Pantai Watu Karung Pacitan - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Watu Karung Pacitan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Kegiatan Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Watu Karung, wisata bahari Pacitan yang terkenal bernama Raja Ampat Papua. Pantai eksotis dengan pasir putih, air jernih dan sunset.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Akhir tahun biasanya menjadi waktu terbaik untuk berlibur. Baik dengan keluarga, pasangan atau teman. Pesona alam yang ada di Indonesia seakan tidak ada habisnya jika terus diperbincangkan. Pantai Watu Karung Pacitan menjadi sorotan publik karena keindahan estetikanya.

Meski terkenal hingga saat ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini semakin meningkat dan tidak hanya penduduk asli tetapi juga wisatawan mancanegara. Pantai ini juga dikenal sebagai Raja Ampat Jawa Timur. Tentunya bisa dibayangkan keseruannya jika dijadikan sebagai tempat liburan.

Pantai Watu Karung Pacitan memang menjadi tujuan wisata yang populer karena keindahan pemandangannya. Oleh karena itu, jangan sampai Anda ditinggal bersama orang lain untuk segera berlibur ke sana. Namun sebelum kegiatan ini dilakukan, alangkah baiknya jika Anda membaca beberapa ulasan di bawah ini.

Objek Wisata Pantai Watu Karung

Pantai Watu KarungKredit gambar: Google Maps Andrey Tikhomirov

1. Bukit Karang

Di Pantai Watu Karung, Pacitan memiliki pesona tersendiri yang akan memikat mata Anda dan tidak akan berpaling. Perbukitan karang di sekitar laut atau sekitar 150-300 meter dari bibir pantai merupakan fenomena alam yang menjadi primadona tempat ini.

Meski tak bisa mendekat, semburan keindahan yang bisa dinikmati dari kejauhan akan meninggalkan kesan berbeda bagi semua pengunjung. Karena tidak sedikit wisatawan yang datang jauh-jauh ke Pacitan hanya untuk melihat bentuk bukit ini.

Selain itu, di sisi kanan dan kiri pantai juga terdapat perbukitan bebatuan yang biasa digunakan wisatawan untuk menyaksikan pesona destinasi wisata ini dari atas. Meski aksesnya cukup curam, namun bentangan khas pantai yang luas akan terlihat secara keseluruhan dan merupakan momen yang langka.

2. Panorama alam yang luar biasa

Seperti milik tempat lain pantai Watu Karung tidak kalah indah karena menawarkan panorama alam yang luar biasa. Adanya pepohonan yang rindang dengan lingkungan yang selalu asri akan membuat Anda semakin menikmati liburan.

Juga, jika Anda berada di sana sebelum gelap, matahari terbit akan terlihat jelas dari pantai. Tentu saja kesempatan ini tidak boleh dilewatkan karena tidak semua orang bisa merasakan bagaimana menyaksikan langsung sunset dengan suasana romantis di pantai.

3. Gelombang yang cukup besar

Pantai Pacitan yang indah juga terkenal memiliki ombak yang cukup besar, namun tidak berbahaya karena potensi latihan bagi masyarakat sangat rendah. Oleh karena itu, ombak ini bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berselancar. Tapi bagi kamu yang tidak punya nyali, coba game lain.

Seperti menyelam atau snorkeling. Selain mendapatkan kepuasan dan kesenangan, Anda juga bisa belajar tentang kehidupan bawah laut yang indah. Plus, Anda juga akan berinteraksi dengan anemon laut, ikan, terumbu karang, dan banyak lagi.

Atraksi di Pantai Watu KarungKredit gambar: Google Maps Yani

4. Air laut biru jernih

Air lautnya yang biru jernih juga menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Pantai Watu Karung. Kapan lagi bisa merasakan sentuhan air laut seperti ini jika tidak langsung berkunjung ke lokasi. Dengan keunggulan tersebut, tempat ini digandrungi banyak orang.

