7 kuliner malam khas pasat sekaten Yogyakarta yang paling dirindukan, apakah kamu punya jajanan favorit? - WisataHits
Yogyakarta

7 kuliner malam khas pasat sekaten Yogyakarta yang paling dirindukan, apakah kamu punya jajanan favorit?

TRIBUNJOGJA.COM – Pasar Malam Sekaten merupakan salah satu acara tahunan yang paling dinanti bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya.

Namun, di penghujung tahun 2019, Kraton Jogja mengumumkan bahwa Pasar Malam Sekaten yang biasanya berlangsung setiap tahun di Alun-alun Utara Yogyakarta, tidak lagi berlangsung.

Sebagaimana dilaporkan Tribunjogja.com Sebelumnya pada Jumat (10 April 2019), Keraton Yogyakarta mengumumkan bahwa Pasar Malam Sekaten di Alun-alun Utara Yogyakarta ditiadakan guna mengembalikan makna asli “Sekaten” dan mencegah kerusakan alun-alun pasca Pasar Malam Sekaten.

GREBEG SYAWAL - Prosesi Grebeg Syawal digelar sebagai bentuk syukur dan peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di kompleks Masjid Gede Kauman Yogyakarta pada Rabu (6/5/2019).GREBEG SYAWAL – Prosesi Grebeg Syawal digelar sebagai bentuk syukur dan peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di kompleks Masjid Gede Kauman Yogyakarta pada Rabu (6/5/2019). (TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy)

Baca Juga: Penjelasan Kenapa Pasar Malam Sekaten Yogyakarta 2022 Tidak Digelar di Alun-alun Utara Keraton

Ternyata pasar malam yang menjadi tujuan wisata ribuan do-it-yourselfers itu bukan bagian dari agenda Sekaten yang sebenarnya, yakni Grebeg.

Gerebek Sekaten dimulai dengan prosesi Miyos Gangsa, dilanjutkan dengan Hajad Dalem Garebeg Mulud dan diakhiri dengan Kondur Gangsa.

Sejak belum ada sejak tahun 2020, bertepatan dengan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, banyak orang yang merindukan pasar malam Sekaten.

Kabar baiknya, tahun ini, September 2022, Pasar Malam Sekaten kembali digelar, meski tidak di Alun-alun Utara Yogyakarta.

dilaporkan Tribunjogja.com Sebelumnya, Pasar Malam Sekaten bertajuk “Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022” akan digelar mulai 16 September hingga 16 Oktober 2022.

Poster pasar rakyat oleh Sekaten JogjaPoster pasar rakyat oleh Sekaten Jogja (TRIBUNJOGJA.COM/Neti Rukmana)

Lokasinya berada di Koperasi Bekas Kampus STIE Yogyakarta atau langsung di Jalan Parangtritis Kilometer 3, Padukuhan Salakan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY.

Salah satu hal yang paling dirindukan orang pasti adalah makanan atau jajanan di Pasar Malam Sekaten.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button