Pantai Pok Tunggal, pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Pok Tunggal, pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantainya menawan, menarik untuk dijelajahi di Gunungkidul. Pantai berpasir putih yang sangat indah dan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tepous, Kecamatan. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Liburan adalah waktu yang paling dinanti banyak orang. Saat liburan tiba, tempat-tempat wisata akan dipenuhi wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal yang akan berlibur, wisatawan asing juga akan menghabiskan waktu di tempat wisata. Salah satu tempat yang akan dipenuhi wisatawan adalah Pantai Pok Tunggal.

Pantai ini sudah dikenal banyak orang, terutama yang tinggal di kawasan Gunung Kidul. Pantai ini memiliki daya tarik yang kuat sehingga dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, pantai ini selalu menjadi andalan Gunung Kidul.

Tempat wisata ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur. Banyak orang yang merekomendasikan untuk mengunjungi Pantai Pok Tunggal saat berkunjung ke Yogyakarta. Berikut adalah beberapa informasi tentang tempat yang mungkin Anda ketahui.

Atraksi Pantai Pok Tunggal

Atraksi Pantai Pok yang UnikKredit gambar: Twitter backpacker indonesia

1. Kecantikan Alami

Tidak dapat disangkal bahwa pantai ini memiliki keindahan yang bisa membuat orang tersipu malu. Hamparan pasir putih yang luas, angin pantai yang sejuk dan air pantai yang jernih membuat semua orang betah berlama-lama di tempat ini. Oleh karena itu, banyak juga turis asing yang menghabiskan liburannya di sini.

2. Pohon Duras

Nama tempat ini berasal dari sebuah pohon yang terletak di tepi pantai ini. Pohon ini unik sehingga warga sekitar memperhatikan pohon tersebut. Dilarang keras bagi wisatawan yang datang berlibur merusak pohon ini karena merupakan ciri utama Pantai Pok Tunggal.

3. Bersihkan sampah

Pantai ini cukup bersih dibandingkan dengan pantai lainnya. Pengelola dan warga setempat telah menetapkan aturan larangan membuang sampah sembarangan di kawasan wisata. Mereka tak segan-segan memberikan sanksi berat bagi wisatawan yang tidak membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

4. Tiket murah

Jika anda mencari tempat wisata yang murah, disinilah tempatnya. Harga tiket masuk tidak melebihi Rp10.000. Dengan harga segitu, kamu bisa bermain sepuasnya di pantai ini. Fasilitas yang tersedia juga tidak terlalu mahal, sehingga tidak perlu khawatir dengan masalah biaya.

5. Tempat yang bagus untuk melihat matahari terbenam

Saat sore hari tiba, banyak wisatawan memenuhi pilar pantai Gunung Kidul. Suasana dan matahari terbenam yang indah menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Apalagi tempat tersebut bisa dikatakan cukup romantis jika dijadikan sebagai tujuan liburan bersama pasangan.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Pok Tunggal

Alamat Pantai Pok TunggalKredit Gambar: Google Maps Jogja Tourism Indonesia0501

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tepus, salah satu desa di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Berbatasan dengan Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal dan Pantai Siung. Anda bisa menggunakan mobil, sepeda motor atau angkutan umum.

Akses menuju lokasi wisata cukup mudah. Jika Anda datang dari Wonosari, Yogyakarta, Wonogiri, Klaten, Sukoharjo dan Solo, akan lebih mudah untuk menuju tempat wisata tersebut. Bagi Anda yang bukan berasal dari kota-kota tersebut, Anda bisa menggunakan jalur Yogyakarta untuk memudahkan Anda.

Jika Anda memulai dari Yogyakarta, akan memakan waktu 2 jam atau 80 kilometer. Pergilah ke Wonosari dari Yogyakarta. Kemudian berbelok ke selatan menuju tepus. Setelah itu Anda akan menemukan gerbang pengambilan dan pertigaan. Setelah itu belok kiri dan tujuan Anda sudah di depan mata.

Anda juga dapat menggunakan beberapa angkutan umum seperti bus umum atau angkutan umum lainnya. Carilah angkutan umum yang berhenti di Terminal Bus Kota Gunung Kidul. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau kendaraan sewaan lainnya untuk mencapai Pantai Pok Tunggal.

Tiket Masuk Pantai Pok

Harga Tiket Single Pok BeachKredit Gambar: Facebook Pantai Pok Tunggal

Rata-rata tempat wisata alam di Indonesia mematok harga yang cukup murah bagi wisatawan lokal. Hal ini juga berlaku untuk Pantai Pok Tunggal. Biaya masuknya sekitar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk minibus.

Bagi Anda yang ingin berkemah, Anda harus membayar ekstra. Tarif sewa tempat camping berkisar antara Rp5.000 hingga Rp10.000 per tenda per malam. Tenda dan perlengkapan camping lainnya sebaiknya dibawa dari rumah karena tidak ada persewaan perlengkapan tersebut di kawasan wisata ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pok Tunggal

Aktivitas di Pantai Pok TunggalKredit Gambar: Tur dan Perjalanan Harga Wajar Facebook

1. Berenang

Tentunya aktivitas yang pasti bisa dilakukan di pantai ini adalah berenang. Air lautnya sangat bersih dan tidak menggores kulit. Tempat wisata alam ini juga cukup aman digunakan untuk berenang karena memiliki ombak air yang tidak terlalu besar.

