Taman Nasional Way Kambas, situs konservasi keanekaragaman hayati yang kaya di Lampung - WisataHits
wisatahits

Taman Nasional Way Kambas, situs konservasi keanekaragaman hayati yang kaya di Lampung

Taman Nasional Way Kambas merupakan kawasan konservasi di Lampung Timur yang kaya akan keanekaragaman hayati termasuk badak, harimau, gajah, tapir dan beruang madu. zona ini siap menjadi tempat edukasi yang menarik.

Harga tiket: Rp 7.000, Jam operasional: 08.00-18.00, Alamat: Jl.Raja Basa Lama, Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Taman Nasional Way Kambas adalah kawasan konservasi yang terletak di dataran rendah Lampung, Sumatera. Tempat ini merupakan tempat berkembang biaknya flora dan fauna di habitat aslinya. Bahkan beberapa hewan langka juga ada di sini. Selain itu, area yang luas berarti taman memiliki banyak tempat menarik.

Taman nasional ini dibangun pada tahun 1936 dan diberi nama Suaka Margasatwa Way Kambas. Namun, seiring berjalannya waktu, nama tersebut mulai berubah hingga mencapai puncaknya pada tahun 1989. Dengan demikian, nama Taman Nasional Way Kambas telah dinyatakan sebagai nama resmi hingga sekarang. Taman di provinsi Sumatera ini memiliki luas yang fantastis.

Di dalamnya terdapat berbagai tempat untuk pelestarian berbagai flora dan fauna. Selain itu, tampilan alamnya juga sangat indah. Dari rawa-rawa, semak belukar hingga hutan lebat yang menambah asri suasana. Berkunjung ke sini pasti tidak akan mengecewakan. Apalagi selain pariwisata, Taman Nasional Way Kambas bisa menjadi tempat yang direkomendasikan untuk pendidikan anak-anak.

Atraksi Taman Nasional Way Kambas

Atraksi Taman Nasional Way KambasKredit gambar: Google Maps Gilang Putra Bintang

1. Terletak di tujuh lingkungan yang berbeda

Daya tarik taman nasional ini memang cukup beragam, salah satunya adalah lokasinya yang mencakup tujuh kecamatan sekaligus. Bagaimana tidak, luasnya bahkan mencapai 1.300 hektar. Sungguh ukuran yang fantastis untuk sebuah taman nasional di Indonesia. Oleh karena itu tidak heran jika tujuh kecamatan dilahap untuk pendirian taman ini.

Di antara tujuh kecamatan tersebut adalah Seputih Surabaya, Rumbia, Sukadana, Purbolinggo dan Maringgai. Meski begitu, lokasinya masih berada di wilayah tengah Lampung. Oleh karena itu, pengunjung pasti akan mendapatkan pengalaman unik jika memutuskan untuk mengikuti wisata ini.

Apalagi Way Kambas juga dipenuhi dengan ekosistem hutan dataran rendah. Anda pasti akan sering melihat rawa-rawa, semak belukar dan pantai di daerah tersebut. Tak heran popularitasnya sebagai tempat wisata melambung hingga ke mancanegara.

2. Tempat Latihan Gajah

Karena lokasinya yang dipenuhi dengan hutan lebat, beberapa hewan sering datang ke daerah pemukiman. Hewan ini juga termasuk gajah yang menghuni hutan taman nasional. Untuk meredakan situasi ini, pengelola Taman Nasional Way Kambas kemudian memutuskan untuk mengadakan pelatihan bagi gajah liar. Jadi, tidak hanya sebagai tempat wisata, Way Kambas juga bisa menjadi tempat edukasi yang cukup menarik.

Di sini gajah akan dijinakkan sesuai prosedur. Kemudian mereka akan diminta untuk melakukan pertunjukan seperti bermain bola, menari, dll. Atraksi gajah di taman nasional ini pasti akan membuat Anda semakin mencintai binatang. Bahkan ada 300 ekor gajah di kawasan konservasi.

