Taman Pattimura, taman bersejarah dengan pemandangan alam yang indah di Ambon - WisataHits
wisatahits

Taman Pattimura, taman bersejarah dengan pemandangan alam yang indah di Ambon

Taman Pattimura, taman bersejarah dengan pemandangan alam yang indah di Ambon
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Uritetu, Kec. Sirimau, kota Ambon, Maluku; Kasus: Verifikasi lokasi

Tidak hanya bisamenyegarkan Jangan lupa juga bisa berlibur ke tempat-tempat bersejarah seperti Taman Pattimura untuk menambah wawasan dan pengetahuan sejarah di Indonesia. Taman cantik ini bahkan diklaim sebagai bukti sejarah perjuangan salah satu pahlawan nasional Indonesia, yakni Pattimura di Kota Ambon. Ya, pahlawan bernama asli Thomas Matulessy ini lahir di Pulau Seram pada 8 Juni 1783.

Menurut informasi yang beredar, taman ini resmi dibuat pada tanggal 2 Mei 2008 yang sejauh ini terlihat perkembangan yang signifikan. Anda yang berkunjung ke taman bersejarah ini nantinya akan menemukan patung perunggu Pattimura setinggi 7 meter. Sedangkan berat patung ini mencapai 4 ton dan menghabiskan dana anggaran mencapai 2 miliar rupiah.

Taman Pattimura yang memiliki ketinggian 8 meter dari permukaan tanah dan 7 meter dari tempat duduk ini ternyata memiliki filosofi tersendiri yang jarang diketahui orang. Dimana jika dihitung secara keseluruhan, keduanya menunjukkan angka 15 yang diartikan sebagai tanggal perjuangan Pattimura dan pasukannya melawan penjajahan Belanda di masa lalu.

Daya tarik milik Taman Pattimura

Atraksi di Taman PattimuraFoto oleh Iwan Rahady di Google Maps

Meski terkadang banyak orang yang tidak tertarik dengan wisata sejarah, jika Anda berkunjung ke Taman Pattimura, Anda pasti akan menemukan sejumlah hal menarik di sana. Pasalnya, taman ini menawarkan sejumlah atraksi bagi wisatawan. Beberapa atraksi yang ditawarkan oleh taman ini adalah sebagai berikut.

✦ Kolam penyangga di sekitar patung

Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan Taman Pattimura adalah adanya kolam penyangga yang dapat menambah keindahan monumen ini. Sedangkan untuk buffer pool yang ditawarkan sendiri tidak lebih dari 5 pool sehingga muncul angka 5 dengan arti bulan Mei. Sementara itu, terdapat 10 anak tangga menuju Patung Pattimura yang dilengkapi pelataran berhiaskan angka 18.

Selain itu, di sisi kolam juga terdapat empat penyangga yang dilengkapi dengan 17 balok hijau. Jadi, jika digabungkan, jumlahnya menjadi 1817. Yang menandakan tahun perlawanan Pattimura.

✦ Memiliki lanskap taman yang indah

Bisa dibilang Taman Pattimura yang memiliki luas sekitar 11.000 meter persegi ini menawarkan pemandangan lanskap yang menarik dan indah. Bahkan di tengah hiruk pikuk kota Ambon, ada Taman Nasional Pahlawan Pattimura sebagai salah satu penyejuk kota untuk dikunjungi masyarakat.

Dan untuk itu tidak heran jika banyak warga sekitar maupun masyarakat dari luar masyarakat Ambon yang sengaja mengunjungi taman ini. Tentu saja, hal itu dilakukan bukan hanya untuk melihat keperkasaan patung Pattimura, melainkan untuk rehat dari kesibukan rutinitas.

✦ Taman Pattimura memiliki panggung terbuka

Di sekitar taman ini juga terdapat panggung terbuka yang multifungsi. Dimana, panggung terbuka tunggal ini umumnya banyak digunakan untuk berbagai jenis acara yang bisa digunakan oleh masyarakat. Misalnya untuk merayakan hari jadi (HUT) Kota Ambon dan berbagai acara penting lainnya.

