Pantai Parangtritis Bantul - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Parangtritis Bantul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Belum lengkap rasanya berwisata ke Yogyakarta jika belum mampir ke pantai ini. Dengan romantisme yang ditawarkan, destinasi wisata Pantai Parangtritis banyak dikunjungi wisatawan di Bantul. Tak hanya dari dalam negeri, banyak juga pengunjung dari luar negeri. Lalu apa saja atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan di pantai? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Atraksi Pantai Parangtritis

Atraksi Pantai ParangritisKredit Gambar: Instagram Intoro Adja

Kawasan berupa Pantai Parangtritis ini bisa dibilang sebagai destinasi wisata favorit di wilayah Yogyakarta. Bisa juga dilihat bahwa kawasan wisata ini merupakan pantai terluas di wilayah Yogyakarta. Pantai ini juga tidak terlepas dari legenda yang melingkupinya. Namun, legenda tetap membuat destinasi wisata ini terkenal dan disukai masyarakat.

Pasir besi hitam pantai ini juga membuat pemandangan alam kawasan ini semakin terasa. Tidak membosankan untuk melihat laut lepas dari pantai yang indah. Ada juga banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berlibur di pantai ini. Dengan keunggulan tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin ke sana.

Sebut saja kegiatan berupa hunting spot foto hunting aneka makanan enak di kawasan pantai. Di area pantai juga terdapat kolam renang yang khusus diperuntukkan bagi pengunjung yang datang. Selain itu, di sekitar pantai Anda bisa menikmati suasana unik khas negara-negara Timur Tengah. Karena di sekitar pantai terdapat gurun pasir yang unik bernama Gumuk Pasir.

Jalan Menuju Pantai Parangtritis Lokasi

Alamat Pantai ParangritisKredit Gambar: Instagram Natsir Dabey

Untuk menuju kawasan ini, Anda memiliki pilihan antara dua jenis kendaraan. Jenis kendaraan yang dimaksud adalah kendaraan pribadi, roda dua dan roda empat, serta kendaraan umum yang dapat dijumpai di dalam kota. Angkutan umum yang dimaksud disini adalah Trans Jogja serta bus yang melayani pantai dengan pemandangan yang indah ini.

Dengan menggunakan angkutan umum, Anda juga bisa menuju kawasan wisata lain yang berada di kawasan yang sama. Misalnya Pantai Parang Kusumo, Gumuk Pasir, dan juga destinasi wisata yang bernama Rumah Tembi. Contoh rute yang bisa ditempuh dengan angkutan umum adalah terlebih dahulu mulai dari kawasan Malioboro untuk sampai ke terminal Giwangan.

Hanya sesampainya di Terminal Giwangan, Anda bisa berganti kendaraan menggunakan bus untuk menuju tempat wisata populer di kawasan Yogyakarta ini. Jika menggunakan kendaraan umum sebaiknya juga memilih waktu sebelum jam 5 sore, agar bisa mendapatkan bus yang memiliki rute menuju pantai. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa memulai perjalanan dari kawasan Malioboro.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Harga Pantai ParangritisImage Credit: Instagram Wisata Pantai Parangtritis

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, untuk memasuki kawasan pantai Anda juga akan dikenakan tiket terlebih dahulu. Harga tiket masuk kawasan wisata ini juga cukup terjangkau. Dengan nominal yang ada, Anda mendapatkan pemandangan alam yang indah. Agar liburan Anda lebih menyenangkan, Anda bisa merencanakan anggaran yang diperlukan jauh-jauh hari.

Anggaran yang dimaksud meliputi biaya transportasi dari Malioboro, tiket masuk, biaya akomodasi, serta biaya pembelian produk kuliner di kawasan pantai. Jika diperkirakan jumlah yang dibutuhkan juga tidak melebihi 500.000 rupee. Tentu saja, angka ini juga akan tergantung pada jenis akomodasi yang dipilih dan hidangan kuliner yang dibeli. Dana untuk oleh-oleh untuk dibawa pulang juga bisa dihitung terlebih dahulu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis

Aktivitas di Pantai ParangritisImage Credit: Instagram Wisata Pantai Parangtritis

Ada banyak aktivitas menarik dan seru yang bisa kamu coba di Pantai Parangtritis. Dari berburu hingga spot foto yang dikelilingi pemandangan khas pantai laut selatan. Anda juga bisa mencari hidangan lezat khas daerah pesisir di kawasan wisata ini. Sebut saja hidangan lezat berbahan dasar ikan pari, cumi, udang, dan berbagai jenis ikan lainnya.

