Curug Citambur Cianjur, pesona air terjun yang indah dan eksotis - WisataHits
wisatahits

Curug Citambur Cianjur, pesona air terjun yang indah dan eksotis

Harga tiket: Rp 7.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Indonesia terkenal memiliki banyak tempat yang indah, salah satunya adalah tempat wisata alam. Jika Anda berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat, Anda akan menemukan air terjun yang bagus dan indah bernama Curug Citambur.

Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata dan fasilitasnya, berikut informasi lengkap tempat wisata tersebut. Air terjun ini terkenal dengan pemandangan hijaunya yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Mengetahui informasi terutama alamat, rute perjalanan, hingga daya tarik tempat wisata ini penting untuk dilakukan. Sehingga anda tidak kesulitan saat ingin pergi kesana atau mengajak keluarga anda berlibur kesana dan menikmati keindahan tempat wisata tersebut.

Objek wisata air terjun Citambur

Air Terjun CitamburKredit gambar: Google Maps Dadoz Inshaf

1. Pemandangan Air Terjun Tinggi

Air terjun biasanya memiliki ketinggian yang tinggi, memberikan pemandangan khas air yang jatuh dari bebatuan atau tebing. Begitu pula dengan air terjun Citambur ini, memiliki ketinggian yang fantastis sehingga air terjunnya indah untuk dipandang.

Ketinggian air terjun ini mencapai 100 hingga 120 meter, menjadikannya tempat yang tepat untuk bermain air dan menikmati pemandangan. Air terjun ini juga merupakan salah satu air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meter di Indonesia, jadi saya tidak ingin melewatkannya.

2. Pemandangan alam khas Hutan Jawa

Tidak banyak hutan yang Anda temukan di pulau Jawa, namun lain halnya jika Anda mengunjungi tempat wisata ini seorang diri. Anda dapat mengalami dan merasakan bagaimana seharusnya Hutan Jawa ditemukan.

Pemandangan alam di sekitar Curug Citambur masih alami, terlihat dengan hijaunya rerimbunan tanaman dan segarnya udara. Pemandangan di sekitar Air Terjun Citambur juga hijau segar, menjadikannya tempat yang bagus untuk bersantai.

Ketika Anda tiba setelah perjalanan panjang, rasa lelah Anda hanya terbayar oleh pemandangan. Hutan yang asri, udara segar khas pegunungan, serta bentrokan lumut dan tanaman menjadikannya surga tersembunyi.

3. Air jernih

Daya tarik lain yang membuat air terjun ini banyak dikunjungi orang adalah airnya. Air terjunnya berwarna terang dan merupakan sumber mata air asli pegunungan. Anda bisa menggunakannya untuk bermain atau sekedar mencuci tangan dan kaki setelah melakukan perjalanan jauh.

Berbeda dengan suhu air yang ada, air di air terjun ini tidak begitu dingin, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memainkannya. Seperti diketahui, cuaca di sekitar Jawa Barat khususnya Cianjur cukup dingin, namun Anda tidak perlu khawatir karena airnya tidak sedingin suhu yang ada.

4. Debit air yang melimpah

Tempat Wisata di Air Terjun CitamburKredit gambar: Google Maps Jelajahi

Daya tarik lain dari Curug Citambur adalah aliran air yang melimpah dan melimpah, sehingga para wisatawan yang datang bisa bermain air atau sekedar mencuci tangan dan kaki. Bahkan, Anda tetap diperbolehkan mandi dengan air di sana karena bersih dan mudah didapat.

Namun jika ingin berenang, tidak disarankan berenang di bawah air terjun, melainkan di hulu sungai yang ada. Ini karena arusnya cukup kuat, sehingga bisa tiba-tiba menyeret wisatawan ke hulu.

Aliran air yang besar ini tidak hanya terjadi pada musim hujan, tetapi juga pada musim kemarau. Jadi Anda tidak perlu khawatir datang di musim hujan atau di musim kemarau karena debit airnya masih melimpah.

5. Punya spot foto yang menarik

Selain indah karena memiliki pemandangan alam yang indah, pengelola dan masyarakat juga memberikan fasilitas tambahan berupa teras atau spot foto yang menarik untuk digunakan.

Jadi saat Anda berkunjung ke Curug Citambur, Anda tidak hanya akan menikmati pemandangannya saja, tetapi Anda juga bisa mengabadikan beberapa dokumentasi menarik. Anda bisa menemukan spot-spot fotografi di tepi air terjun, sehingga Anda bisa berfoto tanpa khawatir basah.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Citambur

Alamat air terjun CitamburKredit gambar: Google Maps Ridwan Ahmed

Bagi Anda yang penasaran ingin pergi ke Air Terjun Citambur, jangan khawatir, lokasinya bisa dengan mudah ditemukan di peta. Terletak di selatan Cianjur, Anda bisa menuju tempat wisata air terjun Citambur yang ada di desa Karangjaya ini.

Untuk menuju ke tempat wisata ini dengan mudah, ada dua jalur yang bisa digunakan untuk menuju tempat wisata ini antara lain:

1. Via Cianjur

Jalur pertama adalah melalui Cianjur, yang membentang dari pusat kota Cianjur menuju Cilaku. Dari sini Anda akan melewati beberapa kecamatan, terus berjalan hingga tiba di Simpang Sinagar. Dalam 40 menit Anda akan sampai di jalan berbatu yang disebut Pasir Kuda.

Akan ada tanda yang memberitahu Anda bahwa itu dekat dengan air terjun ini. Ikuti saja tandanya dan dalam waktu singkat Anda akan menemukan pintu menuju air terjun ini.

