Pantai Plengkung Banyuwangi - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Plengkung Banyuwangi – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Dimahkotai sebagai negara yang menyimpan segudang surga di muka bumi, dimana kekayaan alamnya cukup melimpah bahkan diakui oleh seluruh belahan dunia. Pantai Plengkung yang terletak di Banyuwangi menjadi salah satu bukti nyata bahwa pernyataan tersebut benar adanya. Tempat wisata bahari yang indah ini dikenal sebagai tempat surfing terbaik mengingat objaknya yang besar. Berikut ulasannya.

Objek Wisata Pantai Plengkung

Objek Wisata Pantai PlengkungKredit gambar: Instagram evylia22

Namanya sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena Pantai Plengkung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Bahkan kecantikannya diakui dunia. Saksikan banyaknya turis asing dari seluruh dunia yang datang tanpa henti, hanya karena penasaran akan keindahannya yang agung.

Daya tarik utama datang dari gulungan ombak yang sangat besar dan memiliki ketinggian hingga 6 meter. Ombaknya yang tinggi justru menarik minat wisatawan yang gemar berselancar. Bahkan pantai indah ini dijuluki Pantai G Land karena berbagai alasan. Alasan pertama, nama G sendiri berarti Grajangan atau mewakili nama Teluk Granjangan.

Namun ada juga yang berspekulasi bahwa huruf G mewakili pantai yang melengkung seperti huruf G. Apapun alasannya, satu hal yang pasti pantai ini mewarisi keindahan alam yang tak terbantahkan. Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, pengelola bahkan telah menambah sejumlah hostel yang menawarkan pemandangan pantai yang indah di malam hari.

Sebagai wisata bahari, berbagai kuliner khas yang ditawarkan tak jauh dari seafood segar. Soal rasa, siapapun yang mencicipinya dijamin ketagihan dan tidak akan berhenti memakannya hingga habis. Inilah mengapa banyak wisatawan yang ragu untuk pulang lebih awal dan lebih memilih bermalam agar bisa menikmatinya sedikit lebih lama hingga puas meski harus merogoh kocek lebih dalam.

Selain menyuguhkan pemandangan deburan ombak yang indah, pengunjung tetap bisa menjelajahi Taman Nasional Alas Purwo dari satu tempat. Ada banyak cerita misterius yang berhubungan dengan hutan, namun keindahan alam dan udara segarnya tidak menghentikan pengunjung untuk menjelajahinya lebih dalam. Di sana, pemandangan dan suara eksotis hutan yang lebat dan sempurna untuk menenangkan diri.

Alamat dan Arah Menuju Pantai Plengkung Lokasi

Alamat Pantai PlengkungKredit Gambar: Instagram ingin menjadi Mulu

Setelah mengetahui daya tarik utamanya, apakah Anda tertarik untuk memasukkannya ke dalam daftar kunjungan Anda selanjutnya? Jika iya, segera meluncur ke Pantai Plengkung yang terletak di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, tak heran jika wisata bahari ini memiliki keindahan alam yang tiada duanya.

Pantai Banyuwangi yang indah ini masih berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk menuju pantai, wisatawan dapat memilih jalur darat atau laut. Jika ingin menggunakan jalur darat, Anda bisa naik bus ke Banyuwangi dan berkendara ke Kalipahit sebagai alternatif. Setelah turun di Kalipahit, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan ojek menuju Pasar Anyar dan Pos Pancur.

Sesampainya di stasiun, pengunjung hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke pantai yang indah karena kendaraan pribadi tidak diperbolehkan memasuki area tersebut. Dibutuhkan setidaknya 1h30 untuk dapat melintasi semua rintangan hutan lindung. Namun rasa lelah tersebut akan sedikit terobati karena keindahan dan keindahan alam yang terjaga dengan baik.

Jika berminat berkunjung melalui jalur laut, pengunjung akan diantar menggunakan speedboat atau kapal nelayan untuk sampai di tempat tujuan dengan selamat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam, pantai yang indah perlahan mulai terlihat dari kejauhan. By the sea sepertinya cukup cocok untuk kamu yang ingin menghemat waktu agar tidak terlalu lama bepergian.

Harga Tiket Masuk Pantai Plengkung

Harga Tiket Masuk Pantai PlengkungKredit Gambar: Instagram Catper

Untuk bisa sampai ke tempat wisata tersebut membutuhkan perjalanan yang tidak mudah karena Anda harus memasuki kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan menyeberangi Teluk Grajagan. Untuk memasuki kawasan wisata, pengunjung harus membayar tiket dua kali. Tiket pertama untuk tiket masuk Taman Nasional Alas Purwo sekitar 5.000 per orang, dan tiket lain untuk melewati hutan lindung sekitar 40.000 per orang.

