Pantai Sayang Heulang Garut - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Sayang Heulang Garut – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Heulang yang terhormatwisata bahari populer di selatan Garut dengan pesona alam yang luar biasa, menarik untuk dijelajahi saat liburan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Garut yang terkenal sebagai kota dodol dan intan rupanya menyimpan keindahan tersembunyi dari wisata pantai. Pantai Sayang Heulang, yang dalam bahasa Sunda berarti sarang elang. Maka jangan heran jika Anda menemukan patung elang saat memasuki area pantai.

Pantai ini terletak di selatan Garut. Sebuah tujuan wisata populer yang begitu indah dan masih relatif murni. Karena selalu begitu bersih dan alami. Menjadi referensi destinasi liburan yang sayang untuk dilewatkan.

Seperti kebanyakan pantai di selatan, pantai ini juga dihiasi bebatuan yang kokoh dan ombak yang besar. Pemandangan air laut yang berwarna biru kehijauan dan pasir putih kecoklatan yang terbentang indah di sepanjang pantai sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai.

Atraksi Pantai Sayang Heulang

Atraksi Pantai Sayang HeulangKredit Gambar: Google Maps Grateful Servant

Wisata bahari ini memikat hati para wisatawan dengan berbagai keindahannya. Pesonanya akan membuat Anda ingin kembali. Salah satunya adalah hamparan karang pemecah gelombang seperti karakter pantai selatan pada umumnya namun sedikit berbeda dan lebih istimewa disana.

1. Memiliki pemandangan karang yang indah

Hamparan karang yang menjorok ke laut di sepanjang pantai menjadi tontonan yang memukau. Saat air surut, Anda bisa berjalan menyusuri koral hingga ke tepi pantai, bahkan menurut mitos, saat air surut, seekor kuda putih ajaib akan berjalan di tengah laut.

Di lanskap karang ini, Anda dapat menemukan ikan berwarna-warni serta biota laut lainnya seperti moluska dan bintang laut yang terperangkap di antara karang sehingga dapat dilihat langsung dengan mata telanjang.

Terkadang lanskap karang ini juga digunakan sebagai tempat memancing sederhana. Setiap kali air surut, kolam-kolam kecil muncul di sekitar lanskap karang berisi ikan-ikan yang tersembunyi di antara bebatuan.

2. Dua area pantai yang menarik

Pantai Sayang Heulang terbagi menjadi dua area yang memudahkan pengunjung untuk melakukan aktivitas sesuai minatnya. Area pantai berbatu di sebelah barat sangat ideal untuk berfoto selfie bersama konteks langit biru dan deburan ombak yang menerjang bebatuan.

Area lainnya adalah pantai tidak berbatu yang cocok untuk pengunjung jika ingin berenang atau sekedar bermain air. Namun, Anda harus berhati-hati karena ombaknya stabil namun cukup besar seperti pantai selatan pada umumnya.

3. Menyaksikan matahari terbit di puncak Bukit Teletubbies

Tempat Matahari terbit di atas Bukit Teletubbies, terletak di pantai barat. Anda dapat mencapai bukit hanya dengan berjalan kaki dari lokasi pantai. Puncak bukit ini adalah surganya para militan fotografi karena dari sini kamu bisa melihat kawasan pantai Sayang Heulang selain menjadi destinasi berburu matahari terbit di pagi hari.

Begitu unik bukan? Di daerah pantai, tapi sebenarnya kita bisa mendapatkan momen yang biasanya hanya indah di daerah pegunungan. Satu perjalanan dan Anda mendapatkan dua momen sekaligus, Matahari terbit selanjutnya dengan matahari terbenam.

4. Kebersihan pantai yang terjaga

Objek wisata Pantai Sayang HeulangKredit gambar: Google Maps Xander Widjaja

Pantai ini sangat bersih dan segar. Hal ini terbukti dengan hampir tidak adanya sampah di sepanjang pantai. Air lautnya juga sangat jernih sehingga Anda bahkan bisa melihat ikan-ikan yang berenang di bawah air.

