10 wisata pantai terindah di Manado - WisataHits
wisatahits

10 wisata pantai terindah di Manado

10 wisata pantai terindah di Manado

Ingin liburan di Manado? Simak daftar wisata pantai indah di Manado, Sulawesi Utara. Obyek wisata bahari yang paling indah, panas dan eksotis untuk dijelajahi untuk liburan yang seru dan menyenangkan.

Indonesia ditetapkan sebagai negara yang berbentuk negara kepulauan. Karunia ini melahirkan keanekaragaman hayati sekaligus wisata bahari yang mulai terkenal di berbagai negara lain. Kota Manado dikenal memiliki surga tersembunyi berupa pantai.

Manado merupakan ibu kota Sulawesi Utara yang memiliki wisata pantai paling banyak dikunjungi setelah kota Daeng Makassar. Bagi para traveller, menjelajahi pantai-pantai Manado akan sangat menguntungkan. Pasalnya, Anda akan disuguhkan pesona alam bak surga dunia. Berikut daftar pantai yang dijamin bikin betah.

1. Pantai Malalayang

Pantai MalalayangFoto: Google Maps/Edy Milala

Berada di ujung selatan kota Manado, pantai ini sarat dengan hal-hal menarik yang wajib Anda nikmati. Taman laut yang dilestarikan dengan berbagai jenis terumbu karang dan biota laut menjadi daya tarik wisata air ini. Di luar pesona bawah lautnya, wisata bahari ini juga memiliki pesona pemandangan darat yang tak kalah mempesona.

Kondisinya yang bersih dan asri menjadi nilai tambah bagi Pantai Malalayang. Untuk sampai ke pantai ini, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota Manado. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang beroperasi di kawasan tersebut. Pantai ini selalu dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara setiap harinya.

Jika ingin mengunjungi wisata bahari ini tidak perlu melintasi pulau dan membutuhkan dana ekstra yang tidak sedikit. Lokasinya yang mudah dijangkau dan tanpa biaya masuk menjadikan pantai ini primadona masyarakat setempat. Di sekitar kawasan ini, Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas perairan Manado yang dijamin menggoyang lidah.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

2. Pantai Raja (Apeng Datu)

Pantai Raja (Apeng Datu)Foto: Google Maps/Chries Michael

Pantai Raja Apeng Datu merupakan tempat wisata bahari di Manado yang tidak kalah menarik dari pantai sebelumnya. Tak hanya keindahan bawah lautnya, Anda juga akan disuguhkan pemandangan unik yang terbentuk secara alami. Air laut yang sangat jernih dan pasir pantai yang putih bersih menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Raja Apeng Datu.

Wisata bahari di atasnya sering dijadikan tempat untuk diving dan snorkeling, karena air laut di sini sangat jernih. Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai Raja Apeng Datu, anda dapat menempuh jarak sekitar 10 km dari pusat kota Manado. Saat mengunjungi wisata bahari ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti menyelam, snorkeling, dan berjemur.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pantai Raja Apeng Datu, Kec. Kepulauan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

3. Pantai Istana Raja Muda

Pantai Istana Raja MudaFoto: Google Maps/Fajrin Adhitama

Wisata bahari di kota Manado yang tak kalah menakjubkan adalah pantai Istana Wakil Raja. Sebagai informasi, Pantai Raja Apeng dan Pantai Istana Vice Raja berada di kawasan yang sama dengan Manado Tua. Di sana Anda bisa melihat pemandangan alam dengan kondisi yang masih asri. Di sekitar pantai Anda bisa melihat beberapa perahu berlabuh untuk mengangkut wisatawan.

Snorkeling adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Vice Raja Palace. Selain snorkeling, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner yang dijajakan warga setempat. Di sekitar kawasan tersebut Anda bisa melihat puncak gunung berapi yang terletak di tengah pulau. Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai Viceroy Palace.

Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan adalah menjelajahi alam eksotis, hiking di kawasan dekat pantai, melihat satwa endemik Sulawesi, berjemur di tepi pantai. Menjelang sore, objek wisata bahari ini akan dipenuhi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati sunset.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pantai Istana Wakil Raja, Kec. Kepulauan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

4. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional BunakenFoto: Google Maps/Jotje Karuh

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Taman Nasional Bunaken di Kota Manado. Wisata bahari ini dikaruniai keindahan bawah laut yang tiada duanya. Bunaken sendiri merupakan sebuah pulau yang terletak di muara Teluk Manado. Perlu Anda ketahui bahwa Taman Nasional Bunaken memiliki keanekaragaman hayati laut terbesar di dunia.

Dihuni oleh 90 spesies ikan dan 390 terumbu karang yang tertanam di dasar laut, menjadi daya tarik wisata bahari. Wisata Bunaken umumnya dijadikan sebagai tempat pementasan untuk menyelam. Wisatawan yang ingin menyelam dapat menyewa pakaian dan perlengkapan yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Selain persewaan alat selam, Anda juga bisa menggunakan berbagai fasilitas yang memadai di kawasan ini. Beberapa fasilitas tersebut antara lain kamar kecil, restoran, hotel atau penginapan, tempat souvenir untuk hunting oleh-oleh khas Bunaken. Bagi Anda yang tidak suka menyelam, Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang atau berjemur.

