Pesona hijaunya danau Balocci, panorama alam yang mampu memikat hati - WisataHits
wisatahits

Pesona hijaunya danau Balocci, panorama alam yang mampu memikat hati

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Balocci Baru, Kec. Baloki, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pesona keindahan Danau Hijau Balocci memang sudah cukup terkenal di kalangan traveler. Banyak wisatawan lokal maupun luar yang tertarik melihat keindahan danau dengan airnya yang hijau.

Selain danau hijau, orang juga sering menyebutnya danau cinta. Hal ini dikarenakan bentuk tepian danau yang jika dilihat seolah-olah membentuk citra cinta. Wisatawan bisa melihat bentuknya dengan mendaki ke puncak bukit di sekitar danau.

Tempat ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menenangkan diri dan menyatu dengan alam. Lokasinya yang dikelilingi persawahan juga cocok dijadikan sebagai tempat camping. Meski fasilitasnya kurang, akses jalan menuju kawasan danau cukup mudah.

Atraksi Green Lake Balocci

Atraksi Danau Hijau BalocciKredit Gambar: Instagram Summarecon Mutiara Makassar

1. Lanskap Hijau

Warna hijau Danau Balocci tentu menyegarkan mata. Wisatawan bisa melihat danau dengan air yang terlihat hijau dari jauh. Permukaan air danau yang tenang menawarkan kedamaian tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Tidak hanya danau yang hijau, pemandangan di sekitar danau juga dipenuhi dengan warna hijau. Di rerumputan di sekitar danau dan perbukitan hijau menyempurnakan keindahan yang ada. Pemandangan hijaunya tentu menyegarkan untuk dipandang.

2. Suasana tenang

Objek wisata tepi danau yang dikelilingi perbukitan kapur ini menawarkan suasana yang tenang dan damai. Selain itu, udaranya bersih dan segar. Anda yang penat dan penat dengan rutinitas sehari-hari bisa meluangkan waktu sejenak untuk menyegarkan tubuh dan pikiran di danau ini.

Kawasan Danau Hijau Balocci tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan, sehingga suasananya benar-benar tenang. Pengunjung bisa leluasa bersantai di sekitar danau tanpa diganggu pengunjung lain.

3. Alam yang indah

Jika ingin lebih dekat dengan alam, danau ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat ini masih cukup tersembunyi dan belum dikelola oleh pemerintah. Hal ini tentunya menawarkan kelebihan tersendiri yaitu alam yang selalu asri dan terjaga.

Wisatawan bisa melihat keindahan danau yang dulunya merupakan lokasi penambangan batu kapur. Semuanya masih dalam keadaan terjaga keindahannya. Dari kolam danau, bukit kapur yang mengelilingi danau, dll.

4. Matahari Terbenam Tersembunyi

Objek wisata yang dimiliki oleh Green Lake BalocciKredit gambar: Google Maps Adnan Mubarak

Kawasan Danau Hijau dibatasi oleh beberapa bukit kapur yang menjulang tinggi. Keberadaan bukit tentu menjadi daya tarik utama tempat ini. Selain menambah kesan asri dan hijau, perbukitan juga menyuguhkan pemandangan alam yang memukau.

Wisatawan dapat mengagumi keindahan matahari terbenam yang tersembunyi di atas danau ini. Matahari terbenam dan menghilang di balik perbukitan tentu menjadi pemandangan yang tidak bisa ditemukan dimanapun.

5. Danau Berbentuk Cinta

Selain keindahan alamnya, daya tarik Danau Hijau Balocci adalah bentuk danau itu sendiri. Saat wisatawan mengunjungi danau ini, mungkin tidak terlalu jernih dan hanya melihat hamparan kolam yang airnya berwarna hijau.

Namun, jika wisatawan naik sedikit ke atas bukit, pemandangan seluruh danau akan terlihat. Di puncak bukit, wisatawan bisa melihat bentuk tepian danau yang membentuk love.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau HijauKredit gambar: Google Maps Max Janek

Green Lake terletak di bekas situs tambang batu kapur. Termasuk dalam wilayah kabupaten Balocci, sekitar 1,5 jam dari pusat kota Makassar di Sulawesi Selatan. Akses menuju tempat wisata yang masih cukup tersembunyi ini tidak terlalu sulit karena jalannya sudah beraspal.

Wisatawan yang ingin ke tepi danau tidak bisa menggunakan angkutan umum. Tidak ada jalur angkutan umum yang mencapai lokasi danau. Oleh karena itu, pilihan transportasi adalah menggunakan kendaraan pribadi. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah seperti persawahan dan perbukitan.

Jalan menuju danau ini cukup bagus untuk kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil. Dari Makassar, Anda bisa menggunakan jalan menuju Barru untuk mencapai lokasi danau cantik ini. Tidak terlalu banyak penunjuk arah, lebih baik jika ragu bertanya pada warga sekitar.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Green LakeKredit gambar: Google Maps Fajar Agriawan

Menikmati wisata alam di Danau Hijau menjadi salah satu alternatif liburan yang semarak dan murah. Tiket masuk kawasan wisata danau untuk pengunjung gratis. Tempat wisata ini belum dikelola oleh pemerintah sehingga masyarakat dapat menikmatinya dengan leluasa.

