Hutan Pinus Sentul, Menikmati Panorama Alam Gunung Pancar Bogor - WisataHits
wisatahits

Hutan Pinus Sentul, Menikmati Panorama Alam Gunung Pancar Bogor

Hutan Pinus Sentul adalah salah satu destinasi alam paling menawan di Indonesia Bogor, Jawa Barat. Hutan asri di kawasan Gunung Pancar ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan menenangkan, serta beragam aktivitas liburan seru yang bisa dilakukan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.To Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam dengan udara segar, cobalah berkunjung ke Bogor. Ada destinasi wisata berupa hutan pinus yang bisa dikunjungi siapa saja. Destinasi wisata alam ini juga sudah populer sebagai alternatif liburan yang menyenangkan.

Wisatawan yang datang untuk mengisi liburan di sini pun tak sedikit. Kebanyakan yang datang adalah wisatawan yang berasal dari masyarakat Indonesia. Namun, ada juga wisatawan yang datang dari luar negeri dan bersantai di sana.

Sambil menikmati pemandangan alam yang indah, wisatawan sekaligus bersantai di tempat wisata tersebut. Sebelum pergi berlibur ke sana, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai informasi mengenai tempat tersebut. Berikut ini berbagai informasi terkait Hutan Pinus Bogor.

Atraksi Hutan Pinus Sentul

Objek Wisata Hutan Pinus SentulKredit gambar: Facebook Taufik Ambar

1. Tempat pinus

Daya tarik utama dari tempat wisata ini tentu saja karena banyaknya pohon pinus yang vertikal dan megah. Lanskap yang disajikan tentu saja sangat khas dari hutan lindung yang masih lestari. Selain keberadaan pohon pinus, juga terdapat banyak pohon dari berbagai jenis dengan keindahan yang tidak jauh berbeda.

2. Flora dan Fauna

Liburan anda di tempat wisata ini juga akan ditemani dengan berbagai suara dari hewan liar yang hidup disana. berbagai jenis hewan yang hidup disana antara lain seperti babi hutan, jelatang, surili, kera dan owa.

Apalagi di tempat wisata ini juga terdapat berbagai jenis burung eksotis. Misalnya seperti elang, jalak, kutilang. Kemudian, flora hutan pinus ini juga beragam, seperti jamuju, saninten, puspa, rotan, dan rasamala.

3. Wisata Ziarah

Daya Tarik Hutan PinusKredit gambar: Twitter Dipurwanto

Tidak hanya sebagai wisata alam, di hutan pinus Gunung Pancar juga terdapat makam keramat beberapa tokoh lokal yang dijadikan wisata religi oleh pengunjung. Makam tersebut konon memang kuno dan memiliki aura tersendiri bagi orang yang mengunjunginya.

Beberapa makam tersebut adalah milik Raden Surya Kencana, Kalijaga, Ki Mas Bungsu, H. Dalem Putih, Raden Lawulung dan beberapa tokoh lokal lainnya. Menariknya, di makam tersebut juga terdapat berbagai pertunjukan seni budaya yang hanya ditampilkan pada hari-hari tertentu.

4. Misteri Gunung Pancar

Gunung Pancar yang menjadi lokasi hutan pinus ini juga memiliki sejarah misterius yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Kisah misterius ini juga pernah populer dan tersebar luas, terutama di kalangan masyarakat sekitar. Gunung Pancar konon merupakan tumpuan bumi yang pertama kali diciptakan.

Ketika diciptakan, bumi itu sendiri masih datar dengan tanah dan tidak ada bukit atau gunung yang menjulang tinggi. Suatu hari terjadi berbagai gempa bumi sampai akhirnya Yang Maha Kuasa menciptakan sebuah gunung yang berfungsi untuk menstabilkan bumi.

Gunung dimaksudkan untuk digunakan sebagai tiang pancang sehingga bisa lebih tenang dan lebih kuat. Oleh karena itu, jika batang arde tersebut kemudian disebut “Pancar”. Kata “Pancar” sendiri memiliki arti “Penampakan Pertama”.

Alamat dan rute menuju lokasi hutan pinus

Alamat Hutan Pinus SentulKredit gambar: Instagram Idon Malingkas

Jika Anda ingin berlibur di tempat wisata hutan pinus ini, Anda harus datang ke Bogor di Jawa Barat. Tepatnya berada di Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Tempat wisata ini memiliki ketinggian 300-800 m dpl dengan kemiringan lereng tempat wisata ini mencapai 40%.

Rute yang harus ditempuh untuk menuju lokasi hutan pinus ini juga tidak sulit. Pertama, Anda bisa menuju Tol Jagorawi dan keluar di Gerbang Tol Sentul di bagian selatan. Sesampainya di tol, Anda akan langsung melihat Bellanova Mall.

Kemudian belok kiri ke Jalan MH Tamrin dan ikuti sampai tiba di Jungle Land. Setelah sampai di sana dan menemukan jalan kecil yang menanjak, Anda bisa mengikutinya hingga sampai di gerbang lokasi wisata.

Sedangkan rute kedua yang bisa Anda ambil setelah melewati Jalan MH Tamrin adalah belok kiri setelah menemukan Plaza Amsterdam. Ikuti saja arah ini dan begitu ada jalan yang bercabang ke Perbukitan Pelangi dan Danau Cikeas, Anda bisa mengambil jalur kiri menuju Jalan Babakan Madang. Setelah melewati kantor polisi, Anda akan melihat pertigaan.

Ambil jalur di sebelah kiri menuju Jalan Gunung Pancar, dan ikuti arah sekitar 11 kilometer. Sesampainya di jalan kecil yang berkelok-kelok dan sedikit sulit untuk diseberangi, Anda bisa mulai mendaki untuk mencapai tujuan.

