Pantai Indrayanti Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Indrayanti Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Indrayanti di Gunung Kidul menjadi pantai menjadi favorit wisatawan karena pesonanya yang luar biasa. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air jernih yang menawan dan bukit karang yang membuatnya semakin eksotis.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Berkunjung ke Yogyakarta tidak ada salahnya mengarahkan kemudi ke Gunung Kidul. Di kawasan ini Anda akan menemukan berbagai pantai yang indah dengan pasir putih dan laut yang jernih. Salah satu pantai yang sering menjadi tujuan wisata adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini memiliki pesona yang akan membuat liburan Anda berkesan. Untuk melihat keindahan pantai andalan Yogyakarta yang mempesona ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Atraksi Pantai Indrayanti

Atraksi Pantai IndrayantiKredit gambar: Google Maps Asdiansyah Saputra

Tidak hanya keindahannya, latar belakang pantai ini juga unik. Jika biasanya pantai dinamai berdasarkan suatu tempat atau suatu daerah, maka pantai indah ini berbeda. Namun, bukan berarti mitos itu ada. Karena nama Pantai Indrayanti sebenarnya bukan nama resmi. Nama ini diambil dari nama restoran yang letaknya tidak jauh dari pantai satu-satunya ini. Keberadaan restoran ini cukup terkenal dan seolah menjadi landmark pantai ini.

Dan nama Pantai Indrayanti akhirnya menyebar dari mulut ke mulut. Padahal nama resmi pantai ini adalah Pantai Sawal atau pantai asal Syawal. Pemerintah juga telah meluncurkan kampanye dengan nama Pantai Sawal. Hanya saja nama pantai ini cukup lekat dengan wisatawan, baik dari Jogja maupun luar kota. Hingga saat ini Pantai Sawal masih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti dan tidak lagi menjadi masalah.

Selain memiliki nama yang unik, bentang alam yang terhampar indah juga begitu menyejukkan mata. Di pantai barat dan timur Anda bisa melihat perbukitan karang yang indah. Hamparan pasir putih yang lembut di pantai ini juga sangat cocok dengan lautnya yang biru. Menjadikan dalam satu bingkai lukisan Tuhan yang begitu eksotis dan memukau semua orang. Ditambah dengan kebersihan yang terjaga, pengunjung tidak pernah merasa sendirian.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Indrayanti

Alamat Pantai IndrayantiKredit gambar: Google Maps Crazy

Pantai Sawal atau Indrayanti terletak di kawasan wisata Pantai Gunung Kidul. Tepatnya di Desa Tepus, Kec. Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya dekat dengan objek wisata lain seperti Sundak, Sadranan, Omandeng di pantai Ngandong yang berada di sebelah timur. Jika Anda mulai dari pusat kota akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak 2 jam yang begitu mulus. Perjalanan yang cukup panjang namun akan terbayar dengan keindahannya.

Perjalanan juga akan melalui medan yang berkelok-kelok dan naik turun. Tapi jangan khawatir, aksesnya mudah dan lancar. Petunjuk arah menuju Indrayanti juga tidak sulit. Banyak tanda akan membantu Anda untuk mengunjungi pantai ini. Ada yang bilang pantai Sawal dan ada juga yang masih menggunakan pantai Indrayanti. Keduanya identik, jadi Anda tidak perlu khawatir atau bingung jika menemukannya.

Untuk rutenya, pengunjung bisa memilih dua rute, yakni melalui Jalan Wonosari dan melalui Jalan Imogiri. Jika memilih jalur pertama, Anda hanya perlu menuju jalan lingkar timur atau jalan Wonosari, kemudian dilanjutkan ke Pitungan, Patuk, Wonosari, Karangrejek hingga Hargosari lalu ke Tepus. Rute ini merupakan rute yang paling direkomendasikan, karena lebih mudah diikuti oleh pengunjung terutama dari luar kota Jogja.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Harga Tiket Masuk Pantai IndrayantiKredit gambar: Google Maps Harry Maulana

Menikmati keindahan dan keunikan biota laut Indrayanti tidaklah mahal. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk masing-masing sekitar Rp 15 ribu. Harganya tentu sangat terjangkau jika melihat keindahan pantai ini.

Harga tiket belum termasuk biaya parkir. Tarifnya mulai dari Rp 4 ribu hingga Rp 15 ribu tergantung kendaraan yang dibawa nanti. Dan harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan menarik dilakukan di Pantai Indrayanti

Aktivitas di Pantai IndrayantiKredit gambar: Google Maps Christanti Nugroho

Setibanya di pantai yang menawan ini, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa menikmati suasana pantai. Rasakan bagaimana angin laut bertiup, bergabung dengan ombak di latar belakang musik. Bisa dipastikan hanya dengan menikmatinya bisa menghilangkan penat dan membawa senyum. Apalagi jika Anda bersantai di hammock atau di bawah payung sambil memandangi langit biru.

