Pantai Cijayana Garut - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Cijayana Garut – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cijayana, Kec. Mekarmoukti, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang wisata pantai, Garut tidak kalah populer dengan kota-kota lain di Indonesia. Salah satu daerah di provinsi Jawa Barat ini tidak hanya terkenal dengan wisata air terjun atau wisata kulinernya saja tetapi juga terkenal dengan wisata pantai yang mempesona mata para wisatawan. Berbicara tentang pantai populer di Garut, ada satu pantai yang akhir-akhir ini menjadi favorit para wisatawan, yaitu Pantai Cijayana. Penasaran ingin menjelajahi pantai Cijayana? Yuk simak ulasannya di sini.

Aktivitas di Pantai Cijayana

Aktivitas di Pantai CijayanaKredit gambar: Instagram Soedhep Byo

Dengan bentuk geografis pantai beserta dataran di sekitarnya, Pantai Cijayana mendapat julukan Pantai Di Atas Awan. Dimana terlihat saat pengunjung berdiri di kejauhan dengan tempat yang lebih tinggi, pengunjung kemudian dapat melihat Pantai Cijayana yang tampak menggantung di atas awan. Dimana pemandangan alam menjadi daya tarik utama yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung.

Apalagi saat ada ombak pasang yang menerpa pantai, akan tercipta cipratan ombak yang menyebabkan air laut naik dan ingin mencapai awan. Bahkan terkadang pengunjung bisa melihat ombak yang seolah-olah datang dari atas awan. Biasanya saat air laut sedang pasang, wisatawan mengabadikan momen tersebut sebagai latar belakang yang langka dan unik.

Biasanya sebagian besar pantai memiliki suhu yang hangat dengan angin kencang yang terkadang bisa membuat tubuh terasa panas. Namun berbeda dengan Pantai Cijayana. Karena pantai ini memiliki suasana yang sejuk dengan suhu air yang normal. Hal ini dikarenakan alam di sekitar pantai masih lestari dan dipenuhi pepohonan yang rindang, serta perbukitan yang ditumbuhi pepohonan.

Selain menikmati pemandangan laut, perbukitan membuat pemandangan Pantai Cijayana sangat menawan dengan perpaduan warna hijau pepohonan dan birunya laut yang berpadu dengan birunya langit. Dimana suasananya sangat nyaman untuk di dekompresi apalagi setelah menempuh perjalanan jauh dari kota yang pasti melelahkan. Namun rasa lelah itu akan terbayar dengan pemandangan pantai yang begitu memanjakan mata.

Alamat dan rute menuju Pantai Cijayana

Alamat Pantai CijayanaKredit Gambar: Instagram Robee Patuh

Secara administratif, pantai dengan pemandangan alam yang menakjubkan ini terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Bisa dikatakan Cijayana merupakan salah satu kawasan wisata yang banyak dikunjungi saat berkunjung ke Garut Selatan. Pantai yang dijuluki laut di atas awan oleh wisatawan ini berjarak sekitar 87 kilometer dari pusat kota Garut.

Pantai Cijayana berukuran kurang lebih 9 hektar dengan area yang masih asri, bersih dan terlihat alami. Pantai selatan Garut ini, diperkirakan memiliki panjang sekitar 2000 meter dengan lebar 200 meter. Apalagi di pantai Cijayana bisa dikatakan tingkat abrasinya sangat rendah dengan pantai yang datar dilengkapi pasir halus yang memudahkan tumbuhnya pandan.

Karena hanya berjarak sekitar 87 kilometer dari pusat kota Garut, Pantai Cijayana dapat ditempuh dalam waktu 4 jam menggunakan jalur alternatif dengan kendaraan kecepatan normal. Bagi pengunjung yang datang dari arah kota Garut dapat menggunakan Tol Garut – Cikajang atau Tol Semarang. Mereka yang memilih jalur Tol Semarang nantinya akan menemukan pertigaan yang menghubungkan Tol Cikajang.

Saat sampai di pertigaan Jalan Cikajang, Anda bisa langsung belok kanan menuju Jalan Cibulu. Setelah itu, Anda bisa langsung menuju perempatan Cikandang. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Jalan Raya Bungbulang. Kemudian dari Jalan Raya Bungbulang masih harus lurus ke barat menuju pasar Bungbulang. Jika sampai di pertigaan pasar Bungbulang, Anda bisa berbelok ke kanan menuju pantai Jalan Raya Cijayana. Dan jalan tersebut akan menuju ke lokasi pantai.

Sementara itu, pengunjung Bandung dan sekitarnya dapat menggunakan jalur alternatif yang ada. Dimana jalur alternatif akan melalui Jalan Raya Banjaran kemudian langsung menuju Jalan Raya Pangalengan. Kemudian dari Jalan Raya Pangalengan Anda bisa lurus ke selatan sampai menemukan Jalan Situ Cileunca kemudian Jalan Cukung sampai Anda mencapai Jalan Talegong.