Untuk menuju tempat wisata di Hutan Pinus Bogor ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Pasalnya, belum ada angkutan umum yang bisa Anda naiki untuk menuju tempat wisata tersebut. Siapkan juga peta navigasi untuk mengantisipasi agar tidak tersesat di tengah jalan.

Tiket Masuk Hutan Pinus Sentul

Tiket Hutan Pinus SentulKredit gambar: Facebook Sentul Alaya

Ketika Anda pergi mengunjungi hutan pinus ini, Anda perlu menyiapkan sejumlah uang, salah satunya untuk membayar tiket masuk. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini bervariasi tergantung hari dan tempat asal pengunjung.

Harga tiket masuk dari Senin hingga Jumat adalah Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 100.000 untuk wisatawan asing. Untuk liburan saat akhir pekan tiba, tarifnya Rp 7.500 untuk turis lokal dan Rp 150.000 untuk turis asing.

Sementara itu, biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000 dan roda empat sebesar Rp 7.500 pada hari biasa. Apalagi di akhir pekan atau hari libur, biaya parkir naik dua kali lipat.

Biaya tersebut masih belum termasuk dalam biaya untuk menikmati berbagai wahana yang telah disediakan di tempat wisata tersebut. Selain itu, biaya yang disebutkan juga dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, untuk memastikan kembali, Anda bisa menghubungi pengelola objek wisata terlebih dahulu untuk memastikan harga sebelum berkunjung.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di hutan pinus

Aktivitas di Hutan Pinus SentulKredit gambar: Twitter Perjalanan ke Khawita

1. Mandi uap air panas

Perlu diketahui bahwa aktivitasnya bukanlah mandi air panas, melainkan mandi uap air panas. Untuk bisa berendam di dalamnya, Anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah saja. Terdapat 4 tempat pemandian di tempat wisata ini dan dibedakan antara anak laki-laki dan perempuan.

2. Fotografi

Keindahan yang ada di hutan pinus ini sayang jika Anda memanfaatkannya. Oleh karena itu, abadikan setiap momen sambil menikmati keindahannya dengan melakukan aktivitas fotografi.

Ada banyak tempat dengan objek alam, wahana dan masih banyak lagi yang bisa kamu foto atau jadikan sebagai background foto. Foto-foto yang akan dihasilkan dijamin memiliki nilai estetika yang tidak main-main.

3. Perkemahan

Jika Anda merasa aktivitas yang dilakukan lebih ringan, Anda bisa mencoba aktivitas camping di hutan pinus ini. Menghabiskan malam di sana ditemani cahaya bulan dan suara berbagai satwa liar yang hidup di hutan pinus Bogor merupakan pengalaman seru yang tiada duanya.

Namun, bagi Anda yang tidak suka tidur di luar atau takut dengan suara binatang buas. Anda dapat memilih untuk glamp saja. Selain suasana tidur yang nyaman, Anda juga bisa merasakan sensasi tidur di tengah hutan pinus.

Bagi yang belum tahu, glamping adalah singkatan dari Glamorous Camping. Glamping sendiri merupakan kegiatan malam hari yang tidak jauh berbeda dengan camping. Namun, hal itu akan dilakukan dengan dilengkapi fasilitas yang berkualitas dan lebih mewah.

4. Joging

Aktivitas lain Pinède de SentulKredit gambar: Google Maps Muhammad Yusuf Albhachany

Jogging di tengah hamparan pohon pinus menjadi hal menarik yang wajib Anda coba di tempat wisata ini. Memang jalurnya tidak sama dengan stadion atau taman, namun jogging di hutan pinus ini tak kalah asyiknya. Selain itu, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah.

5. Meninggalkan

Tempat wisata ini juga sering digunakan untuk kegiatan team building oleh sekolah dan perusahaan. Umumnya kegiatan yang dilakukan dalam team building ini dapat berupa fun games, outgoing, dan hingga berbagai kegiatan seru dan menarik lainnya.

Fasilitas yang ada di Hutan Pinus Sentul Bogor

Memasang Hutan Pinus SentulKredit gambar: Twitter penipuan

Udara di lokasi wisata Hutan Pinus Bogor cukup dingin karena lokasinya yang berada di ketinggian. Nah, untuk menghangatkan tubuh, ada suguhan kopi yang disediakan di sana. Salah satu kafe di sana adalah Ameera Coffee.

Tempatnya kafe yang sederhana dan tidak semewah kafe di perkotaan. Namun, keragaman menu yang ditawarkan di kedai ini tidak bisa dipungkiri. Plus, Anda bisa menikmati makan sambil melihat indahnya hutan pinus dan pegunungan di sana.

Setelah puas dengan makanan Anda, Anda bisa datang ke Giri Tirta untuk memanjakan diri. Tempat ini merupakan resort dan spa yang juga menjadi salah satu titik pemandian air panas di tempat wisata ini. Pasti sangat menyenangkan, terutama bagi wanita.

Juga, lokasi pemandian air panas ditutup, dan baunya sendiri tidak terlalu belerang. Kemudian fasilitas lain yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke tempat wisata tunggal ini misalnya seperti kantin, tempat parkir yang luas, kamar mandi, jembatan gantung, tempat ibadah, paket camping, paket glamping, sewa tanah dan masih banyak lagi. .

Nah, itulah berbagai jenis informasi yang pernah dibahas mengenai tempat wisata di Hutan Pinus Sentul Bogor. Informasi ini tentunya sangat penting bagi anda yang ingin atau ingin liburan seru di tempat wisata yang satu ini. Dijamin kamu tidak akan bosan dan ingin berlama-lama lagi di tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button