Harga dan Atraksi Kebun Raya Cibodas - WisataHits
wisatahits

Harga dan Atraksi Kebun Raya Cibodas

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas : Rp 15.500 – Rp 25.500 Jam Buka : Weekdays 08:00 – 16:00 | Akhir pekan 07.00 – 16.00 Nomor Telepon: 0263512233Alamat: Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas,, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Kebun Raya Cibodas merupakan kunjungan edukasi bertema dunia flora. Awalnya kawasan ini didirikan oleh seorang kurator Kebun Raya Bogor bernama Ellias Teijsmann. Kemudian resmi dibuka pada 11 April 1852. Meski sudah tidak muda lagi, namun keindahan alamnya tetap terjaga hingga sekarang.

Berbagai tumbuhan langka dari seluruh dunia dapat ditemukan di Kebun Raya Cibodas. Dari tumbuhan khas Indonesia, Jepang, Amerika dan negara lainnya. Sejauh ini, jumlah koleksi yang terdaftar telah mencapai 5.831 tanaman. Semua tumbuh subur di lahan dengan luas sekitar 80 hektar.

Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas

Tiket masuknya benar-benar sangat murah dan tidak mengosongkan isi dompet. Wisatawan lokal dan asing dikenakan tarif yang sama. Hari kerja, akhir pekan dan hari libur.

Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas
Jenis tiket masuk hari biasa Akhir pekan
Wisatawan lokal/internasional 15.500 rupiah 25.500 rupiah

Baca: Tiket Kebun Raya Bogor dan 5 Zona Kebun

Jam Buka Kebun Raya Cibodas

Wisatawan bisa datang ke Kebun Raya Cibodas setiap hari. Namun, waktu berkunjung hanya dibatasi dari pagi hingga sore hari.

Jam buka
Senin Jum’at 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu dan hari libur nasional 07.00 – 16.00 WIB

Tempat Wisata Kebun Raya Cibodas

Menghabiskan liburan di Kebun Raya Cibodas bersama keluarga memang menjadi pilihan terbaik. Selain sebagai sarana hiburan, banyak hal yang bisa dipelajari. Salah satunya mengenal dunia flora dan ekosistem liar. Berikut adalah berbagai tempat wisata.

Tanaman indah di rumah kaca

Sekelompok kaktus di rumah kaca Kebun Raya Cibodas.Rumah kaca memiliki tiga koleksi tanaman, yaitu anggrek, kaktus, dan sukulen. Foto: Googlemap/Juwita Triana

Kebun raya memiliki koleksi tanaman pedalaman dan Di luar. Keduanya tumbuh di tempat yang berbeda. Untuk tanaman Di luar terletak di sebuah taman. Sementara pesta pedalaman ada di rumah kaca.

Tanaman di dalam rumah kaca sendiri didominasi oleh anggrek. Jumlahnya kini mencapai 262 spesies. Sedangkan sisanya, terdapat 98 jenis kaktus dan 71 jenis sukulen. Jumlah ini akan terus bertambah mengingat Kebun Raya juga memiliki rumah kaca pembibitan.

Tujuan dari pembibitan rumah kaca adalah sebagai media pemuliaan bagi tanaman yang ada. Sekaligus sebagai tempat konservasi agar tumbuhan tidak punah. Setelah proses ini berhasil, tanaman kemudian akan ditempatkan di rumah kaca. Dan beberapa lagi diperjualbelikan kepada pengunjung yang datang.

Baca: Tiket Masuk, Jam Buka dan Aktivitas Kebun Raya Cibodas

Bunga Jepang di Taman Sakura

Pohon sakura di Kebun Raya Taman Sakura Cibodas.Keindahan bunga sakura hanya terjadi dua kali dalam setahun. Foto: Googlemap/Laurenita Meilani

Bagi pecinta budaya Jepang, Anda wajib mengunjungi Taman Sakura. Tidak perlu pergi ke negara asal. Datanglah ke Kebun Raya Cibodas. Di sini terdapat taman yang memiliki 5 jenis tanaman Sakura.

Kelimanya adalah Prunus Cerasoides, Yamasakura, Lannesiana, Yedoensis, dan Sp. Masa mekar bunga hanya terjadi dua kali dalam setahun. Pertama di awal tahun sekitar bulan Januari sampai Februari. Dan yang kedua adalah pada pertengahan tahun dari awal Juni hingga akhir Agustus.

