Curup Gangsa, pesona air terjun yang indah dan eksotik di Way Kanan - WisataHits
wisatahits

Curup Gangsa, pesona air terjun yang indah dan eksotik di Way Kanan

Curup Gangsa, pesona air terjun yang indah dan eksotik di Way Kanan
Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Way City, Kec. Kasui, Kab. Jalan Kanan Lampung.

Bagi sebagian orang yang membaca nama Curup Gangsa di Way Kanan akan mengira bahwa lokasi tempat wisata cantik ini berada di luar negeri. Namun sebenarnya wisata Curup yang dalam bahasa Sumatera artinya air terjun ini ada di provinsi Lampung.

Keindahan air terjun di Lampung ini memang sangat menakjubkan, apalagi dengan aliran Sungai Way Tangkas yang jernih dan sejuk membuat rata-rata wisatawan langsung cipratan air saat tiba di tempat wisata alam ini. Selain itu, pemandangan air terjun yang dikelilingi bebatuan akan semakin mempercantik tampilannya.

Bahkan alam sekitar air terjun juga sangat rimbun dengan pepohonan yang membuat udara segar dan nyaman. Tak heran jika tempat wisata populer di Lampung yang satu ini sangat direkomendasikan untuk menjadi tempat refreshing bagi Anda yang banyak penat atau penat dari hiruk pikuk kehidupan kota besar.

Daya tarik Gangsa Curp

Obyek wisata Curup GangsaKredit gambar: Google Maps Fajar Hengki Wijaya

1. Pemandangan

Pemandangan menjadi daya tarik tersendiri karena air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini sangat indah. Keindahan ini bisa dilihat dari beberapa bagian air yang jatuh dari ketinggian, kemudian di dasar air terjun di beberapa sisi sungai juga terdapat bebatuan yang bisa digunakan untuk duduk-duduk atau berfoto.

Tidak hanya pemandangan dari Air Terjun Curup Gangsa yang menakjubkan, lingkungan alamnya juga sangat mendukung. Dari banyaknya pepohonan yang memberikan kesan alam hingga banyaknya burung yang hinggap di dahan pohon yang berkicau merdu.

2. Tempat bersantai

Dari penjelasan sebelumnya, kita bisa melihat bahwa kawasan di sekitar air terjun yang indah ini memiliki banyak sekali pepohonan yang rindang. Hal ini membuat udara sekitar sangat nyaman, belum lagi kicauan burung yang akan menenangkan wisatawan.

Maka dari itu, bagi anda yang berada di provinsi Lampung atau sekitarnya, mengunjungi wisata Curug ini akan membuat pikiran anda lebih tenang. Destinasi wisata yang wajib dikunjungi ini bisa dikunjungi oleh segala usia, jadi tidak perlu khawatir jika Anda memiliki anak kecil.

3. Aliran Sungai Way Tangkas yang jernih dan sejuk

Karena berada di tengah hutan yang masih terjaga, tak heran jika air yang mengalir dari Sungai Way Tangkas juga sangat jernih dan segar. Hal itu membuat banyak wisatawan bermain di kolam air terjun Curup Gangsa yang cantik ini.

Meski di beberapa bagian kolam dan aliran sungai terdapat bebatuan yang cukup besar, namun wisatawan tetap bisa bermain air. Memang pihak pengelola sudah menyiapkan kolam renang atau taman bermain air di beberapa bagian Sungai Way Tangkas agar wisatawan tetap bisa menikmati liburannya.

4. Memiliki spot foto yang menarik

Jika berlibur ke tempat wisata alam pasti akan mencari spot foto yang bagus untuk berpose di depan kamera, begitu juga dengan Curup Gangsa yang memiliki banyak sekali spot foto dengan tema alam yang indah. Spot tersebut seperti air terjun, bebatuan, hutan, di aliran air sungai.

Tak hanya itu, di kawasan wisata alam ini juga terdapat beberapa spot foto buatan seperti rumah kayu dengan tangga yang jaraknya cukup dekat dengan tempat parkir kendaraan. Namun, tidak banyak tempat foto buatan karena tempat wisata populer ini mengutamakan keindahan alam.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Tiket Wisata Curup GangsaKredit gambar: Google Maps Cacah Firmansyah

Alamat Curup Gangsa Kabupaten Way Kanan, Kasui, Kota Way, Lampung. Perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju tempat wisata air terjun diperkirakan sekitar 202 km dan akan memakan waktu 4 jam 41 menit dengan mobil melalui tol Kayu Agung.

Perjalanan Anda bisa dimulai di Museum Lampung di Jl. ZA. Pagar Alam ke bundaran kemudian ambil jalan keluar pertama ke Jl. Berkendara melewati Sumatera. Dari jalan ini lurus terus sampai melewati RS Natar Medika, lalu belok kanan masuk Tol Natar.