Di kawasan pantai Indrayanti Anda bisa menemukan banyak orang yang menyewakan payung dengan alas. Sehingga menikmati keindahan pantai lebih mudah dan menyenangkan. Selain payung, ada juga persewaan gazebo yang harganya biasanya mulai dari Rp 30 ribu. Menyewa gazebo adalah keputusan yang bijak jika Anda datang bersama keluarga atau rombongan.

Setelah puas menikmati keindahannya, Anda yang sangat menyukai aktivitas menantang, Anda bisa pergi panjat tebing. Mengingat pantai hits ini memiliki banyak tebing terjal dan menawan. Namun, untuk mendaki tebing ini tentunya Anda harus selalu berhati-hati, karena harus melewati semak belukar. Meski cukup ekstrim, namun pemandangan yang akan Anda nikmati akan semakin menawan dan memukau Anda dengan keindahannya.

Di tebing ini, bagi kamu yang hobi fotografi, kamu bisa berburu foto-foto cantik sekaligus. Bagi yang juga suka selfie, bisa berfoto dengan dasar laut yang luas. Dengan berkunjung di sore hari, Anda mungkin juga berkesempatan untuk mengantarkan matahari. Karena pemandangan sunset yang dilihat dari bawah atau dari atas tebing sayang untuk dilewatkan.

Aktivitas yang juga bisa dilakukan adalah permainan air, karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Namun tetap harus mengikuti protokol yang ada meski bisa berenang atau bermain air. Bagi Anda yang menyukai aktivitas menantang, permainan banana boat dan jet ski membuat liburan Anda seru. Untuk memainkan game ini kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya, sekitar Rp 250 ribu.

Bagi Anda yang bepergian dengan keluarga dan membawa anak-anak, jangan khawatir, ada area bermain gratis untuk anak-anak. Sehingga mereka juga bisa bersenang-senang tidak hanya orang dewasa saja yang bisa bermain. Anda juga bisa bermain pasir yang akan membuat liburan Anda bersama anak menjadi tak terlupakan. Pasir pantai ini lembut, sehingga sangat cocok jika dijadikan tempat bermain.

Akomodasi di dekat Pantai Indrayanti

Akomodasi Pantai IndrayantiKredit gambar: Google Maps Gilang Primada

Anda yang datang dari luar kota dan ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama bisa menginap. Ada beberapa hostel di Pantai Indrayanti dan Anda bisa memilih untuk bermalam. Apalagi harga yang ditawarkan untuk akomodasi juga cukup terjangkau, biasanya setiap kamar akan dibanderol dengan harga Rp 100 ribu per malam. Meski harganya murah, hostel ini tidak pernah sepi pengunjung.

Oleh karena itu, Anda harus memesan jauh dari saat Anda datang di akhir pekan atau saat hari libur. Menginap di hostel ini, Anda bisa menikmati gugusan bintang di malam hari. Selain bisa menginap di asrama, banyak juga pengunjung yang mendirikan tenda sebagai tempat menginap. Yang jelas, di pantai ini kamu bisa bermalam karena di dekatnya ada hostel.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti

Fasilitas Pantai IndrayantiKredit gambar: Google Maps baru

Berkunjung ke Pantai Indrayanti juga tidak akan membuat Anda menyesal. Pasalnya selain memiliki pemandangan yang menawan, fasilitas yang disediakan pengelola juga lengkap. Setelah bermain air, Anda bisa membilas atau memenuhi kebutuhan dandan Anda di tempat yang telah disediakan. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, Anda harus membayar mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu. Tarif yang berbeda berlaku untuk buang air kecil atau mandi.

Liburan juga tidak akan membuat Anda lupa menunaikan kewajiban agama. Karena pantai ini menawarkan fasilitas untuk beribadah yaitu mushola. Masjid yang dimilikinya cukup bersih dan nyaman sehingga pengunjung muslim tidak perlu khawatir. Fasilitas lain yang bisa Anda temukan di tempat ini adalah deretan penjaja makanan dan minuman.

Terdapat kafe dan restoran yang menawarkan berbagai kuliner kelezatan bagi Anda yang tidak membawa bekal makan siang ke rumah. Menu yang ditawarkan juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan terjangkau. Biasanya harga menunya mulai dari Rp 10 ribu tergantung kamu pilih yang mana. Selain wisata kuliner, pengunjung juga bisa berburu oleh-oleh di Pantai Indrayanti. Tak heran jika pantai ini disebut sebagai pantai dengan sejuta fasilitas karena cukup lengkap.

Menghabiskan liburan di pantai memang menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan. Saat Anda ke Jogja, tak ada salahnya menjadikan Pantai Indrayanti sebagai destinasi Anda. Pantai ini tidak hanya indah, namun menawarkan banyak aktivitas seru. Didukung dengan fasilitas lengkap yang akan membuat semua orang betah berlama-lama.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button