Waduk Saguling, pesona wisata danau yang memukau dengan suasana alam dan asri di Bandung - WisataHits
wisatahits

Waduk Saguling, pesona wisata danau yang memukau dengan suasana alam dan asri di Bandung

Waduk Saguling, pesona wisata danau yang memukau dengan suasana alam dan asri di Bandung
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cibaregbeg Pasir Nangka, Kec. Saguling, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Potensi wisata Bandung bisa dibilang salah satu yang terbaik di Indonesia. Kabupaten Jawa Barat memiliki berbagai destinasi wisata, salah satunya Waduk Saguling. Keberadaan nama waduk tidak hanya digunakan sebagai bendungan, tetapi juga sebagai objek wisata alam dengan panorama yang indah.

Mungkin Anda membayangkan fungsi tangki hanya digunakan sebagai penopang utama kebutuhan listrik warga sekitar. Hal ini tidak salah, karena secara umum fungsi tangki sama saja. Namun, ada yang berbeda kali ini: tangki besar dengan bentuk atau kontur yang tidak beraturan ini memiliki banyak fungsi lain.

Fungsi yang disasar antara lain untuk memenuhi kebutuhan air warga sekitar, membantu sektor perikanan, tak ketinggalan pariwisata. Tempat ini memang cocok untuk mengisi liburan mereka yang tidak memiliki budget lebih. Setiap harinya banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Bahkan di hari-hari aktif pun tak pernah sepi pengunjung.

Daya Tarik Waduk Saguling

Daya Tarik Waduk SagulingFoto Rafi Ghani di Google Maps

Waduk Saguling merupakan salah satu waduk yang menahan aliran Sungai Citarum, selain Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata. Banyaknya pengunjung yang datang bukan tanpa alasan, tentunya semua karena daya tarik yang dimilikinya. Lantas apa sebenarnya daya tarik dari objek wisata berbentuk kolam ini? Ini lebih banyak!

✦ Pesona Waduk Sagulung yang Mempesona

Alasan utamanya tentu saja karena pesona alamnya yang indah dan mempesona. Bagi Anda yang beranggapan bahwa tempat wisata ini hanyalah sebuah kolam besar, Anda pasti salah. Waduk ini dibangun di atas lahan seluas lebih dari 5.000 hektar dengan ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Memang tidak seluas Waduk Jatiluhur, namun pesona alamnya tak bisa diabaikan begitu saja.

Bangunan bendungan ini cukup megah dan tentunya kokoh karena mampu menahan derasnya aliran Sungai Citarum. Di sebelah waduk banyak terdapat pepohonan rindang yang seolah memberi keteduhan bagi bendungan ini. Konstruksi bendungan tidak hanya berfungsi sebagai penahan aliran air, tetapi juga digunakan sebagai jembatan penghubung.

Dilihat dari airnya, Waduk Saguling memiliki kejernihan air yang lumayan. Apalagi saat melihat aliran air yang menghantam bendungan, riak yang dihasilkan tampak bening dan putih. Kejernihan airnya semakin sempurna ketika memantulkan bayang-bayang pepohonan di sekitar lokasi. Birunya langit membuat pesona alam ini semakin indah dan sayang untuk dilewatkan.

✦ Suasana indah seperti pegunungan

Meski lokasinya tidak di pegunungan, cuacanya cukup bagus dengan udara segar yang sehat. Hal ini tak lepas dari letaknya yang ketinggiannya mencapai lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Selain itu, rimbunnya pepohonan di sekitar bendungan juga berperan penting dalam menjaga keindahan Waduk Saguling.

Destinasi wisata yang indah kali ini didukung oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Dari kejauhan terlihat jelas gunung-gunung yang menjulang tinggi dengan warna hijau pegunungan. Terkadang warnanya menjadi putih karena kabut yang mengelilinginya. Ini adalah daya tarik lain dan menarik banyak wisatawan.

