Pantai Tanjung Tinggi, Pasir Putih dan Batu Granit yang Mempesona di Belitung - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Tinggi, Pasir Putih dan Batu Granit yang Mempesona di Belitung

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tanjung Tinggi terletak di antara dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pandan. Nama objek wisata ini terinspirasi dari kata tanjung yang berarti semenanjung dan tinggi yang berarti memiliki kumpulan bebatuan besar. Terletak di Pulau Belitung, termasuk dalam kawasan sektor pariwisata populer di Indonesia.

Berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandang, posisinya tidak terlalu jauh dari pantai Tanjung Kelayang. Menawarkan hamparan pasir putih, serta ratusan batu granit raksasa yang membentang di atas lahan seluas 80 hektar. Ukurannya hampir sama atau bahkan lebih besar dari bangunan karena batu granit besar di pantai ini.

Pantai indah ini pernah menjadi persinggahan para nelayan dari desa Tanjung Tinggi atau Keciput, sehingga disebut juga dengan Pelabuhan Bilik. Namun, Anda harus tetap waspada asalkan jangan sampai terbawa oleh panorama yang tidak biasa. Pastikan untuk selalu memperhatikan lingkungan sekitar Anda karena ada banyak ubur-ubur yang bertebaran.

Atraksi Pantai Tanjung Tinggi

Daya Tarik Tanjung TinggiKredit gambar: Twitter Fajar Reger

1. Laut biru jernih

Dengan dominasi warna biru muda, keadaan air lautnya masih sangat jernih. Bahkan jika Anda hanya menggunakan mata telanjang, Anda bahkan tidak akan kesulitan melihat dasar laut. Tak heran jika destinasi ini berhasil menciptakan suasana damai.

Selain itu, jika Anda ingin melakukan aktivitas di perairan Pantai Tanjung Tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena ombaknya relatif tenang sehingga aman. Tidak berhenti sampai di situ, hamparan pasirnya sangat menarik untuk dijelajahi. Teksturnya halus seperti membelai kaki saat diinjak.

Perpaduan antara tumpukan pasir putih, birunya samudra dan sederet abu granit kehitaman terlihat sangat kontras. Namun tetap mampu meninggalkan kesan yang mendalam di hati pengunjung karena pesona artistiknya tidak berkurang.

2. Habitat Terumbu Karang

Anda benar-benar tidak dapat menemukan habitat terumbu karang saat Anda masih berada di daerah pesisir. Namun, berbagai terumbu karang siap memanjakan mata begitu Anda masuk sedikit di tengah perairan yang lebih dalam. Jenis karang pertama yang akan menyambut Anda adalah massif, kemudian variasi lainnya setelahnya.

Hanya saja Anda akan lebih sadar bahwa kondisi terumbu karang di sini kurang baik jika Anda memperhatikannya dengan seksama. Memang, ketika air laut terlalu rendah, habitat karang akan mengalami kekeringan. Bagian yang paling dekat dengan permukaan tampak mati, selain tertutup oleh mikroalga dan makroalga.

Untungnya, kondisinya masih cukup baik untuk terumbu karang yang terletak di dekat dasar laut. Menampilkan variasi yang lebih beragam termasuk Foliose, Acropora Branching, Acropora Tumbulate dan Mushroom. Ada juga akar bahar dan karang lunak, meski jumlahnya sangat minim.

3. Alam bawah laut yang kaya

Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan ikan warna-warni yang indah membentuk formasi artistik saat menyelam di bawah air di Pantai Tanjung Tinggi. Untuk kenang-kenangan di kemudian hari, sangat disarankan untuk mengabadikan momen menyelam. Sebelum Anda meninggalkan rumah, pastikan Anda memiliki peralatan fotografi yang memadai.

Tidak hanya itu, lamun juga memiliki berbagai lapisan. Selain Halophila dan Thalassia dalam jumlah minimal, spesies yang paling dominan adalah Cymodocea. Belum lagi, keberadaan lapisan makroalga dari kelompok Padina dan Sargassum semakin meramaikan kekayaan bawah laut di sini.

4. Batuan granit berumur jutaan tahun

Objek Wisata Pantai Tanjung TinggiKredit gambar: Facebook Astra Honda Care

Batuan granit di sini telah mengalami proses tektonik berupa pengangkatan jika ditinjau dari sejarahnya. Selama pengangkatan dari ruang bawah tanah, tubuh granit retak atau berubah bentuk.

Transformasi yang terjadi di atas tanah tersebut berupa pecahan batu yang tercecer hingga saat ini. Membentang membentuk panorama yang menakjubkan, yang diperkirakan berumur 200-300 juta tahun.

5. Pernah menjadi lokasi film terkenal

Siapa yang tidak kenal dengan film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi? Mengambil latar belakang Pulau Belitung, ceritanya sangat mengharukan. Pantai ini sebenarnya mulai dikenal berkat film adaptasi novel karya penulis terkenal Andrea Hirata, selain menyuguhkan panorama khas dengan deretan batu granit. Tidak diragukan lagi, itu sering disebut Pantai Laskar Pelangi.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk

Alamat dan harga tiket masukKredit Gambar: Instagram Lim Sofia

Anda perlu menggunakan kapal untuk menuju Pelabuhan Tanjung Pandan karena terletak di Kecamatan Sijuk, Desa Keciput. Segera cari angkot yang mengarah ke pertigaan Tanjung Binga begitu sampai di sana. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek untuk sampai di pantai Tanjung Tinggi, tepatnya sekitar 29 km hanyut dari kota Tanjung Pandan.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, ini adalah rute yang tersedia. Namun, untuk menuju Kabupaten Belitung dimungkinkan menggunakan kendaraan pribadi. Sebaiknya hindari datang sendiri untuk mempermudah, juga pastikan untuk mengikuti pedoman Google Maps.

