Pantai Buton Katembe, kunjungi pantai eksotis yang diselimuti legenda - WisataHits
wisatahits

Pantai Buton Katembe, kunjungi pantai eksotis yang diselimuti legenda

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Madongka, Kec. Lakudo, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Bagi masyarakat sekitar, nama Pantai Katembe Buton sudah tidak asing lagi. Pasalnya, keindahan suguhan alam yang disajikan pantai ini mampu menarik siapa saja untuk datang dan berkunjung. Keindahan yang disuguhkan pantai ini seakan tiada habisnya jika dibicarakan. Sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berlibur di pantai ini seorang diri.

Ternyata, selain menampilkan pemandangan alam yang memukau, pantai ini juga memiliki beragam cerita yang terjadi di masyarakat setempat. Konon di pantai ini ada seorang ibu yang terjun ke laut meninggalkan beberapa anaknya. Kemudian sang ibu berubah menjadi putri duyung. Sehingga pada bulan-bulan tertentu pantai ini akan sering dikunjungi oleh beberapa putri duyung.

Tak hanya itu, nama pantai ini berasal dari bahasa lokal masyarakat sekitar ‘Katembe’ yang artinya air tawar. Menarik untuk tidak melihat semua hal yang berkaitan dengan pantai ini, mulai dari legenda yang berkembang hingga asal usul penamaan pantai Katembe. Pantai ini juga tidak mau ketinggalan dalam menyuguhkan panorama alamnya yang mampu memikat siapa saja untuk menghabiskan liburan di sini.

Atraksi Pantai Katembe

Aktivitas di Pantai KembbeKredit gambar: Twitter.com @ibolang_malik

Pantai indah ini merupakan destinasi wisata bahari yang terletak di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Buton Tengah. Pantai ini merupakan pantai favorit bagi wisatawan yang ingin melihat keindahannya. Pengunjung datang tidak hanya dari pengunjung daerah Buton tetapi juga dari luar daerah. Berbagai atraksi yang ada di properti menarik pengunjung untuk datang.

1. Pasir dua nada dan air jernih

Pantai Katembe yang eksotis ini memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan pantai lainnya, yaitu pasirnya yang memiliki dua warna. Sekilas warna pasir pantai ini memiliki warna putih seperti pasir pantai biasa. Namun jika diperhatikan lebih seksama, warna pasir di Pantai Buton Tengah berwarna pink, belum lagi air lautnya yang terkenal jernih. Dingin!

2. Keindahan biota bawah laut yang beragam

Bagi wisatawan yang suka snorkeling, Anda tidak boleh melewatkan pantai ini. Karena berbagai biota bawah laut yang begitu indah dan selalu terjaga. Terumbu karang di bawah laut tidak ada yang rusak, semuanya masih terlihat utuh dan terjaga. Belum lagi jika dipadukan dengan air laut yang jernih akan semakin memperjelas pemandangan bawah laut.

3. Adanya sumur legendaris

Sesuai dengan asal usul nama pantai ini yang berarti air tawar. Keberadaan sumur di sini menjadi pendukung asal usul nama pantai ini. Konon, ada sumur tua dengan air tawar, meski lokasinya dekat dengan pantai. Air dari sumur purba ini tidak pernah kering dan terus mengeluarkan air meski musim kemarau telah tiba.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat pantai KembbeKredit gambar: Google Maps (Huda Dee)

Pantai Katembe merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Buton Tengah, tepatnya di Kecamatan Lakudo, Desa Madongka, Sulawesi Tenggara. Pantai ini berjarak 25 km dari pusat Kabupaten Buton Tengah. Akses jalan menuju destinasi wisata alam ini dinilai sudah memadai. Namun, lokasinya yang pedesaan memaksa wisatawan untuk mengambil jalan setapak untuk sampai ke pusat pantai.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi pantai ini sekitar 40 menit jika perjalanan berangkat dari pusat Kabupaten Buton Tengah. Kali ini bisa saja berubah mengingat itinerary para wisatawan yang harus melewati jalur tersebut. Wisatawan akan disuguhi pemandangan rumah khas pedesaan dengan masyarakat yang ramah. Dengan demikian, wisatawan tidak bosan.

Untuk mengunjungi Pantai Katembe dengan sejuta pesona uniknya, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat atau dua. Ada dua jalur yang bisa dilalui wisatawan. Pertama, wisatawan melintasi jalan raya, dan kedua, wisatawan melintasi jalan setapak yang menghubungkan jalan dengan pantai. Wisatawan dapat memulai perjalanan dari pusat Buton Tengah menuju pantai.

Bagi wisatawan yang ingin menginjakkan kaki di keunikan pasir pantai ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Poros Lombe kemudian dilanjutkan ke Jalan Ahmad Yani. Belok kiri ke Jalan Jend. Sudirman dan terus ke Jalan Poros Lakapera-Waara. Kemudian lanjutkan ke Jalan Gersamata dan Jalan Poros Wamengkoli hingga sampai di tujuan yang dituju.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai KatembeKredit gambar: Google Maps (Huda Dee)

Untuk mengunjungi pantai ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek banyak. Dengan harga yang relatif terjangkau, wisatawan sudah bisa menikmati panorama megah yang disuguhkan oleh pantai katembe ini. Sejarah dan asal-usulnya yang menarik dapat dinikmati oleh wisatawan dengan harga masuk yang murah. Jadi tidak ada alasan untuk melewatkan pantai Butong Tengah yang satu ini.

