Pantai Soka Tabanan, Destinasi Wisata Bahari Eksotis Penuh Mitos - WisataHits
wisatahits

Pantai Soka Tabanan, Destinasi Wisata Bahari Eksotis Penuh Mitos

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Antap, Kec. Selemadeg, Kab. Tabanan, Bali; Kasus: Cek lokasi

Siapa yang belum mengenal Bali, tempat yang terkenal dengan pesona alamnya yang tak ternilai harganya, termasuk Pantai Soka di Tabanan. Pantai merupakan tujuan wisata yang dapat menarik perhatian banyak orang yang berkunjung ke pulau dewata bahkan seluruh nusantara. Tentu saja, ini adalah sesuatu yang bisa kita banggakan.

Oleh karena itu, sayang sekali jika Anda berada di Bali namun tidak bisa menikmati keindahan pantai yang tiada duanya ini. Walaupun mungkin bagi sebagian orang, hit pantai ini masih terasa asing. Hal ini sebenarnya wajar saja karena tempatnya sendiri belum banyak diketahui orang.

Berbeda dengan Pantai Green Bowl, Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta dan beberapa pantai terkenal lainnya. Namun tenang saja karena pemandangan yang disuguhkan untuk Anda di Pantai Soka juga tidak kalah menarik. Berikut berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang tempat wisata tersebut, sebelum mengunjunginya.

Atraksi di Pantai Soka

Aktivitas di Pantai SokaKredit gambar: Google Maps raden en

1. Dekorasi pantai

Pasir hitam merupakan salah satu keunikan yang dimiliki pantai ini. Saat terkena sinar matahari, pasir hitam akan berkilau indah. Lalu ada juga bebatuan yang menghiasi pantai dengan deretan dan banyak pohon kelapa yang melambai yang menyegarkan hati.

Juga, di sisi timur batu, akan ada gua yang dihuni banyak burung walet. Nah, gua itu bernama Gua Bulung Daya. Ada juga sebuah pura yang merupakan tempat yang sangat istimewa bagi para pengunjung yang berada di sana.

Ini karena Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam secara maksimal dari atas pura. di sisi lain, pura sangat erat kaitannya dengan perjalanan spiritual yang dilakukan oleh Pedanda Bawu Rauh.

2. Mengembangkan legenda atau mitos

Di Pantai Soka Bali ada mitos yang masih terdengar sampai sekarang, yaitu ada batu dengan diameter 3 m. Batu tersebut berbentuk menyerupai tempayan yang dikelilingi air laut dan pasir, masyarakat menyebutnya Payuk Kebo Iwa. Selain itu, ada juga batu berupa dapur dengan ukuran 1 x 20 m.

Kebo Iwa adalah seorang tokoh legendaris Bali, ia adalah seorang pemuda yang bertubuh jangkung, jangkung dan gagah perkasa. Kebo Iwa akan menggunakan atau menggunakan pantai ini untuk memasak. Jadi, orang mengatakan bahwa batu besar ini dinamai Kebo Iwa. Sejauh ini Anda dapat melihat dua batu besar.

3. Matahari terbenam

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Soka PantaiKredit gambar: Google Maps Bima Firbananta

Saat sore mulai tiba, rasanya sayang jika tidak melihat indahnya sunset di tempat ini. Matahari terbenam akan menjadi indah dan memanjakan mata.

Pemandangan matahari terbenam di atas garis cakrawala mampu membuat siapapun terbius melihatnya lagi. Panorama matahari terbenam merupakan salah satu keunikan atau daya tarik yang dapat membuat pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya.

4. Alam yang indah

Setiap pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan keindahan alam. Pantai yang menghadap ke selatan menawarkan pemandangan alam laut biru yang mempesona. Di sebelah barat terdapat gugusan bukit yang menghubungkan dengan perbukitan Gunung Batukaru.

Di sebelah timur, gunung tertinggi di Bali menjulang tinggi dan perkasa. Beruntung jika cuaca cerah karena samar-samar Anda bisa melihat kawasan Balmbangan di pulau Jawa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SokaKredit Gambar: Google Maps Nona Ellyza

Bagi Anda yang ingin datang ke Pantai Soka tidak perlu khawatir untuk mencari lokasinya. Terletak di dekat jalan utama yang menghubungkan Bali dan Denpasar, yaitu 45 km dari Denpasar dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Bandara Ngurah Rai. Alamat lengkap ada di Jl Raya Denpasar Gilimanuk, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

Akses menuju kesana cukup mudah dan jalannya cukup bagus. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau motor, namun jika tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menyewanya dengan harga yang terjangkau, yaitu berkisar antara 50.000 rupiah hingga 175.000 rupiah.

