Ada peningkatan besar pada pemudik yang menggunakan kereta api menjelang akhir liburan sekolah - WisataHits
wisatahits

Ada peningkatan besar pada pemudik yang menggunakan kereta api menjelang akhir liburan sekolah

Ada peningkatan besar pada pemudik yang menggunakan kereta api menjelang akhir liburan sekolah

Piknikdong.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat terjadi peningkatan pemesanan tiket KA jarak jauh jelang akhir liburan sekolah.

Berdasarkan pantauan Sabtu (29/4), tiket KA jarak jauh pada 29-30 April 2023 rata-rata mencapai 145.000 penumpang per hari.

Menjelang akhir liburan sekolah, ada gelombang pelancong yang kembali ke transportasi kereta apiMenjelang akhir liburan sekolah, ada gelombang pelancong yang kembali ke transportasi kereta api

Reservasi untuk 1 Mei 2023 mencapai 131.676 penumpang dan diperkirakan akan terus meningkat.

Sebelumnya, puncak penolakan gelombang pertama terjadi pada 25 April 2023 (H+2) dengan jumlah penumpang KA Jarak Jauh mencapai 201.890 penumpang.

Dan diperkirakan akan ada puncak gelombang kedua arus balik penumpang pada 1 Mei 2023.

“Meningkatnya antusiasme pemudik di akhir masa mudik lebaran dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti libur sekolah yang akan segera berakhir, adanya hari libur nasional pada Senin 1 Mei (Hari Buruh) dan keputusan Menteri Kesehatan. pemerintah menghimbau untuk menunda waktu pemberangkatan arus balik”,

kata Wakil Presiden Humas KAI Joni Martinus.

Sejauh ini, penjualan tiket KA jarak jauh selama periode angkutan Lebaran 2023 telah terjual sebanyak 3.085.058 unit atau 101% terjual.

Pencapaian di atas target tersebut karena pergerakan penumpang yang dinamis naik turun di stasiun perantara.

Tanggal keberangkatan KA jarak jauh yang sudah mencapai 100% pada masa angkutan lebaran ini adalah 18-20 April 2023 dan 22-30 April 2023.

Adapun keberangkatan pada 16 dan 21 April 2023 mencapai 98%. Serta mulai 15 April 2023 mencapai 97%.

Sedangkan 10 stasiun pemberangkatan dengan penumpang terbanyak adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Bandung, Solo Balapan, Malang, Semarang Tawang, Ketapang dan Medan.

10 stasiun kedatangan dengan penumpang terbanyak adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Bandung, Semarang Tawang, Malang, Solo Balapan, Ketapang dan Medan.

KAI mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk datang 1 jam sebelum keberangkatan kereta api, membawa barang bawaan sesuai ketentuan, serta mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan rutin mencuci tangan.

“Berdasarkan data pantauan hari ini, jumlah tiket KA dari Jakarta ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk keberangkatan H+6 hingga H+10 masih banyak tersedia, total tersisa 108.072 tiket.

KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan khususnya di masa transportasi Lebaran ini agar perjalanan kereta api tetap nyaman, aman, selamat dan sehat.”

tutup Joni.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button