Tiket Ranu Gumbolo Tulungagung dan berbagai pesona - WisataHits
wisatahits

Tiket Ranu Gumbolo Tulungagung dan berbagai pesona

Tiket Ranu Gumbolo Tulungagung dan berbagai pesona

Harga tiket masuk Ranu Gumbolo: Rp 6.000 – Rp 8.000. Jam buka: 06:00 WIB – 17:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66291.

Ranu Gumbolo merupakan wisata danau alami yang terletak di desa Mulyosari Tulungagung. Sekilas namanya mirip dengan jalur pendakian danau Gunung Semeru, yaitu Ranu Kumbolo. Pasalnya, Ranu Gumbolo disebut-sebut memiliki pemandangan yang mirip dengan danau yang terkenal dengan film “5cm”. Pesona air hijau dengan hamparan hutan pinus menjadi sajian utama kawasan wisata ini. Area yang berada di kawasan hutan menambah kesan yang bagus.

Berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Tulungagung, tempat wisata ini menawarkan pesona danau alam yang begitu indah. Ditambah dengan berbagai wahana yang tersedia menambah keseruan. Selain itu, hamparan hutan pinus yang mengelilingi kawasan danau menambah eksotisme kawasan sekitar. Udara segar dan angin sepoi-sepoi membuat tempat ini sempurna untuk menyegarkan pikiran Anda dari rutinitas sehari-hari.

Biaya masuk Ranu Gumbolo

Untuk menuju Ranu Gumbolo, wisatawan harus membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Terdapat perbedaan harga tiket antara weekday dan weekend atau hari libur. Dengan tiket masuk yang sangat murah, wisatawan sudah bisa melihat keindahan alam yang luar biasa.

Tiket masuk Ranu Gumbolo
Tiket masuk untuk hari biasa Rp6.000
Tiket Masuk Weekend/Hari Libur Rp 8.000
Pertanggungan RDI 500
Tempat parkir mobil
Sepeda motor Rp 2.000
Mobil Rp5.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Water Park Jambooland Tulungagung

Jam buka dari Ranu Gumbolo

Jam buka kawasan wisata ini dari pagi hingga sore hari. Disarankan untuk berkunjung saat hari sedang cerah. Karena saat hujan kawasan wisata ini akan licin karena jalannya masih di teras.

Jam buka
Setiap hari 06.00 WIB -17.00 WIB

Pesona Ranu Gumbolo dengan Hutan Pinus

Danau yang indah dengan air yang hijauSudut danau dengan pemandangan hutan pinus. Foto: Gmaps/Husain Qolbi

Saat datang ke tempat ini, wisatawan akan langsung disambut dengan pemandangan air telaga yang berwarna hijau. Deretan perbukitan yang seolah mengelilingi kawasan danau semakin memberikan kesan eksotis. Kehadiran hutan pinus yang mengelilingi kawasan danau memberikan kesan yang menenangkan.

Jika anda berkunjung ke Tulungagung, sayang sekali jika melewatkan tempat wisata yang satu ini. Karena lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota. Danau ini hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Berbagai aktivitas seru tersedia di sini, mulai dari naik perahu dan sepeda air, mengunjungi lokasi dari pos pengamatan, berkemah, memancing, dan masih banyak lagi.

Baca: Tiket Masuk, Wahana dan Aktivitas Pantai Gemah

Berbagai wahana air

Wisatawan dapat berjalan-jalan di sepanjang zona air dengan wahana yang tersedia. Di sekitar danau terdapat persewaan sepeda air. Wisatawan bisa mengendarai sepeda air dan menikmati keindahan kawasan hutan dari perairannya.

Selain sepeda air, ada juga perahu bambu yang siap mengantarkan wisatawan ke tengah danau. Gemericik air dan segarnya suasana di sekitar danau akan mengiringi gerak para wisatawan selama perjalanannya menggunakan perahu.

Baca: Tiket Masuk Pantai Sanggar dan Pemandangan Menakjubkan

Bersantai di hutan pinus

Bersantai di tempat tidur gantung di Ranu GumboloWisatawan bisa menyewa hammock untuk bersantai di Ranu Gumbolo. Foto: Gmaps/Javenese Outdoors.

Salah satu tempat favorit wisatawan adalah hutan pinus. Di sini wisatawan bisa menggelar tikar dan bersantai. Dari sini Anda akan melihat panorama lanskap danau yang indah.

Atau Anda bisa bersantai dan berayun di tempat tidur gantung. Untuk menyewa tempat tidur gantung, Anda hanya perlu menyerahkan KTP dan membayar harga yang terjangkau. Tidak ada batasan waktu untuk penyewaan hammock ini.

Jika Anda datang pada hari kerja, disarankan untuk membawa makanan sendiri dari luar. Karena penjual makanan biasanya hanya buka di akhir pekan.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi GUNUNG BUDHEG

Wahana rubah terbang

Jika ingin aktivitas seru dan menantang, wisatawan bisa mencoba wahana flying fox. Rubah terbang di tempat wisata ini memacu adrenalin Anda saat melintasi danau. Sambil bermain, Anda bisa menikmati sensasi seperti terbang dengan pemandangan hijaunya air di bawah.

Sudut pandang

Danau dengan anjungan pandangWisatawan bisa naik ke pos pengamatan untuk melihat pemandangan alam sekitarnya dari ketinggian. Foto: Gmaps/M. Kecik

Untuk mendapatkan view area danau yang lebih luas, wisatawan bisa mendaki ke pos pengamatan. Tempatnya di hutan pinus. Dari atas pos pengamatan, pesona danau yang luar biasa dan kawasan hutan sekitarnya terlihat jelas. Hutan yang mengelilingi kawasan danau sangat hijau dan asri karena merupakan hutan lindung dan penghijauan dilakukan secara intensif.

Di atas pos pengamatan, wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang yang indah. Danau yang airnya berwarna hijau berpadu dengan deretan perbukitan di sekitarnya menjadi objek foto yang sangat menarik.

Penangkapan ikan

Bagi para maniak mancing, danau ini bisa menjadi tempat mancing yang asyik. Di perairan danau ini terdapat berbagai spesies ikan berukuran kecil hingga sedang. Memancing ditemani pemandangan yang indah dan udara yang segar tentu menjadi kenikmatan tersendiri.

Berkemah

danau untuk berkemahRanu Gumbolo sangat menarik untuk berkemah karena kawasannya masih sangat asri dan alami. Foto: Gmaps/Dinar Rizky Yuangga

Kawasan wisata Danau Ranu Gumbolo juga sangat menarik untuk dijadikan tempat berkemah. Kawasannya yang masih asri menjadi nilai tambah dimana tempat ini sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Suasana tenang di malam hari dan indahnya pemandangan di pagi hari menjadi andalannya. Di pagi hari, wisatawan bisa melihat waktu matahari terbit. Apalagi pemandangan alam yang masih diselimuti kabut tipis juga menambah pesona dramatis.

Fasilitas Ranu Gumbolo

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup lengkap dan memadai. Disini terdapat tempat parkir, toilet, gazebo, warung makan dan juga mushola.

Lokasi Ranu Gumbolo

Obyek wisata Ranu Gumbolo terletak di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Terletak di sebelah barat Tulungagung dan sekitar 25 km dari pusat kota. Di dekat danau ini juga terdapat obyek wisata menarik lainnya yaitu Waduk Wonorejo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button