Wisatawan yang tertarik mengunjungi pantai ini bisa menyiapkan dana sebesar Rp 5.000 sebagai tiket masuk. Nominal ini tergolong murah untuk sebuah tiket masuk pantai yang memberikan daya tarik memikat. Tak heran jika pantai ini menjadi destinasi favorit para pecinta traveling. Wisatawan tidak akan menyesal berkunjung ke sini, karena dari segala sisi menawarkan keindahan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kembeb

Aktivitas di Pantai KembbeKredit gambar: Instagram.com @maharaniamaliah

1. Piknik di pantai berpasir yang unik

Warna pasir Pantai Katembe cukup unik, dengan perpaduan warna putih dan pink membuatnya dilirik oleh wisatawan. Pasir pantai ini juga memiliki tekstur yang lembut. Wisatawan bisa piknik atau sekedar bermain dengan anak-anaknya di pasir pantai. Wisatawan juga tidak perlu khawatir bayinya terjatuh, karena pasir pantai yang lembut tidak akan melukai kulit.

2. Snorkeling dengan kehidupan bawah laut yang indah

Pantai yang terletak di Buton Tengah ini juga tak mau ketinggalan menampilkan keindahan biota bawah lautnya. Sebagai surganya para pecinta snorkeling, pantai ini sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat menyelam. Berbagai terumbu karang dengan ikan berenang di atasnya adalah pemandangan yang harus Anda lihat saat snorkeling di pantai ini. Benar-benar tidak bisa dipercaya!

3. Cicipi air dingin dari sumur legendaris

Sumur yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai ini memiliki air tawar, rasanya agak kurang nyaman mengingat letaknya yang dekat dengan pantai. Buktinya, wisatawan bisa mencicipi sendiri air dari sumur ini. Apalagi sumur ini seperti berkah bagi masyarakat setempat, apalagi saat musim kemarau telah tiba masyarakat bisa menikmati air sumur ini.

Penginapan murah di sekitar lokasi

Akomodasi di Pantai Kembbe PantaiKredit gambar: Tiket.com

1. Hotel Hing Amimah

Hotel ini relatif murah, sehingga menjadi favorit para pengunjungnya. Meski harganya murah, namun fasilitas yang diberikan di Hing Amimah Hotel tidak perlu diragukan lagi. Berbagai fasilitas yang tersedia mampu menunjang berbagai aktivitas pengunjung, seperti area parkir, sarapan dan Wi-Fi gratis, kamar ber-AC, resepsionis 24 jam dan penjemputan di bandara.

2. Hotel Pantai Calista

Calista Beach Hotel menawarkan akomodasi bersih dengan dekorasi minimalis. Cocok dijadikan tempat malam bagi wisatawan yang lelah setelah berlibur di pantai Katembe. Fasilitas Calista Beach Hotel juga lengkap dan memadai, seperti Wi-Fi gratis, akses langsung ke pantai, kamar yang dilengkapi AC dan resepsionis 24 jam.

3. Wisma Kahyangan

Hostel ini memiliki desain eksterior dan interior yang memberikan suasana seperti di rumah sendiri. Dengan ukuran kasur yang cukup luas, hostel ini cocok sebagai tempat istirahat. Fasilitas yang tersedia di hostel ini cukup lengkap dan memadai dengan akses internet Wi-Fi gratis, kamar full AC dan layanan full 24 jam. Tertarik untuk menginap disini?

Fasilitas yang tersedia di Kembbe Pantai Beach

Fasilitas di Kembbe Pantai BeachKredit gambar: Google Maps (Xaverius Endro)

Fasilitas yang disediakan pengelola Pantai Katembe dinilai kurang memadai, mengingat lokasi objek wisata ini berada di pedesaan, tepatnya di Desa Madongka. Meski fasilitasnya tergolong kurang memadai, namun pantai ini berhasil menyuguhkan panorama alam yang memukau siapa saja yang melihatnya. Hal ini juga didukung dengan berbagai atraksi yang dimilikinya.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini belum lengkap dan memadai. Hanya ada beberapa fasilitas kecil yang akan menunjang liburan wisatawan, seperti kafe dan toilet. Beberapa kafe sederhana di sini menyajikan kopi nikmat untuk dicicipi sambil mengagumi panorama pantai. Apalagi jika dinikmati pada sore hari dengan pesona sunset yang megah.

Selain kafe, ada fasilitas lain yang tersedia di sekitar pantai ini, yaitu toilet. Tidak banyak toilet di sini, bahkan jumlahnya bisa dihitung dengan satu tangan. Wisatawan bisa menggunakan toilet ini untuk membersihkan tubuh setelah berenang di air asin pantai. Namun, wisatawan terkadang harus mengantri untuk menggunakan fasilitas ini karena jumlahnya yang sedikit.

Itulah beberapa hal menarik tentang Pantai Katembe di Buton Tengah. Meski lokasinya agak jauh dari keramaian karena berada di pedesaan dan fasilitasnya tidak lengkap, pantai ini tak kalah menyuguhkan panorama alam yang lengkap dengan biota laut yang beragam dan legenda sumur purbakala. Harga masuknya yang konon murah juga menjadikannya destinasi favorit.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button