Sayangnya, bunga sakura hanya bisa mekar selama 4 hari. Lebih dari itu, pohon itu tidak akan lagi menghasilkan kuncup bunga. Dan pengunjung harus menunggu sampai tahun depan. Tapi tenang saja, wisatawan masih bisa melihat keindahan lain berupa air terjun berjenjang.

Baca: Tiket dan Atraksi TAMAN SAFARI Cisarua

Taman Rhododendron

Rhododendron Gardens adalah area khusus untuk tanaman Azalea. Tingginya tidak melebihi 1 meter, dan bentuknya menyerupai semak. Padahal, ada banyak jenis tanaman azalea. Namun, hanya ada tiga jenis di kebun raya. Yaitu Rhododendron Javanicum, Mucronatum dan Macgregoriae

Tanaman ini memiliki hiasan bunga berwarna-warni di atasnya. Ada warna kuning, pink dan orange. Sepanjang jalan berbatu, wisatawan dapat melihat bunga-bunga bermekaran di setiap sudut. Namun yang paling dominan adalah bunga azalea pink.

Baca: Tiket dan Kegiatan MANDALAWANGI Cibodas

Pelajari dunia medis di Medicine Garden

Selain menghadirkan tanaman langka yang biasa digunakan untuk dekorasi ruangan. Kebun raya juga memiliki sejumlah tanaman obat. Salah satunya adalah ramuan penambah daya ingat yang disebut urb atau pegagan. Sebenarnya masih banyak, namun saat ini jumlah koleksinya hanya sekitar 164 jenis.

Semua tanaman ini tumbuh sempurna di kebun obat. Kawasan ini dibuka untuk umum sejak tahun 2006. Luas lahan yang diperkirakan sekitar 1.500 meter persegi. Di sekitar taman terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati alam yang hijau.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya dan Tempat Wisata KUNINGAN

Keindahan taman lumut yang eksotis

Tumbuhan lumut di Kebun Raya Cibodas.jpgTaman unik yang ditumbuhi tanaman lumut khas Indonesia. Foto: Googlemap/Aspire

Jadi biasanya taman dihiasi dengan berbagai bunga yang menawan. Namun hal berbeda justru diperlihatkan oleh kebun Kebun Raya Cibodas. Di sini ada taman yang memiliki tanaman lumut super tinggi. yang meliputi hampir seluruh wilayah medan berbukit.

Kebun lumut ini sudah ada sejak lama, proses pembangunannya dimulai pada tahun 2004. Dan peresmiannya sendiri berlangsung pada 11 April 2006. Bertepatan dengan HUT Kebun Raya yang ke-154. kebun obat, yaitu 1.500 meter persegi.

Baca: Tiket Bali Botanical Gardens dan Koleksi Unik

Cium aroma bunga Kadsura di taman Liana

Liana Park adalah salah satu taman hiburan Botanical Garden. Hal yang menarik dari kawasan ini adalah adanya kolam buatan di sekitar taman. Di pinggirnya banyak tumbuh tanaman liana. Bentuk batangnya memanjang dan digantung dari pagar besi berwarna hitam.

Tanaman merambat sangat suka menyebar ke benda atau tanaman di sebelahnya. Tujuannya tak lain untuk mencari sinar matahari agar bisa tumbuh dan berbunga. Sedangkan akarnya masih di dalam tanah.

Bentuk bunga menjalar sangat kecil, dan posisinya bergerombol. Satu batang dapat menumbuhkan 3-10 bunga. Warnanya putih, merah, ungu dan orange. Kadsura adalah jenis anggur yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Baca: Tiket dan Aktivitas Kebun Raya Baturraden

Meredakan

Untuk menambah kenyamanan para wisatawan, tersedia berbagai fasilitas yang memadai. Dari tempat parkir, toilet, mushola, restoran, gazebo, taman bermain anak. Jika lelah berjalan jauh, wisatawan bisa menyewa beberapa alat transportasi dengan harga bervariasi.

Lokasi Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya terletak di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya. Tepatnya di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dibutuhkan sekitar 2 jam dari Jakarta ke Puncak Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button