Pantai Suluban (Blue Point), surga laut yang tersembunyi di balik gua dan karang - WisataHits
wisatahits

Pantai Suluban (Blue Point), surga laut yang tersembunyi di balik gua dan karang

Pantai Suluban salah satu wisata pantai yang unik dan eksotis di Uluwatu Bali. Pantai Blue Point yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan seperti pantaimendesaktempat bersembunyi di belakang gua dan karang.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Suluban No.18, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Pantai Suluban Uluwatu merupakan salah satu pantai yang ada di Badung, dimana pantai ini mampu menawarkan sunset dan pemandangan bebatuan yang sangat indah. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki pasir putih yang memberikan kesan indah di pantai.

Tentu saja eksotisme pantai Uluwatu ini sangat wajib jika dimasukkan dalam itinerary liburan ke pulau dewata, Bali. Apalagi pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para traveler jika keindahan alamnya. Pantai ini sendiri memiliki Pura Uluwatu yang berada di atas tebing, ditambah lagi Anda bisa melihat pura dengan pemandangan matahari terbenam.

Pantai Uluwatu juga dikenal sebagai Pantai Blue Point karena di Pantai Suluban Uluwatu terdapat sebuah hotel yang bernama Blue Point Hotel. Untuk memudahkan wisatawan mengingat nama pantainya, nama pantai titik biru Uluwatu paling populer di kalangan wisatawan.

Tempat Wisata Pantai Suluban (Titik Biru)

Aktivitas di Pantai SulubanKredit gambar: Google Maps Brigitta Natasha

1. Pantai dengan panorama indah saat matahari terbenam

Pagi hari adalah salah satu waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Suluban Uluwatu. Pengunjung bisa terhindar dari kemacetan bahkan bebas memilih spot hanya untuk menikmati keindahan pantai ini.

Apalagi pantai ini memiliki sunrise dan sunset yang bahkan bisa diamati juga. Namun ketika harus memilih ingin melihat sunrise atau sunset, sunset di pantai ini memang jauh lebih indah untuk dinikmati bersama keluarga.

Pemandangan matahari terbenam di pantai ini cukup berbeda dengan pemandangan matahari di pantai lainnya, karena matahari terbenam akan terbenam di antara lubang-lubang bebatuan. Dan dijamin kamu tidak akan menyesal jika menikmati sunset di tempat wisata ini.

2. Ada tebing karang yang eksotis

Suluban seperti pantai tersembunyi karena menyimpan harta karun. Di dalam pantai terdapat tebing-tebing karang yang sangat eksotis dan juga sangat menakjubkan. Dengan deburan ombak di lautan, sepertinya salah satu tempat wisata yang paling istimewa dan bisa anda nikmati sampai puas ketika datang ke pantai di Suluban ini.

Waktu terbaik untuk bisa menjelajahi pantai ini adalah saat ombak sedang tidak ganas. Yang berarti Anda dapat melihat lebih banyak tempat atau jalan berpasir karena mudah diakses.

3. Ada penenun

Saat berjalan-jalan santai di pantai, pengunjung dapat menemukan aktivitas penduduk setempat di sana. Kegiatan masyarakat diawali dengan berdiskusi bahkan mendorong kegiatan menenun kain tradisional Bali. Meski terlihat cukup ramai, penduduk di sekitar pantai sangat ramah terhadap turis.

Pengunjung bisa berinteraksi dengan warga bahkan bercerita tentang keunikan Pantai Suluban di Uluwatu. Ketika Anda sudah puas bermain di pantai dan hendak meninggalkan pantai, jangan lupa untuk menawar tenun yang merupakan buatan asli orang-orang di sana.

Memiliki motif yang sangat indah dan diproduksi langsung oleh seniman handal. Anda pasti tidak akan menyesal membeli kain tradisional dari kawasan wisata pantai ini.

4. Pemandangan Pantai yang Tak Tertandingi

Jika Anda sudah melangkah ke Pantai Suluban di Uluwatu, Anda akan melihat betapa uniknya tata letak alamnya. Misalnya seperti pemandangan laut biru yang juga berpadu dengan pemandangan alam yang indah.

Air laut di pantai ini memiliki dua warna, untuk bagian dalamnya berwarna biru tua sedangkan bagian yang dangkal berwarna kehijauan yang bahkan dasar lautnya terlihat oleh mata.

Alamat Pantai Blue Point, Lokasi, Petunjuk Arah dan Biaya Masuk

Alamat Pantai Titik BiruKredit Gambar: Google Maps febry prasetyo

Pantai Suluban terletak di desa Pecatu, Uluwatu, tepatnya di Bali. Jarak dari Denpasar sekitar 60 menit.

Untuk jalur yang bisa Anda gunakan untuk menuju pantai, sesampainya di kantor pusat Desa Pecatu, Anda harus berbelok ke kanan menuju Jalan Labuan Sait. Kemudian anda harus memilih jalan menuju pantai Padang-padang, baru setelah itu anda belok kanan menuju pantai Suluban. Dari sini Anda sudah bisa melihat bagaimana keindahan yang disuguhkan di pantai ini.

Bisa dikatakan pantai menawan di Uluwatu ini cukup jauh dari beberapa destinasi wisata di Bali. Agar tidak mengalami kendala saat mencari angkutan umum, sebaiknya menyewa jasa rental mobil atau motor.