3. Suaka Badak Sumatera di Taman Nasional

Seperti kita ketahui, Sumatera memiliki hewan unik yang dinyatakan hampir punah. Apalagi jika bukan badak sumatera. Di Indonesia, populasi badak sumatera telah menurun secara signifikan. Oleh karena itu, hewan ini termasuk dalam jajaran hewan yang dilindungi. Nah, di Taman Nasional Way Kambas kamu bisa melihat dengan jelas bagaimana hewan-hewan ini diawetkan.

Apalagi taman nasional ini merupakan satu-satunya taman yang membiakkan badak sumatera di dunia. Tak heran, berbagai penelitian juga telah dilakukan agar badak sumatera tidak punah dan terus lestari. Oleh karena itu, pengelola taman terkadang akan membatasi jumlah pengunjung untuk tujuan penelitian. Meski begitu, badak tersebut masih tertinggal di lokasi aslinya, yaitu Hutan Way Kambas, Lampung, Sumatera.

4. Surga mamalia di Sumatera

Taman Nasional Way Kambas tidak hanya memiliki konservasi gajah dan badak. Di tempat ini juga terdapat hewan langka lainnya seperti beruang madu, tapir, ayam hutan, rangkong, dll. Bahkan kawasan taman ini juga dikenal kaya akan ketersediaan keanekaragaman hayati yang besar. Tak heran jika flora dan faunanya masih terjaga dengan baik.

Pastinya Anda akan mendapatkan pengalaman terbaik di tempat ini. Bagaimana tidak, sebagai salah satu destinasi wisata alam, Way Kambas memiliki beragam keunikan.

Dari desain tempat, tempat alam berupa hutan dan rawa, padang rumput hijau yang luas dan lain-lain. Sementara di sini, sejauh mata memandang, deretan hewan dan kawanannya akan disajikan kepada Anda.

Alamat dan Rute Menuju Taman Nasional Way Kambas

Alamat TN Way KambasKredit gambar: Google Maps Aulia Sabrina

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, tempat ini berada di Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Bandar Lampung. Dari kota dengan mobil ke Way Jepara, dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk rute ini.

Sedangkan bagi yang ingin memulai perjalanan dari Branti menuju Way Jepara hanya membutuhkan waktu 1,5 jam. Dari Way Jepara lanjutkan perjalanan hingga menemukan Way Kanan yang merupakan pintu masuk Taman Nasional Way Kambas.

Bagi yang ingin menuju Way Kambas menggunakan fasilitas umum bisa naik bus dari terminal Raja Basa. Kemudian turun di Way Jepara dan melanjutkan perjalanan dengan ojek untuk mencapai Way Kanan. Menemukan Taman Way Kambas tidaklah sulit karena lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Tiket Taman Nasional Way KambasKredit gambar: Google Maps Aji Supeno Bagus Syam

Dengan spot yang beragam, taman nasional ini juga memiliki tarif yang cocok bagi pengunjung untuk menikmati spot yang berbeda. Meski begitu, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk masuk ke tempat ini. Cukup menyediakan Rp 7.000 untuk satu orang. Sedangkan bagi yang membawa mobil, biaya parkirnya sekitar Rp 10.000.

Di pintu masuk taman, pengunjung akan menemukan beberapa penjual pisang. Biasanya wisatawan membeli pisang untuk diberikan kepada gajah. Jika Anda tertarik, harga pisang mulai dari Rp 10.000. Taman ini buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00.

Jika Anda mencari lebih jauh, dengan harga tiket yang murah, Anda bisa leluasa menjelajahi kawasan taman nasional ini merupakan hal yang hemat biaya. Agar liburan semakin berkesan. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan satwa yang ada. Hewan-hewan ini tentunya sudah dijinakkan karena telah menjalani pelatihan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Taman Nasional Way Kambas

Aktivitas Taman Nasional Way KambasKredit gambar: Google Maps Afif Afandi

1. Naik Gajah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tempat ini merupakan salah satu tempat untuk menjinakkan dan melatih gajah. Melalui pelestarian yang tetap di habitat aslinya, berbagai gajah akan dilatih untuk melakukan beberapa atraksi. Salah satunya dengan mengajak pengunjung berkeliling kandang gajah.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba aktivitas menunggang gajah di Taman Nasional Way Kambas. Per orang harganya mulai dari Rp 20.000. Dengan tarif ini Anda akan merasa seperti sedang berkendara dengan gajah hingga jarak 100 meter.

