Gua Sunyaragi, situs sejarah unik di tengah kota Cirebon - WisataHits
wisatahits

Gua Sunyaragi, situs sejarah unik di tengah kota Cirebon

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Saat Anda berkunjung ke Kota Cirebon, Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat musim liburan atau di waktu senggang. Ada berbagai jenis tempat wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata yang sarat akan sejarah. Salah satu wisata sejarah di Cirebon adalah Gua Sunyaragi.

Gua Sunyaragi merupakan tempat wisata yang dulunya merupakan peninggalan kerajaan kuno. Hal ini membuat wilayah ini penuh dengan sejarah dan budaya yang dikandungnya. Bagi Anda yang ingin berwisata dengan konsep wisata edukasi, Anda juga bisa mengunjungi Gua Sunyaragi.

Apalagi Gua Sunyaragi juga terkenal dengan mitos yang dikandungnya. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan penasaran dengan pesona gua Sunyaragi ini. Bagi Anda yang juga penasaran dengan Gua Sunyaragi, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini untuk menambah informasi Anda:

Kenali warisan budaya Gua Sunyaragi

Jelajahi Gua SunyaragiFoto oleh Google Maps Sita

Gua Sunyaragi merupakan kawasan cagar budaya yang didirikan sekitar abad ke-17. Merupakan tempat yang pernah digunakan untuk kanuragan dan meditasi oleh para prajurit dan sultan kerajaan Cirebon. Kawasan ini memiliki luas sekitar 15 hektar dan saat anda memasuki kawasan ini anda akan merasakan aura mistis yang mengelilinginya.

Gua Sunyaragi sendiri memiliki arti dalam namanya. Sunyaragi berasal dari kata Sansekerta “Sunya” dan “Ragi”, Sunya berarti diam sedangkan ragi berarti tubuh. Nah, dari namanya saja sudah bisa dibayangkan kalau kawasan ini pasti penuh dengan suasana tenang, itulah sebabnya Gua Sunyaragi dikenal memiliki aura mistis.

Dulu, Gua Sunyaragi juga digunakan sebagai tempat menyusun strategi perang melawan Belanda pada masa kemerdekaan. Inilah mengapa Gua Sunyaragi memiliki bangunan atau suasana arsitektur yang tentunya sarat akan sejarah. Cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau orang terkasih untuk belajar tentang sejarah dan budaya.

Sejarah Gua Sunyaragi

Sejarah Gua SunyaragiFoto oleh Google Maps Jaya Jaya

Bisa dikatakan Gua Sunyaragi berbeda dengan gua lainnya karena gua ini terbentuk bukan karena fenomena alam, melainkan diciptakan oleh manusia. Gua Sunyaragi ini terdiri dari susunan batu yang memiliki corak tersendiri. Tata letak arsitektur bangunan ini merupakan perpaduan antara gaya Timur Tengah, Indonesia Klasik, Kebangkitan Eropa, dan Cina Kuno.

Gua Sunyaragi ini dibuat atas perintah Panembahan Ratu Pertama atau Pangeran Emas Zaenul Arifin. Daerah ini dibangun selama tiga periode sekitar awal abad ke-18. Gua Sunyaragi ini pernah digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga Kesultanan Cirebon. Konon pada masa lalu juga dikatakan bahwa tempat ini digunakan sebagai tempat latihan para prajurit Kesultanan Cirebon.

Kawasan ini pernah hancur akibat perang yang terjadi sekitar tahun 1787. Karena pada masa lalu Gua Sunyaragi digunakan sebagai benteng melawan penjajah. Kemudian diperbaiki lagi pada tahun 1852. Kemudian pemerintah Republik Indonesia juga melakukan renovasi dari tahun 1976 hingga 1984.

Cara menuju Goa Sunyaragi Cirebon

Bagaimana Goa SunyaragiFoto oleh Google Maps Anna Yulia

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Gua Sunyaragi, jangan khawatir dengan akses menuju ke sana. Karena kawasan ini memiliki akses rute yang didesain untuk memudahkan semua orang untuk berkunjung. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi kawasan wisata Gua Sunyaragi ini.