Sehingga dalam hal ini dikatakan bahwa taman tidak hanya digunakan sebagai tempat menyegarkan atau untuk menambahkan garis besar cerita. Namun, taman ini juga bisa digunakan sebagai panggung terbuka dalam beberapa hal.

✦ Memiliki air mancur musikal

Menurut kabar yang beredar, saat perayaan HUT Kota Ambon ke-444 tahun 2019 lalu, Air Mancur Musikan resmi didirikan di Taman Pattimura. Yang mana, taman ini merupakan salah satu wahana liburan edukatif yang cocok sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Ambon.

Dan seperti namanya, Tugu Pattimura juga memiliki banyak stand audio yang dipasang di berbagai sudut. Adapun lagu-lagu yang dimainkan di sini adalah lagu-lagu standar Ambon.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman PattimuraFoto oleh Doela Latif di Google Maps

Bagi anda yang ingin ke Taman Pattimura tidak perlu ragu untuk menuju ke sana sekarang juga. Karena taman ini tidak jauh dari pusat Kota Ambon, sehingga wisatawan bisa dengan mudah menuju ke sana. Taman Pahlawan Nasional Pattimura Indonesia terletak di Uriteru, Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Dan sebagai pusat kegiatan di Kota Ambon dan mudah dijangkau, taman ini terletak di sebelah Lapangan Merdeka.

Mengenai rute menuju taman ini, Anda bisa memanfaatkan bantuan Google Maps yang akan memberikan navigasi lengkap menuju tempat wisata edukasi ini. Anda bahkan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju taman ini. Selain itu, jam buka taman ini buka 24 jam sehari.

Harga tiket masuk dan jam buka

Seringkali wisatawan yang ingin mengunjungi sebuah sirkuit penasaran dengan harga tiket yang ditawarkannya. Namun, di sini Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk taman di Pattimura ini. Memang, taman yang menjadi simbol perjuangan Kapitan Pattimura ini tidak memungut biaya masuk kepada setiap pengunjung yang ingin datang dan menikmati keindahan taman.

Dengan harga tiket yang relatif gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun ini, Anda bisa bebas mengunjungi Taman Nasional Pahlawan Pattimura kapan saja. Namun, pastikan saat berkunjung Anda selalu mematuhi semua aturan yang ada. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan agar tidak mengurangi keindahan taman.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Taman PattimuraFoto Wigas Angga K di Google Maps

1. Bisa dijadikan tempat berolahraga

Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Taman Pattimura adalah berolahraga. Hampir setiap hari taman ini dijadikan tempat olahraga bagi banyak anak muda, baik pagi maupun sore hari. Tidak hanya voli atau basket, Anda juga bisa melakukan olahraga lain seperti jogging.

2. Area jalan-jalan sore di Taman Pattimura

Karena taman ini memiliki area pejalan kaki yang terawat dan ditata dengan baik, tidak heran jika pengunjung memanfaatkan area ini untuk jalan-jalan sore. Meski dengan banyaknya aktivitas masyarakat Kota Ambon, taman ini sangat cocok sebagai objek hiburan bagi masyarakat yang melewati taman ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di area tamanFoto oleh Yan Wemay di Google Maps

Taman Pattimura diresmikan oleh pemerintah kota Ambon, sehingga tidak heran jika perawatan yang diberikan cukup baik. Hal ini terlihat dari berbagai perkembangan yang cukup baik disana. Bahkan untuk fasilitas yang ditawarkan di taman ini juga sangat baik untuk para pengunjung.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di taman ini antara lain toilet, area parkir gratis, lapangan voli dan basket, jalan setapak, kolam renang, panggung terbuka dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya fasilitas wisata yang ditawarkan, tentu bukan menjadi alasan lagi untuk mengunjungi Taman Pattimura bukan?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button