Rasanya begitu menyentuh air laut, perasaan tenang pasti akan terasa. Apalagi saat air surut, akan banyak hewan dan tumbuhan kecil yang tampak hidup di antara bebatuan. Anda memang harus mengabadikannya agar menjadi kenangan yang tertinggal.

5. Pasir putih lembut

Hamparan pasir putih yang luas dan lembut kerap menarik perhatian pengunjung. Bagaimana bisa wisatawan tidak bermain bebas di permukaan tanpa harus merasa tidak nyaman karena ada bebatuan kecil yang menusuk kaki mereka.

Bahkan jika Anda ingin berbaring sambil berjemur gaya bule, tidak apa-apa juga. Biasanya pengunjung bersantai di atas tikar pasir sambil bernyanyi, mengubur diri atau melakukan hal lain yang tentunya sangat menyenangkan. Ditambah lagi, angin sepoi-sepoi seakan melengkapi suasana yang tenang.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Pantai Watu Karung

Jalan Pantai Watu KarungKredit gambar: Google Maps Putri Melani

Wisata bahari ini terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika dari pusat kota jaraknya sekitar 27 km dan tentunya mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat.

Bagi pengunjung yang berasal dari daerah Jawa Barat dapat melalui jalan Gunung Kidul kemudian masuk ke jalan pintas menuju kawasan Sedeng agar tidak memakan waktu terlalu lama untuk menuju Kota Pacitan. Kemudian dari sana Anda bisa mengikuti segala arah karena di setiap titik jalan terdapat rambu-rambu.

Namun, begitu sampai di kawasan Pringkuku, Anda harus berhati-hati karena kemiringannya cukup ekstrim. Setelah datang ke jalan ini sedikit lagi, Anda akan sampai di lokasi. Dapat dikatakan bahwa tingkat kemacetan menyesuaikan dengan hari dan kondisi sekitarnya.

Pantai Watu Karung termasuk dalam kelas tempat wisata terkenal dan sangat diminati oleh wisatawan. Oleh karena itu, untuk masuk dan menikmati pemandangan alam tersebut, Anda perlu menyiapkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk.

Dimana setiap orang hanya dikenakan biaya Rp 5.000 dan tiket motor Rp 2.000 sedangkan mobil atau bus seharga Rp 5.000. Dibandingkan dengan peralatan yang ada, harga ini tidak terlalu tinggi bagi pengunjung.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Watu Karung

Aktivitas Menarik Pantai Watu KarungKredit gambar: Google Maps Harry Wu

1. Memancing

Memancing adalah kegiatan mengejar ikan dengan menggunakan kail dan umpan di laut lepas, anda akan sangat merasakan tingkat ketegangannya karena tarikan ikan yang tersangkut pasti sangat kuat karena ukurannya yang besar.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencobanya, ada perahu nelayan yang siap mengantarkan dan menemani perburuan di tengah lautan. Biasanya para pemancing juga akan menunjukkan spot-spot ikan terbaik untuk Anda, sehingga Anda pasti tidak akan pulang dengan tangan hampa.

2. Berselancar

Ombak di Pantai Karung Pacitan dikenal besar dan sulit ditaklukkan. Karena itu, banyak turis asing dan lokal yang berselancar di tengah gulungan air yang tingginya bisa mencapai 5 meter. Namun, Anda harus memiliki modal mental yang kuat sebelum mencobanya.

3. Menyelam

Menyelam juga merupakan aktivitas menarik yang wajib Anda coba. Tidak hanya kesegaran air laut yang akan meresap ke dalam tubuh, namun biota laut yang seolah mengundang interaksi Anda juga bisa memberikan pengalaman berharga yang tak terlupakan.

4. Perkemahan

Biasanya wisatawan tidak hanya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air laut, tetapi juga berkemah yang tentunya akan memberikan sensasi berbeda karena suasana lingkungan tepi pantai, pada malam hari Anda dapat menyalakan api unggun untuk memeriahkan suasana.

