Tur Kuliner Komunitas Sepeda Motor Royal Enfield - WisataHits
Jawa Barat

Tur Kuliner Komunitas Sepeda Motor Royal Enfield

TASIKMALAYA – Kegiatan touring merupakan salah satu kegiatan bagi pengendara sepeda motor untuk melepas penat dari pekerjaan sehari-hari. Begitu pula yang dilakukan oleh komunitas motor Royal Enfield, Royal Riders Indonesia (RORI) Chapter BRADERS. Mereka melakukan perjalanan ini tidak hanya untuk menunggang kuda, tetapi juga cukup sadar untuk wisata kuliner.

Perjalanan dilakukan pada Jumat (29 Juli 2022) dini hari. Keberangkatan itu dari salah satu gerai Soto di kawasan Kota Wisata, Cibubur, Jakarta Timur. Rute yang dipilih ke Tasikmalaya melewati Jonggol, Cikalong, Padalarang, Cimahi, Cibiru, Nagrek dan kemudian ke daerah tujuan.

Tidak hanya itu, dipilihnya kota ini sebagai destinasi dikarenakan adanya anggota RORI BRADERS yang sebenarnya adalah kampung halaman mereka di Tasik. Toh, selain touring dan motogp, ada juga jajanan menarik yang patut dicoba.

Royal Enfield klasik

Rombongan tiba di Tasik sekitar pukul 10.00 WIB, meski berangkat pagi hari untuk menikmati wisata rombongan yang dipimpin Ernes, memilih jalan-jalan santai. Apalagi mengingat waktu tempuhnya adalah hari Jumat dan rombongan harus menghadapi waktu shalat Jumat. Alhasil, Masjid Al Irsyad Satya dipilih sebagai tempat menunaikan salah satu kewajiban kaum adam Muslim, yaitu shalat Jumat.

Keseruan wisata kuliner Royal Enfield Motorcycle Community

Sembari menunggu dijemput Kang Yayan (anggota RORI BRADERS yang berasal dari Tasik), rombongan wisata kuliner menyempatkan diri mengunjungi booth Bubur Kacang di perempatan Jalan Peta – Siliwangi – BKR pada pukul 06.00 WIB untuk berkunjung. Menariknya, bubur kacang yang disajikan agak berwarna hijau.

Akhirnya setelah berdiskusi dengan rekan-rekan yang hadir, diputuskan untuk bertanya kepada penjaga toko mengapa makanan yang disajikan agak hijau. Sang ayah menjawab dengan santai bahwa bukan pewarna buatan yang menjadi masalah, hanya penggunaan daun pandan.

Tutug Oncom Tasikmalaya

Ketika membaca tulisan “Tutug Oncom”, kebanyakan dari kita akan langsung teringat Bandung. Ternyata makanan yang bahan utamanya oncom dan dicampur nasi ini juga ada di Tasikmalaya. Bahkan makanan yang dijadikan menu sarapan pun terasa istimewa karena Tutug Oncom Kalektoran Shop berdiri sejak 1999.

sepeda motor kustomCepi Sumantri menikmati Kupat Mangunreja

Aneka Tahu Kupat

Pada Sabtu malam saat berziarah ke rumah Kang Yayan di Tasik, anggota RORI BRADERS disuguhi tahu kupat. Menariknya, apa yang disuguhkan dengan santapan tersebut berbeda dengan rasa tahu kupat di luar daerah Tasik. Kang Yayan selaku AKAMSI (anak Kampung sini) mengatakan bahwa yang disajikan adalah khas Tasik dan ia membelinya di booth Kupat Tahun, Taman Putra Simpang Lima.

“Saya pribadi suka tahu kupat ini karena tahunya garing dan ada daun bawang dan kuahnya asli,” kata Kang Yayan.

Bahkan jajanan Tasik Kupat lainnya memiliki cita rasa yang berbeda. Misalnya dengan Kupat Tahu Mangunreja. Rasa makanan dalam perjalanan pulang ke Depok cenderung berbeda dan jika mengutip kesaksian Ernes, rasanya hampir sama dengan Tahu Kupat khas Bandung. ##

Source: www.sepedamotor.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button