Pantai Kappe, pantai berpasir putih dengan pemandangan pegunungan terpencil di Pinrang - WisataHits
wisatahits

Pantai Kappe, pantai berpasir putih dengan pemandangan pegunungan terpencil di Pinrang

Pantai Kappe, pantai berpasir putih dengan pemandangan pegunungan terpencil di Pinrang

Pantai Kappe yang eksotis ini terletak di Pinrang, Sulawesi Selatan. Daya tarik utamanya adalah airnya yang begitu jernih dan pasirnya yang putih bersih.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: kecamatan Duampanua, Kab. Pinrang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Berlibur di Pinrang, Sulawesi Selatan, belum lengkap tanpa mengunjungi pantainya yang menawan. Salah satunya adalah ke Pantai Kappe yang berada di kawasan Duampanua. Pantai ini terkenal dengan air lautnya yang berwarna biru cerah tempat mengejar matahari terbenam yang terbaik dari Penang

Itu tidak berhenti di situ. Masih banyak daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh pantai kebanggaan warga Pinrang ini. Apa saja fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakukan di sana? Temukan jawabannya di artikel Komentar di bawah ini, dengan alamat dan harga tiket masuk.

Daya tarik utama sebuah pantai adalah keindahan pemandangan air lautnya yang berpadu sempurna dengan hamparan pasir yang luas. Begitu juga dengan ciri khas pantai Pinrang yang populer ini. Ajak keluarga besar berlibur ke sana dan nikmati berbagai atraksi di bawah ini.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Kappe

Atraksi Pantai KappeFoto oleh Ikhsan Taja di Google Maps

Bagi wisatawan yang berencana mengunjungi pantai yang mempesona ini, sebaiknya lihat atraksinya terlebih dahulu. Berikut adalah gambaran singkat tentang objek wisata Pantai Kappe.

✦ Air laut biru jernih dan cerah

Salah satu pantai Pinrang yang terkenal memiliki air laut yang begitu bersih dan jernih. Tidak ada kotoran yang mencemari, sehingga air tidak terlihat keruh. Dengan begitu, wisatawan bisa bermain air laut sepuasnya di pantai. Selain itu, ombak air lautnya juga tidak terlalu besar sehingga cukup aman bagi wisatawan untuk datang.

Menariknya, terkadang warna air laut juga bisa tampak biru cerah saat langit biru menyilaukan. Seolah-olah warna biru langit dan air laut menyatu seperti tablo yang mempesona. Traveler bisa menggunakannya sebagai backdrop untuk foto-foto epik sebagai kenang-kenangan atau postingan media sosial.

✦ Pasir putih halus

Hamparan pasir di pesisir Pantai Kappe tak kalah indahnya dengan pemandangan air laut, pasirnya berwarna putih dengan butiran pasir yang halus dan nyaman saat berjalan di atasnya ataupun kita duduk di sana. Bahkan, beberapa wisatawan biasanya berjemur sambil tiduran di atas pasir. Ada juga yang berdiam diri sambil minum es kelapa segar.

Hamparan pasir di pantai ini juga cukup luas. Jadi tidak perlu takut jika jumlah pengunjung cukup banyak (biasanya akhir pekan dan hari libur nasional). Rombongan wisatawan belum menemukan tempat istirahat untuk menikmati keindahan pantai. Namun jika ingin suasana yang lebih tenang, usahakan datang pada pagi hari.

✦ Pemandangan gunung yang jauh

Pemandangan ini cukup jarang ditemukan di pantai-pantai pada umumnya. Kapan lagi bisa melihat pantai menyatu dengan indahnya pemandangan pegunungan yang seolah menjulang dari jauh. Biasanya pemandangan ini bisa dilihat saat hari cerah. Bahkan terkadang Anda juga bisa melihat rerimbunan hutan di sekitar panorama gunung.

Tentu saja panorama yang begitu indah tidak boleh dilewatkan. Simpan menggunakan kamera sebagai koleksi foto pedesaan Atau foto-foto video alam. Atau gunakan sebagai background foto selfie atau foto dengan sesama pelancong. Hasilnya pasti memukau dan menjadi salah satu potret liburan yang tidak akan Anda lupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai KappeFoto oleh Andibasoamry di Google Maps

Semua atraksi di atas bisa didapatkan wisatawan dengan mengunjungi langsung pantai yang ada di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan ini. Kabupaten Pinrang sendiri termasuk dalam wilayah provinsi Sulawesi Selatan yang berjarak sekitar 185 kilometer sebelah utara kota Makassar. Sedangkan Pantai Kappe terletak di Desa Data, Kecamatan Duampanua, Pinrang.