Pengunjung yang ingin masuk ke Pantai Suluban Uluwatu tidak dipungut biaya sama sekali, artinya pengunjung bisa leluasa masuk dan datang ke pantai ini untuk menikmati keindahan alamnya. Namun, Anda harus membayar parkir kendaraan karena ada petugas parkir. Biaya untuk sepeda motor hanya Rp 5.000 sedangkan untuk mobil Rp 15.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Suluban

Aktivitas di Pantai SulubanKredit gambar: Google Maps Shella Wani

1. Menjadi surganya para peselancar

Di pantai favorit ini, banyak peselancar datang dan pergi tanpa harus khawatir dengan ombak yang tinggi. Karena penjaga pantai juga selalu berjaga-jaga di menara dan selalu memperhatikan tingkat kekerasan ombak dan para peselancar di laut.

Bagi pengunjung yang tidak tahu cara berselancar, mereka juga harus memperhatikan keadaan ombaknya. Karena arus laut terkadang sangat kuat dan bisa menabrak salah satu gua yang bisa berbahaya. Untuk itu, banyak pihak yang menyarankan agar Pantai Suluban tidak dijadikan sebagai tempat wisata anak-anak.

Saat air laut surut, atraksi peselancar bermain ombak biasanya bisa terlihat cukup dekat. Hal ini karena bagian pantai yang dangkal akan sedikit memanjang ke tengah laut, namun tetap harus menjaga jarak dan lebih berhati-hati.

2. Panjat tebing karang

Kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar pantai adalah memanjat tebing di pinggir pantai. Tentu saja untuk mendaki karang Anda harus berhati-hati agar tidak melukai diri sendiri karena karangnya cukup tajam.

Banyak wisatawan mendaki karang untuk melihat matahari terbit atau terbenam. Karena dengan mendaki karang, pemandangan akan lebih jelas, dan yang pasti momen ini tidak akan terlupakan.

3. Berfoto di Pantai Goa

Nah, semua orang pasti ingin sekali berfoto saat berlibur. Jika Anda salah satunya, maka spot goa di pantai Suluban adalah yang paling cocok. Hal ini dikarenakan cukup instagramable sehingga banyak wisatawan yang mengunggahnya ke media sosial.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Suluban Uluwatu

Suluban Beach Inn UluwatuKredit gambar: Google Maps Marcelo Arruda

1. Blue Point Hotel Uluwatu

Hostel ini menjadi salah satu icon tempat wisata ini. Karena nama hotel inilah yang membuat Pantai Suluban memiliki nama lain yaitu Pantai Blue Point. Hotel ini terletak di tepi pantai di atas tebing. Soal tarif menginap di hotel ini cukup terjangkau dan banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati.

Hotel ini juga menawarkan Wi-Fi gratis di seluruh areanya dan meja depan 24 jam. Sehingga Anda bisa lebih nyaman saat berada di dalam kamar.

2. Backpacker Uluwatu

Untuk lokasi hostel ini tepatnya di Jalan Labuan Sait, tarif menginap disini juga cukup murah per malamnya. Selain itu, dengan fasilitas yang memadai seperti tempat parkir mobil yang sangat luas, terdapat kolam renang, setiap kamar hotel dilengkapi dengan free wi-fi, kamar mandi yang dilengkapi dengan shower dan tempat tidur yang nyaman.

3. BB Homestay 2

Hostel ini juga masih berada di sekitar pantai Suluban yang biaya per malamnya cukup murah. Untuk fasilitas yang tersedia di hostel ini memiliki kamar hotel yang dilengkapi dengan free wi-fi.

4. Akomodasi Jacko House Uluwatu

Untuk hostel ini cukup dekat dengan hotel Blue Point dan juga dengan pantai Uluwatu yang hanya berjarak sekitar 1 km saja. Fasilitas hotel ini memiliki tempat parkir kendaraan yang sangat luas, sehingga tidak sulit untuk mencari tempat parkir jika banyak wisatawan.

Kemudian hotel ini juga sangat dekat dengan beberapa restoran atau kafe. Jadi Anda tidak perlu bingung saat ingin menyantap menu khas dari pulau Bali atau daerah Uluwatu.

Fasilitas yang tersedia di Blue Point Beach

Fasilitas Pantai Blue PointKredit gambar: Google Maps Ikhwan Wahyudin

1. Memiliki akomodasi yang cukup nyaman

Seperti disebutkan di atas, pantai Suluban memiliki hostel yang sangat terkenal. Dimana asrama memberikan kenyamanan bagi semua pengunjung. Karena hotel ini cukup besar, maka bisa menampung banyak pengunjung.

2. Memiliki kafe dan restoran

Saat Anda lelah menghabiskan energi untuk berselancar atau bermain air bersama keluarga, tentu sudah saatnya Anda menimbun makanan lezat.

Di pantai Suluban sendiri terdapat kafe dan restoran yang menawarkan banyak menu makanan dan minuman. Untuk setiap menunya juga ada harga yang terjangkau dengan porsi yang cukup banyak. Dijamin akan puas dan kenyang jika makan di kafe atau restoran ini.

3. Ada kolam renang

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak berani berselancar di ombak besar, kolam tepi pantai bisa menjadi pilihan. Kolam ini sangat cocok untuk keluarga dengan anak-anak, dimana Anda dan keluarga tetap bisa bermain air walaupun tidak sedang bermain air laut.

4. Ada ruang untuk bersantai

Di area tepi pantai juga terdapat beberapa tempat untuk bersantai atau melepas lelah. Tempatnya sangat mirip kasur empuk agar pengunjung nyaman menikmati deburan ombak sambil bersantai.

Nah, itulah informasi yang bisa diberikan kepada anda tentang Pantai Suluban Uluwatu. Pastikan untuk memasukkan pantai ini sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat Anda datang ke Pulau Dewata, Bali.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button