Pantai Muncar, pantai yang indah dengan keindahan biota laut di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Muncar, pantai yang indah dengan keindahan biota laut di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Muncar di Gunung Kidul merupakan destinasi yang masih memiliki suasana alam. Hamparan pasir putih menjadi pesona alam yang mampu memanjakan mata setiap wisatawan. Bahkan laut dan perbukitan pun indah saat Anda mengikuti tur populer ini.

Pemandangan lain bisa ditemukan di air laut yang biru jernih. Bebatuan juga tampak berserakan dan keindahan ombaknya semakin lengkap. Para tamu dapat bermain apapun yang mereka inginkan sambil bersantai di Pantai Muncar.

Wisatawan juga bisa menikmati biota laut dengan duduk di atas batu karang. Keindahan pantainya dikenal begitu lengkap karena belum banyak terjamah oleh para pelancong. Selain itu, berbagai macam ikan disimpan di sana, yang sering muncul saat air laut surut. Hal ini membuat pengunjung sering memilih datang ke pantai dengan membawa perlengkapan untuk berfoto.

Penawaran Pantai Muncar

Objek Wisata Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Patricia Yunita

1. Pesona Alam

Pantai Muncar tentunya memiliki pesona alam yang menjadi daya tarik tersendiri saat para wisatawan datang ke sini. Hamparan pasir yang luas membuat pantai semakin indah, ditambah lagi setiap sudutnya terlihat bersih. Wisata alam masih mempertahankan pola pasir putih, dan hampir tidak ada batu-batu kecil karena begitu lembut saat dipegang.

Destinasi menawan ini juga menawarkan ombak putih yang seolah menggulung saat air pasang. Namun pelan-pelan karena ombaknya tidak terlalu tinggi. Pengunjung yang ingin berenang atau sekedar melihat birunya laut bisa duduk di pinggirnya. Anda juga bisa menikmati pemandangan perahu-perahu yang telah lewat.

2. Berbagai jenis ikan

Wisatawan yang berlibur di Pantai Muncar dapat melihat berbagai macam ikan yang berenang di laut, biota yang tersimpan di destinasi tersebut sudah dikenal luas. Bahkan, hampir sebagian penduduk setempat mencari nafkah dari memancing. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat ikan-ikan kecil dengan pola warna-warni muncul di tepi pantai.

Potensi lautnya tidak sedikit, itulah sebabnya pantai ini sering dipilih oleh rombongan keluarga untuk rekomendasi tempat liburan. Selain itu, beberapa biota laut yang telah ditangkap oleh nelayan sering dijual di daerah berpasir. Anda bisa mencicipi hidangan seafood yang telah disajikan. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli biota mentah untuk oleh-oleh.

3. Suasana sejuk

Pantai Muncar memiliki keunikan karena memiliki bukit yang melingkar. Wisatawan bisa menemukan hamparan bukit yang berbatasan langsung dengan pantai. Traveler yang suka hiking biasanya sering menuju ke bukit. Anda akan melihat suasana pantai pasir putih yang begitu luas sehingga semua mata terpukau.

Anda tidak hanya dimanjakan oleh bukit hijau ini. Namun di pesisir pantai sudah tersebar mangrove dan pohon kelapa. Semilir angin sejuk bisa Anda rasakan saat berada di setiap sudut pantai ini. Hal ini juga membuat wisatawan merasa lebih nyaman karena dapat bersantai sejenak sambil membawa makanan ringan dan duduk di bawah pohon.

Alamat dan rute perjalanan menuju pantai

Alamat Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Mine de Raras

Pantai Muncar terletak di Desa Duwet, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kawasan wisata ini dikenal cukup jauh dari kota Yogyakarta. Hal ini membuat sebagian orang masih sedikit yang datang ke destinasi alam tersebut. Namun berkendara ke pantai sebenarnya tidak terlalu sulit karena waktu tempuh dari Jogja hanya 2 jam.

Rute umum untuk menuju pantai ini bisa dimulai dari Jalan Mas Suharto Jambu. Kemudian kendaraan pengunjung dapat melewati Jalan Bausasran. Nikmati perjalanan sambil mengagumi keindahan Jogja, terus lurus ke Jalan Sukonandi. Lanjutkan hingga bertemu Jalan Kusumanegara dan arahkan ke Jalan Gedongkuning.

Belok ke arah Jalan Wonosari untuk menemukan Jalan Baron. Lurus terus hingga memasuki Jalan Tepus, setelah melewati jalur ini Anda bisa berjalan kaki mengelilingi kawasan desa. Wisatawan akan melihat meja yang menawarkan beberapa pilihan karena ada sejumlah pantai. Anda dapat berkendara perlahan untuk menemukan pintu masuk ke pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar

Harga Tiket Masuk Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar tidak begitu ramai karena destinasi utama belum banyak diketahui pengunjung dari luar daerah. Namun, tiket masuk ke pantai ini disediakan oleh pengelola dengan tarif yang pas di kantong traveler. Anda hanya perlu membayar 5.000 Rupiah saat berada di depan meja masuk, tiket ini tentunya masih sangat terjangkau.

