Pantai Pero, tempat terbaik menikmati keindahan sunset di Sumba Barat Daya - WisataHits
wisatahits

Pantai Pero, tempat terbaik menikmati keindahan sunset di Sumba Barat Daya

Pantai Pero, tempat terbaik menikmati keindahan sunset di Sumba Barat Daya

Pantai Pero merupakan destinasi terkenal di Pulau Sumba dengan keindahan alamnya dan selalu asri. Tertarik dengan pesonanya?

Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pero Batang, Kec. Kodi, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Indonesia memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang indah, salah satunya di Pulau Sumba, sebelah timur Nusa Tenggara. Meskipun Pulau Sumba tidak memiliki wilayah yang luas seperti Bali, namun tempat wisatanya tidak kalah indahnya dengan daerah lain di Indonesia. Salah satu wisata pantai yang menawarkan pemandangan indah adalah Pantai Pero.

Pantai ini terkenal dengan pesonanya yang indah dan alamnya yang masih alami. Memang pantai ini tidak sepopuler pantai lainnya di Sumba, seperti Pantai Puru Kambera, Pantai Walakiri dan Tarimbang. Namun pantai ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yaitu sunset dan deburan ombaknya.

Karena ombak di pantai ini cukup besar dan memanjang, maka sering dijadikan spot surfing. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang gemar berselancar memilih untuk datang ke pantai ini. Lokasi pantai ini juga dekat dengan desa adat Rotenggaro. Lantas, apa saja daya tarik surga tersembunyi di Pulau Sumba ini?

Promo Hotel Sumba Barat

Tawaran atraksi Pantai Pero

Atraksi Pantai PeroFoto: Google Maps/Jeanny Haliman

Pulau Sumba memang terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Ada banyak surga tersembunyi yang belum banyak dijamah manusia dan masih terjaga keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Pero yang bisa menjadi destinasi wisata unggulan. Terutama bagi mereka yang ingin mencari ketenangan. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

✦ Pemandangan indah

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih halus berpadu dengan air jernih, serta pemandangan alam yang indah dikelilingi bebatuan menciptakan pemandangan yang sempurna. Selain pemandangan alam, wisatawan juga bisa menjelajahi kawasan sekitar pantai dan menemukan banyak rumah tradisional Sumba yang cantik.

Selain itu, yang menjadi ciri khas Pantai Pero adalah ombaknya yang besar. Di pantai ini Anda juga akan menemukan fenomena pukulan air, yaitu fenomena semburan air laut ke atas yang disebabkan oleh ombak yang menghantam bebatuan dengan keras. Fenomena unik ini sering diabadikan oleh wisatawan.

Namun, wisatawan disarankan untuk berhati-hati saat menggunakan kamera untuk mengabadikan fenomena tersebut. pukulan air. Hal ini karena kamera dapat terkena cipratan air. Fenomena pukulan air Itu bisa muncul kapan saja tanpa bisa diprediksi.

✦ Keindahan matahari terbenam

Pantai ini juga dijadikan tempat favorit untuk menonton matahari terbenam keemasan si Cantik. Saat senja, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini untuk menikmati momen matahari terbenam. Akan ada banyak aktivitas wisata di pantai yang bisa dinikmati matahari terbenam.

Menikmati indahnya pemandangan yang tersaji saat menyaksikan perahu nelayan di pelabuhan sebelah dengan bebatuan besar berpadu dengan hembusan angin akan menciptakan kepuasan tersendiri. Memang waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah sore hari.

Adventure Trip Pulau Sumba 5 Hari 4 Malam

✦ Keindahan bebatuan dan ombak

Selain keindahan lautnya yang biru, Pantai Pero juga memiliki keindahan lain berupa deretan bebatuan yang mengelilinginya yang menambah keindahan pantai ini. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar, sehingga wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang di kawasan pantai ini.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai PeroFoto: Google Maps/Selasa Wu

Jika Anda berkunjung ke Sumba, Anda tidak akan menemukan kemacetan seperti yang bisa ditemui di kota-kota besar lainnya. Apalagi bagi siapa saja yang ingin ke Pantai Pero tidak perlu khawatir macet. Pantai ini terletak di desa Pero Kodi, Kec. Kodi, Kab. Sumba Barat Daya, NTT. Akses menuju tempat ini cukup mudah untuk dilalui.

