Pantai Pulau Merah Banyuwangi - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Pulau Merah Banyuwangi – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Pulau Merahwisata tepi laut yang terkenal di Banyuwangi dengan pemandangan perbukitan yang indah di dekat pantai.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Banyuwangi adalah sebuah daerah yang terletak di bagian paling timur pulau jawa. Sebagai daerah paling terpencil, Banyuwangi memiliki sejuta pesona alam yang patut untuk dikunjungi. Panorama alam seperti pegunungan dan pantai yang eksotis membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Pantai Pulau Merah menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat liburan di Banyuwangi. Pasir putihnya yang halus dan bersih menarik wisatawan untuk bermain dan menikmati keindahan pantai. Garis pantai yang panjang mampu membuat pengunjung berlama-lama menikmatinya.

Tak cukup sampai di situ saja, kawasan Pulau Merah juga menawarkan berbagai fasilitas yang bisa menunjang aktivitas liburan. Pelayanan dan fasilitas tempat yang baik mampu menjadikan Pantai Pulau Merah sebagai tuan rumah olahraga nasional tahun 2018. Fasilitas yang memadai ini mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Atraksi Pantai Pulau Merah

Atraksi Pantai Pulau MerahKredit gambar: Google Maps Dony Agus Siswanto

Pantai indah ini menjadi hotspot bagi warga Banyuwangi. Keindahan alamnya memikat wisatawan untuk menikmati setiap jengkal ciptaannya di pesisir timur Pulau Jawa.

1. Pasir putih bersih dan halus

Pantai Pulau Merah memiliki pasir putih yang lembut dan bersih. Saat pertama kali tiba, Anda akan disambut hamparan pasir yang luas dan bersih. Pemandangan indah ini akan semakin indah di siang hari atau saat matahari tepat di tengahnya, karena pasir putih dan air laut yang biru akan menghasilkan gradasi warna yang menawan dan memukau semua orang.

2. Panorama menawan saat matahari terbenam

Menikmati sunset di pantai ini merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Menyaksikan matahari terbenam di tempat ini akan membuat Anda terpesona. Perairan biru laut lepas dan warna jingga menyatu menjadi satu kesatuan yang sangat mempesona. Pemandangan ini akan semakin indah saat cuaca sedang bagus.

Seperti pemandangan di film-film, panorama sunset di Pulau Pantai Merah semakin menarik karena terdapat bukit Pulau Merah yang menjulang di atas permukaan laut. 6 sore

3. Pantai panjang

Pesona lain dari pantai Pulau Merah adalah garis pantainya yang panjang dan lebar. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi pasir putih dan perbukitan hijau yang tampak mengelilingi pantai.

Pasir putihnya yang lembut bisa dimanfaatkan wisatawan untuk bermain atau bersantai sambil berjalan tanpa alas kaki. Menikmati pemandangan laut lepas dan pepohonan hijau di seberangnya akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.

4. Bukit Pulau Merah yang ikonik

Tempat wisata di pantai pulau merahKredit gambar: Google Maps Bayu Krisnapaty

Daya tarik pantai ini sebenarnya berada di atas bukit. Bukit yang terletak tidak jauh dari pantai ini terdiri dari bebatuan alam berwarna merah yang ditumbuhi pepohonan hijau. Bentuknya yang megah seperti bukit telah menjadi ikon pantai.

5. Pura Tawang Alun yang legendaris

Selain bukit, objek yang menarik perhatian wisatawan adalah adanya pura di pinggir pantai. Pura Tawang Alun merupakan pura Hindu yang biasa digunakan untuk ziarah atau acara-acara tertentu.

6. Ombak yang tepat untuk berselancar

Daya tarik selanjutnya adalah adanya ombak yang bagus untuk para peselancar. Ombaknya yang cukup tinggi mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Ombaknya yang bagus membuat pantai ini menjadi tuan rumah kompetisi selancar bertaraf internasional.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Pantai Pulau Merah

Alamat Pantai Pulau MerahKredit gambar: Google Maps Wira Raharja

Wisata bahari ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Secara keseluruhan, lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena jalur menuju objek wisata telah ditata dengan baik untuk dilalui kendaraan bermotor.

Jika Anda memulai dari pusat kota Banyuwangi, akan memakan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke pantai. Dari Banyuwangi Anda bisa menuju ke selatan menuju kawasan Srono tepatnya. Setelah berada di kawasan Srono, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Kesilir dan berakhir di pantai Pulau Merah. Jalan menuju pantai cenderung berkelok-kelok tapi jangan khawatir karena di setiap pertigaan ada petunjuk arah.

Untuk menikmati panorama alam yang tersaji di kawasan pantai ini, wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket yang tercantum dibagi dua antara pengunjung domestik dan asing. Untuk wisatawan domestik dikenakan biaya sebesar Rp 10.000, sedangkan untuk wisatawan asing harga tiketnya Rp 100.000.

Harga-harga tersebut di atas belum termasuk dalam harga parkir kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai Pulau Merah

Aktivitas menarik Pantai Pulau MerahKredit Gambar: Google Maps Praptana Mardipuspito

1. Jalan santai di pantai

Jalan-jalan santai adalah cara yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai Pulau Merah ini. Sambil menikmati hamparan laut yang luas dan suasana yang asri, merupakan cara yang tepat untuk menenangkan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari. Garis pantai yang panjang dan pasir putih yang lembut membentuk satu kesatuan yang lengkap untuk mengagumi keindahan pantai yang eksotis ini.