2. Bermain pasir

Kegiatan ini sangat digemari oleh sebagian besar anak-anak. Anda juga bisa mencobanya karena kegiatan ini cukup menyenangkan jika dilakukan oleh orang dewasa. Banyak juga wisatawan yang menuliskan nama atau gambar berukuran besar di atas pasir pantai ini karena cukup menarik untuk difoto nantinya.

3. Mendaki

Jika Anda seorang penantang, pilihan Anda adalah yang tepat ketika Anda berlibur di tempat wisata ini. Ada tebing karst yang mengelilingi Pantai Pok Tunggal. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba mendaki tebing ini. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, bawalah peralatannya dari rumah.

Bagi anda yang ingin mendaki tebing ini sangat disarankan untuk ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman dibidang ini. Meski kedengarannya mudah dilakukan, pendakian seperti ini membutuhkan keahlian di bidang ini untuk bisa sukses dalam pendakian. Anda juga dapat meminta bantuan penduduk setempat.

4. Menyelam dan snorkeling

Jika Anda penasaran dengan berbagai biota laut yang hidup di pantai ini, Anda harus mencoba menyelam atau snorkeling. Airnya cukup tenang sehingga memudahkan dalam melakukan aktivitas tersebut. Anda harus membawa peralatan untuk kegiatan ini dari rumah karena tidak ada persewaan peralatan di lokasi ini.

Bagi Anda yang ingin mengabadikan momen di bawah laut, membawa kamera tahan air sangat disarankan. Dengan membawa kamera anti air, Anda bisa snorkeling dengan leluasa sambil memotret keindahan bawah laut pantai yang eksotis ini.

5. Kunjungi Sungai Bawah Tanah

Salah satu keunikan dari objek wisata alam ini adalah adanya sungai bawah tanah. Banyak wisatawan mengunjungi tempat itu karena air bisa menjadi berkah menurut kepercayaan masyarakat setempat. Air dari tempat ini juga menjadi sumber air minum bagi wisatawan dan penduduk lokal.

6. Perkemahan

Tempat wisata alam ini memiliki area camping yang sangat luas. Banyak pengunjung yang bermalam di tempat ini karena ingin mencoba pengalaman bermalam di Pantai Pok Tunggal. Anda harus membawa tenda dan perlengkapan berkemah lainnya dari rumah karena di sekitar wisata ini tidak ada lokasi persewaan perlengkapan berkemah.

7. Ambil gambar

Secara keseluruhan, tempat wisata ini memiliki keindahan yang bisa dibandingkan dengan pantai-pantai di pulau Bali. Waktu terbaik bagi anda yang ingin berfoto di pantai ini adalah pada sore hari atau dini hari. Terdapat sunset dan sunrise pada waktu-waktu tersebut yang semakin menambah nilai keindahan tempat ini.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Pok Tunggal

Akomodasi Perorangan Pantai PokKredit gambar: Google Maps Yoga Hamtaroo

1. Asrama Putra Darma

Tempat ini berada di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di hostel ini mulai Rp 200.000.

Fasilitas yang akan Anda miliki adalah meja, TV, shower, tempat parkir yang luas, dan restoran. Ditambah lagi, tempat ini juga dekat dengan toko suvenir dan toko serba ada. Tempat ini adalah salah satu akomodasi anggaran terbaik di daerah ini.

2. Lengkungan Bambu Indrayanti

Tempat ini berada di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di hostel ini mulai dari Rp 350.000,00.

Fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah shower, TV, area parkir. Layanan kamar 24 jam, restoran, dan lainnya. Desain hostel ini cukup unik karena menggunakan bambu.

3. Homestay Taman Batu

Hostel ini terletak di Jalan Raya Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di lokasi ini mulai Rp 200.000.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti TV, kipas angin, kamar mandi pribadi dan lain-lain. Meski terlihat seperti rumah biasa, hostel ini tetap cukup nyaman jika digunakan untuk bermalam.

4. Homestay Jogo Segoro

Hostel ini bisa Anda temukan di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di lokasi ini mulai Rp 275.000,00.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari beberapa fasilitas umum seperti wi-fi, parkir, layanan kamar dan lain-lain. Tempatnya cukup nyaman dan mendapat review bagus dari sebagian besar pelanggan yang pernah memiliki pengalaman menginap di tempat tersebut.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas di Pantai Pok TunggalKredit gambar: Twitter Kunjungan Labiru

Secara umum fasilitas di pantai ini cukup memuaskan. Meski tidak selengkap, fasilitas yang disediakan berkualitas baik dan bersih. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah

1. Area parkir

Area parkir tempat wisata ini cukup luas. Biaya parkir akan dikenakan jika Anda membawa kendaraan sendiri. Keamanannya juga sangat terjamin, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang dibawa.

2. Kamar mandi

Kamar mandi yang tersedia mirip dengan kamar mandi umum di tempat wisata lainnya. Anda akan dikenakan biaya saat menggunakan fasilitas ini.

3. Katering

Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal yang cukup saat berlibur di tempat ini. Banyak warung makan lokal yang menyajikan makanan murah dan enak, dan tentunya sangat cocok dengan selera orang Indonesia.

4. payung pantai

Payung ini digunakan sebagai tempat berteduh dari terik matahari. Anda juga dapat menyewanya jika Anda kekurangan tempat.

Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan referensi jika ingin liburan pantai di Pok Tunggal. Liburan di tempat wisata memerlukan informasi yang akurat dan lengkap agar dapat merencanakannya dengan benar dan berlangsung sesuai dengan harapan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button