Jalan menuju pantai dapat ditempuh dengan mudah menggunakan mobil atau sepeda motor. Gunakan aplikasi Google Maps untuk petunjuk arah belokan demi belokan. Perhatikan juga rambu-rambu jalan di jalan raya dan jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk setempat jika Anda tidak tahu cara menemukan wahana pantai ini.

Harga tiket masuk dan jam buka

Pengelolaan Pantai Kappe dilakukan secara swadaya oleh warga setempat, sehingga harga tiket masuknya murah. Bahkan, warga setempat bisa masuk ke kawasan pantai dengan gratis. Sedangkan turis asing bisa membayar pajak mulai dari Rp 5.000 per orang. Bayar uang ke manajer tugas di pintu masuk.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda harus parkir di tempat parkir yang disediakan untuk keperluan tersebut. Untuk saat ini tarif parkir masih belum jelas. Namun wisatawan bisa berinisiatif menyediakan uang parkir sendiri untuk mendukung pengelolaan objek wisata tersebut. Berikan uang parkir mulai Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan menyenangkan di Pantai KappeFoto oleh Rahmat Rahim di Google Maps

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berlibur di Pantai Kappe. Baik itu kegiatan yang dilakukan sendiri maupun bersama orang lain. Dengan demikian, wisatawan tidak akan kehabisan ide untuk beraktivitas ketika pergi ke sana sendirian atau bersama orang-orang terdekat.

1. Mainkan air

Bermain di pantai kurang memuaskan jika tidak menceburkan diri ke pantai. Tapi cobalah bermain air di tepi Pantai Kappe. Jangan berenang ke tengah, apalagi jika tidak menggunakan alat bantu. Perhatikan juga keadaan air pasang atau surut. Jika ombaknya cukup besar, hindari bermain air di dekat pantai.

2. Bermain pasir di Pantai Kappe

Berencana mengajak anak Anda berlibur ke pantai? Ajaklah mereka untuk bersenang-senang bermain pasir sepuasnya. Selain itu, pasir di pantai Kappe berwarna putih bersih dan aman untuk dimainkan. Jadi, jangan ragu untuk mengajak anak Anda mengasah kreativitasnya dengan membentuk bangunan atau bentuk menarik lainnya dari pasir pantai.

3. Mainkan voli pantai

Jika Anda datang bersama rombongan keluarga besar atau teman dari komunitas, cobalah ajak mereka bermain voli di pantai. Biasanya pihak pengelola pantai menyediakan bola voli yang bisa dipinjam secara gratis. Namun, untuk berjaga-jaga jika bola tidak ada, Anda harus membawa bola voli sendiri ke rumah. Pasti seru main voli di pantai.

4. Piknik bersama teman atau keluarga

Jika ingin melakukan aktivitas yang lebih santai, duduk saja di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan indah yang memanjakan mata. Wisatawan juga bisa membawa tikar dan makanan dari rumah. Kemudian, gelar tikar di pantai dan nikmati makan siang bersama sesama pelancong.

5. Nikmati keindahan Matahari terbenam saat sore hari

Panorama pantai indah lainnya yang sayang untuk dilewatkan jika Anda mengunjunginya pada sore hari. Ya, apalagi sebaliknya matahari terbenam alias matahari terbenam. Nikmati keindahan langit jingga yang menyejukkan mata dan menenangkan pikiran. Jangan lupa mengabadikannya dalam kamera untuk mengenangnya suatu saat nanti.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai KappeFoto oleh Rahmat Rahim di Google Maps

Meski dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, Pantai Kappe memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Beberapa dari mereka adalah:

  • Tempat parkir mobil dan motor luas.
  • Mushola bagi wisatawan muslim yang ingin sholat.
  • Kamar mandi dan toilet untuk buang air besar atau buang air kecil.
  • Tempat menjual makanan dan minuman untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga.
  • Penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar lokasi pantai.

Kini Anda tidak perlu bingung memikirkan tempat untuk menghabiskan liburan saat berkunjung ke Kabupaten Pinrang. Cobalah untuk mengunjungi Pantai Kappe yang memiliki berbagai pesona alam yang menakjubkan untuk bersantai dari rutinitas sehari-hari. Ajak teman atau keluarga terdekat agar momen liburan menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button