Daftar 10 Tempat Wisata Dieng Yang Cocok Untuk Penyembuhan - WisataHits
Jawa Timur

Daftar 10 Tempat Wisata Dieng Yang Cocok Untuk Penyembuhan

TEMPO.CO, jakarta – Dieng adalah kawasan wisata di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Dieng untuk menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk. Nah, bagi yang ingin ke sana, perlu tahu tempat wisata di Dieng mana yang menarik untuk dikunjungi.

Ketinggian Dieng tentu saja menjadi faktor utama mengapa wisatawan tertarik untuk berkunjung ke kawasan tersebut. Wilayah Dieng termasuk dalam dataran tinggi dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (MDPL). Karena itulah Dieng sering disebut negeri di atas awan.

Tempat Wisata Dieng untuk Liburan

Tempat Dieng tentunya sangat cocok sebagai tujuan wisata untuk mengisi waktu liburan atau sekedar untuk menyembuhkan diri. Di bawah ini adalah rekomendasi tempat wisata di Dieng untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

1. Kawah Sikidang

Tempat wisata pertama di Dieng adalah Kawah Sikidang. Di Kawah Sikidang, Anda bisa melihat gugusan kawah yang terbuat dari belerang. Nama “Sikidang” berasal dari bahasa Jawa yaitu “Si Kidang” atau dalam bahasa Indonesia yaitu kijang. Asal usul nama Kawah Sikidang adalah karena kawahnya melompat seperti rusa. Jika Anda datang ke sini, jangan lupa untuk menjaga jarak dari kawah agar tidak terkena belerang yang panas.

Lokasi: Buntu Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456

Jam buka: Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tiket masuk: Rp 15.000

2. Bukit Sikunir

Tempat wisata terdekat adalah Bukit Sikunir. Bukit ini terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang keemasan. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang keemasan. Di atas bukit, Anda bisa melihat lima gunung yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Selain itu, bukit ini juga menawarkan pemandangan hamparan mendung yang sangat indah. Jalur pendakian ini tidak terlalu jauh sehingga cocok untuk pemula.

Lokasi: Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Jam buka: Buka setiap hari dari pukul 2 pagi hingga 6 sore

Tiket masuk: Rp 10.000

3. Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini memiliki lima bangunan candi yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra. Selain mengunjungi candi, pemandangan di sekitar candi juga sangat mengesankan. Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan hijau luas yang mengelilingi candi. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan festival Galungan yang berlangsung di pura.

Lokasi: Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456

Jam buka: Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tiket masuk: Rp 15.000 – Rp 35.000

4. Gunung Prau

Tempat rekomendasi selanjutnya adalah Gunung Prau. Tempat ini sangat cocok untuk Anda, terutama anak-anak indie yang identik dengan pegunungan, senja dan kopi. Di Gunung Prau, Anda memiliki pemandangan rangkaian lima gunung, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. Gunung Prau juga terkenal dengan keindahan bunga aster. Anda akan melihat ladang bunga aster yang sangat luas di puncak gunung.

Lokasi: Bakulan, Dieng, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Jam buka: Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tiket masuk: Rp 15.000 – Rp 20.000

5. Danau Dringo

Jika Malang memiliki Danau Ranu Kumbolo yang sangat terkenal, maka Dieng memiliki Danau Dringo. Danau Dringo memiliki pemandangan yang sangat alami. Biasanya Anda bisa bermain dengan angsa di sekitar danau. Danau yang memiliki suasana udara sejuk dan menyegarkan ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata anda bersama orang-orang terdekat. Lokasi: Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Buka 24 jam sehari

Tiket masuk: Rp 5.000 – Rp 15.000

6. Danau warna

Seperti namanya, Telaga Varna berbeda dari danau lain dalam warna. Danau ini memiliki kombinasi empat warna yaitu merah, biru, hijau dan kuning. Warna ini berasal dari kadar belerang dan ekosistem alami di sekitar danau. Perbedaan warna menjadi sangat terlihat bila didukung oleh sinar matahari.

Lokasi: Telaga Varna Dieng, Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Jam buka: Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tiket masuk: Rp 15.000

7. Savana Dieng

Jika Anda mencari tempat wisata pemandangan hijau, Anda bisa mengunjungi Padang Savana Dieng. Di sabana ini Anda akan menikmati pemandangan alam yang hijau, sejuk dan alami. Padang sabana ini sangat luas dan karenanya merupakan pilihan yang baik sebagai tempat perkemahan di Dieng.

Lokasi: Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Buka 24 jam sehari

Tiket masuk: Rp 10.000

8. Batu Pemandangan Angin Melolong

Tempat wisata terdekat di Dieng adalah Batu Pandang Angin Ratapan. Tempat ini berada di dataran tinggi. Di tempat ini Anda bisa melihat keindahan alam melalui ketinggian. Anda juga bisa berfoto atau selfie di atas batu karang dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Lokasi: Teater, Jl. Dieng, Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 5.30 sore

Tiket masuk: Rp 10.000

9. Teater Dataran Tinggi Dieng

Teater Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat wisata rekreasi dan pendidikan. Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga agar anak-anak bisa bermain sekaligus belajar sejarah. Anda dapat menonton film dokumenter tentang sejarah Dataran Tinggi Dieng.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Jam buka: Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tiket masuk: Rp 10.000

10. Pemandian Air Panas Toyabira Bitingan

Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di atas, destinasi terakhir yang cocok untuk Anda adalah Pemandian Air Panas Toya Bira Bitingan. Mandi di pemandian air panas bisa menghilangkan rasa lelah dan merilekskan tubuh.

Lokasi: Bitingan, Kepakisan, Dieng, Batang, Jawa Tengah 53456

Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore

Tiket masuk: Rp 5.000 – Rp 10.000

Ini dia daftar 10 tempat wisata di Dieng. Cocok sebagai referensi destinasi liburan Anda. Selamat berlibur!

LALA DITA PANGESU

Baca Juga: Turis Asing, Perhatikan Himbauan Polisi Ini Sebelum Ke Kawasan Dieng

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button