5. Berjemur

Hamparan pasir putihnya yang luas dan teksturnya yang lembut membuat wisatawan tidak tega membuat kasur di siang hari. Teriknya sinar matahari dilengkapi dengan udara sejuk untuk membuat proses penyamakan kulit Anda berjalan lancar. Namun, ingatlah untuk memakai kacamata hitam agar tidak menyilaukan mata Anda.

6. Ambil gambar

Beberapa tempat yang memiliki pemandangan indah jangan lupa untuk berfoto. Anda dapat menggunakan kamera untuk mendapatkan foto yang memuaskan. Selain itu, Anda juga perlu mengabadikan momen sendiri untuk mendapatkan foto souvenir dengan latar belakang yang menarik.

Penginapan murah di sekitar pantai Watu Karung

Penginapan murah di sekitar pantai Watu KarungKredit gambar: Google Maps Gustav Subagio

1. Homestay Pasir Putih

Anda tidak ingin berkemah tetapi mencari akomodasi murah maka cobalah mengunjungi Pasir Putih Homestay. Lokasinya berada di Watukarung dan hanya membutuhkan waktu satu menit untuk sampai ke tempat tujuan wisata. Sedangkan harga untuk satu malam adalah Rp 300.000 dengan fasilitas lengkap.

2. Homestay Karung Batu

Dengan harga per malam di kisaran Rp 125.000 hingga Rp 250.000, Sack Stone Homestay adalah tempat menginap untuk Anda. Teras besar menghadap langsung ke laut yang luas. Jadi begitu keluar kamar, pemandangan pantai akan memanjakan mata Anda.

3. Homestay Santoso

Santoso Homestay merupakan hostel yang juga sangat dekat dengan pantai. Tarif per malamnya cukup mahal yaitu Rp 440.000 ke atas. Namun, fasilitasnya sangat memadai untuk membuat Anda dan pengunjung lain merasa nyaman.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Karung

Fasilitas Pantai Watu KarungKredit gambar: Google Maps Umerla Pipin

1. Perkemahan

Menjadi salah satu pantai yang sering digunakan wisatawan untuk berkemah, pengelola telah menyiapkan tempat berkemah yang sangat luas. Dengan cara ini Anda bisa mendirikan tenda dengan tenang tanpa harus khawatir air laut membawa perlengkapan berkemah.

2. Peralatan selancar dan menyelam

Bagi Anda yang menyukai aktivitas surfing dan diving yang menantang, Anda bisa mencobanya di Pantai Karung Pacitan. Meski tidak memiliki peralatan sendiri, mereka tenang karena lokasi sudah disediakan pengelola. Jadi Anda tinggal menyewanya saja.

3. Belvedere atau Saung

Gazebo atau Saung menjadi tempat paling nyaman saat ingin bersantai. Apalagi sambil ngemil dan menikmati suasana pantai yang menenangkan. Pasti hati akan senang dan pikiran akan segar kembali. Di beberapa titik di pantai, tempat-tempat ini dibangun untuk Anda pilih untuk ditinggali.

4. Tempat makan

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke pantai tapi tidak menikmati makanannya. Ditambah lagi kesegaran buah kelapa yang baru dipetik dari pohonnya. Pantai Karung Pacitan memiliki tempat kuliner yang bisa Anda jelajahi dan rasakan kenikmatannya.

Bahkan, Anda tidak perlu takut merogoh kocek karena setiap kuliner dijual di sana dengan harga murah. Dengan cara ini, Anda bisa mencicipi semua olahannya.

Demikian ulasan tentang Pantai Watu Karung di Pacitan yang akan menjadi referensi anda. Setidaknya, meski rencana liburan masih jauh, persiapan bisa dimulai dari sekarang. Seperti itulah ketika hari besar Anda sudah siap dan Anda tidak melewatkan apapun untuk pergi berlibur ke pantai-pantai indah nan eksotis dari sumber daya alam tersebut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button