2. Saksikan Atraksi Gajah Sumatera Langka

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi taman nasional ini adalah melihat bagaimana gajah melakukan atraksi yang menantang. Bahkan Anda akan takjub bagaimana gajah mampu memahami perintah pawangnya.

Gajah-gajah di kawasan konservasi ini sengaja dilatih agar tidak masuk ke kawasan populasi secara ilegal. Bagian dari pelatihan yang diberikan antara lain pemberian kalung, bermain bola, tarik tambang dan sejenisnya.

3. Perkemahan

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan taman nasional, dapat mendirikan tenda untuk berkemah. Anda tidak perlu khawatir akan diserang binatang buas di dalam hutan, karena pengelola telah menyediakan tempat khusus untuk kegiatan ini. Tentu saja, area perkemahan juga memberlakukan aturan tertentu untuk menjaga ketertiban pengunjung.

Para pecinta alam, flora dan fauna pasti akan sangat senang berada di tempat ini. Saat berkemah, Anda bisa duduk dan menyaksikan berbagai satwa di kawasan konservasi. Tentu saja, jangan lupa membawa perlengkapan berkemah sendiri. Perkemahan ini terletak di Bumi Perkemahan Way Kanan.

4. Berburu foto keren di berbagai lokasi menarik

Selain berinteraksi dengan berbagai hewan, pengunjung juga dapat mencari tempat-tempat menarik untuk berfoto. Dengan lahan seluas ribuan hektar, bukan tidak mungkin banyak yang bisa menjadi latar belakang momen terbaik Anda. Bahkan pengunjung juga bisa berfoto dengan gajah, badak sumatera, dll.

Temukan juga padang rumput yang luas tempat gajah dan kawanannya ditemukan. Jelajahi hutan dan temukan berbagai jenis flora. Dan jangan lupa untuk membawa kamera profesional agar foto Anda juga terlihat bagus.

Fasilitas yang tersedia di Taman Nasional Way Kambas

Way Kambas - Fasilitas Taman NasionalKredit Gambar: Google Maps fa jar

1. Area parkir kendaraan

Menjadi taman dengan lokasi yang cukup luas, Taman Nasional Way Kambas memiliki tempat parkir yang memadai. Dimana kendaraan roda dua dan empat akan aman jika ditempatkan di area parkir. Meski begitu, tentunya tetap ada biaya parkir yang akan dibebankan kepada pengunjung.

2. Stasiun Way Kanan

Bagi yang lelah jalan-jalan dan memutuskan untuk melanjutkan aktivitas keesokan harinya, bisa menginap dulu di Way Kanan Resort. Hostel ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat. Apalagi lokasinya memang dekat dengan Taman Nasional Way Kambas itu sendiri. Untuk fasilitas resort tentunya tidak jauh berbeda dengan hotel pada umumnya.

3. Toko suvenir

Di bagian taman nasional, pengunjung juga akan menemukan toko suvenir atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jadi Anda bisa membeli oleh-oleh di toko tanpa harus mencari waktu yang lama. Setidaknya ada 4 toko suvenir yang bisa Anda kunjungi di taman ini.

4. Toilet umum

Fasilitas yang tidak boleh dilewatkan dan Haris berada di tempat wisata adalah toilet umum. Di Way Kambas sendiri sudah ada kamar mandi yang bisa digunakan pengunjung. Jadi Anda tidak perlu bingung saat ingin buang air kecil.

Berbagai hal di atas tentang Taman Nasional Way Kambas setidaknya memberi tahu Anda bahwa Indonesia juga memiliki tempat terbaik untuk konservasi. Mulai dari atraksi, aktivitas yang bisa dilakukan, fasilitas yang cukup membuat wisatawan asing tertarik untuk berkunjung ke sini. Bagi Anda yang penasaran, kunjungi saja Taman Lampung, Sumatera.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button