Pantai Slili, nikmati keindahan pantai eksotis yang kaya akan sejarah di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Slili, nikmati keindahan pantai eksotis yang kaya akan sejarah di Gunung Kidul

Pantai Slili, nikmati keindahan pantai eksotis yang kaya akan sejarah di Gunung Kidul
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Krakal, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Bicara destinasi wisata di Jogja tentu tidak ada habisnya. Salah satunya adalah pantai Slili yang sering dijadikan tempat bersantai bersama keluarga tercinta. Banyak alasan mengapa tempat ini cocok untuk berlibur, mulai dari deburan ombak, langit biru, dan ekosistem laut yang menarik.

Dengan pelayanan dan fasilitas bermain yang memadai, kegiatan wisata pantai akan menjadi waktu liburan yang memuaskan. Tentunya setiap pantai berbeda dengan pantai lainnya. Ini khususnya pada aspek instalasi yang masih sedikit diketahui. Untuk mengetahui lebih jauh tentang pantai indah ini, simak penjelasannya di bawah ini.

➥ Lihat penawaran hotel di Gunung Kidul

Daya Tarik Pantai Slili

Atraksi Pantai SliliFoto Yanuaru di Google Maps

✦ Suasana pantai yang menyenangkan

Hal yang menarik dari pantai jogja ini adalah suasananya yang asri dengan angin sepoi-sepoi. Pemandangannya pun membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Sebab, pemandangan yang disajikan di sana memanjakan para pengunjung saat tiba di sini. Tak heran jika kebanyakan orang kembali untuk menikmati suasana pantai.

✦ Waktu matahari terbit dan terbenam

Tidak hanya suasananya yang nyaman, pantai yang indah ini juga menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. Banyak pengunjung suka mengunjunginya di pagi atau sore hari untuk menyaksikan pemandangan langit yang indah. Plus, pemandangannya didukung oleh ombak yang tenang.

✦ Sejarahnya yang unik

Nama Slili diambil dari bahasa Jawa yaitu Mlili yang berarti tenggelam. Penduduk setempat percaya bahwa ada seorang petani rumput laut yang tidak sengaja menemukan sebuah gua di pinggir pantai. Dia memberi tahu penduduk setempat di mana guanya berada. Jadi penduduk setempat datang dan menggali gua. Akhirnya muncul air mengalir yang diberi nama Pantai Slili.

➥ Jogja Day Trip: Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

✦ Bukit

Salah satu keistimewaan pantai Slili adalah bukitnya yang patut dikunjungi. Bukit indah ini bernama Bukit Kobengan yang berada di pesisir timur. Di puncak bukit ini, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai dari ketinggian. Tentu pemandangan yang disajikan cukup berbeda karena dilihat dari sudut yang berbeda.

✦ Pesta Laut

Kekhasan pantai menawan ini adalah adanya tradisi festival laut setiap tahunnya. Tradisi meriah yang mengasyikkan ini disebut Nyadran atau Sadranan. Kegiatan unik ini diadakan sebagai harapan agar warga sekitar mendapatkan keamanan dan mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Pada umumnya penduduk setempat menawarkan lauk nasi dengan lauk pauk mulai dari lendang hijau hingga menampi, buah dan ayam jago. Mereka kemudian menaiki kapal untuk menuju ke tengah laut, hal ini dilakukan untuk mencuci piring di laut, kegiatan tersebut biasanya dilakukan pada hari Minggu Pahing.

➥ Jeep Offroad: Pantai Parangtritis dan Sand Dune Park

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai SliliFoto oleh Rizky Dastia di Google Maps

Pantai Slili cukup mudah diakses karena jalur yang ditempuh cukup bagus. Alamatnya di Jl.Pantai Krakal, Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja jaraknya hanya sekitar 64,6 km, sehingga membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Kebanyakan pengunjung mengambil jalan dari pusat kota Jogja melalui jalan Imogiri atau Wonosari. Dari Imogiri Barat Anda bisa menuju Jalan Bakulan Imogiri, Jalan Imogiri Siluk, Jalan Siluk Panggang, Jalan Siluk Panggang, Raya Panggang Wonosari dan Jalan Pantai Selatan Jawa. Anda bisa mengikuti rambu-rambu pantai.

