Pemkab Magetan antisipasi bencana di tempat wisata - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Magetan antisipasi bencana di tempat wisata

Magetan: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, Jawa Timur melakukan langkah mitigasi antisipasi bencana di tempat wisata. Pencegahan dilakukan melalui sosialisasi dan rapat koordinasi persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Kegiatan koordinasi ini merupakan upaya Pemkab Magetan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung yang akan berwisata ke Kabupaten Magetan,” kata Kepala Disparbud Magetan Joko Trihono membuka rapat koordinasi persiapan Festival Natal Kabupaten Magetan Tahun 2023 dan Baru. Libur Tahun dan Proteksi Sipil di Tempat Wisata Magetan, Kamis 15 Desember 2022.

Dijelaskannya, dinamika liburan Natal dan Tahun Baru 2022 merupakan puncak musim Magetan sebagai destinasi wisata, karena banyak wisatawan datang berlibur pada momen ini sambil menikmati suasana alam Magetan.

Di sisi lain, kondisi alam Magetan yang berada di lereng Gunung Lawu juga merupakan tempat rawan bencana, baik bencana alam maupun non alam seperti kecelakaan lalu lintas di jalur terjal menuju tempat wisata.

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Tentunya kondisi tersebut harus dipersiapkan sedemikian rupa agar semua komponen terkait seperti Disparbud, BPBD, Dishub, Polri dan TNI setempat harus bersinergi agar wisatawan yang datang ke Magetan mendapatkan keamanan dan kenyamanan, serta kesan positif dan positif. kesan menguntungkan.

Mitigasi dilakukan dengan memetakan jalur menuju objek wisata yang rawan longsor, banjir bandang, dan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, seluruh unsur komponen juga menyiapkan personel penanggulangan bencana serta sarana dan prasarana pendukung penanggulangan bencana, seperti perahu karet, alat evakuasi, kendaraan crane, dll.

Disparbud juga meminta wisatawan yang akan berkunjung ke Magetan untuk mengecek kondisi fisik dan administrasi kendaraan yang digunakan agar dapat mengangkut penumpang dengan aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

“Selain itu, agen dan biro perjalanan harus bisa menyeleksi driver yang sudah mengenal karakter medan jalan Magetan. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News medcom.id

(GUA)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button