Ikan yang dijual di dekat area pasir juga tergolong memiliki harga yang aman di dompet. Ikan mentah untuk oleh-oleh dibandrol dengan harga Rp 20.000 tergantung jenisnya. Sedangkan seafood yang dimasak memiliki harga yang sedikit berbeda. Jika pelanggan ingin mencoba berbagai kelezatan kuliner seperti seafood, mereka bisa menyiapkan bujet sekitar Rp 30.000.

Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk menyewa wahana permainan air karena masih minim. Biaya tambahan selama kunjungan mungkin diperlukan saat pengunjung memarkir kendaraan. Dari hari biasa hingga akhir pekan, harga parkir motor Rp 2.000. Mobil yang menggunakan lahan juga bisa menyiapkan anggaran untuk membayar parkir kendaraan hanya Rp 5.000.

Aktivitas Seru di Pantai Muncar

Aktivitas Seru di Pantai MuncarKredit Gambar: Google Maps ria ayu

1. Perjalanan dengan kapal

Daerah tujuan memiliki perahu-perahu kecil yang bisa disewa wisatawan. Keindahan laut yang seolah memiliki gradasi warna selalu menawan untuk dijelajahi. Pelanggan bisa melakukan aktivitas tersebut sambil bersantai sambil mengagumi pesona laut.Tenang saja karena naik perahu disana aman dengan pelampung.

2. Berenang di Pantai Muncar

Pantai ini termasuk area yang aman untuk berenang. Ombak yang menerjang bebatuan tidak terlalu besar. Pengunjung yang suka bermain air tidak perlu takut karena arusnya tidak kuat. Anda yang berenang juga harus berkesempatan melihat biota laut yang muncul.

3. Menikmati matahari terbit

Aktivitas Seru di Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Suryono

Pesona pantai Muncar akan sangat indah saat matahari terbit muncul. Tur dari malam hingga pagi ini dapat dinikmati selama kunjungan Anda. Namun, wisatawan harus bermalam atau mendirikan tenda untuk menikmati pesona matahari terbit. Langit cerah yang perlahan muncul tentu akan membuat pemandangan pantai semakin memukau.

4. Memancing

Berbagai biota, terutama ikan, sudah tersedia di laut dalam jumlah yang tidak terbatas. Wisatawan tidak jarang membawa alat pancing. Berburu ikan saat liburan memang menyenangkan, apalagi bisa duduk-duduk di atas batu karang. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa memancing bersama para nelayan karena penduduk setempat sangat ramah di sana.

5. Mengambil gambar

Pantai Muncar menawarkan spot foto dengan background yang memukau. Keindahan alam yang bisa ditemukan dari laut hingga pasir menjadi salah satu spot foto favorit. Pesona bukit hijau ini mampu memikat semua mata. Memotret momen liburan memang menjadi kegiatan yang wajib Anda coba karena pantainya yang masih sangat alami.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar memiliki sejumlah fasilitas yang minim karena wisata indah ini belum banyak diketahui orang. Parkir yang diperlukan untuk tempat meletakkan kendaraan roda dua dan empat dapat ditemukan untuk setiap wisatawan. Selain itu, tidak jauh dari tempat parkir, terdapat ruang informasi wisata yang bersebelahan dengan loket penjualan tiket.

Tempat pelelangan ikan berjejer di area pantai. Bahkan masih terlihat tempat untuk berburu kenangan. Restoran yang menyajikan aneka seafood tentunya mendukung fasilitas yang selalu menjadi incaran pelanggan. Setiap ruang makan dilengkapi dengan meja, lampu, dan kursi yang nyaman.

Pantai yang indah ini juga menawarkan mushola yang cocok untuk beribadah karena tempatnya yang cukup luas dan bersih. Tak hanya itu, kawasan tersebut tentunya sudah menyiapkan kamar mandi untuk setiap traveler. Kemudian gazebo berusaha untuk melengkapi pantai dan menghadap ke laut, namun di pantai tidak ada persewaan permainan air seperti jet ski.

Pantai Muncar di Gunung Kidul sangat ideal untuk bersantai. Keindahan laut yang memiliki nuansa biru dan menabrak bebatuan pasti akan membuat Anda betah. Para tamu bisa bermain sesuka hati karena area pasirnya yang begitu lembut. Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah atau berburu spot foto keluarga sambil menikmati wisata.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button