✦ Fosil gajah purba tidak pernah ditemukan

Daya tarik lain yang membuat pengunjung penasaran adalah penemuan fosil kaki gajah purba. Lokasi penemuannya memang tidak persis di level obyek wisata utama, namun menjadi nilai plus bagi destinasi wisata alam ini. Selain itu, penemuan fosil yang diperkirakan berumur ribuan juta tahun membuat penasaran semua orang.

Fosil yang ditemukan tidak terjadi sebelum Waduk Saguling dibangun atau sesudahnya, namun masih baru. Penduduk setempatlah yang secara tidak sengaja menemukan fosil tersebut. Semuanya berawal ketika seorang lokal bernama Jahidin ingin memancing di waduk. Namun bukannya ikan yang didapat, melainkan benda keras menyerupai batu berbentuk tulang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Waduk SagulingFoto Made Magis di Google Maps

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Bandung memudahkan untuk menemukan destinasi wisata kali ini. Jika berniat berkunjung, arahkan kendaraan ke alamat Cibaregbeg Pasir Nangka, Saguling, Bandung Barat, Jawa Barat. Sayangnya, sejauh ini masih sulit menemukan angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda ke sana. Maka dari itu, gunakanlah kendaraan pribadi atau ojek online yang saat ini marak.

Khusus bagi yang datang ke Waduk Saguling menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan Google Maps sebagai panduan. Tengara utama ketika Anda dekat dengan tempat itu adalah menara yang terlihat seperti cerobong asap. Saat Anda sampai di persimpangan setelah melewati menara, ambil jalan yang mengarah ke waduk.

Dari sana Anda tidak langsung datang ke tempat tersebut, melainkan melewati rumah-rumah penduduk. Jangan khawatir dengan keramahan penduduk Bandung karena mereka dikenal mudah bergaul dengan orang lain. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya ketika masih ragu dengan jurusan yang dipilih.

Harga tiket masuk dan jam buka

Ternyata bukan hanya warga sekitar yang ramah, tapi juga tiket masuknya. Anda bisa langsung menuju lokasi utama tanpa harus membayar biaya retribusi atau gratis. Namun bukan berarti Anda bisa datang tanpa membawa uang karena selalu ada biaya parkir kendaraan. Seperti biasa di tempat wisata pada umumnya hanya dibutuhkan 2000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 rupiah untuk mobil.

Mengenai jam buka, Anda bisa datang kapan saja karena Waduk Saguling buka 24 jam sehari. Namun disarankan untuk datang pada pagi hari karena cuaca cukup sejuk dan asri. Sore hari juga, Anda bisa datang pada jam ini jika perlu.

Pada siang hari tidak disarankan karena kemungkinan lokasi panas. Apalagi, masih minimnya bangunan yang bisa dijadikan tempat berteduh. Hal yang sama berlaku untuk malam hari, yang tidak disarankan karena Anda hampir tidak mendapatkan kecantikan. Di malam hari juga tidak ada pengunjung, sehingga suasananya hampir dipastikan akan tenang.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Waduk SagulingGambar Supriadi di Google Maps

Kurang menarik jika Anda berwisata tanpa harus beraktivitas di sana. Bahkan wajib saat berkunjung ke suatu tempat. Apalagi jika objek wisata kali ini berupa Waduk Saguling, tentunya banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Setiap kegiatan pasti seru dan cocok dilakukan bersama.

1. Menikmati keindahan Danau Saguling dari dekat

Pernahkah Anda hanya melihat foto-foto keindahan destinasi wisata ini? Tidak begitu memuaskan tentunya karena tidak bisa disaksikan secara langsung. Pesona alam tersebut merupakan aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan. Meski terkesan pasif, aktivitas ini bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks dan segar.

Misalnya saat melihat ke kejauhan, dimana mata akan dimanjakan dengan megahnya pegunungan yang menjulang tinggi. Sementara jika menengok sedikit ke atas, langit biru cerah menghiasi mata saat mengunjungi Waduk Saguling. Tidak sampai disitu saja, pemandangan dari pepohonan hijau juga tidak boleh dilewatkan.