2. Berjemur di bawah payung

Tak mau kalah dengan pulau tetangga yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, pantai cantik ini juga memudahkan setiap pengunjung dengan membawa payung di pinggir pantai. Hal ini dimaksudkan untuk menarik wisatawan dan membuat mereka yang telah berkunjung betah berlama-lama di pantai ini.

3. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas yang menarik untuk dilakukan di sekitar pantai adalah menikmati matahari terbenam. Waktu sunset ini dikejar oleh para wisatawan yang sengaja berkunjung untuk melihat proses sunset. Panorama matahari terbenam ini adalah waktu terbaik untuk menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

4. Ikan di atas kapal

Bagi Anda yang menginginkan aktivitas baru saat berlibur, berperahu sambil memancing adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menyewa perahu nelayan yang bertengger di tepi pantai. Nelayan biasanya menyewa perahu dengan jumlah penumpang sekitar 8 orang.

5. Berselancar di ombak yang sulit

Pantai Pulau Merah terkenal dengan ombaknya yang bersahabat namun juga cukup tinggi antara 3 hingga 5 meter. Ombak pantai yang bergulung-gulung di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan bahkan pantai ini dijadikan sebagai ajang kompetisi selancar internasional yang bergengsi.

Tidak membawa papan selancar? Jangan khawatir karena di tempat ini Anda bisa menyewa papan selancar tanpa harus membawanya dari rumah. Bagi Anda yang tertarik dengan surfing tapi belum pernah mencobanya, ada kursus atau tutor khusus untuk pemula yang akan memandu Anda melalui surfing the board.

6. Kunjungan langsung ke bukit Pulau Merah

Berkunjung ke pantai ini tidak lengkap jika tidak melihat bukit ikoniknya. Berjarak sekitar 100m dari pantai, Anda bisa menikmati panorama alam yang unik dengan bebatuan merah. Wisatawan biasanya menyeberang saat air sudah surut agar jalur lebih mudah dan aman.

7. Mengunjungi Pura Tawang Alun

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai cantik ini adalah mengunjungi Pura Tawang Alun. Tidak jauh dari pantai, tepatnya di jalan dari tempat parkir, Anda bisa menemukan keberadaan sebuah pura. Sayangnya, pura ini tidak buka setiap saat, hanya pada waktu-waktu tertentu atau saat peziarah datang.

8. Bermain layang-layang

Anda bisa memanfaatkan intensitas angin yang cukup kencang di pantai Pulau Merah untuk bermain layang-layang. Kegiatan ini cukup seru seperti bermain layang-layang dengan pemandangan alam yang indah ditemani deburan ombak yang menenangkan.

9. Malam dan pemasangan tenda

Jika belum puas bermain di tempat ini, Anda bisa berkemah dan mendirikan tenda di pinggir pantai. Jika Anda tidak membawa tenda dari rumah, Anda bisa menyewanya di sini. Untuk bermalam di tempat ini, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari pengelola.

10. Berfotolah dengan tempat-tempat menarik

Berfoto merupakan aktivitas yang tak terlupakan saat Anda berada di pantai yang indah ini. Ada banyak tempat menarik yang bisa diabadikan, salah satunya adalah bukit pulau merah dengan suasana sunset yang romantis. Pantai Pulau Merah juga cocok sebagai lokasi foto prewedding karena keindahan pemandangannya yang luar biasa.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Pulau Merah

Akomodasi murah di sekitar Pantai Pulau MerahKredit gambar: Google Maps Dewi Fariskiana

1. Kamp Selancar Mojo Pulau Merah

Hostel yang nyaman ini memiliki banyak fasilitas yang dapat memanjakan para pengunjungnya. Sebut saja kolam renang, Wi-Fi, sarapan gratis untuk akses langsung pantai. Banyak wisatawan memilih tempat ini karena selain fasilitasnya juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

2. Pondok Wisata Rumah Mertua Cottage

Pondok Wisata Rumah In-law Cottage adalah akomodasi yang dekat dengan pantai di Pulau Merah. Kedengarannya unik dan lucu, tapi itulah namanya. Jarak antara hostel dengan pantai hanya sekitar 5 menit jalan kaki.

3. Satu Selatan oleh Amitha

Salah satu penginapan dengan fasilitas yang cukup mewah dan interior yang indah. Pemandangan dari hostel ini juga sangat menakjubkan karena langsung menghadap pantai. Banyak wisatawan yang menjadikan hostel ini sebagai tempat bersantai.

4. Homestay di Pulau Panjul Merah

Hostel ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang berlibur dengan budget minimalis namun tetap mengutamakan kenyamanan. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti layanan persewaan sepeda, area merokok, tempat parkir mobil hingga kebersihan kamar mandi.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pulau Merah

Fasilitas Pantai Pulau MerahKredit gambar: Google Maps sukron arsabonta

Pengelola wisata tepi pantai ini telah merencanakan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata. Fasilitasnya juga cukup lengkap, seperti persewaan alat selancar, perahu, alat kemah, alat pancing, dan kursus selancar untuk pemula.

Selain itu juga terdapat fasilitas untuk memenuhi kebutuhan seperti toilet, mushola, tempat parkir, tempat makan, kursi dan payung untuk berjemur, dan gazebo. Berkat fasilitas tersebut, pengunjung dapat menikmati liburan yang nyaman dan aman.

Demikian ulasan tentang pesona pantai Pulau Merah, rute menuju fasilitas yang disediakan di tempat wisata tersebut. Menghabiskan liburan di pantai eksotis ini tidak akan membuat Anda khawatir atau menyesal karena semua fasilitas telah dikelola dan ditata dengan baik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button