Pantai Nglambor, wisata pantai yang menawan di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Nglambor, wisata pantai yang menawan di Gunung Kidul Jogja

Pantai Nglambor salah satu pantai eksotis Gunung Kidul, Jogja yang menampilkan panorama alam yang menakjubkan. Pantai ini cocok untuk aktivitas berenang dan snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 06.30-17.00 WIB, Alamat: Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gunung Kidul. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, laut di sini memiliki karakteristik ombak yang kuat.

Salah satu kekuatan pantai ini adalah kekuatan alam bawah laut yang luar biasa. Di sini, laut adalah rumah bagi berbagai jenis biota laut yang bisa dinikmati sambil snorkeling.

Tidak hanya pesona bawah lautnya, Pantai Nglambor memiliki daya pikat yang bersumber dari pemandangan alam di sekitar pantai. Gugusan pegunungan karang, laut biru yang dangkal dan dalam serta pulau-pulau karang yang berdiri gagah di lepas pantai mampu menghadirkan kesan eksotisme yang sangat kental.

Tempat Wisata Pantai Nglambor di Jogja

Tempat Wisata Pantai Nglambor di JogjaKredit gambar: Twitter Rismariyanto

1. Pesona Bawah Air

Pantai ini memiliki keunggulan kehidupan bawah laut yang menawan. Laut di sini adalah rumah bagi ribuan biota laut dan terumbu karang yang tertata apik. Berbagai jenis ikan dapat ditemukan di sini, serta gugusan karang berwarna berbeda.

Tak salah jika snorkeling menjadi aktivitas wajib selama perjalanan. Wisatawan akan diajak menikmati biota laut ditemani ikan-ikan yang aktif berenang di sekitarnya. Air lautnya juga dalam kondisi sangat jernih.

2. Pemandangan alam yang menakjubkan

Gugusan tebing karang menghiasi Pantai Nglambor. Di sana tumbuh berbagai jenis tanaman hijau yang enak dipandang. Pasir pantai yang sedikit kasar karena berasal dari sisa biota laut adalah keunikan yang bisa ditemukan di pantai ini.

Jika dalam kondisi cerah, langit akan berwarna kebiruan dengan hiasan awan tipis. Cuaca cerah membantu wisatawan melihat kehidupan bawah laut dengan lebih mudah.

3. Tidak ada sinyal

Saat akan berlibur ke pantai ini, wisatawan harus bersiap-siap untuk kabur dari dunia maya. Daerah pesisir adalah daerah sinyal yang buruk di mana sinyal mungkin tidak ada.

Sangat cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan dari hiruk pikuk pekerjaan dan media sosial yang seringkali menguras pikiran. Anda akan menemukan kedamaian ketika Anda dapat melarikan diri dari internet yang sibuk dan menikmati keindahan yang terbentang di depan mata Anda.

Di sisi lain, Anda harus bersabar untuk mengunggah foto saat ini. Anda harus menunggu sampai Anda keluar dari area tersebut.

4. Dua kura-kura raksasa

Pantai Nglambor adalah salah satu tujuan yang paling cocok untuk snorkeling. Namun, kawasan laut pantai ini merupakan bagian dari Samudera Hindia yang memiliki karakter ombak yang kuat. Jadi mungkin ada kekhawatiran bagi wisatawan yang ingin snorkeling.

Kekhawatiran ini agaknya terbantu dengan kehadiran dua kura-kura raksasa di lepas pantai ini. Penyu yang dimaksud adalah dua pulau karang besar yang membantu memecah gelombang laut. Dengan pulau ini, ombak di tempat snorkeling lebih tenang.

Apalagi keindahan kedua pulau karang ini tidak bisa diabaikan. Menjulang dengan bangga di lepas pantai, menentang deburan ombak Samudra Hindia, kedua pulau ini menjadi daya tarik utama untuk dinikmati dalam perjalanan ke pantai yang indah ini.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Nglambor

Jalan Pantai NglamborKredit gambar: Facebook BuzzViral

Wisatawan harus memperhatikan beberapa hal ketika ingin mengunjungi Pantai Ngalambor. Pantai ini tidak memiliki akses transportasi umum, sehingga wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda adalah wisatawan luar kota di Yogyakarta, Anda bisa menyewa kendaraan sebelum menuju pantai.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan roda empat juga tidak bisa mengakses tempat parkir di dekat pantai. Anda hanya dapat memarkir kendaraan Anda di pinggir jalan.

