Dipimpin Genius Umar, Kota Pariaman Raih Penghargaan Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia, UI Green City Metric Rankings 2022 Award - WisataHits
Jawa Barat

Dipimpin Genius Umar, Kota Pariaman Raih Penghargaan Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia, UI Green City Metric Rankings 2022 Award

Dipimpin Genius Umar, Kota Pariaman Raih Penghargaan Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia, UI Green City Metric Rankings 2022 Award

Juni | 21 Juli 2022

Kominfo Kota Pariaman — Dipimpin oleh Walikota Pariaman, Jenius Umar, Kota Pariaman telah meraih banyak penghargaan di tingkat nasional, yang terbaru penghargaan Most Sustainable City in Indonesia, UI Green City Metric Rankings Award 2022, diserahkan secara hybrid pada pengumuman UI Green City Metric Rankings 2022 di University of Indonesia Convention Center , Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis (21.7).

UI (Universitas Indonesia) Green City Metric, merupakan pemeringkatan keberlanjutan kabupaten/kota di Indonesia yang digagas oleh UI Green Metric.

“Alhamdulillah Kota Pariaman telah dinominasikan oleh Universitas Indonesia untuk penghargaan bergengsi terkait pembangunan lingkungan berkelanjutan, yaitu Metrik Kota Hijau UI 2022,” kata Walikota Pariaman Genius Umar saat menerima penghargaan secara online.

Selain itu, Wali Kota Pariaman juga mengatakan telah banyak menyusun pedoman program berkelanjutan, baik di bidang lingkungan hidup maupun pembangunan infrastruktur, yang harus memperhatikan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan, jelasnya.

“Kami menggunakan prinsip-prinsip yang selalu menjaga lingkungan dan program-program yang berkelanjutan sehingga terjaga kelestarian ekosistem lingkungan dan kami gunakan untuk membuat destinasi ekowisata seperti Taman Mangrove Pariaman yang terus peduli bersama masyarakat dan masyarakat, serta penangkaran penyu. , yang menjadi tujuan wisata nasional dan internasional karena Kota Pariaman memiliki visi sebagai kota wisata,” ujarnya.

Lulusan PhD IPB ini juga menjelaskan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kepedulian terhadap isu keberlanjutan, sehingga dapat membantu meningkatkan kesadaran di lingkungan pemerintah dan sekitarnya akan pentingnya isu keberlanjutan.

“UI Green Metric memanfaatkan peran penting institusi pendidikan tinggi untuk meningkatkan kesadaran dengan menilai dan membandingkan sejauh mana upaya masing-masing daerah menuju pembangunan berkelanjutan, dan kami berterima kasih atas penghargaan ini,” katanya.

Kami berharap bersama-sama dapat terus menjaga dan melestarikan lingkungan untuk menegakkan pembangunan berkelanjutan sehingga Kota Pariaman dapat mempertahankan penghargaan ini untuk tahun-tahun mendatang dan Kota Pariaman dapat menjadi kota terbaik di Indonesia, tutupnya.

Pengumuman ini berdasarkan lampiran surat UI Green City Metric No. S-207/UIGM/OTL/04/00/2022, Undangan Acara Pengumuman Rankings UI GreenCity Metric Ranking 2022 dimana Kota Pariaman menerima 6 penghargaan predikat, bersama dengan beberapa kota lain di Indonesia yaitu Kota Parepare, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Padang dan Kota Semarang.

Kategori penghargaan pada ajang ini adalah Indonesia’s Most Sustainable City, Most Sustainable City in Spatial Planning and Infrastructure, Energy and Climate Protection Sector, Waste Management Sector, Water Management Sector, Access and Mobility Sector, dan Public Service Administration, dimana hingga 34 kabupaten /cities berpartisipasi dalam UI Green City Metric Ranking tahun 2022.

Prof.DR.Ir. Riri Fitri Sari MM.MSc, selaku Ketua UI Green Metric, Ir. Togap Simangunsong, M.App.Sc, Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri Bidang Sosial dan Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, dan Dr. Vivi Yulaswati, MSc, Kepala Sekretariat Nasional SDGs, Panel Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Republik Indonesia. (J)

MC Kota Pariaman

Source: pariamankota.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button