Pantai Sanglen Gunung Kidul - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Sanglen Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Sanglen adalah salah satu pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul, Jogja. Wisata bahari yang menawarkan panorama indah yang masih megah dan perbukitan karang.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Yang paling sering ditemui adalah wisata tepi laut yang sangat indah dan dikenal oleh wisatawan mancanegara. Namun ada juga yang tidak terlalu populer namun keindahannya sama dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta, yaitu Pantai Sanglen.

Pantai berpasir putih ini memiliki air yang cukup jernih yang selalu bersih dan sangat indah. Hal ini dikarenakan masih belum banyak wisatawan yang berlibur ke sana. Apalagi pantai ini juga banyak ditumbuhi pohon pinus dan bisa menenangkan pikiran. Oleh karena itu cocok bagi Anda yang mencari ketenangan.

Tidak hanya itu, ada banyak atraksi dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan liburan Anda. Salah satunya adalah camping, yang memungkinkan pengunjung menikmati wisata ini hingga gelap. Tentunya suasana siang dan malam akan memberikan momen tersendiri.

Atraksi Pantai Sanglen

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai SanglenKredit gambar: Google Maps Dimas Priyantono

1. Area memancing

Tempat ini memiliki banyak ikan di perairannya. Ikan yang banyak itu bisa jadi hasil dari air laut yang selalu terjaga kebersihannya sehingga terlihat jernih. Wisatawan juga bisa memancing di pantai dengan membawa alat pancing sendiri dari rumah.

Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang hobi memancing. Namun, karena ombaknya cukup tinggi dan pasirnya curam, Anda harus berhati-hati saat melakukan aktivitas yang menarik minat wisatawan ini.

2. Pondok Tua

Gubuk-gubuk tua yang terlihat asri banyak dijumpai di kawasan Pantai Sanglen ini. Juga, ada bukit-bukit tinggi di sekitarnya. Biasanya bukit-bukit tersebut dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang dan alat-alat yang berguna untuk memancing.

Nah, itulah mengapa gubuk yang dikelilingi perbukitan ini menjadi daya tarik wisata. Karena tempat tersebut banyak dijadikan sebagai spot foto yang unik dan instagramable.

3. Spot foto menarik

Selain gubuk-gubuk tua, ada spot foto yang menarik wisatawan. Salah satunya adalah spot foto bukit berupa karang yang mengapit. Anda dapat mendaki tempat ini untuk membuat foto kontemporer yang sangat bagus.

Memang, latar belakang yaitu panorama pantai Sanglen yang luas, akan terlihat jelas di kamera. Jika Anda mengalami vertigo, Anda bisa berfoto di bawah bukit. Oleh karena itu tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka berfoto atau fotografer. Oleh karena itu, persiapkan kamera terbaik Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Sanglen

Alamat pantai SanglenKredit gambar: Google Maps Drupadi Mandalika

Pantai Sanglen merupakan salah satu pantai yang ada di Daerah Istimewa Provinsi Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat tersebut lebih tepatnya berada di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Jaraknya cukup jauh, yaitu bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam hingga 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Aksesnya sendiri cukup mudah. Dalam perjalanan menuju Dusun Kelor, jalanan selalu beraspal rapi dan mulus. Namun setelah melintasi dusun tersebut Anda harus melalui jalan yang berbentuk corblok.

Oleh karena itu, mesin kendaraan Anda harus benar-benar siap. Namun, jika tidak ingin terjadi apa-apa, Anda bisa berjalan kaki 15-20 menit untuk sampai ke pantai Sanglen. Anda dapat memarkir kendaraan Anda di area sebelumnya. Tapi sebelum itu, ada jalan panjang yang harus dilalui.

Rute pertama, yaitu jika Anda memulai dari Yogyakarta, Anda bisa menuju Wonosari. Kemudian silakan berbelok ke jalan baru. Setelah itu lurus terus hingga sampai di Kemadang.

Saat berada di kawasan Kemadang, Anda hanya perlu langsung menuju posko pembayaran di Pantai Panjang. Kemudian, saat sampai di perempatan, arahkan kendaraan Anda ke kawasan Pantai Watu Kodok.

Anda tinggal belok kanan dan ikuti jalan hingga menemukan pantai Sanglen. Pantai ini cukup mudah ditemukan terletak di balik perbukitan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen Gunung KidulKredit Gambar: Google Maps amma heidi

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Sanglen, Anda harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu hanya Rp 10.000 per orang. Dengan Rp 10.000 kamu sudah bisa menikmati indahnya panorama alam tempat ini.

Namun ada sedikit biaya tambahan yaitu biaya parkir. Jangan khawatir, tarifnya cukup murah, hanya Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per malam untuk sepeda motor. Sedangkan biaya parkir mobil Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per malam.