2. Melalui Cidiwey

Jika Cianjur terlalu jauh untuk Anda, Anda dapat mengambil Cidiwey, ini adalah rute yang benar jika Anda datang dari Bandung. Begitu sampai di Cidiwey, ikuti saja papan petunjuk Wisata Alam Situ Patengan.

Namun sebelum sampai di tempat wisata, akan ada belokan ke Perkebunan Teh Sinumbra. Ikuti rambu-rambu tersebut dan anda akan sampai di desa Karangjaya, jika sudah sampai disana maka anda sudah sampai di tempat wisata air terjun.

Jika Anda kesulitan mengakses jalan menuju tempat wisata ini, kini sudah ada travel agent yang menjadikannya tujuan wisata. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju air terjun ini, karena jalan melewati pedesaan sehingga tidak ada kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Citambur

Harga Tiket Masuk Air Terjun CitamburKredit gambar: Google Maps Sigit Agustina

Jam buka tempat wisata ini adalah 24 jam, namun disarankan untuk berkunjung dari pagi hingga sore hari untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan. Hal yang sama terjadi jika Anda berkunjung saat musim hujan, saat cuaca sedang tidak bagus, tempat wisata ini akan ditutup.

Kemudian mengenai harga tiket masuk yang cukup terjangkau dibandingkan dengan tempat wisata lainnya pada umumnya. Untuk satu orang, Anda hanya perlu membayar 7000 rupee, harga yang sama untuk anak-anak dan orang dewasa.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Citambur

Aktivitas Seru di Air Terjun CitamburKredit Gambar: Google Maps Muhammad Fadil

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini, antara lain:

1. Nikmati pemandangannya

Karena tempat wisata Curug Citambur memiliki pemandangan yang indah, Anda bisa menikmati keindahannya sambil menghirup udara khas pegunungan. Terdapat bangku-bangku yang bisa ditempati wisatawan untuk menikmati keindahan pemandangan alam.

Juga, jika Anda lapar, jangan ragu untuk menikmati makanan khas yang tersedia di sekitar air terjun ini. Harga yang ditawarkan untuk makanan yang dikelola oleh warga sekitar cukup terjangkau, Anda bisa membeli makanan lokal atau sekedar jajanan.

2. Jelajahi hutan

Karena lokasi air terjun ini dekat dengan hutan, jika mau, Anda bisa dengan mudah melakukan pencarian hutan di sekitar tempat wisata. Jangan khawatir, hutan di sekitar air terjun bisa dijamah manusia asalkan tidak menjelajah terlalu jauh.

Di dekat air terjun, Anda dapat menemukan tumbuhan dan hewan khas hutan dan desa Cianjur. Jalan di sekitar tempat ini tidak sebagus jalur menuju air terjun, jadi pastikan untuk menggunakan sepatu yang nyaman jika ingin menjelajahi air terjun Citambur.

3. Perburuan Selfie

Karena pemandangannya yang indah, Anda bisa mencari selfie atau pemandangan di sekitar air terjun. Pemandangan alam yang indah dan alami menjadikannya tempat yang ideal untuk fotografi, baik bagi mereka yang tertarik dengan pemandangan alam maupun keindahan pesona lingkungan yang ada.

Ada beberapa spot yang bisa ditemukan oleh wisatawan yang berkunjung, spot-spot tersebut, spot foto yang tersedia bisa digunakan wisatawan secara gratis tanpa harus khawatir menambah biaya tiket masuk.

4. Permainan air dan mandi

Sebagai air terjun, Anda diperbolehkan bermain air dan berenang di tempat wisata ini. Jika Anda ingin berenang atau bermain air, sebaiknya lakukan di tempat yang dangkal dan dekat dengan tepian.

Hal ini dimaksudkan agar wisatawan tidak tersapu oleh Air Terjun Citambur. Apalagi jika Anda membawa anak kecil dan masih kesulitan berenang dan bermain air. Anda bisa bermain di hulu sungai agar tidak terbawa arus air terjun setinggi 100 meter ini.

Fasilitas wisata yang tersedia di Curug Citambur Cianjur

Fasilitas Curug Citambur CianjurKredit gambar: Google Maps Indrie Setya Lestari

Fasilitas yang tersedia di air terjun ini cukup lengkap, karena sudah lama dibuka sebagai tempat wisata. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat adalah:

1. Parkir mobil luas

Untuk memfasilitasi tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung, terutama pada hari libur dan akhir pekan, disediakan tempat parkir yang lebih luas. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung dengan rombongan besar.

2. Membersihkan toilet

Kebutuhan wisata lainnya adalah kamar mandi dan toilet yang bersih. Di Air Terjun Citambur, fasilitas sanitasi yang disediakan cukup memadai dan dapat digunakan secara bebas oleh wisatawan yang datang berkunjung.

3. Masjid

Bagi wisatawan muslim, mushola merupakan fasilitas penting di setiap tempat wisata. Di Curug Citambur terdapat musholla yang disediakan tidak hanya untuk sholat, tetapi juga sebagai tempat bersantai setelah bermain air.

4. Warung dan warung makan

Terakhir, bagi Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini, jangan takut kelaparan karena ada warung dan warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kelaparan jika berkunjung ke tempat wisata ini.

Demikian berbagai informasi penting yang perlu Anda ketahui jika ingin berkunjung ke Curug Citambur. Kami berharap informasi ini dapat memudahkan Anda, terutama bagi Anda yang ingin segera ke sana, baik bersama keluarga maupun teman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button