Jika Anda berjalan kaki dari bandara Tambaloka, Anda akan menempuh jarak sekitar 40 km untuk sampai ke pantai ini dan sekitar setengah jam. Karena kawasannya cukup sepi, maka akan bebas macet dan lebih cepat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Perjalanan menuju pantai ini diakhiri dengan jalan beraspal yang cukup sempit. Sesampainya di pantai ini, wisatawan akan disambut oleh menara/viewpoint. Jarak antara pos pengamatan dan pantai cukup dekat. Anda hanya perlu melintasi padang rumput yang cukup luas yang seolah menjadi pembatas antara daratan dan lautan.

Tiket Trans Studio Mini Kupang

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Untuk bisa menikmati pemandangan indah yang ditawarkan pantai ini, wisatawan harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp 15.000 per orang. Tarif ini berlaku selama seminggu dan pada hari libur nasional. Tarif yang diterapkan juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Disarankan untuk menghubungi pusat panggilan terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik. Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di pantai ini tidak perlu khawatir karena pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Dengan demikian, wisatawan bisa leluasa datang kapan saja.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Kegiatan menyenangkan di Pantai PeroFoto: Google Maps/Stephen Wedu21

Meski pantai ini tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Mulailah dengan olahraga berselancarnikmati keindahannya matahari terbenam dari pantai, mencicipi olahan ikan hasil tangkapan para nelayan, atau sekedar bersantai di pantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

1. Berselancar

Ombak di Pantai Pero dikenal cukup besar dan memanjang. Ini adalah tempat yang sangat cocok untuk berolahraga berselancar. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk menyalurkan hobi-dia. Ombak yang cukup besar di pantai ini benar-benar dapat menguji adrenalin Anda.

2. Menikmati keindahan sunset di Pantai Pero

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini adalah menyaksikan keindahannya matahari terbenam. Pantai Pero menjadi pilihan banyak orang di sore hari untuk menikmati sunset. Di sore hari, pantai eksotis ini akan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah. Hingga malam hari, masih ada animasi nelayan mencari ikan.

3. Bersantai di tepi pantai

Suasana asri dan menenangkan di sekitar Pantai Pero menjadi tempat yang tepat untuk bersantai. Hamparan pasir putih dan birunya air laut sangat cocok untuk bersantai, berjemur atau sekedar duduk santai sambil menikmati pemandangan yang indah. Namun, wisatawan tidak diperbolehkan berenang karena ombaknya yang besar.

4. Manfaatkan hasil tangkapan laut

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini adalah wisatawan bisa langsung menikmati ikan hasil tangkapan para nelayan. Ada beberapa warung makan yang menawarkan menu olahan seafood yang disajikan dengan cara yang berbeda dan dengan harga yang cukup terjangkau. Produk utama dari pantai ini adalah gurita dan cumi-cumi.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas pantai di PeruFoto: Google Maps/Ziazu Nikki

Bisa dibilang fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup minim. Ada beberapa fasilitas umum yang disediakan pihak pengelola pantai untuk dinikmati wisatawan yaitu toilet, warung makan dan tempat penginapan. Turis bisa menyewa homestay jika Anda ingin menghabiskan banyak waktu di pantai ini.

Pantai Pero merupakan salah satu surga tersembunyi Pulau Sumba yang wajib dikunjungi. Pemandangan indah dan asri yang masih terjaga cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sana, mulai dari bermalas-malasan hingga berselancar, lalu lalang matahari terbenamuntuk mencicipi olahan ikan laut secara langsung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button