Kementerian Lingkungan Hidup Tanam 5.000 Bibit Maggrove di Pantai Tirang, Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Kementerian Lingkungan Hidup Tanam 5.000 Bibit Maggrove di Pantai Tirang, Semarang

Semarang Central Javanews.id – Kementerian Lingkungan Hidup Siti Nurbaya menanam 5.000 bibit mangrove di pantai Tirang Semarang, Jawa Tengah, Minggu (28/8.2022).

Penanaman bibit mangrove yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup bersama kader Nasdem dan Pemkot Semarang di Pantai Tirang untuk mengantisipasi erosi dan perubahan iklim.

“Penanaman ini kami lakukan selain untuk mengantisipasi abrasi pantai di Laut Jawa yang juga berkaitan dengan HUT RI ke-77,” kata Siti Nurbaya.

Baca juga: Wingko Mangrove Sehat Khas Desa Wisata Bedono Demak

Dikatakannya, penanaman mangrove tidak hanya dilakukan di sepanjang Selat Pantura di Jawa Tengah tetapi juga di 8 provinsi di seluruh Indonesia, dengan fokus di Muara Angke, Jakarta.

“Penanaman di pantai utara Jawa Tengah sangat penting, Presiden menekankan pentingnya keseluruhan dalam membangun lingkungan, cagar mangrove sangat penting,” tambah Siti.

Terkait pembangunan lingkungan, pihaknya menargetkan untuk merehabilitasi 600.000 hektare. Namun, pihaknya saat ini baru bisa merealisasikan sekitar 110 hektare

“Kita masih harus kerja keras sampai akhir 2024, masih terus ada pembicaraan dari kementerian terkait penanaman dan rehabilitasi mangrove,” ujarnya.

Alasannya, penanaman mangrove karena dunia saat ini menghadapi berbagai tantangan, terutama perubahan iklim dan tantangan pembangunan secara keseluruhan.

Saat menanam mangrove. Pemerintah kota Semarang melalui dinas lingkungan hidup menyatakan bahwa kota Semarang memiliki 3 destinasi mangrove yang diberi nama Mangrove Eduparks.

Baca juga: Bekerjasama dengan Pramuka Jawa Tengah, Ganjar menanam 3.5.000 bibit mangrove di Semarang

Saat penanaman, pihaknya mengatakan kegiatan budidaya mangrove tidak hanya bersifat seremonial tetapi juga membawa manfaat di masa depan.

“Mudah-mudahan bisa dijadwalkan secara rutin. Bersama kita membangun kota Semarang. sukses buat kita Mari kita bersama-sama pindah ke Semarang,” kata Hartana, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Semarang.

Menurut informasi dari Kementerian Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya telah menanam 5.000 bibit mangrove di Pantai Tirang Semarang, Jawa Tengah. (Tito-01)

Source: www.jatengnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button