Anda juga bisa mencicipi sajian di pinggir pantai sambil menyaksikan keindahan panorama alam yang disuguhkannya. Hal lain yang tak kalah seru adalah berolahraga seperti sepak bola di pantai bersama keluarga. Anda juga bisa membuat permainan mitos sejak kecil berupa layang-layang di pantai yang anginnya cukup kencang.

Juga, ketika Anda pergi ke tempat ini, Anda dapat mencoba untuk menyewa ATV untuk bergerak di sekitar pantai. ATV (All Terrain Vehicle) sendiri merupakan jenis kendaraan bermotor yang memiliki roda empat. Dengan wahana ini Anda bisa mengunjungi spot-spot pantai yang memiliki area luas ini. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menaiki kereta atau kuda di kawasan pantai yang selalu ramai pengunjung ini.

Bagi Anda yang menyukai suasana senja, pantai populer ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Karena saat malam tiba, pemandangan sunset yang ditawarkan akan begitu mempesona. Duduk di pasir pantai, Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam. Momen terbenamnya matahari di Pantai Parangtritis juga banyak diabadikan oleh pengunjung yang berkunjung ke sana.

Akomodasi di Kawasan Pantai Parangtritis

Akomodasi di Pantai ParangritisKredit Gambar: Keluarga Host Instagram Kota Jogja

Bagi Anda yang ingin menginap di pantai eksotis ini, ada berbagai homestay yang bisa Anda datangi. Tarif untuk bermalam di tempat ini juga tergolong biasa saja dan juga sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Anda juga dapat memilih jenis penginapan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Di era modern ini juga banyak cara untuk memesan akomodasi jauh-jauh hari.

Cara ini pasti akan memudahkan Anda saat berada di kawasan wisata ini. Cara yang sederhana pun akan membuat proses pemesanan lebih nyaman dan mudah dilakukan. Jika Anda menginap di kawasan wisata ini, tentunya liburan Anda akan terpuaskan. Pemandangan pantai yang langsung menghadap laut Pulau Jawa Selatan tentu menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan.

Selain mencari akomodasi, jika ingin berwisata ke pantai ini selama beberapa hari, Anda juga harus menyiapkan perlengkapan terlebih dahulu. Sebut saja topi pantai, baju ganti, sandal dan lainnya. Dilengkapi dengan peralatan yang lengkap tentunya akan meningkatkan kenyamanan liburan Anda semakin meningkat dan tidak akan terlupakan di kemudian hari.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Parangtritis

Fasilitas Pantai ParangritisKredit gambar: Instagram Yuniar Novitasari

Sejalan dengan popularitasnya, Pantai Parangtritis juga telah menyediakan berbagai fasilitas bagi wisatawan. Dengan fasilitas tersebut, diharapkan pengunjung betah berlama-lama di pantai dengan pemandangan yang eksotis ini. Pembangunan atau perbaikan berbagai fasilitas di pantai dengan panorama perak menawan ini juga gencar dilakukan selama ini.

Contoh jenis fasilitas yang akan Anda temukan di pantai eksotis ini antara lain area parkir, toilet, ruang flushing dan juga mushola. Selain itu, kawasan pantai juga telah dilengkapi dengan pos pengamatan SAR yang dirancang khusus untuk meningkatkan keamanan pengunjung yang berkunjung ke sana. Memang diketahui ombak di kawasan pantai Parangtritis cukup besar karena datang langsung dari laut selatan.

Fasilitas berupa penginapan dan warung makan juga banyak tersebar di pantai ikonik khas Yogyakarta ini. Penduduk kawasan pesisir kota pelajar ini juga terkenal dengan keramahannya yang membuat betah saat berwisata di kawasan tersebut. Dengan fasilitas yang mendukung dipadu dengan keramahan penduduk setempat, tempat wisata ini sayang jika dilewatkan.

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi salah satu pantai di wilayah Yogyakarta. Sebut saja mencari sunset di pantai yang indah dan juga mencoba naik kereta, kuda atau ATV untuk berkeliling pantai. Bagi Anda yang ingin bermalam di lokasi ini juga tersedia banyak homestay. Anda juga akan mendapatkan fasilitas terbaik dengan mengunjungi kawasan wisata favorit ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button