Lokal Creative Festival 2022, Membangun Desa Wisata Pedesaan - WisataHits
wisatahits

Lokal Creative Festival 2022, Membangun Desa Wisata Pedesaan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung terselenggaranya “Festival Kreatif Lokal 2022” yang akan menghadirkan berbagai program dengan tujuan mendukung pengembangan desa wisata di Tanah Air.

“Kita patut bersyukur karena saat ini pariwisata kembali booming, tetapi kita perlu memastikan bahwa pariwisata yang kembali ke Bali lebih berkualitas dan memiliki aspek keberlanjutan.

Jadi kita berdua harus terlibat. Peluncuran ‘Local Creative Festival’ yang merupakan hasil kerjasama Adira dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan meningkatkan kekuatan dan daya tarik desa wisata,”

kata Menparekraf Sandiaga Uno saat peluncuran Local Creative Festival 2022 di Desa Wisata Undisan, Bangli, Bali, Jumat (8/12/2022).

Lokal Creative Festival 2022, Membangun Desa Wisata PedesaanLokal Creative Festival 2022, Kembangkan Desa Wisata Tanah Air, foto: Kemenparekraf

“Festival Kreatif Lokal 2022” merupakan program yang digagas Adira Finance yang berfokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal dan pemberdayaan UMKM di Indonesia khususnya di desa-desa wisata.

Festival kreatif lokal 2022 akan digelar di 5 desa wisata di Jawa dan Bali, yang akan mencakup kegiatan desa wisata kreatif, yaitu pelatihan dan pendampingan untuk UMKM, festival pasar populer dan eksplorasi desa wisata ramah mengemudi.

Keberadaan desa wisata, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga, terbukti mampu mendorong pemulihan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Di tengah pandemi terakhir, tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata meningkat 30%.

“Total 50 desa wisata terbaik terpilih tahun lalu (ADWI 2021) semuanya mengalami peningkatan kunjungan.

Kami ingin semua desa wisata meningkatkan kualitas dan ini menjadi tantangan.

Kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus bekerjasama dengan beberapa pentahelix seperti Adira”,

kata Sandiaga.

“Ke depan, saya berharap program-program strategis ini terus diselenggarakan untuk kebangkitan pariwisata kita”,

kata Menparekraf Sandiaga.

Chief Executive Adira Finance Dewa Made Susila menjelaskan, Local Creative Festival 2022 terdiri dari beberapa kegiatan.

Pertama Desa Wisata Kreatif yang merupakan program pengembangan UKM lokal untuk menciptakan wisata Desa Wisata Ramah Mengemudi yang dapat dijual dan memiliki nilai jual.

Kegiatannya meliputi pendampingan dan peningkatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing lima desa wisata.

Kemudian explore Driving Tourism Village yang merupakan kegiatan penggerak puluhan komunitas otomotif untuk membantu mempromosikan potensi wisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi digital.

“Terakhir ada Festival Pasar Rakyat, sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat agar pasar rakyat di kawasan desa wisata menjadi ruang publik yang kreatif.

Selain itu, ada juga workshop yang membantu para pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan,”

kata Dewa Made Susila.

Program-program tersebut akan berlangsung di 5 desa wisata, yaitu Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat; Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur; dan Desa Carangsari, Kabupaten Badung.

“Terima kasih atas kepercayaan yang telah terjalin selama ini.

Program yang kami bangun bersama ini merupakan sebuah konsep yang berawal dari keinginan besar untuk membantu perekonomian Indonesia, salah satunya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya segmen UMKM.

kata Direktur Keuangan Adira Dewa Made Susila.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button