Untuk dapat mengunjungi Taman Nasional Bunaken, Anda harus menyewa kapal untuk mengangkut rombongan dari pelabuhan marina. Sebagai saran, jika ingin lebih hemat, cari rombongan lain atau ikut trip itinerary karena harga sewa dihitung per kapal. Dengan demikian, liburan Anda akan tetap berkesan meski memiliki budget yang kecil.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pantai Liang Bunaken, Kec. Wori, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

5. Pantai Pulisan

Pantai PulisFoto: Google Maps/Bagas Bawana

Seolah memiliki magnet, wisata bahari ini berhasil menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Pasalnya, Pantai Pulisan memiliki hamparan sabana dengan dasar laut yang indah. Di sekitar pantai juga akan terlihat pemandangan bukit-bukit kecil yang semakin menambah eksotisme pantai.

Pantai Pulisan berbeda dengan kegiatan wisata laut lainnya. Karena ada tiga tempat keindahan alam yang wajib dinikmati. Tempatnya diawali dengan pemandangan laut biru jernih, pasir putih dan bebatuan yang menghiasi bibir pantai. Salah satu kekhasan pantai ini adalah adanya gua yang bersentuhan langsung dengan laut.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulisan, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

6. Pantai Lihaga

Pantai LigaFoto: Instagram/Yudhiwidias

Wisata pantai Lihaga merupakan keindahan masyarakat yang memang menjadi andalan pengunjung. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai bernama Lihaga ini ingin menikmati liburannya dengan bermain pasir putih dan air laut yang jernih. Ombaknya yang cenderung tenang memberikan rasa aman bagi wisatawan yang ingin berenang dan snorkeling.

Untuk mengunjungi Pulau Lihaga, ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan. Namun, wisata bahari tidak pernah sepi pengunjung. Begitu memasuki kawasan pulau, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Bahkan, pesonanya disandingkan dengan wisata bahari Maladewa.

Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gangga Satu, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

7. Pantai Ratatotok

Pantai RatatotokFoto: Google Maps/Selalu Ingat

Ratatotok adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Minahasa. Secara geografis letak Pantai Ratatotok tidak jauh dari kota Manado. Meski secara administratif tidak berada di kota Manado, wisata bahari ini tak kalah mengagumkan dengan pantai-pantai lainnya. Bagi Anda yang menyukai fotografi, Anda bisa menyalurkan hobi tersebut untuk mengabadikan setiap titik.

Bukit-bukit yang mengelilingi pantai dengan air laut yang tenang membuat suasana pantai sangat menenangkan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata bahari ini adalah pada sore hari saat matahari kembali bersembunyi. Menjelang malam, suasana eksotik tercipta berkat paduan warna jingga dan keunguan yang menghiasi langit.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pantai Ratatotok, Kec. Ratatotok, Kab. Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

8. Pulau Siladen

Pulau SiladenFoto: Google Maps/Ocha Maosawati

Dianggap sebagai surga tersembunyi, wisata bahari Pulau Siladen memiliki pasir putih yang bersih dengan air laut yang jernih. Kegiatan utama yang menjadi daya tarik Pulau Siladen adalah diving dan snorkeling. Selama kegiatan tersebut, Anda akan menemukan pemandangan biota laut dan berbagai warna dan bentuk terumbu karang.

Di Wisata Wisata Bahari Pulau Siladen ini banyak sekali fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Bagi Anda yang ingin menghabiskan banyak waktu di Pulau Siladen, Anda bisa menginap di beberapa hotel atau hostel yang ada di kawasan tersebut. Padahal, jika ingin menjauh dari hiruk pikuk kota pulau, inilah jawaban terbaiknya.

Harga tiket: Rp50.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Siladen, Kec. Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

9. Pulau Lembeh

Pulau LembehFoto: Instagram/Pasiarkelembehresort

Anda bisa menemukan pesona pantai di 88 titik penyelaman dengan mengunjungi Pulau Lembeh. Wisata bahari ini tidak kalah bagusnya dengan Taman Nasional Bunaken yang sudah disebutkan pada penjelasan sebelumnya. Bagi Anda yang gemar menyelam, snorkeling, dan hunting foto, Pulau Lembeh adalah pilihan yang tepat.

Bagi Anda yang tidak suka menyelam, Anda bisa berenang dan bermain pasir di kawasan tersebut. Tarif masuk ke Pulau Lembeh dipatok sekitar Rp 8 ribu saja. Tempat wisata bahari ini mudah dijangkau. Maka tak heran jika banyak wisatawan luar kota yang hanya ingin menikmati keindahan surga pulau ini.

Harga tiket: Rp25.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Lembeh, Kec. Lembeh Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

10. Pulau Mantehage

Pulau ManthehageFoto: Google Maps/Steven Sumolang

Pemandangan menarik dari sirkuit bahari ini adalah adanya hutan bakau yang mengelilingi pantai. Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pulau Mantehage adalah menyusuri perairan menggunakan perahu. Jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa hewan berupa monyet yang hidup di sekitar pantai.

Untuk menuju wisata ini, Anda perlu menempuh perjalanan laut dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari Kabupaten Kepulauan Bunaken. Meski waktu tempuhnya cukup lama, semua penat perjalanan akan langsung terbayar saat melihat keindahan Pulau Mantehage yang mempesona.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Mantehage, Kec. Kepulauan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Manado tak henti-hentinya menawarkan ragam wisata pantai yang menarik perhatian. Sama seperti daerah lain di Indonesia, Manado memiliki eksotisme pantai yang terkandung dalam wisata baharinya. Bagi anda yang sedang berada di Manado, salah satu pantai yang di ulas ini wajib anda kunjungi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button