Banyak pohon dapat berfungsi sebagai tempat berteduh di sepanjang pantai. Garis pantai yang cukup panjang dengan pasir putih halus berpadu serasi dengan air laut yang jernih dan bebatuan karang. Cocok untuk sekedar jalan-jalan menikmati kesejukan.

Paling sempurna, menjadi spot foto untuk kenangan Anda, dengan langit biru yang tampak begitu dekat dengan ombak. Perbukitan di sisi barat juga menawarkan panorama yang menarik. Ini sempurna untuk dilakukan latar belakang selfie.

5. Matahari terbenam yang indah

Tempat matahari terbenam yang sangat indah di bawah pepohonan di sepanjang pantai, atau gazebo yang langsung menghadap ke laut lepas. Jika ingin suasana baru menikmati matahari terbenam, Anda bisa naik ke atas bukit dan menikmati langit kemerahan dari ketinggian, dari sana Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan laut yang luas dengan gazebo dan pepohonan di sepanjang pantai.

Bagi para pecinta fotografi atau milenial yang gemar berfoto selfie, momen ini menjadi hal yang paling ditunggu untuk diabadikan dalam kenangan.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Pantai Sayang Heulang

Harga Tiket Pantai Sayang HeulangKredit gambar: Google Maps Ikhsan Muhamad Ikbal

Pantai ini terletak di bagian selatan Garut, tepatnya di kecamatan Pameungpeuk. Jika dihitung dari pusat kota Garut, jaraknya sekitar 30 km atau setidaknya memakan waktu 2 jam dari kota Garut, Jawa Barat.

Pantai ini terletak dekat dengan salah satu pantai Garut yang terkenal yaitu pantai Santolo. Jadi anda juga bisa mengunjungi pantai Santolo jika anda berkunjung ke pantai ini. Tentunya kedua pantai tersebut memiliki karakter, keunikan dan keindahannya masing-masing.

Anda bisa mengambil dua jalur untuk sampai ke pantai ini. Rute pertama dimulai dari Garut yaitu dari Cikajang langsung menuju Pameungpeuk. Dengan akses GPS yang mudah, Anda pasti tidak perlu bingung untuk menuju ke tempat ini.

Rute kedua berangkat dari Bandung. Anda bisa mengikuti jalur menuju Pangalengan, melewati Rancabuaya hingga Pameungpeuk. Biasanya jalur ini digunakan oleh bus dan trip.

Dari kedua rute tersebut, yang paling mudah adalah dari Garut ke Cikajang. Untuk kondisi jalan, kedua jalur tersebut merupakan jalan yang cukup baik dan aman.

Pada awalnya pengunjung bisa masuk ke tempat wisata pantai ini secara gratis. Namun seiring bertambahnya jumlah pengunjung, dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000.

Kini setelah fasilitas dan keamanan ditingkatkan, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00/orang. Parkir motor Rp 2.000,00 dan mobil Rp 5,000.00.

Tarif ini dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung pada acara yang ada. Selain itu, Anda juga harus mewaspadai adanya penyadapan ilegal di sekitar lokasi.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Sayang Heulang

Aktivitas Menarik di Pantai Sayang HeulangKredit gambar: Google Maps Agis Sofyan Nulhakim

1. Bola voli pantai

Dengan garis pantai yang cukup panjang dan area yang cukup luas, memungkinkan pengunjung untuk bermain voli pantai. Bagi yang ingin mencari keringat, bisa bermain voli pantai.

2. Motocross

Selain untuk berjemur dan bersantai, area sekitar pantai juga sering dijadikan sebagai lintasan balap motorcross.

3. Piknik

Pengunjung bisa piknik di bawah banyak pohon yang berjejer di tepi pantai. Jika ingin lebih nyaman tanpa harus membawa tikar dan makanan, ada gazebo dan beberapa warung makan di pinggir pantai.

4. Snorkeling dan Berenang

Bagi Anda yang senang snorkeling, saat air surut adalah kesempatan yang baik untuk melatih hobi Anda. Hanya saja tidak ada persewaan alat snorkeling di area pantai, jadi pengunjung bisa membawa perlengkapan sendiri.