Untuk menuju kawasan pantai Nglambor, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki hingga 1 km atau menggunakan ojek warga sekitar. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua bisa langsung menuju tempat parkir di bawah yang dekat dengan pantai.

Pantai ini berjarak 71 kilometer dari kota Yogyakarta, sehingga membutuhkan waktu 2 jam perjalanan. Perjalanan dimulai dari Yogyakarta, wisatawan harus mengarahkan kendaraannya ke Jalan Wonosari untuk sampai di Piyungan. Dari Piyungan, jalan kaki ke Pemda Wonosari. Lokasi desa Purwodadi tidak jauh dari sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor Jogja

Aktivitas di Pantai NglamborKredit Gambar: Facebook Gunungkidul Online

Pernahkah Anda mendengar pepatah sekali mendayung, dua atau tiga pulau diseberangi? Jika pernah, Anda akan merasakan manifestasi pepatah tersebut saat berkunjung ke Pantai Nglembor. Pantai ini terletak di satu kawasan dengan pantai lain yang hanya membutuhkan tiket masuk untuk menikmati keindahannya.

Wisatawan hanya perlu merogoh kocek 5.000 hingga 10.000 untuk mengunjungi tiga pantai, yaitu pantai Nglambor, Jogan dan Siung. Selain tiket masuk, wisatawan akan dikenakan biaya parkir sebesar lima ribu rupiah untuk kendaraan roda empat dan dua ribu rupiah untuk kendaraan roda dua.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Nglambor

Aktivitas di Pantai NglamborKredit gambar: Beranda Google Maps Chanafi (chan)

1. Snorkeling Menikmati kehidupan bawah laut

Kehidupan bawah laut Gunung Kidul mampu menyuguhkan panorama luar biasa yang sangat menyenangkan untuk dijelajahi. Undang siapa pun untuk menikmatinya dari dekat. Snorkeling merupakan kegiatan yang sangat cocok dilakukan untuk menikmati kehidupan bawah laut.

Pesona kehidupan bawah laut Pantai Nglambor yang merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul ini sayang untuk dilewatkan. Memiliki gugusan terumbu karang yang indah dan berwarna-warni, rumah bagi berbagai jenis ikan yang aktif berenang di sekitar lautan.

Wisatawan yang ingin snorkeling harus memperhatikan cuaca karena pantai ini merupakan bagian dari Laut Selatan yang terkadang memiliki ombak yang cukup tinggi. Pantai eksotis ini juga terletak di zona pasang surut laut, sehingga perlu ditentukan waktu yang tepat untuk snorkeling.

Pemilihan waktu ini dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi laut cocok untuk snorkeling atau tidak. Karena saat laut sedang surut, wisatawan tidak bisa snorkeling. Padahal akan berbahaya bila wisatawan snorkeling saat air laut sedang tinggi.

Bagi wisatawan yang tidak memiliki peralatan snorkeling, Anda bisa menyewanya di area pantai. Biaya untuk satu sewa adalah 50.000 per orang. Jika Anda berencana untuk datang saat musim liburan, ada baiknya konfirmasi terlebih dahulu melalui akun media sosial pengelola pantai.

2. Masakan seafood

Setelah lelah menyelami kehidupan bawah laut, wisatawan bisa mengisi perut dengan makanan laut yang lezat, ikan bakar atau goreng, dan berbagai menu lain yang ditawarkan oleh restoran.

Jika Anda adalah orang yang menyukai tantangan, Anda dapat menangkap dan menyiapkan makanan laut yang Anda inginkan. Jika beruntung wisatawan bisa menemukan lobster, berbagai jenis kerang hingga gurita. Wisatawan akan menemui mereka jika datang di musim yang tepat.