Anda bisa datang kapan saja karena kawasan danau ini buka 24 jam sehari untuk masyarakat umum. Parkir untuk turis juga gratis.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Balocci Lac Vert

Aktivitas menarik di Green Lake BalocciKredit gambar: INFO Instagram MAKASSAR

1. Bersantai di tepi danau

Tempat wisata ini memang paling cocok untuk acara santai. Anda yang terdorong oleh target atau deadline pekerjaan setiap hari, bisa bersantai sejenak di kawasan telaga ini di akhir pekan. Pengunjung dapat duduk dan bersantai di tepi danau sambil menikmati pemandangan indah yang mengelilinginya.

Habiskan waktu bersama teman atau keluarga dan nikmati suguhan alam yang begitu indah. Air danau yang terlihat hijau, sawah yang hijau dan perbukitan yang juga ditumbuhi pepohonan hijau. Pemandangan yang menyegarkan dan suasana santai dapat dinikmati oleh wisatawan.

2. Berkemah di padang rumput

Memiliki padang rumput yang hijau dan luas memungkinkan wisatawan untuk bebas bermain, berlari atau berjalan-jalan santai di sekitar danau. Jika Anda bisa membawa sepeda, berkeliling dengan sepeda bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di Danau Hijau Balocci.

Jika ingin memanfaatkan tempat wisata ini dengan suasana yang sedikit berbeda, Anda bisa mendirikan tenda di area padang rumput. Lahannya sangat luas sehingga bisa digunakan untuk mendirikan banyak tenda. Cocok untuk acara sekolah, keluarga atau komunitas.

3. Ambil gambar

Berbagai keindahan yang dihadirkan di Danau Cinta tentu akan sayang jika tidak diabadikan dalam jepretan. Jangan lupa membawa perlengkapan kamera saat berkunjung ke tempat ini.

Anda bisa memilih background seperti danau dan bukit yang pasti akan menghasilkan foto yang bagus. Bisa juga di tengah padang rumput yang luas dan hijau. Spot foto menarik lainnya membutuhkan sedikit perjuangan. Anda harus mendaki ke puncak bukit untuk mendapatkan pemandangan terbaik di seluruh area.

4. Piknik dan makan malam

Aktivitas di Lac Vert BalocciKredit Gambar: Instagram Summarecon Mutiara Makassar

Berkumpul bersama teman dan keluarga tentu menjadi hal yang menyenangkan. Jangan hanya pergi ke kafe atau restoran, cobalah melakukannya di luar ruangan seperti di Danau Hijau Balocci.

Cukup bawa tikar dan beberapa makanan dari rumah, Anda bisa piknik dengan menyenangkan dan terjangkau. Anda dapat membeli makanan ringan atau minuman ringan di pinggir jalan, karena tidak ada penjual makanan di sini. Lahan di sekitar danau sendiri cukup kering untuk digunakan menggelar tikar.

Namun, ingatlah untuk menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Di tempat ini, tidak ada tempat sampah umum. Oleh karena itu, wisatawan harus membawa pulang sisa makanan untuk dibuang ke tempat sampah.

5. Memancing

Selain untuk bersantai, tempat wisata ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang hobi memancing. Beberapa orang yang tinggal di sekitar danau ini juga sering memancing. Rerumputan yang ada sering dijadikan pakan ternak milik masyarakat sekitar.

6. Nikmati pemandangan dari atas bukit

Wisatawan yang baru datang ke tempat ini pasti akan dibuat takjub dengan keindahan danau hijau yang terkesan tenang. Pesona keindahannya semakin sempurna dengan adanya perbukitan karst yang mengelilingi danau.

Namun, pemandangan yang lebih spektakuler tersembunyi di tempat yang lebih tinggi. Wisatawan harus mendaki salah satu bukit di sekitar danau ini. Perbukitan di sini tidak terlalu tinggi, sehingga pendakiannya tidak terlalu berat.

Pendakian hanya memakan waktu beberapa menit. Setelah itu, seluruh tenaga dan perjuangan Anda akan terbayar dengan pemandangan danau yang indah yang terlihat seperti bentuk cinta. Semua pemandangan kawasan wisata ini akan terlihat jelas dari atas bukit ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di danau hijauKredit Gambar: Google Maps Muhammad Idrus

Adapun fasilitas di Danau Balocci tidak terlalu banyak. Hanya sebatas parkir untuk pengunjung yang berada di sekitar area danau.

Tidak ada warung makan di sekitar tempat wisata ini. Wisatawan yang akan berkunjung harus membawa makanan dan minuman sendiri. Ada beberapa tempat makan atau warung di sepanjang jalan yang akan Anda seberangi dalam perjalanan menuju kawasan Danau Hijau ini.

Wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini sebaiknya menyiapkan bekal sendiri mengingat fasilitas yang kurang memadai. Bawalah peralatan berkemah sendiri jika ingin mendirikan tenda di dekat danau ini karena tidak ada persewaan peralatan berkemah.

Pesona Danau Hijau Balocci inilah yang menawarkan banyak keindahan alam bagi siapa saja yang mengunjunginya. Wisatawan disarankan untuk menjaga kebersihan agar tidak merusak keindahan dan keindahan danau ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button