliki pemandangan pantai yang menakjubkan. Laut biru-hijau juga menjadi daya tarik tersendiri. Airnya sangat jernih sehingga memperlihatkan berbagai jenis ikan dan biota laut.

Selain itu, pantai ini memiliki dua warna air yang berbeda. Jika Anda melihat bagian laut yang paling dalam berwarna biru tua sedangkan di perairan dangkal Anda akan melihat bahwa warna airnya terlihat kehijauan.

Semilir angin di pantai juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa berdiri di tepi pantai sambil menikmati pemandangan yang sejuk dan segar.

Alamat Pantai Blue Point, Lokasi, Petunjuk Arah dan Biaya Masuk

Biaya masuk ke Pantai Blue PointKredit gambar: Google Maps Shella Wani

Menjadi salah satu tempat wisata tersembunyi di Badung, Bali, pantai ini sering menjadi tempat liburan yang direkomendasikan. Tak heran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara memilih tempat ini sebagai tempat persinggahan mereka.

Dengan beragam objek wisata yang dimiliki, tentunya bukan tidak mungkin Pantai Suluban sering dikunjungi wisatawan. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, Anda bisa langsung menuju ke desa Pecatu, Uluwatu, di selatan Bali.

Destinasi wisata alam ini tidak sulit ditemukan. Hanya membutuhkan waktu 60 menit jika Anda mengambilnya dari pusat kota Denpasar. Namun tetap disarankan menggunakan kendaraan pribadi agar waktu tempuh relatif lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum.

Untuk sampai ke pantai yang indah dan menawan ini, Anda harus pergi ke desa Pecatu, lalu berhenti di balai kota. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan mengambil jalan ke kanan menuju Jalan Labuan Sait. Untuk menuju pantai ini, cukup belok kanan dari jalan yang mengarah ke pantai Padang-Padang.

Jarak antara pantai dengan destinasi wisata lainnya cukup jauh, banyak pengunjung yang rela menempuh jarak beberapa kilometer untuk sampai ke tempat ini. Agar tidak ada masalah akomodasi saat ingin ke pantai Suluban sebaiknya menyewa mobil atau motor sebagai kendaraan utama.

Seperti wisata alam lainnya, pantai ini juga tidak memungut biaya sepeser pun kepada pengunjung yang datang maupun gratis. Tentunya ini menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda yang ingin menikmati pesona alam yang memukau tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Meski begitu, karena ombaknya yang tidak kenal kompromi, anak-anak di bawah umur sangat perlu diawasi. Sebagai tempat wisata, pantai ini menyimpan banyak hal menarik. Ombaknya yang begitu besar seringkali menjadi tempat atau tempat bagi pengunjung untuk berselancar.

Siapa sangka di balik tatanan yang indah ini, pantai ini memiliki asal usul yang begitu menarik dari segi penamaannya. Menurut cerita, tebing-tebing karang di pantai inilah yang menjadi cikal bakal nama pantai Suluban. Kata Suluban sendiri sebenarnya berasal dari kata mesulub yang berarti berjalan di bawah sesuatu.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Suluban

Aktivitas Seru di Pantai SulubanKredit gambar: Google Maps Karen B

1. Panjat tebing karang

Dengan pesonanya yang beragam, ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini. Terkenal dengan terumbu karangnya, aktivitas seperti panjat tebing akan sangat seru. Apalagi jika ingin mencapai pantai, pengunjung harus melewati koridor yang diapit tebing-tebing tinggi.

Dengan memanjat tebing-tebing di pantai, Anda bisa langsung melihat keindahan pantai dari ketinggian. Selain itu, tempat ini bisa menjadi sudut pandang terbaik ketika Anda ingin melihat matahari terbit atau terbenam.

Apalagi jika mengendarainya secara rombongan tentunya akan sangat berkesan. Hati-hati semua sama untuk tetap berhati-hati, karena tebing ini cukup licin dan curam.

2. Berselancar

Ombak Blue Point cukup gaduh, menjadikannya surga para peselancar. Tak heran ketika liburan tiba, banyak peselancar datang ke pantai hanya untuk menikmati sensasi ombak yang begitu besar dan tinggi. Oleh karena itu, Coast Guard selalu siaga untuk menjaga keamanan pengunjung.

3. Berburu Foto

Aktivitas Seru di Pantai SulubanKredit Gambar: Google Maps Owlie Peach

Aktivitas yang wajib dilakukan saat berlibur adalah mengabadikan momen. Dengan cara ini Anda bisa mengenang liburan yang menyenangkan. Anda dapat mengambil foto sebagai siluet saat matahari terbenam atau berdiri di antara tebing batu yang kokoh.

4. Melihat matahari terbenam

Seperti disebutkan di atas, pantai Suluban juga diberkahi dengan kondisi alam yang indah. Salah satunya adalah pesona sunset khas Bali. Pada saat ini, Anda dapat melihat cahaya senja meleleh ke langit dan kemudian dibiaskan ke dalam air laut yang biru. Suasana tenang dan tenteram akan memukau Anda.

5. Bersantai di gua kecil

Selain terkenal dengan tebing karang yang menjulang tinggi dan ombak yang besar, pantai yang indah ini memiliki gua-gua kecil di antara bebatuan. Di tempat ini, Anda bisa bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan alam Suluban.

Penginapan murah terdekat dengan pantai Suluban

Penginapan murah terdekat dengan pantai SulubanKredit gambar: Google Maps Josh

1. Akomodasi Blackpakers Uluwatu

Bagi Anda yang ingin tinggal lebih lama di Bali, Anda bisa mencari akomodasi terdekat dengan pantai Uluwatu. Uluwatu Inn by Blackpaker adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk bermalam. Terdapat beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung, seperti zona WiFi, kolam renang, tempat parkir, dan tempat tidur yang nyaman.

2. Akomodasi Jacko House Uluwatu

Akomodasi terdekat berikutnya di Pantai Suluban Uluwatu adalah Jacko House Uluwatu Hostel. Di sini, pengunjung akan difasilitasi dengan lahan parkir yang cukup luas. Selain itu, di sekitar hostel juga terdapat restoran dan kafe yang menyajikan menu masakan Bali. Jadi, pengunjung semua bisa berwisata kuliner di tempat ini.

3. Blue Point Hotel Uluwatu

Hotel Blue point Uluwatu adalah tempat menginap terdekat dari pantai Suluban. Karena hostel ini berada di atas tebing. Bahkan, tempat ini juga menyediakan layanan 24 jam nonstop.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Suluban Bali

Fasilitas Pantai Suluban BaliKredit gambar: Google Maps Nirav Jethva

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai cukup lengkap seperti toilet, tempat parkir, dll. Selain itu, ada juga restoran dan kafe yang bisa dikunjungi dengan perut kosong. Di sekitar pantai juga terdapat kolam renang yang aman untuk kegiatan bermain anak.

Nah, itulah berbagai hal tentang Pantai Suluban yang perlu kamu ketahui. Pesonanya yang memikat seakan membuat siapa pun enggan untuk pergi ke sana. Segera tambahkan destinasi wisata alam ini ke dalam daftar liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button