Top 10 Destinasi Wisata di Ciamis yang Paling Banyak Dikunjungi dan Paling Populer untuk Dikunjungi! - WisataHits
wisatahits

Top 10 Destinasi Wisata di Ciamis yang Paling Banyak Dikunjungi dan Paling Populer untuk Dikunjungi!

Top 10 Destinasi Wisata di Ciamis yang Paling Banyak Dikunjungi dan Paling Populer untuk Dikunjungi!

Wisata Ciamis – Ciamis adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat. Keadaan wilayahnya yang sebagian besar didominasi pegunungan menjadikan Ciamis sebagai destinasi wisata alam yang patut untuk dikunjungi.

Beberapa tempat di Ciamis berada di dataran tinggi, teluk dan pantai, sehingga udara di kawasan ini lebih sejuk dan banyak pilihan destinasi wisata alam yang bisa Anda jelajahi.

Destinasi wisata paling populer di Ciamis

Pada kesempatan ini Tempatwisataseru.com akan memberikan beberapa rekomendasi destinasi wisata di Ciamis terpopuler yang wajib anda kunjungi. Silahkan disimak dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya.

1. Ngarai Hijau

Arung Jeram di Green Canyon PangandaranArung Jeram di Green Canyon Pangandaran

Jika di Semarang ada Brown Canyon, maka Ciamis juga tidak mau kalah. Disini ada salah satu tempat wisata anyar yang bernama Cukang Taneuh atau sering juga disebut dengan Green Canyon Ciamis. Berada di Pangandaran, Green Canyon kini menjadi tujuan wisata bagi mereka yang menyukai wisata alam yang cukup menantang.

Salah satu aktivitas menarik di Green Canyon adalah menyusuri sungai menggunakan perahu yang bisa Anda sewa.

Green Canyon memiliki kondisi alam yang masih sangat terjaga. Jernihnya air dan rimbunnya vegetasi yang mengelilinginya membuat landscape tempat ini sangat menyejukkan mata. Dijamin menghilangkan semua stres dari kepala Anda.

Di sisi kiri dan kanan sungai Anda akan melihat wajah tebing yang terbentuk dan tergores secara alami, Anda pasti akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon ini.

2. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini melalui IGPantai Karang Nini melalui IG

Destinasi wisata di Ciamis terpopuler berikutnya adalah Pantai Karang Nini. Pantai ini tidak kalah unik dengan Green Canyon. Letaknya yang berada di balik bukit membuat pantai ini cukup terlindungi dan tersembunyi. Keunikan Pantai Nini adalah adanya batu karang yang bentuknya seperti nenek.

Konon menurut legenda setempat, batu tersebut merupakan perwujudan dari seorang Nini (nenek) yang sedang menunggu suaminya yang tak kunjung pulang, hingga akhirnya waktu menjelma sang nenek di dalam batu.

Pantai Karang Nini terletak di desa Emplak, Kec. Kalipucang, Pangandaran. Jaraknya cukup jauh dari Ciamis yaitu sekitar 83 Km, jika ditempuh dengan kendaraan bisa memakan waktu hingga 2 jam karena kondisi jalan yang kurang baik di beberapa daerah.

3. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang via IGCurug Tujuh Cibolang via IG

Ciamis juga terkenal dengan beberapa sirkuit berupa air terjun yang indah. Salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Tujuh Cibolang. Terletak di kecamatan Panjalu, tidak terlalu jauh dari pusat kota Ciamis dan dapat diakses dengan kendaraan pribadi.

Curug Tujuh Cibolang memiliki keunikan dengan undakan (tingkat) air terjun yang mencapai 7 tingkat. Airnya cukup deras dan jernih, setiap tingkatan air terjun memiliki nama yang berbeda dengan tingkatan pertama yaitu Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Cibolang, Simantaja, Cileutik dan Curug Cibuluh.

Panorama alam disana juga cukup segar dan selalu asri, hal ini dikarenakan letak air terjun yang berada di dataran tinggi di kaki gunung. Di sekitar Anda akan disuguhkan pemandangan hutan pinus yang lebat.

4. Jalan-jalan di Sungai Citumang

Wisata Sungai Citumang via JavaindonesiaorgWisata Sungai Citumang via Javaindonesia.org

Destinasi wisata di Ciamis yang paling populer selanjutnya adalah mengunjungi Sungai Citumang. Bagi Anda yang menyukai perjalanan extreme rafting, inilah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Wisata Sungai Citumang terletak di Pangandaran, sekitar 95 km dari kota Ciamis, anda dapat menempuh perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi.

Untuk dapat memasuki kawasan wisata tersebut, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 15.000 per orang. Apalagi Anda bisa memilih berbagai wahana yang telah disediakan di sini. Salah satu yang paling populer adalah body rafting yang cukup ekstrim dan menantang.

Jika ingin mencobanya, Anda harus membayar biaya sewa sebesar Rp 90.000 per orang untuk memiliki semua perlengkapan dan guide profesional untuk menemani Anda.

