Pari Klege di Kulon Progo Jogja, wisata kuliner outdoor cocok untuk menyembuhkan semua orang - WisataHits
Yogyakarta

Pari Klege di Kulon Progo Jogja, wisata kuliner outdoor cocok untuk menyembuhkan semua orang

KOMPAS.com – Jika Anda ingin mencari kuliner khas Kulon Progo Yogyakarta dengan suasana outdoor pedesaan, Anda bisa mengunjungi Pari Klegung.

Tidak hanya untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga, Pari Klegung menawarkan tempat yang cocok untuk bersantai dan melepas lelah atau bahasa kekinian obat.

Baca juga: Wisata Jeep di Kulon Progo, Keseruan Uji Keberanian Anda Melewati Rintangan

Karena selain lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, rumah makan dengan makanan khas daerahnya yang beragam ini juga dekat dengan sungai atau Klegung.

Oleh karena itu, tempat itu juga disebut dengan namanya Sungai berbisik atau sungai yang berbisik.

Tempat Wisata Pari Klege

Menurut pemiliknya Eko Prawoto, tak jauh dari Pari Klegung, pengunjung bisa menikmati suara gemericik air dan segarnya aliran sungai. Tak hanya itu, pepohonan yang rindang menambah kesejukan tempat tersebut.

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dermaga. Pari Klege Wisata kuliner dan alam di Pari Klege, Kulon Progo, Yogyakarta.

“Atraksi itu memang sungai atau Klegung. Tanah itu sendiri diperoleh lima tahun lalu. Namun setahun yang lalu ide membuat stand muncul. Awalnya saya sering mengajak teman-teman dan mereka bilang bagus,” kata Eko Kompas.comJumat (22/7/2022).

Ia melanjutkan, teman-temannya menyarankan agar tempat didirikannya Pari Klegung bisa dinikmati oleh banyak orang, tidak hanya satu sama lain.

“Konsep besarnya adalah kami ingin melakukan sesuatu di desa. Bukan hanya alam, tapi juga tetangga kita (untuk dikerjakan),” lanjut Eko.

Baca juga: Wisata 7 Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Oleh karena itu, warga desa yang kebetulan bisa memasak itu akhirnya diajak Eko untuk bergabung dalam pemerintahan Pari Klegung.

Selain mencoba menyajikan menu khas pedesaan di Kulon Progo, Eko yakin tempatnya juga bertumpu pada wisata alam yang nyata. Ia pun berusaha berhati-hati dan tetap memperhatikan keindahan alam setempat.

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dermaga. Kuliner dan Wisata Alam Pari Klege di Pari Klege, Kulon Progo, Yogyakarta.

Konsep restoran ini dibangun dengan sentuhan seni tradisional, namun tanpa menghilangkan sisi naturalnya.

Dengan demikian, pengunjung akan menemukan berbagai tempat instagenic dengan latar panorama alam yang indah.

“Jangan menekan alam. Jadi semua kontur kurang lebih terpelihara, pepohonan yang ada jangan dipotong. Makanya kami sangat menghargai alam, karena kekuatan yang ada di alam,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai arsitek ini.

Baca Juga: 16 Tempat Wisata Di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

Bangunannya sendiri mengusung konsep khas Jawa yaitu bentuk rumah Limasan dengan gaya open-plan dan teras. Bahannya banyak menggunakan kayu dan bambu yang menurut Eko ramah lingkungan.

Pilihan dan harga katering Pari Klege

Aneka hidangan di Pari Klege mulai dari makanan berat, snack hingga minuman semua tersedia.

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dermaga. Kuliner dan Wisata Alam Pari Klege di Pari Klege, Kulon Progo, Yogyakarta.

Menu tempat ini terdiri dari resep keluarga yang diturunkan dari generasi ke generasi, dengan varian kuliner tradisional lokal.

Beberapa hidangan utama yang menjadi ciri khas Pari Klegung antara lain mangut ikan pari, lele, geblek, tempe bacem hingga wedang serai.

Untuk snack ringan empat sampai enam potong, harganya mulai dari Rp 10.000. Makanan berat seperti nasi dengan lauk mulai dari Rp 15.000 dan aneka minuman mulai dari Rp 10.000.

Baca Juga: Rute Tour 2 Hari 1 Malam di Kulon Progo, Naik Jeep dan Goa Tour

Sambil menikmati alam, pengunjung bisa berfoto di lokasi-lokasi indah yang tersedia.

Museum Benda Biasa di Pari Klege, Kulon Progo, Yogyakarta. Dermaga. Museum Benda Umum Pari Klege di Pari Klege, Kulon Progo, Yogyakarta.

Bahkan, pengunjung bisa berkeliling ke Museum Benda Biasa, tempat yang memamerkan benda-benda antik seperti beliung dan peralatan masak.

Baca Juga: Liburan 2 Hari 1 Malam Ke Kulon Progo, Butuh Budget Berapa?

Selain itu, anak-anak bisa bermain di kolam ikan dan di sungai yang jernih. Kemudian ada tempat parkir, toilet dan mushola.

Lokasi dan jam buka Pari Klege

Pari Klege terletak di Ngipik Rejo 1, Kanoman Satu, Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dermaga. Pari Klege Wisata kuliner dan alam di Pari Klege, Kulon Progo, Yogyakarta.

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 26 kilometer, dengan perkiraan waktu sekitar 45 menit untuk sekali jalan.

Masih tempat ini itu layak untuk dikunjungi untuk sensasi dan suasana alam lanskap.

Baca juga:

Pari Klege buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 10.00 hingga 19.00 WIB. Untuk melakukan pemesanan bisa menggunakan media sosial Instagram atau Whatsapp Pari Klege.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button