Dari jalan Talegong, perjalanan dapat dilanjutkan hingga menemukan jalan Cisewu – Sukarame hingga menemukan pertigaan. Pertigaan tersebut merupakan penghubung antara jalan raya Bungbulang dengan jalan Cisewu – Sukarame. Dari jalan ini, lurus terus ke Jalan Raya Ranca Buaya dan berakhir di Jalan Trans Jawa Barat. Kemudian lanjutkan ke timur hingga menemukan pintu masuk Pantai Cijayana.

Harga Tiket Masuk Pantai Cijayana

Harga Tiket Pantai CijayanaKredit gambar: Twitter Akan membuat Permana

Pantai Cijayana buka dari hari Senin sampai Minggu yaitu buka setiap hari. Untuk tiket masuk hanya dikenakan biaya Rp 2000 per orang, terkadang bayi dibawah 3 tahun tidak membayar tiket masuk pada beberapa hari. Namun tentunya biaya masuk ditambah dengan biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua dan sepeda, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 10 km.

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan kamar mandi atau flushing room akan dikenakan biaya yang berbeda. Biasanya tarif kamar mandi bervariasi antara Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu untuk sekali pakai. Dengan harga tiket dan kamar mandi yang sangat ekonomis, pengunjung dapat menikmati keindahan alam Pantai Cijayana di waktu senggang. Oleh karena itu sangat cocok untuk keluarga yang ingin menghabiskan liburan dengan budget ekonomis.

Aktivitas menarik di Pantai Cijayana

Aktivitas Menarik Pantai CijayanaKredit Gambar: Instagram Dang D Permana

Tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah, pengunjung Pantai Cijayana juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Jika ingin berselancar, Anda bisa mencoba Pantai Cijayana. Karena pantai ini memiliki tekstur ombak yang sangat cocok untuk berselancar, namun tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu sangat cocok untuk pemula. Untuk pemula dan baru pertama kali berselancar, sebaiknya berada di bawah pengawasan pemandu selancar.

Selain untuk berselancar, Pantai Cijayana juga cocok bagi pengunjung yang hobi memancing. Pantai ini memang sering dijadikan tempat pemancingan oleh warga sekitar karena banyak ikan yang hidup dipinggiran terumbu karang, jika anda tertarik berkunjung jangan lupa membawa alat pancing. Di Pantai Cijayana, kegiatan memancing pasti akan lebih seru karena Anda bisa melihat pemandangan pantai yang indah.

Menariknya lagi, pada bulan-bulan tertentu di kawasan pantai Cijayana biasanya akan diadakan tradisi lokal yang disebut Nyalawena atau Berburu Impunitas. Impu sendiri dalam bahasa setempat berarti ikan kecil atau teri yang hidup di sekitar pantai dengan perairan dangkal. Banyak wisatawan yang mengikuti festival tersebut, bahkan ada juga wisatawan dari luar kota yang sengaja berkunjung hanya untuk ikut berburu Ipun.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Cijayana

Fasilitas Pantai CijayanaKredit Gambar: Instagram Agung Satria

Pantai Cijayana sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata kuliner, karena di sepanjang pantai ini pengunjung dapat menemukan warung tenda yang menjual berbagai jenis makanan. Jajanan hingga makanan berat khas Sunda bisa ditemukan di kawasan pesisir pantai. Bagi yang ingin membawa oleh-oleh atau oleh-oleh juga tidak perlu khawatir. Karena di kawasan tersebut juga banyak terdapat toko oleh-oleh yang banyak menjual kerajinan khas Garut.

Untuk membantu wisatawan merasa nyaman saat berkunjung, Pengelola Pantai Cijayana juga menyediakan cabana dan gazebo di sepanjang pantai. Agar pengunjung yang lelah dapat beristirahat di saung atau gazebo ditemani semilir angin yang sejuk, deburan ombak dan kicauan burung. Bisa dipastikan saat Anda beristirahat sejenak, rasa lelah dan penat perjalanan jauh akan hilang.

Namun tidak hanya itu, di Pantai Cijayana juga terdapat kamar mandi, ruang bilas atau ruang ganti untuk menunjang kenyamanan pengunjung setelah menyelesaikan aktivitas air laut. perdamaian. Dengan fasilitas yang begitu banyak, pengelola berharap banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Cijayana di Garut.

Nah, itulah ulasan mengenai Pantai Cijayana yang terletak di Garut, Jawa Barat. Jika Anda dan keluarga sedang berkunjung ke Garut atau ingin berlibur ke tempat yang masih eksotik, jangan lupa untuk memasukkan tempat wisata dengan julukan Pantai Di Atas Awan ini dalam daftar destinasi wisata di kota Garut yang wajib dikunjungi. . Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button