2. Latih kesabaran dengan memancing

Bagi yang hobi mancing, silahkan salurkan melalui waduk yang luas ini. Berbagai jenis ikan dapat ditemukan di sini, terutama berupa mujair, mujair dan ikan mas. Anda bisa memancing di pinggir bendungan dengan air yang tidak terlalu dalam dan arusnya lemah. Jangan khawatir tidak ada ikan, karena ikan biasanya menyamping untuk mencari makan.

Karena pengelola tidak menyediakan alat pancing, jadi bisa bawa sendiri dari rumah. Pastikan untuk membawa umpan yang biasanya berupa pelet. Tidak sedikit warga sekitar yang juga mempraktekkan kegiatan ini. Tidak hanya digunakan sebagai hobi, namun sebagian digunakan untuk lauk pauk.

3. Sekitar Danau Waduk Saguling

Aktivitas lain yang cocok dilakukan saat berada di Waduk Saguling adalah jalan-jalan. Kali ini bukan berkeliling waduk, melainkan menggunakan perahu. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sedikit sulit. Meski tidak ada ombak yang menghantam perahu, bisa jadi menakutkan bagi mereka yang baru pertama kali naik perahu.

Perahu yang digunakan milik warga setempat dengan tenaga mesin seperti baling-baling. Menikmati pemandangan alam tempat tersebut dengan menggunakan perahu merupakan pilihan yang tepat. Anda tidak perlu membuang tenaga untuk berjalan kaki, karena luas waduk mencapai lebih dari 5.000 hektar.

Jika beruntung, Anda akan diajak singgah di kawasan Etang des habitants yang tak jauh dari lokasi wisata utama. Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan yang semuanya merupakan ikan air tawar. Bahkan, Anda bisa membeli ikan tersebut jika benar-benar tertarik. Harga bisa langsung nego di tempat.

4. Cari spot foto di bunker Batujajar

Ada sebuah bangunan berbentuk setengah lingkaran dengan atap persegi. Bangunan ini jelas sudah tidak muda lagi mengingat warnanya yang sudah pudar. Bangunan yang dimaksud adalah Bunker Batujajar yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Lokasinya tidak jauh dari Waduk Saguling tepatnya di tepi danau. Bunker tersebut masih berada di zona militer TNI AD. Terkadang juga digunakan untuk latihan menembak oleh mereka. Namun, pengunjung bisa menggunakannya sebagai spot foto satu kali jika tidak ada jadwal latihan.

Tempat ini menjadi incaran sebagian besar wisatawan. Apalagi jika lokasinya berada di pinggir waduk dan dikelilingi berbagai tumbuhan hijau. Namun, jika tidak tertarik, masih banyak spot liar lainnya yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen liburan. Contohnya adalah latar belakang sebuah bendungan yang menjulang tinggi yang berdiri tegak dan kokoh.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan Waduk SagulingGambar Supriadi di Google Maps

Meski hanya berupa bendungan dan tidak ada tiket masuk, bukan berarti Waduk Saguling mengabaikan fasilitas penunjang wisata. Di tempat ini pengunjung menikmati tempat parkir yang luas dengan tarian-tarian tersebut di atas. Mushola juga tersedia bagi Anda yang ingin menunaikan kewajiban sebagai muslim yang baik.

Jangan lupa ada kamar mandi yang bisa digunakan untuk keperluan air. Di sekitar lokasi wisata banyak warung yang menjual berbagai jenis makanan. Tidak hanya makanan berat, tetapi juga makanan ringan dan minuman seperti kopi, teh, dan es krim. Fasilitas lainnya adalah akomodasi yang bisa Anda temukan tidak jauh dari lokasi wisata.

Cukup menarik untuk dibahas Waduk Saguling kali ini dengan pesona alamnya yang luar biasa. Semoga ulasan diatas dapat memberikan gambaran yang lebih luas mengenai destinasi wisata di Indonesia khususnya Bandung Barat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button