Rute alternatif lain, membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam jika Anda berangkat dari bandara HAS Hanandjoeddin. Setelah itu, melalui jalan Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Perjalanan Anda akan ditemani deretan warung makan, restoran, ATM sebelum bersenang-senang di pantai, meski memakan waktu yang relatif lebih lama.

Ketika Anda mengunjungi pantai yang indah ini, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, pembayaran untuk parkir adalah Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil. Mengingat panoramanya yang sangat mempesona dan fasilitas yang disediakan pengelola cukup memadai, harganya bisa dibilang murah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Tanjung Tinggi

Kegiatan menarik di Tanjung TinggiKredit Gambar: Facebook Miardi Sst

1. Berenang

Aktivitas yang paling direkomendasikan di Pantai Tanjung Tinggi adalah berenang karena airnya yang jernih dan ombaknya yang relatif tenang. Ini karena bentuknya seperti teluk, sehingga ombak yang masuk cukup bersahabat. Semua orang bebas bersenang-senang di air, baik orang dewasa maupun anak-anak.

2. Menyelam

Anda bisa mencoba scuba diving jika tidak hanya bermain di permukaan air saja. Bagus menyelam Di mana snorkeling, keduanya cukup aman dan menggoda untuk dilakukan di sini. Keanekaragaman terumbu karang, biota laut, dikelilingi air jernih adalah kombinasi sempurna bagi para penyelam.

3. Piknik

Pantai Tanjung Tinggi memiliki pemandangan yang luar biasa dari setiap sudutnya. Anda akan menemukan bahwa destinasi ini berbentuk seperti teluk, dimana terdapat semenanjung yang mengapitnya di kedua sisinya. Anda akan berjalan di sepanjang butiran pasir putih yang terlihat seperti versi miniatur mutiara saat menjelajah.

Batu-batu granit kecil hingga raksasa turut memeriahkan suasana di seberang. Deretan batu tampak seperti benteng pelindung. Sambil menikmati indahnya panorama lepas pantai, tempat ini sangat cocok untuk piknik. Berteman dengan angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang terdengar seperti nyanyian alam.

Anda bisa meletakkan tikar di bawah deretan pohon untuk membuat suasana lebih damai. Seru hingga sore hari, lalu tunggu detik-detik ketika sinar matahari berwarna jingga-merah dibiaskan di permukaan air. Panas juga kalau datang pagi, main di bawah terik matahari yang tidak terlalu terik.

4. Kuliner

Aktivitas di Pantai Tanjung TinggiKredit gambar: Google Maps Falah Bilayudha

Ada banyak warung yang bertebaran di sepanjang pantai yang indah ini, jangan lewatkan kesempatan untuk makan masakan lokal dengan cita rasa Bangka Belitung. Semua menu yang ditawarkan sangat menggugah selera, antara cumi, udang dan ikan bakar, sampai gang. Untuk informasi anda, gang adalah makanan khas Bangka Belitung yang memadukan sayuran yang dibalut bumbu kunyit dengan kepala ikan.

5. Jelajahi

Ada wahana air berupa sampan, sampan, dan jet ski yang bisa digunakan sebagai transportasi untuk eksplorasi. Menenun di antara kumpulan bongkahan batu granit, mengunjungi sudut-sudut pantai. Kegiatan ini akan lebih seru jika dilakukan bersama teman-teman.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Tanjung Tinggi

Akomodasi Pantai Tanjung TinggiKredit gambar: Google Maps Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

1. Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

Dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan pemandangan yang menawan, tarif per malamnya dibandrol dengan harga Rp 650.000. Direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana nyaman di Bangka Belitung dalam waktu lama.

2. Hotel Lorin Belitung

Menawarkan pelayanan yang sangat ramah, hotel ini cukup bersih dan menyenangkan. Menghadap bebatuan dan laut, harga kamar mulai dari Rp 750.000 per malam. Fasilitas parkir, AC, resepsionis Bersiap 24 jam dan kolam renang. Berjarak sekitar 1,65 km dari tempat wisata tepi pantai ini, alamatnya berada di Jalan Tanjung Tinggi.

3. Pelangi Lake Resort & Hotel Belitung

Harga per malam adalah Rp 300.000. Hotel ini menawarkan fasilitas seperti Wi-Fi, restoran, resepsionis 24 jam, dan parkir.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Tinggi

Fasilitas Pantai Tanjung TinggiKredit gambar: Google Maps Syafira Putri Dewi

Pengelola wisata pantai ini selalu berusaha memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik kepada wisatawan seiring dengan popularitasnya. Dilengkapi dengan toilet, tempat parkir mobil, mushola, berbagai warung yang menawarkan makanan dengan cita rasa khas Bangka Belitung.

Penyewaan transportasi laut juga tersedia, yang harganya mulai dari Rp 50.000. Semua kebutuhan Anda dapat dipenuhi di sini. Sebenarnya, tidak masalah jika kamu datang tanpa mempersiapkan apapun, tapi anggaran memadai.

Pantai Tanjung Tinggi mewakili pesona pelayaran Bangka Belitung. Anda harus singgah di destinasi menarik lainnya untuk mendapatkan pengalaman tambahan. Pulau yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi ini mampu memikat hati bahkan terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button