Pantai Klayar Pacitan - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Klayar Pacitan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Klayar adalah tujuan wisata Maritim Ditampilkan di Pacitan siapa menarik mengeksplorasi. Pantai pasir putih yang menawarkan panorama alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Menghabiskan liburan pantai merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Selain bisa menyegarkan pikiran, ombak yang menari di tengah lautan juga sangat indah, sehingga memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Di Indonesia sendiri, pantai-pantai menawan sangat beragam jumlahnya dan berada di berbagai daerah.

Salah satunya adalah Pacitan, dimana nama destinasi wisata alam ini adalah Pantai Klayar. Jika Anda berada di kawasan ini, pastikan untuk mampir ke tempat yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat, lokal maupun asing. Pesonanya terletak pada keindahan alamnya yang dianggap sangat memukau di mata pengunjung.

Selain itu, fasilitas lengkap yang memadai juga mendukung infrastruktur sehingga pengunjung nyaman dan enggan meninggalkan tempat ini. Setelah membaca beberapa ulasan terkait Pantai Klayar, Pacitan, tidak lengkap rasanya jika melewatkan pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Atraksi Pantai Klayar

Aktivitas di Pantai KlayarKredit gambar: Google Maps Agus Widodo

1. Dikelilingi oleh sejumlah tebing karang yang sangat tinggi

Pantai yang menawan ini memiliki segudang daya tarik yang membuat siapapun tidak bisa berpaling darinya. Dikelilingi oleh sejumlah tebing karang yang menjulang tinggi, kondisi di tempat ini sangat unik dan berbeda dari yang lain.

Yang lebih menarik lagi, di tengah deretan tebing tersebut terdapat satu di tengahnya dan disebut Watu Lumbung oleh masyarakat sekitar. Jika diperhatikan lebih dekat, bentuknya sangat mirip dengan patung Sphinx di Mesir.

Tentu saja, Anda akan merasakan perasaan yang berbeda saat berada di dekatnya. Apalagi jika Anda mengambil foto sebagai latar belakang foto Anda, tentunya hasilnya akan lebih menarik dan menyatu dengan alam.

2. Keindahan Pantai yang Menakjubkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa Pantai Klayar Pacitan menawarkan panorama keindahan alam yang mempesona. Lokasinya yang bersih dengan pepohonan dan tanaman khas pantai akan memberikan perasaan segar dan tenang.

Faktanya, Anda tidak bisa hanya menikmati keindahan ini dari dekat. Namun terdapat sebuah bukit yang langsung menghadap ke laut sehingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk melihat pemandangan alam pantai ini. Bahkan, dari atas tebing, Anda bisa melihat keindahannya secara keseluruhan.

3. Banyak hewan laut di batu

Saat bermain di pantai ini, cobalah untuk melihat lebih dekat bebatuan di sekitarnya. Akan ada banyak hewan laut yang akan hidup di pinggiran bebatuan seperti keong, ganggang dan krustasea. Anda bisa memegangnya tetapi Anda harus berhati-hati agar kehidupan laut tidak mati.

Lebih penting lagi, Anda juga harus mewaspadai hewan laut atau tumbuhan yang mengandung racun. Karena jika terkena tangan manusia biasanya akan menimbulkan iritasi, gatal-gatal, dll. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda hanya menontonnya saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan.

4. Suara air dan suara seruling laut

Tempat Wisata di Pantai KlayarKredit gambar: Google Maps Walnut House

Di Pantai Klayar, Pacitan, terdapat fenomena alam yang sangat keren dan unik. Gemericik air dan suara seruling laut merupakan keindahan alam yang bisa Anda saksikan secara langsung. Letaknya di belakang Watu Lumbung.

Biasanya, ketika air pasang atau ombak datang, lubang-lubang kecil di antara bebatuan mengeluarkan semburan air dengan suara seruling. Namun, jangan pernah mendekatinya karena sangat berbahaya, karena tempat ini sering dilanda ombak besar.

5. Masih indah dan belum terjamah oleh tangan manusia

Atraksi paling langka yang bisa Anda temui adalah lingkungan Pantai Klayar, Pacitan yang masih asri dan belum terjamah tangan manusia. Dengan cara ini, lingkungan benar-benar unik untuk alam.

Namun, pengelolaan pantai ini sangat baik. Jadi sesampainya di sana, hal pertama yang akan Anda rasakan adalah kenyamanan yang tidak akan Anda temukan di sirkuit lain.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Klayar

Alamat Pantai KlayarKredit gambar: Google Maps Walnut House

Pantai ini terletak di desa Kalak, Donorojo, Jawa Timur. Dari pusat kota hanya berjarak sekitar 45 km, sehingga tidak cukup sulit untuk menemukan lokasi yang tepat. Akses jalan yang dapat Anda gunakan sangat mudah, mengingat dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat.

Untuk jalur ini, ada referensi yang bisa digunakan pengunjung untuk menuju ke sana, yaitu pertigaan Masjid Agung Punung. Jika masih di kawasan Pacitan, jalan yang harus dilalui setelah berada di pertigaan adalah belok kiri. Namun jika Anda datang dari Solo atau Yogyakarta, silakan belok kanan.

Setelah itu tidak perlu berbelok ke arah lain, cukup ikuti jalan utama dan di setiap titik harus ada rambu yang bisa Anda ikuti. Tidak butuh waktu lama jika kondisi siang hari normal untuk sampai ke pantai Klayar, mungkin hanya sekitar 30 menit. Namun tentu akan berbeda jika datang saat musim liburan tiba.

Sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di berbagai kalangan, pantai indah di Pacitan ini telah didukung dengan berbagai jenis fasilitas. Namun, untuk bisa masuk, Anda harus menyiapkan sejumlah uang sebagai cara untuk membayar tiket masuk. Dimana ada pembagian tersendiri untuk setiap pengunjung.

Untuk dewasa tiket masuknya Rp 10.000, sedangkan untuk anak-anak Rp 5.000, sedangkan biaya parkir motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus atau minibus Rp 10.000. Namun harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan keputusan pengelola.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Klayar

Aktivitas menarik Pantai KlayarKredit gambar: Google Maps Agung CS27

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti berikut ini:

1. Bermain pasir

Pasir putih Pantai Klayar Pacitan seringkali menjadi aset yang sayang untuk dilewatkan. Di hamparan pasir yang luas dan lembut ini, Anda bisa bermain di atasnya. Bahkan jika Anda seperti anak kecil, Anda tidak akan pernah melupakan perasaan gembira.

2. Jalan-jalan di pantai

Kondisi lingkungan pantai yang selalu asri dan alami sangat perlu Anda jelajahi. Cukup berjalan kaki untuk melihat pemandangan sekitar dan merasakan segarnya udara pantai. Jika beruntung Anda juga bisa melihat bagaimana orang-orang di sekitar mengambil buah kelapa langsung dari pohonnya.

3. Matahari dan relaksasi

Berjemur adalah aktivitas menarik berikutnya yang bisa Anda coba. Bahkan bisa membuat Anda rileks di tengah pasir dan terik matahari. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bersantai di tempat-tempat yang telah disediakan pengelola sambil menikmati snack.

4. Ambil gambar

Anda tiba di pantai yang bersih dan indah dengan pemandangan yang menakjubkan, pasti ada yang kurang jika tidak mengabadikannya. Untuk itu, siapkan smartphone atau kamera DSLR untuk mengambil foto sebanyak mungkin di setiap sudut pantai sebagai latar belakang foto Anda.

5. Sewa sepeda gunung

Di pantai Klayar juga ada tempat persewaan sepeda gunung. Jadi jika tidak ingin lelah berjalan-jalan di pinggir pantai, Anda bisa menyewanya untuk menikmati nuansa yang ada di sekitarnya.

Penginapan murah di sekitar pantai Klayar

Penginapan murah di sekitar pantai KlayarKredit gambar: Google Maps Cak Soelis

1. Homestay Kinasih

Anda sedang mencari penginapan di sekitar pantai dengan harga murah? Homestay Kinasih adalah solusi yang tepat untuk Anda. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 180.000-Rp. 250.000. Anda bisa tidur nyenyak dengan fasilitas lengkap. Adapun fasilitasnya, seperti kamar mandi pribadi, tempat tidur besar, dll.

2. Akomodasi Platar Ombo

Platar Ombo Inn juga menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk Anda. Selain sangat dekat dengan pantai, harganya juga pas di kantong. Untuk satu malam, Anda hanya perlu membayar Rp 100,00 hingga Rp 200.000, itu sudah termasuk fasilitas lengkap.

3. Putri Kembar Asuh

Memang di sekitar Pantai Klayar, di Pacitan sudah tersedia berbagai tempat menginap, termasuk Homestay Putri Kembar. Ditargetkan dengan budget Rp 200.000 per malam, Anda sudah bisa menikmati fasilitas berupa AC, kamar mandi pribadi dan masih banyak lagi.

4. Homestay Mayangkara

Homestay Mayangkara tidak kalah menarik dari yang lain. Untuk satu malam harganya Rp 200.000-Rp. 500.000 yang tentunya fasilitas lengkap dan nyaman. Ini termasuk televisi, kamar mandi pribadi, AC, dll.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Klayar Pacitan

Fasilitas Pantai Pacitan KlayarKredit gambar: Google Maps Ita ul Chasanah

1. Warung makan

Ada banyak sekali warung makan di sekitar Pantai Klayar di Pacitan. Sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu mengantri jika ingin membeli makanan atau minuman. Soal harga tidak perlu khawatir karena di tempat ini tidak ada yang mahal.

2. Parkir mobil luas

Area parkir yang luas merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan pengunjung. Pasalnya, saat liburan tiba, ribuan orang bisa datang. Namun tentunya dengan fasilitas ini, kendaraan tetap bisa parkir di dekat lokasi dan tidak mengharuskan Anda menempuh jarak yang jauh.

3. Berbagai alat permainan

Di pantai Klayar, Pacitan juga ada permainan yang pasti bisa kamu coba. Mengemudikan ATV untuk bersenang-senang adalah permainan yang paling sering dimainkan oleh pengunjung. Sudah ada beberapa materi yang disediakan oleh administrator, Anda tinggal membayar dan bisa langsung mencobanya.

4. Ruang pembilasan dan toilet umum

Biasanya ruang bilas ini sering digunakan oleh anak-anak yang kebasahan karena bermain terlalu dekat dengan pantai. Namun jika Anda tertarik, cobalah sensasi dihantam ombak yang menyentuh kulit.

Tidak perlu khawatir basah karena sudah ada ruangan yang bisa digunakan untuk ganti baju dan juga bersih-bersih. Toiletnya memadai dengan kebersihan yang terjaga yang juga ada. Jadi meskipun pengunjung ingin buang air besar tetap merasa nyaman meski dipakai bergantian dengan orang lain.

Demikian ulasan mengenai objek wisata, rute, tiket masuk dan lain-lain di Pantai Klayar Pacitan. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa mengajak orang-orang terdekat untuk berlibur di tempat ini. Melihat begitu banyak kelebihannya akan membuat Anda betah berlama-lama bahkan berniat untuk mengunjunginya lagi di lain waktu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button