3. Foto bawah air

Keindahan bawah laut dan aktivitas snorkeling Anda akan sayang jika tidak diabadikan. Saat menyelam, Anda semua bisa mengabadikan momen tersebut. Bukankah lebih bagus jika Anda bisa mengambil gambar rumah saat Anda berada di bawah air?

4. Mendaki

Meski garis pantai Nglambor tidak panjang, area di sekitar pantai hanya menunggu untuk Anda jelajahi. Tidak hanya dari pantai, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dan laut dari atas tebing di sekitar pantai.

Menikmati pantai di ketinggian tentu akan sangat menyenangkan. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyeberangi pulau di dekat pantai ini. Untuk menuju ke sana, wisatawan cukup mengikuti jembatan penghubung yang telah direncanakan.

Penginapan murah di sekitar pantai nglambor

Akomodasi di Pantai NglamborKredit gambar: Google Maps m. Zainuddin

1. Hotel Griya Limasan

Hostel ini terletak di Wonosari, Gunung Kidul. Tepatnya di Jl.Amethyst. Fasilitas umum yang tersedia bagi pengunjung antara lain tempat parkir, kafe, restoran, dan Wi-Fi. Hostel ini menawarkan area khusus untuk perokok dan non-perokok.

Setiap kamar memiliki meja, shower, dan televisi. Ada juga fasilitas untuk bisnis, rapat, dan proyektor. Biaya yang harus dikeluarkan per malam untuk menyewa kamar mulai dari Rp 500.000.

2. Hotel Cyka Raya

Terletak di Jalan KRT Judodiningrat, Wonosari, hostel ini menawarkan TV kabel, meja, dan shower di setiap kamar. Fasilitas lain yang tersedia adalah parkir, Wifi, laundry dan antar jemput ke dan dari hostel.

Properti ini memiliki bagian penerima tamu 24 jam dan layanan keamanan. Harga yang dipatok untuk menginap satu malam mulai 300 ribu. Ada beberapa tipe kamar yang tersedia yaitu kamar deluxe, suite dan kamar keluarga.

3. Griya Birowo Syariah

Dengan harga mulai 200.000, pengunjung sudah bisa menginap dengan nyaman di hostel ini. Griya Birowo menyediakan fasilitas berupa meja, shower, TV, dan AC untuk setiap kamar. Hostel ini juga menawarkan akses internet dan parkir bagi pengunjung.

Pengunjung yang merokok dapat melakukan aktivitasnya di area yang disediakan untuk perokok. Sedangkan bagi yang tidak tahan dengan asap rokok, hostel ini juga menawarkan area bebas asap rokok. Bagi Anda yang ingin bermalam bisa datang ke Jl. Baron n° 34.

4. Hotel Anggrek Wonosari

Selain menyediakan fasilitas yang memadai, hotel ini juga menawarkan berbagai alternatif kegiatan olahraga dan rekreasi. Kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain banana boat, voli pantai, memancing, tenis, snorkeling, menyelam, selancar, dan tenis meja.

Fasilitas di setiap kamar meliputi TV kabel, meja, pengering rambut, shower, dan kulkas. Biaya bermalam di hotel ini berkisar 400.000 rupiah. Tamu dapat memilih dari tiga tipe kamar yang tersedia, yaitu Superior Gold, Deluxe Diamond, dan VIP Suite.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nglambor Jogja

Fasilitas Pantai NglamborKredit gambar: Google Maps siska syahidah aulia

Sebagai salah satu destinasi favorit Yogyakarta, pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap. Di sini terdapat toilet, ruang flushing, mushola atau musholla, ruang penyimpanan bagasi dan gazebo. Wisatawan juga tidak perlu khawatir kelaparan karena ada restoran yang menawarkan berbagai menu makanan.

Pantai Nglambor adalah destinasi yang sangat indah. Keindahan ini terpatri dari bawah laut di atas laut, yang membuat kawasan ini sangat cocok untuk berbagai aktivitas pribadi dan keluarga. Fasilitas yang tersedia sudah sangat kondusif untuk kegiatan wisata pengunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button