5.Ciung Wanara

Ciung Wanara melalui IGCiung Wanara melalui IG

Setelah mengunjungi beberapa destinasi wisata alam di Ciamis yang telah kami bahas diatas, kali ini kita akan menuju ke salah satu tempat wisata sejarah yang populer di Ciamis yaitu Ciung Wanara.

Ciung Wanara merupakan situs arkeologi peninggalan sejarah kuno yang masih berdiri hingga saat ini. Anda juga bisa menemukan berbagai bukti kejayaan kerajaan di masa lalu di sini.

Sebagai salah satu destinasi wisata di Ciamis yang sangat populer, Ciung Wanara memiliki sisi sejarah yang tinggi, di tempat ini terdapat peninggalan sejarah terbentuknya kota Ciamis berabad-abad yang lalu.

6. Mega Wisata Icakan

Mega Wisata Icakan melalui IG @eksloreciamisMega Wisata Icakan melalui IG @eksloreciamis

Selain itu, ada Mega Wisata Icakan yang bisa dijadikan objek wisata liburan keluarga di Ciamis. Jika Anda berlibur ke Ciamis bersama keluarga dan anak-anak, tempat ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Mega Wisata Icakan dikenal sebagai tempat refreshing akhir pekan bagi warga sekitar Ciamis. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam di kaki Gunung Sawal.

Mega Wisata Icakan dibangun di sebuah lembah dengan kondisi alam yang sangat indah. Berbagai fasilitas dan wahana yang bisa Anda nikmati di sini dijamin membuat Anda dan keluarga betah. Udaranya juga segar dan suasananya sangat tenang.

7.Kampung Kuta Ciamis

Kampung Kuta Ciamis via TribunnewsKampung Kuta Ciamis via Tribunnews

Destinasi wisata di Ciamis yang paling populer selanjutnya adalah Kampung Kuta Ciamis. Mungkin sebagian dari anda masih ingat dengan wisata Kuta Bali ketika mendengar namanya, namun yang satu ini memang ada di Ciamis.

Kampung Kuta Ciamis terletak di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata budaya di Jawa Barat yang juga dikenal sebagai kampung adat Kuta.

Masyarakat yang tinggal di desa adat ini secara turun temurun terus menjaga tradisi dan budaya leluhurnya, sehingga Anda bisa menemukan rumah adat, kerajinan tangan dan peninggalan sejarah lainnya yang masih terjaga dengan baik di sini.

Di sini juga sering digelar berbagai upacara adat yang bisa dihadiri pengunjung. Yang harus diperhatikan adalah aturan adat (pantangan) yang tidak boleh dilanggar saat berkunjung ke Kampung Kuta Ciamis.

8. Masjid Agung Ciamis

Masjid Agung Ciamis foto Net IstMasjid Agung Ciamis foto Net/Ist

Masjid Agung Ciamis merupakan salah satu landmark paling terkenal di Ciamis. Masjid ini cocok untuk Anda singgahi saat melakukan wisata religi dalam perjalanan mengunjungi destinasi wisata terpopuler di Ciamis.

Masjid yang didirikan pada tahun 1882 ini memiliki arsitektur yang megah dan masih berdiri hingga sekarang. Salah satu kekhasan masjid ini adalah adanya perpustakaan bawah tanah yang bisa dikunjungi pengunjung yang datang.

9. Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu via Wisatamu-comWebsite Lengkong Panjalu melalui Wisatamu.com

Tempat wisata alam di Ciamis yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan, Situ Lengkong Panjalu. Telaga atau telaga yang berada di kawasan Panjalu Ciamis ini bisa menjadi tempat yang sangat bagus untuk hunting foto. Selain itu, nuansa alam yang sejuk juga cocok untuk relaksasi dan relaksasi.

Salah satu keunikan dari danau ini adalah adanya sebuah pulau kecil bernama Nusa Gede yang di dalamnya terdapat banyak peninggalan sejarah dari zaman dahulu.

Anda bisa menyewa perahu untuk menyeberang mengunjungi pulau ini dan melihat sendiri peninggalan purbakala Ciamis.

10. Pantai Pangandaran

Pantai PangandaranPantai Pangandaran

Destinasi wisata Ciamis populer terakhir kita adalah Pantai Pangandaran. Untuk mengakhiri perjalanan kita ke Ciamis, kita bisa singgah sebentar di pantai indah di kawasan Desa Pananjung di Kab. Pangandaran ini.

Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan matahari terbit dan terbenamnya, jadi rencanakan waktu Anda sebaik mungkin untuk berkunjung di pagi atau sore hari untuk mendapatkan waktu matahari terbenam dan matahari terbit yang paling dinantikan oleh semua pengunjung.

* * * * *

Nah, itulah beberapa destinasi wisata di Ciamis terpopuler yang sering dikunjungi oleh penduduk lokal maupun turis. Selain tempat wisata, Ciamis juga menawarkan beberapa hidangan khas untuk dicoba, seperti pindang gunung atau dendeng, serta oleh-oleh khas Ciamis seperti galendo dan jual pisang.

Selain bisa dinikmati saat berwisata ke sana, Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan selamat berlibur.

Baca juga : 16 kenangan khas Ciamis

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button