Anda juga bisa menghabiskan malam dengan berkemah. Namun, ada biaya tambahan untuk camping yaitu Rp 5.000 per orang. Jadi, Anda bisa menikmati pantai ini sepanjang malam, karena pantai ini juga buka 24 jam sehari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sanglen

Aktivitas menarik Pantai SanglenKredit Gambar: Google Maps amma heidi

1. Berolahraga dan bermain

Panasnya terik matahari pantai sangat sulit untuk berolahraga. Beberapa cabang olahraga yang dimainkan adalah voli pantai dan sepak bola. Olahraga ini tentunya membutuhkan tim yang bisa diajak bermain bersama. Oleh karena itu sangat cocok untuk dilakukan ketika Anda sedang berlibur bersama teman-teman Anda.

Tidak hanya olahraga, angin kencang bisa membuat Anda menerbangkan layang-layang. Tentunya akan sangat seru dan bisa melatih kesabaran Anda.

2. Perkemahan

Tempat ini juga menawarkan tempat untuk berkemah. Jadi Anda juga bisa menikmati kehidupan malam di tempat ini. Pantai indah ini juga relatif sepi pengunjung, sehingga sangat cocok untuk berkemah dan terasa seperti pulau pribadi.

Selain itu, kawasan pantai Sanglen yang masih asri juga menjadi spot camping yang direkomendasikan. Apalagi jika Anda sedang camping bersama teman-teman atau melakukan kegiatan pramuka.

3. Bersantai di pasir

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah bersantai di tepi pantai. Selain berjemur, pengunjung juga bisa bersantai dan menenangkan pikiran di tempat ini. Ombak dan angin memungkinkan Anda untuk menjadi sangat santai di tempat ini. Tapi ada baiknya memilih hari kerja saat hari itu bebas pengunjung.

Saat tenang, pengunjung bisa leluasa berada di tempat ini, karena kawasan ini cukup sempit untuk dijadikan tempat wisata. Selain itu, ada alternatif lain bila Anda tidak suka panas, yaitu bersantai di bawah pohon pinus dan pandan.

Pohon pinus di sini terlihat sangat rindang dan masih asri. Sehingga bisa menyejukkan mata yang melihatnya.

Penginapan murah terdekat dengan Pantai Sanglen Pantai

Hotel yang bagusKredit gambar: Twitter romcuy

Bagi Anda yang tidak suka berkemah, ada alternatif lain. Alternatifnya adalah menginap di hostel terdekat. Akomodasi tersebut antara lain sebagai berikut:

1. hotel yang sangat bagus

Hotel ini cukup murah. Karena harga per kamar untuk satu malamnya mulai dari Rp 114.509 saja. Fasilitas yang disediakan cukup memenuhi kebutuhan pelanggannya yaitu parkir gratis, lokasi strategis dan wifi gratis di zona hotel.

Oleh karena itu, hotel ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang akan berlibur ke Pantai Sanglen dan bermalam di sana. Jadi Anda tidak lelah dalam perjalanan kembali juga.

2. Akomodasi Djyantika

Hostel ini terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Selain itu, kamar mandi ada di area Anda. Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan di tempat ini.

Nah, makanya tempat ini cocok buat kamu yang ingin bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan kawasan hostel. Harganya juga cukup murah yaitu hanya Rp 175.967 per kamar untuk menginap semalam.

3. Rumah Joko Samudro

Asrama Joko Samudro juga terletak di kecamatan Tanjungsari. Untuk harganya sendiri cukup murah yaitu Rp 129.536. Dimana fasilitas yang disediakan juga cukup memadai seperti lokasi bersih dan nyaman, parkir kendaraan gratis dll.

Tidak hanya itu, Anda juga diperbolehkan membawa hewan peliharaan. Entah itu anjing atau kucing. Namun, Anda harus membayar biaya tambahan. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang tidak bisa lepas dari hewan peliharaan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sanglen Gunung Kidul

Fasilitas Pantai SanglenKredit gambar: Google Maps Teguh Kwatno

Pantai Sanglen memiliki fasilitas yang memadai. Meskipun instalasi ini masih sederhana, namun tetap dapat memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya toilet umum, area parkir, toilet dan mushola.

Oleh karena itu, ketika Anda selesai memancing, pakaian Anda mungkin basah, Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini memiliki area khusus untuk membilas. Bahkan ketika Anda ingin berdoa, Anda tidak perlu khawatir tentang kesucian tempat Anda berdoa.

Tak hanya itu, ada banyak warung yang bisa ditemui di kawasan wisata ini. Jadi Anda bisa menjelajahi gastronomi dan menebus rasa lapar yang datang setelah selesai berenang.

Demikian informasi mengenai wisata Pantai Sanglen di Gunung Kidul. Keindahan alamnya yang mempesona pasti akan memikat hati para wisatawan untuk mengunjungi wisata pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button