Bagi yang ingin mandi juga disarankan saat air surut. Namun, meskipun ombak di Pantai Sayang Heulang relatif stabil, namun ombaknya masih besar dan kuat karena merupakan bagian dari pantai selatan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

5. Bermain pasir

Pasir putih kecoklatan yang lembut menjadi permainan yang menyenangkan bagi anak-anak. Untuk menghindari bahaya berenang, bermain pasir menjadi alternatif kegiatan anak-anak di pantai ini.

6. Perkemahan

Di pantai ini juga tersedia area berkemah. Jam pantai adalah 24 jam, memungkinkan pengunjung untuk berkemah di sepanjang pantai. Namun, disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan pantai untuk menghindari terjangan ombak besar.

Aktivitas berkemah disini juga bisa dijadikan sebagai uji nyali. Pasalnya, instalasi listrik di kawasan pantai hanya bertahan 12 jam. Selebihnya Anda hanya akan diterangi oleh cahaya bulan dan kerlap-kerlip bintang yang bertebaran di sana.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Sayang Heulang

Akomodasi murah di sekitar Pantai Sayang HeulangKredit gambar: Google Maps Achmad Ramadhanna’il R

Bagi Anda yang bepergian ke luar kota, Anda tidak perlu khawatir mencari tempat menginap jika lelah. Karena di kawasan pantai terdapat cukup banyak restoran dan penginapan. Harga yang ditawarkan mulai dari 150 hingga 300.000 per kamar, tergantung fasilitas dan ukuran.

Jika Anda ingin mendapatkan tempat menginap yang lebih bagus dan luas, ada juga beberapa hotel di dekat pantai. Hotel-hotel ini juga bisa menjadi reservasi online dan offline. Pihak hotel juga dapat membantu menyediakan akomodasi bagi mereka yang membutuhkan.

Alternatif lain untuk menginap gratis adalah berkemah. Anda hanya perlu membawa tenda dan perlengkapan tidur tentunya. Jangan lupa obat nyamuk dan senter atau lampu portable bagi yang takut gelap.

Tempat menginap bisa disesuaikan dengan tema liburan dan budget Anda. Yang terpenting tetap nyaman dan bisa menikmati liburan untuk menghilangkan penat.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sayang Heulang

Fasilitas Pantai Sayang HeulangKredit gambar: Google Maps Dadi Mulyana

Di wisata pantai ini, fasilitas umumnya lengkap dan terbilang bersih. Pengelola pantai menyediakan mushola, toilet, restoran, gazebo bahkan akomodasi. Jadi pengunjung luar kota tidak perlu bingung jika harus bermalam karena lelah atau sudah terlalu malam untuk pulang.

Restoran dan penginapan di wilayah pesisir tidak mematok harga terlalu tinggi. Semua terjangkau oleh pengunjung lokal dan luar kota. Makanan yang disediakan juga bersih dan enak. Kamar akomodasi juga sesuai dengan harga yang diajukan.

Yang perlu Anda siapkan adalah perlengkapan mandi pribadi karena tidak ada yang menjual barang-barang ini di pantai. Sama halnya dengan alat sholat, karena mukena tidak disediakan mukena.

Meski toiletnya cukup bersih, ada baiknya juga membawa tisu basah untuk berjaga-jaga. Apalagi jika Anda memiliki bayi atau balita yang cenderung mudah terkena kuman dan bakteri.

Wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan destinasi wisata dengan tenang tanpa harus khawatir dengan hal lain. Setelah kembali ke kampung halaman, Anda dapat melakukan perjalanan dengan tenang tanpa beban untuk benar-benar menikmati liburan Anda.

Tubuh yang segar dapat menjaga konsentrasi. Ini mempengaruhi keselamatan berkendara kita.

Itulah beberapa tempat wisata sekaligus informasi tentang Pantai Sayang Heulang Garut. Bagi Anda yang berencana berwisata ke Jawa Barat khususnya kota Garut, wisata pantai ini tidak boleh dilewatkan. Marilah kita menikmati anugerah Tuhan berupa keindahan alam, dengan memelihara dan selalu merawatnya agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button