Pantai Pererenan, pantai indah dengan ikon patung gajah di Badung Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Pererenan, pantai indah dengan ikon patung gajah di Badung Bali

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pererenan, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang besar dengan konsep yang berbeda. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata yang tergolong kekinian, semua dapat ditemukan di pulau Bali. Wisata alam di Bali yang paling populer adalah deretan pantai indahnya, termasuk Pantai Pererenan.

Nama pantai mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian besar wisatawan. Berbeda dengan Pantai Sanur dan Pantai Kuta yang sudah lama populer dan selalu menjadi tujuan utama para wisatawan ketika menginjakkan kaki di Bali. Meski belum banyak diketahui, pesona pantai cantik ini tak kalah cantik.

Bahkan, wisatawan yang menyukai perjalanan ke pantai yang masih tenang dan sedikit tersentuh tangan manusia, inilah pantai yang direkomendasikan. Biasanya pantai yang tenang dan masih perawan sulit diakses karena berada di daerah terpencil, namun pantai ini mudah diakses.

Daya Tarik Pantai Pererenan

Objek Wisata Pantai PererenanKredit gambar: Twitter Arin

1. Memiliki icon berupa patung untuk memudahkan wisatawan mengingatnya

Nama pantainya sulit diingat dan belum populer di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, pengelola mendirikan patung yang disebut Gajah Mina sebagai ikon pantai Pererenan. Patung itu dibangun di atas balok batu. Patung inilah yang kemudian memudahkan wisatawan untuk menuju ke sana.

Tinggi patung Mina Gajah adalah 12 meter dengan patung Dewa Baruna menunggangi gajah. Dewa Baruna sendiri menjadi simbol penguasa lautan. Patung tersebut menjadi icon pantai sehingga memudahkan wisatawan untuk mengingat dimana letak pantai tersebut.

2. Sering digunakan untuk menyelenggarakan prosesi keagamaan

Pantai perawan ini merupakan salah satu pantai yang sering digunakan untuk menyelenggarakan prosesi keagamaan. Biasanya prosesi keagamaan dilakukan oleh masyarakat setempat. Wisatawan yang datang dari luar Bali tentunya akan sangat terhibur dengan melihat prosesi religi yang belum pernah dilihat secara langsung.

Sambil menyaksikan prosesi keagamaan yang digelar di kawasan pantai, wisatawan bisa menikmati keindahan pesona alam yang menjadi latarnya. Saat prosesi keagamaan sedang berlangsung, wisatawan disarankan untuk tetap tenang agar prosesi berjalan lancar dan tanpa gangguan.

3. Air lautnya jernih dan dihiasi bebatuan karang yang indah

Daya tarik lain dari Pantai Pererenan adalah air lautnya yang begitu jernih dengan hiasan karang yang indah. Karena air lautnya yang jernih, bebatuan di permukaan pantai ini sangat jernih. Tak jauh berbeda dengan pantai-pantai populer lainnya di Bali, pesona alamnya tak kalah memikat.

Dengan kondisi air laut yang jernih dan suasana yang lebih tenang, pantai yang menawarkan pesona alam yang asri ini menjadi pantai favorit bagi sebagian wisatawan. Bahkan, pantai tersebut pernah dikunjungi oleh dua artis cantik ternama Indonesia, Anya Geraldine dan Luna Maya, mereka terpukau dengan keindahan pantainya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai PererenanKredit gambar: InstagramAdri S.

Lokasi pantai ini berjarak sekitar 22 kilometer jika diukur dari lokasi bandara Ngurah Rai dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit. Akses semakin dekat jika perjalanan dimulai dari kota Denpasar yang jaraknya hanya sekitar 14 kilometer.

Keberadaan pantai ini berada di antara dua pantai yaitu Pantai Batu Mejan dan Pantai Echo. Lokasi persisnya berada di desa Pererenan dekat wilayah Canggu. Untuk menuju Pantai Pererenan Badung, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Namun akomodasi yang paling sering digunakan oleh wisatawan adalah kendaraan roda empat pribadi atau menggunakan jasa rental mobil yang juga menjadi supir. Rute yang bisa ditempuh dari Bandara Ngurah Rai adalah melalui Jalan Bandara Ngurah Rai, kemudian ambil rute di Jalan By Pass Ngurah Rai.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan melalui Jalan Raya Kerobokan, Jalan Raya Canggu dan Jalan Sunset Road untuk sampai ke Jalan Sempol. Sesampainya di Jalan Sempol, ambil Jalan Pantai Pererenan menuju lokasi.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai PererenanKredit Gambar: Instagram Jeanne

Untuk menikmati pemandangan alam yang disajikan pantai pasir hitam dengan pemandangan bebatuan ini, wisatawan tidak membutuhkan budget yang besar. Hanya dengan membayar biaya parkir motor Rp 2.000 dan biaya parkir mobil Rp 5.000, wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan alam di pantai.