Dari tol ambil jalan Bakauheni menuju Terbanggi Besar dan jangan keluar tol sampai ketemu exit 140 di tol Terbanggi Besar. Setelah itu belok kanan ke Jl. Lintas Sumatera menuju Tugu Payan Mas kemudian belok kiri tetap di Jl. Lintas Sumatera.

Ikuti Jl Lintas Sumatera sampai pintu masuk Pasar Baradatu lalu belok kiri di perempatan Jl Pramuka dan belok kanan sebelum Masjid AT-TAQWA. Teruskan jalan ini hingga menemukan SDN 1 Bukit Batu dan tak jauh dari situ Anda akan sampai di lokasi Curup Gangsa.

Bagi anda yang ingin mengunjungi air terjun ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir yang akan dikenakan antara Rp2.000 hingga Rp15.000 tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Curup Gangsa

Kegiatan Wisata Curup GangsaKredit gambar: Google Maps Rendy Saputra

1. Mainkan air

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan saat menginjakkan kaki di Curup Gangsa Way Kanan adalah bermain air Sungai Way Tangkas dan air terjunnya. Ada sebuah kolam tempat air terjun jatuh, tempat ini merupakan tempat terbaik untuk bermain air.

Tak jauh dari kolam tempat jatuhnya air terjun, Anda akan menemukan beberapa kolam di antara bebatuan. Anda juga bisa bermain air di sungai Way Tangkas yang kolam dan sungainya memiliki air yang jernih dan sejuk.

2. Ambil gambar

Salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan wisatawan saat tiba di tempat wisata alam indah di Lampung ini adalah mengambil foto sebanyak-banyaknya. Berfoto saat liburan sudah menjadi kewajiban, hal ini bertujuan untuk menciptakan kenangan bersama orang-orang terdekat.

Sesampainya di wisata alam ini, Anda bisa mengeluarkan kamera dan berpose sepuasnya. Karena pemandangan indah mulai dari air terjun, sungai hingga hutan akan sia-sia jika tidak menyempatkan diri untuk berfoto. Oleh karena itu, pastikan kamera yang Anda bawa memiliki memori bebas yang cukup untuk menyimpan foto.

3. Santai

Hutan yang rimbun dan udara segar Curup Gangsa Way Kanan membuat tempat wisata ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk relaksasi dan penyembuhan. Bagi Anda yang memiliki banyak kekhawatiran atau banyak masalah, mengunjungi tempat wisata asal Lampung ini akan membuat Anda merasa lebih baik.

Pasalnya, banyak pepohonan hijau yang akan membuat pandangan Anda lebih rileks dan udara yang segar akan membuat sistem pernapasan Anda lebih teratur. Ditambah lagi, suara angin dan burung yang hinggap di dahan pohon akan membuat pendengaran Anda semakin nyaman.

4. Kamp

Kegiatan menarik terakhir yang bisa Anda lakukan di wisata alam populer ini adalah camping atau bermalam di alam. Bagi Anda yang gemar berkemah, bermalam di air terjun megah ini bisa menjadi pengalaman tersendiri. Pasalnya, saat tidur malam, akan terdengar suara air terjun yang akan menemani hingga pagi hari.

Namun, sebelum melakukan kegiatan berkemah di Curup Gangsa, Anda harus meminta izin kepada petugas dan menginformasikan kepada masyarakat setempat. Tujuannya agar ketika menemui kendala atau masalah, petugas dan warga sekitar dapat membantu Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sarana Wisata Curup GangsaKredit gambar: Google Maps Bang Ijal P7

1. Area parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa Anda temukan saat menginjakkan kaki di tempat wisata alam yang indah ini adalah area parkir kendaraan. Sehingga wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir dan masuk ke lokasi air terjun untuk menikmati liburan.

2. Jalan kaki dari tempat parkir ke area air terjun

Dari tempat parkir wisatawan akan menempuh jalan yang sudah di semen untuk sampai di lokasi air terjun Curup Gangsa Way Kanan. Jalan yang sudah disemen ini juga memiliki banyak anak tangga, sehingga wisatawan harus sedikit bersusah payah untuk melewatinya.

3. Arbors

Sesampainya di lokasi air terjun, wisatawan juga akan menjumpai beberapa gazebo atau tempat duduk. Gazebo bisa digunakan untuk duduk santai hingga menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

Demikian sekilas tentang Curup Gangsa Way Kanan yang terletak di Provinsi Lampung. Tempat wisata alam ini menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda, karena wisatawan yang berkunjung akan menemukan air terjun, sungai, bebatuan yang indah dan hutan yang masih sangat alami.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button