Untuk menuju Goa Sunyaragi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti taksi. Lokasi Gua Sunyaragi juga dapat dengan mudah ditemukan karena letaknya yang berada di tengah kota Cirebon di Jawa Barat. Jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat saat menggunakan peta.

Juga bagi anda yang berada di terminal Harjamukti Cirebon hanya perlu berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer saja. Sedangkan untuk pengunjung yang berada di stasiun Cirebon harus menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer. Anda juga bisa menanyakan lokasinya kepada warga sekitar karena kawasan gua Sunyaragi sudah cukup terkenal di kota Cirebon.

Fasilitas yang tersedia di Gua Sunyaragi

Alamat Pantai Balangan BaliFasilitas Goa SunyaragiFoto dari Google Maps Nano Komara

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Gua Sunyaragi, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Karena di kawasan wisata goa Sunyaragi sudah dikelola dengan baik oleh pihak yang berwajib. Lokasinya yang berada di tengah kota juga membuat kawasan Gua Sunyaragi dekat dengan berbagai fasilitas di tengah Kota Cirebon.

Anda tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraan Anda saat berada di kawasan Gua Sunyaragi, karena di sini tersedia tempat parkir yang cukup untuk menampung kendaraan para pengunjung yang datang. Selain itu, di sekitar areal tersebut juga telah didirikan musholla untuk memudahkan pelaksanaan ibadah.

Selain itu, ada juga berbagai tempat makan yang menawarkan makanan lezat yang tentunya patut untuk dicoba saat Anda berkunjung ke Gua Sunyaragi. Anda bisa mencicipi masakan khas dari Kota Cirebon yang tentunya juga bisa membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

Bagi Anda yang datang dari luar kota dan membutuhkan tempat untuk beristirahat, Anda juga bisa menyewa penginapan di sekitar gua Sunyaragi ini. Berbagai fasilitas tentu tersedia untuk membuat pengalaman liburan Anda nyaman dan aman.

Jalan-jalan menarik di Gua Sunyaragi

Gua Wahan SunyaragiGambar dari Google Maps mom_1012pap7

Di Gua Sunyaragi, kamu tidak hanya bisa melihat keindahan arsitekturnya saja, tapi juga bisa mencoba berbagai wahana yang ditawarkan pengelola, seperti sepeda terbang. Anda dapat mengabadikan pengalaman sepeda terbang dengan mengambil foto sambil mengayuh sepeda.

Selain itu, bagi kamu yang ingin mencoba hal baru seperti memanah, kamu juga bisa melakukannya di Gua Sunyaragi. Ada juga permainan flying swing dan flying balloon yang tentunya bisa Anda coba sambil memandangi kemegahan kawasan gua Sunyaragi.

Di sini Anda juga bisa memuaskan hobi fotografi Anda. Menggunakan arsitektur batu yang khas, Anda juga bisa memilih kawasan ini sebagai tempat untuk berfoto seperti prewedding. Maka dari itu, jangan bingung ketika datang ke Gua Sunyaragi, kamu pasti bisa mencoba wahana mendebarkan ini.

Jam buka dan harga tiket masuk Gua Sunyaragi

Jam Buka Gua SunyaragiFoto oleh Google Maps Arry Firdaus

Kawasan wisata sejarah ini memiliki jam buka mulai pukul 08:00 hingga 17:30. Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan berkunjung, disarankan untuk datang pada sore hari. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang tidak terlalu terik, sehingga Anda dapat berjalan-jalan di sekitar kawasan dengan suasana yang teduh pada sore hari.

Harga tiket masuknya cukup terjangkau yaitu Rp 15.000. Untuk parkir motor dikenakan biaya parkir 2000 rupiah dan mobil 5000 rupiah. Juga, bagi Anda yang ingin menyewa pemandu wisata, ada juga biaya tambahan sekitar Rs 50.000.

Itulah beberapa penjelasan tentang Gua Sunyaragi. Bagi anda yang sedang berada di Cirebon atau ingin berkunjung ke Cirebon, anda bisa mencoba menyempatkan diri untuk mengunjungi goa Sunyaragi ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button