Dengan jalur Wonosari, Anda harus menuju ke Alun-alun Wonosari dan Pasar Hargosari. Lalu melewati Jalan Baron, Karangrejek, Mulo, Kemiri, Polsek Tanjungsari, Kemadang dan tempat pembayaran Retribusi Point. Anda akan menemukan pertigaan kemudian belok kiri menuju pertigaan Pantai Kukup. Di pertigaan, belok kanan dan ikuti rambu.

Menikmati keindahan Pantai Slili tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Memang harga tiket masuknya relatif murah, yakni hanya Rp 10.000 per orang. Dengan biaya tersebut Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di pantai. Namun perlu diketahui bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di Pantai SliliFoto oleh Rizky Dastia di Google Maps

1. Menikmati keindahan pantai

Seperti diketahui, Pantai Slili memiliki pasir pantai yang putih bersih sehingga menciptakan pemandangan yang indah. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga siapapun merasa nyaman dan aman di pantai. Dengan cara ini Anda bisa bermain di area tersebut dengan membangun istana pasir atau bermain di air.

Agar kegiatan liburan semakin seru, Anda bisa membawa perbekalan atau oleh-oleh dan menggelar tikar di sekitar pantai. Kegiatan piknik semakin didukung dengan sunset atau sunrise. Apalagi aktivitas seru ini dilakukan sambil menyeruput secangkir kopi atau es krim kelapa muda segar.

2. Makan makanan khas di Pantai Slili

Harap dicatat bahwa pantai yang menarik ini terkenal dengan gazebo pantainya. Sambil bersantai di gazebo, Anda bisa menikmati sajian kuliner bercita rasa unik di pinggir pantai. Sebelumnya, Anda harus menanyakan terlebih dahulu harga menunya agar bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

3. Snorkling

Anda bisa menikmati keindahan pantai laut ini dengan snorkeling. Sayang sekali jika Anda melewatkan kegiatan ini selama kunjungan Anda. Biayanya cukup terjangkau, hanya Rp 50.000. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa melihat pesona terumbu karang dan ikan warna-warni dibantu oleh pemandu yang akan mengarahkan Anda.

4. Berfoto di puncak bukit

Tidak hanya pantainya, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari puncak bukit Pantai Slili. Anda hanya perlu berjalan ke timur pantai. Di sinilah Anda akan disuguhkan pemandangan pantai dari ketinggian. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dengan pemandangan yang indah ini. Tetap waspada saat berada di atas bukit.

5. Perburuan Udang

Pengunjung yang datang ke pantai saat musim kemarau sangat disarankan untuk ikut berburu dan menangkap udang di antara bebatuan. Memang di pantai favorit ini tumbuh rumput laut saat musim kemarau sebagai tempat persembunyian udang, kerang, dan ikan. Masyarakat sekitar dapat memperoleh tambahan rezeki melalui kegiatan ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai SliliFoto Himah Hasbi di Google Maps

Meski masih baru, Pantai Slili menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Memang, pihak pengelola menjadikan destinasi wisata unik ini ramah bagi pengunjung. Untuk menitipkan kendaraan pribadi, tempat parkir dapat digunakan dengan aman dan lokasi yang luas. Tersedia juga mushola untuk melaksanakan kegiatan ibadah.

Spot foto yang tersedia pun sangat bervariasi, mulai dari gardu pandang, pemandangan pasir putih, pantai, hingga biota laut. Tempat makan yang tersedia juga cukup lengkap menawarkan menu makanan dan minuman yang terjangkau. Fasilitas snorkeling juga bisa digunakan untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Wisata alam di Jogja juga dekat dengan berbagai tempat penginapan seperti hotel atau homestay. Fasilitas penginapan juga cukup memadai untuk mendukung kegiatan menginap atau bermalam. Jadi Anda akan dekat dengan pantai Slili sepanjang hari dan bisa mengunjunginya kapan saja.

Dapat disimpulkan bahwa pantai Slili menawarkan fasilitas yang memadai dan beragam aktivitas seru. Anda bisa menikmati liburan pantai yang menyenangkan bersama rombongan keluarga atau teman. Sehingga, kegiatan liburan menjadi momen yang tak terlupakan dan menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button