Namun jika anda memilih untuk naik angkutan umum seperti bus, dll, anda tidak perlu bingung dimana angkutan umum tersebut berada. Anda hanya perlu berhenti di bus kota yang terletak di distrik Selemadeg.

Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau kendaraan lain untuk sampai di Desa Antap. Begitu sampai di Desa Antap, Anda sudah dekat dengan pantai. Jika Anda masih tidak tahu rutenya, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai SokaKredit gambar: Google Maps Putu Hendra Sagita

Jika Anda adalah tipe orang yang selalu berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang. Nah, pantai yang indah ini menjadi destinasi wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Pasalnya, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk dan biaya parkir. Jadi alis Anda tidak akan berkerut memikirkannya, karena semua orang bebas memasuki area pantai secara gratis.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Soka

Kredit gambar: Facebook Nyoman Wiastra

1. Arung Jeram

Pantai ini dekat dengan Sungai Balian atau Tukad Balian. Dimana tempat ini merupakan salah satu tempat yang terkenal untuk kegiatan arung jeram.Sungai Balian berada di sebelah barat pantai Soka. Tidak hanya pemandangan pantai, saat rafting pengunjung juga akan disuguhkan dengan kebun kelapa yang hijau.

Biaya yang akan Anda keluarkan tentunya tergantung dari paket yang Anda ambil. Tarif rata-rata yang dikenakan berkisar dari 150.000 rupee hingga lebih dari 300.000 rupee. Ada juga beberapa paket yang akan memberikan pelayanan berupa makanan.

2. Bermain pasir

Selain warnanya yang unik, pasir pantai yang eksotis ini juga sangat bagus jika dijadikan sebagai media bermain, Anda bisa membentuknya menjadi berbagai macam hal yang menarik seperti istana, bola dan bentuk lainnya. Apalagi jika Anda membawa serta anak-anak Anda, itu akan sangat mengasyikkan.

3. Berenang

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai SokaKredit Gambar: Google Maps sujai jai

Ombak di Pantai Soka relatif rendah dan tenang. Dengan kondisi seperti itu tentunya sangat cocok untuk melakukan aktivitas santai dan seru seperti berenang. Bersantai karena kegiatan ini sangat aman dilakukan di pantai ini.

4. Memancing udang

Pantai ini memiliki salah satu tempat terbaik untuk memancing udang. Tepatnya berada di sisi barat yang telah dipenuhi karang yang tidak terlalu tinggi. Biasanya, nelayan setempat menawarkan jasa penangkapan udang kepada pengunjung.

Dengan biaya sewa perahu sekitar 300.000 rupiah, Anda sudah bisa dibawa ke tengah laut untuk memancing. Tidak hanya udang, berbagai jenis biota laut lainnya juga bisa didapatkan jika Anda beruntung.

Dijamin Anda akan merasakan sensasi memancing yang cukup berbeda. Penyewaan akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB asalkan ombaknya bersahabat.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi Pantai Soka PantaiKredit gambar: Google Maps untuk Khan

1. Balian Paradise Resort

Anda bisa menginap di hotel ini dengan tarif mulai dari Rp 230.000 per malam. Fasilitas yang akan didapatkan seperti kolam renang, wifi gratis, akses ke pantai, AC, sarapan pagi, parkir kendaraan, dll.

2. Glamping Soka India

Hostel ini cocok untuk pengunjung dengan anak kecil. Pemandangan asrama juga sangat indah dan membuat semua orang betah bermalam di sini.

3. Pantai Gubug Balian

Konsep yang diusung oleh hostel ini cukup sederhana namun tetap memiliki kesan mewah. Fasilitasnya sendiri seperti tempat parkir mobil, wifi gratis, sarapan pagi, kolam renang, restoran, AC, dll.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Kredit gambar: Google Maps Isdar Wahim

Makan kuliner sambil menikmati keindahan pantai sungguh nikmat. Anda bisa mengunjungi salah satu restoran di dekat Pantai Soka Tabanan. Pilihan kulinernya beragam mulai dari khas nusantara, masakan khas barat, masakan China hingga beberapa jenis seafood.

Setelah puas bermain di pantai, pengunjung bisa menjajal fasilitas berupa wahana di Adventure Park. Misalnya seperti Pipa dan Bola, Ice Breaking, Flying Fox dan ATV. Bagi yang ingin membeli oleh-oleh, juga telah disediakan central store yang menjual oleh-oleh khas Bali.

Selain itu, terdapat fasilitas persewaan perahu yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati keindahan laut. Tersedia juga rest area yang nyaman dan kamar mandi bersih yang membuat pengunjung tidak akan menyesal datang ke sini.

Itulah berbagai hal menarik di Pantai Soka di Tabanan, Bali. Rasakan sesuatu yang baru dengan mengunjungi beberapa destinasi bahari terpopuler di Bali.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button