Wisatawan yang berkunjung tidak diminta sepeser pun untuk tiket masuk. Pantai perawan ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Suasananya tenang dan sunyi, banyak turis mancanegara yang berjemur di sini. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pagi dan sore hari karena matahari tidak terlalu terik.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Pererenan

Aktivitas seru di pantai PererenanKredit Gambar: Instagram SurfKemBali

1. Mainkan selancar

Pantai Pererenan merupakan salah satu kawasan pantai yang sering dijadikan tempat surfing. Ombak di pantai ini cukup tinggi sehingga menjadikannya pantai favorit bagi wisatawan yang gemar berselancar. Bahkan, pantai yang indah ini didominasi oleh wisatawan yang suka berselancar dan ada juga yang menginap di dekat pantai.

Musim kemarau adalah musim yang paling mendorong para peselancar untuk menyalurkan hobinya di pantai. Hal ini didasari oleh kekuatan gelombang laut yang cukup besar di sana.

2. Naik kuda

Karena pantainya yang landai, tak heran jika ada kuda yang bisa ditunggangi wisatawan. Untuk merasakan sensasi menunggang kuda, wisatawan bisa menyewa salah satu dari sekian banyak penyedia menunggang kuda yang ada di pantai.

Tak perlu khawatir, beberapa penyedia jasa berkuda di kawasan Pantai Pererenan termasuk para profesional yang akan menemani para wisatawan saat berkuda sehingga keamanan dan keselamatan para wisatawan dapat terjaga.

3. Bersepeda

Selain menunggang kuda, pantai yang landai ini juga sering digunakan oleh wisatawan sepeda. Luna Maya, salah satu artis Indonesia terkenal yang paling cantik, mengendarai sepeda saat mengunjungi pantai berbatu ini.

Pasir di pantainya berwarna hitam, namun hal ini tidak menyurutkan niat wisatawan untuk melakukan hobi favoritnya. Karena pantainya yang landai, tidak sedikit wisatawan domestik maupun mancanegara yang bersepeda ke sana menyusuri garis pantai.

4. Berjemur

Aktivitas Seru di Pantai PererenanKredit Gambar: Instagram Misha Puppy

Pantai indah ini tidak memiliki banyak payung yang biasa digunakan untuk berteduh atau pohon peneduh, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang memanfaatkan terik matahari untuk berjemur di sana. Terutama turis mancanegara yang ingin memiliki kulit lebih gelap.

Sambil berjemur, wisatawan bisa menikmati angin sepoi-sepoi dan pemandangan gulungan ombak laut dari Pantai Pererenan. Apalagi suasananya tenang dan tidak semrawut pantai-pantai paling populer di Bali yang membuat betah wisatawan.

5. Permainan pasir

Sandplay masih menjadi aktivitas favorit wisatawan anak. Pantai Desa Pererenan cocok untuk banyak kegiatan. Selama kegiatan bermain pasir tidak dilakukan pada saat ombak sedang besar agar keselamatan anak-anak tetap terjaga.

Anak-anak bisa bermain pasir untuk membangun istana pasir saat berkunjung ke pantai. Yang terpenting adalah orang tua harus mendampingi anaknya saat bermain pasir agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Berburu Foto

Banyak juga wisatawan yang melakukan aktivitas hunting foto saat berkunjung ke Pantai Pererenan. Setiap sudut pantainya begitu indah sehingga bisa dijadikan spot foto dengan background yang eye catching. Spot paling populer ada di depan tulisan merah ‘PERENENAN ASLI’.

Juga di pelataran bawah patung Gajah Mina. Letak patung berada di atas batu besar dan di bawahnya terdapat beberapa anak tangga. Spot patung Gajah Mina inilah yang membedakannya dari pantai-pantai lain di Bali. Hanya pantai ini yang memiliki icon patung Mina Gajah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai PererenanKredit gambar: Instagram PROPERTIA BALI

Saat berencana mengunjungi pantai ini, wisatawan tidak perlu khawatir karena fasilitasnya cukup lengkap dan memadai. Ada beberapa hostel yang dapat ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan menuju lokasi.

Juga, ada beberapa toko yang menjual pakaian seperti celana, kaos, dll. serta warung makan. Wisatawan bisa melepas dahaga dan mengisi perut kosongnya di warung-warung makan.

Ada juga fasilitas persewaan kuda yang bisa digunakan jika wisatawan ingin berkeliling kawasan pantai dan persewaan papan selancar jika wisatawan ingin belajar selancar atau menekuni hobi selancar.

Pantai Pererenan disarankan untuk dikunjungi karena selain memiliki pemandangan alam yang indah, pantai perawan ini juga menyuguhkan suasana yang tenang dan tentram. Wisatawan yang ingin menenangkan pikiran disarankan untuk mengunjungi pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button