Saat memasuki hutan lindung, kendaraan pribadi tidak diperbolehkan masuk. Dengan kata lain, setiap pengunjung yang tertarik memasuki hutan harus menyewa kendaraan yang disediakan untuk mereka. Hanya dengan membayar sekitar 200.000, mampu membawa beberapa orang sekaligus dalam sekali jalan.

Aktivitas Menarik di Pantai Plengkung

Kredit gambar: Mitra Perjalanan Instagram Lungo Dolan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan terlihat seperti huruf G. Dengan kata lain, berselancar adalah aktivitas seru pertama yang harus Anda lakukan saat berada di sana. Bahkan ombaknya cukup besar, menjadikannya 7 ombak raksasa. Bagaimana tidak, ombaknya bahkan mencapai ketinggian sekitar 6 meter.

Bukan hanya karena besarnya ombak, karena ombak yang tinggi akan menggulung selama sekitar 5 menit sebelum akhirnya menghantam pantai dan kemudian menghilang. Keunikan ombak inilah yang sebenarnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para peselancar. Berkat keindahan dan keunikannya, pantai populer ini sudah 5 kali dijadikan sebagai ajang kejuaraan selancar internasional.

Memancing disebut sebagai aktivitas seru lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati alam dengan tenang sambil menangkap ikan incaran. Dijamin mancing sambil mengagumi hamparan laut biru yang bersih ini tidak akan pernah membosankan. Jika Anda tertarik untuk memancing di sana, pastikan untuk datang pada bulan November hingga Maret karena ombaknya rendah.

Selain menikmati karunia alam laut, ternyata masih ada aktivitas seru seperti bersepeda di pantai daratan. Meski bersepeda bisa dilakukan dalam satu kompleks rumah, namun nuansa alam yang berbeda mampu memberikan pengalaman baru yang tak terlupakan. Selama mengayuh pedal, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan segar kemanapun mata memandang. Dengan hanya menyewa sepeda pedal, pengalaman baru bisa didapatkan.

Akomodasi di Pantai Plengkung

Akomodasi di Pantai PlengkungKredit Gambar: Instagram Nip Hap Yie

Keindahan alam yang disuguhkan Pantai Plengkung membuat wisatawan betah dan ingin berlama-lama di sana. Ditambah dengan suasananya yang selalu asri dan membutuhkan perjalanan jauh untuk sampai ke tempat wisata, rasanya kurang enak jika hanya bisa dinikmati sebentar saja. Oleh karena itu tidak jarang wisatawan dari jauh lebih memilih untuk bermalam daripada langsung pulang ke rumah masing-masing.

Sayangnya, wisatawan lokal sering memilih untuk langsung pulang daripada tinggal dan menikmati alam lebih lama. Bukan karena tidak betah, tapi karena harganya yang cukup mahal dan menggunakan mata uang asing untuk menikmati semua layanannya. Tingginya harga yang ditawarkan, tidak cocok bagi wisatawan yang hanya menyiapkan dana yang tepat.

Sedangkan wisatawan yang lebih memilih untuk bermalam akan bermalam di area perkemahan di kawasan hutan lindung. Setidaknya ada tiga camp yang tersedia, yaitu Joyo’s Surf Camp, G-Land Surf and Resort dan Bobby’s Surf Camp. Jika memang berniat untuk bermalam, segera pesan kamar agar tidak kehabisan. Beberapa di antaranya bahkan dapat dipesan secara online, jadi siapa pun yang cepat akan memilikinya.

Fasilitas yang ada di Pantai Plengkung

Fasilitas Pantai PlengkungKredit Gambar: Instagram Nip Hap Yie

Sadar bahwa potensi alamnya telah berhasil merebut hati masyarakat global, pengelola pun berusaha menyediakan sejumlah fasilitas untuk memenuhi segala kebutuhan. Karena sering dikunjungi wisatawan lokal maupun global, fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap. Dari restoran, Jungle Camp, bar, bungalow, persewaan sepeda santai, persewaan papan selancar, semuanya tersedia di sini.

Lebih uniknya lagi, semua fasilitas yang diberikan dibayar dengan dolar AS. Setelah devisa, wisatawan lokal juga perlu membawa uang tunai lebih banyak agar bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan. Biaya yang harus dikeluarkan cukup tinggi, banyak wisatawan lokal yang lebih memilih untuk langsung pulang daripada tinggal di kawasan wisata walaupun mau.

Banyuwangi sering menjadi daerah yang sering dikunjungi karena keindahan alamnya. Dimana Pantai Plengkung merupakan salah satu wisata laut terbaik saat anda mencari suplai vitamin laut. Selama menginap, berbagai aktivitas seru bisa dilakukan sambil menikmati keajaiban alam. Hanya dengan melihatnya, Anda dapat memahami mengapa tempat ini luar biasa.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button